Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cerita Harold Gartley, Trader yang Menjadi Penemu Pola Grafik

Dalam dunia trading saham dan pasar keuangan, pemahaman tentang pola Gartley dan kontribusi Harold McKinley Gartley merupakan fondasi penting bagi para trader. Pola Gartley, dengan struktur geometrisnya yang khas sebagai pola harmonic, memberikan pedoman yang berharga dalam mengidentifikasi potensi perubahan tren harga. 

Mari kita telaah lebih lanjut tentang pentingnya pola Gartley dalam analisis teknikal dan bagaimana pola ini memengaruhi pengambilan keputusan perdagangan.

Mengenal Harold McKinley Gartley

Harold McKinley Gartley adalah seorang trader saham terkemuka yang aktif pada abad ke-20. Ia dikenal karena kontribusinya dalam pengembangan analisis teknikal dalam trading saham dan instrumen keuangan lain. Salah satu pencapaiannya yang paling terkenal adalah penciptaan Pola Gartley, yang menjadi fondasi penting dalam analisis teknikal modern.

Gartley lahir pada tahun 1879 dan menghabiskan sebagian besar hidupnya di dunia trading. Ia melakukan penelitian yang mendalam tentang perilaku pasar dan pola-pola harga yang muncul secara berulang. Hasil dari penelitian ini adalah Pola Gartley, yang memberikan struktur dan pedoman bagi para trader untuk mengidentifikasi potensi pembalikan tren pasar.

Dengan kontribusinya dalam pengembangan Pola Gartley dan pemahaman yang mendalam tentang analisis teknikal, Harold McKinley Gartley telah meninggalkan warisan yang kuat dalam dunia trading saham dan pasar keuangan global. Karya dan penelitiannya terus dipelajari dan diterapkan oleh para trader modern sebagai bagian integral dari strategi perdagangan mereka.

struktur pola gartley

Struktur Pola Gartley

Pola Gartley adalah pola chart yang terdiri dari serangkaian level harga yang membentuk pola geometris khusus. Strukturnya terdiri dari lima poin kunci: X, A, B, C, dan D. Pola Gartley dapat terdiri dari pola Bullish Gartley dan pola Bearish Gartley.

Baca Juga:  Seputar Philip R. Lane, Kepala Ekonom European Central Bank (ECB)

1. Pola Bullish Gartley:

   - Titik X adalah titik awal di mana tren naik dimulai.

   - Titik A adalah titik tertinggi setelah titik X.

   - Titik B adalah retracement dari gerakan XA sekitar 61,8% dari pergerakan XA.

   - Titik C adalah retracement dari gerakan AB sekitar 38,2% dari pergerakan AB.

   - Titik D adalah titik akhir di mana harga bergerak naik lagi setelah mencapai titik C. Titik D seharusnya berada di level ekstensi Fibonacci 78,6% dari gerakan XA.

2. Pola Bearish Gartley:

   - Struktur pola Bearish Gartley adalah kebalikan dari pola Bullish Gartley.

   - Titik X adalah titik awal dari tren turun.

   - Titik A adalah titik terendah setelah titik X.

   - Titik B adalah retracement dari gerakan XA sekitar 61,8% dari pergerakan XA.

   - Titik C adalah retracement dari gerakan AB sekitar 38,2% dari pergerakan AB.

   - Titik D adalah titik akhir di mana harga bergerak turun lagi setelah mencapai titik C. Titik D seharusnya berada di level ekstensi Fibonacci 78,6% dari gerakan XA.

Pola Gartley membantu trader mengidentifikasi titik masuk dan keluar yang potensial dalam trading, dengan menggunakan level ekstensi dan retracement Fibonacci serta pola geometris yang khas.

Pentingnya Pola Gartley dalam Analisis Teknikal

Pola Gartley memiliki signifikansi yang besar dalam analisis teknikal karena membantu trader mengidentifikasi potensi pembalikan tren harga di pasar keuangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa pola Gartley penting:

1. Mengidentifikasi Poin Balik Tren

Pola Gartley membantu trader mengenali poin di mana harga kemungkinan besar akan berbalik arah. Dengan mengenali pola ini, trader dapat mengantisipasi perubahan arah tren dan mengambil keputusan perdagangan yang sesuai.

2. Penggunaan Level Fibonacci

Pola Gartley menggunakan level retracement dan ekstensi Fibonacci untuk menentukan titik masuk dan keluar yang potensial. Ini memberikan pedoman yang jelas bagi trader dalam menetapkan level stop-loss dan target keuntungan.

Baca Juga:  Memahami Strategi Investasi Curang Ciptaan Charles Ponzi

3. Kepatuhan terhadap Prinsip Analisis Teknikal

Pola Gartley adalah salah satu dari banyak pola chart yang mematuhi prinsip-prinsip analisis teknikal, seperti konsep dukungan dan resistensi serta level Fibonacci. Dengan mengenali pola ini, trader dapat memperkuat kepercayaan diri dalam pengambilan keputusan trading mereka.

4. Pola Geometris yang Jelas

Struktur pola Gartley relatif mudah dikenali dan dipahami. Ini membuatnya populer di kalangan trader, baik yang berpengalaman maupun yang baru memulai, karena memberikan panduan visual yang jelas tentang pergerakan harga yang potensial.

5. Konsistensi dan Akurasi

Pola Gartley telah terbukti menjadi salah satu pola chart yang konsisten dan akurat dalam mengidentifikasi titik balik tren. Meskipun tidak selalu sempurna, pola ini memberikan kerangka kerja yang kuat untuk mengembangkan strategi trading yang sukses.

Dalam keseluruhan, pentingnya pola Gartley dalam analisis teknikal terletak pada kemampuannya untuk membantu trader mengenali potensi pembalikan tren harga dan memberikan kerangka kerja yang jelas untuk pengambilan keputusan perdagangan yang terinformasi.

Pelajari grafik dan indikator trading modern bersama akun demo hsb investasi

Trading dengan Pola Gartley Tanpa Risiko!

Dalam konteks analisis teknikal, salah satu alat yang sering digunakan oleh trader adalah Pola Gartley. Pola Gartley adalah pola chart yang memberikan gambaran holistik tentang tren, level support/resistance, dan momentum pasar dengan menggabungkan beberapa elemen.

Dalam konteks pembelajaran trading, penggunaan akun demo trading HSB dapat menjadi sarana efektif untuk memahami dan menguji strategi trading yang melibatkan Pola Gartley. Dengan akun demo tersebut, trader dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip Pola Gartley dalam situasi pasar yang disimulasikan tanpa risiko kehilangan modal.

Penghargaan sebagai "Most Improved Broker 2023" dari ICDX menegaskan keandalan aplikasi trading HSB sebagai platform trading yang membantu trader mengembangkan kemampuan trading mereka, termasuk pemahaman terhadap Pola Gartley. Dengan bantuan teknologi serta analisis yang kuat, trader dapat merencanakan strategi trading yang efektif dengan memanfaatkan Pola Gartley sebagai salah satu alat analisisnya. Ikuti langkah mudah dibawah ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggiIan teIepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading meIaIui segregated account HSB yang teIah tereguIasi
  4. Dan muIai pengaIaman seru meraih peIuang profit trading di pasar gIobaI dunia!
Baca Juga:  10 Penghargaan Paling Bergengsi Mary Callahan Erdoes

HSB menegaskan komitmennya daIam memastikan keamanan dan transparansi transaksi nasabah meIaIui reguIasi resmi BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan RepubIik Indonesia. ReguIasi ini menjadi dasar utama daIam mengeIoIa risiko trading, yang harus menjadi fokus utama para trader.

Lebih dari sekadar memberikan keamanan, transparansi, dan inovasi, HSB secara aktif terIibat daIam memberikan pendidikan kepada anggotanya meIaIui berbagai sumber media pembeIajaran trading, baik secara daring maupun Iuring. Ini merupakan impIementasi konkret dari komitmen HSB untuk mencetak trader profesionaI terbaik di Indonesia. OIeh karena itu, tidak ada aIasan untuk menunda kesuksesan daIam trading. Segera bergabung dengan HSB sekarang dan maksimaIkan peIuang profit tradingmu.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik