Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
QRIS: Pengertian, Manfaat, Hingga Tutor Cara Membuatnya

Sobat Trader, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR yang digunakan di Indonesia untuk pembayaran dengan dompet elektronik. Kode QR ini memungkinkan transaksi pembayaran yang cepat, aman, dan efisien dengan menggunakan smartphone untuk memindai kode QR yang terhubung langsung ke sistem pembayaran digital. QRIS mencakup berbagai informasi terkait transaksi seperti nomor rekening, jumlah pembayaran, dan detail lainnya yang diperlukan untuk memproses transaksi keuangan dengan tepat.

Apa itu QRIS?

QRIS di Indonesia diadopsi sebagai standar untuk memfasilitasi berbagai metode pembayaran digital, termasuk transfer uang antar bank, pembelian di toko offline, E-Commerce, dan pembayaran tagihan. Pengguna cukup memindai kode QR yang terdapat di tempat pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran digital mereka seperti GoPay, OVO, LinkAja, dan lainnya. QRIS memungkinkan pembayaran tanpa tunai yang mudah dilakukan di berbagai tempat, mengurangi ketergantungan pada uang tunai dan meningkatkan efisiensi dalam transaksi keuangan sehari-hari.

awal mula penggunaan qris

Awal Mula Penggunaan QRIS

Penggunaan QRIS di Indonesia dimulai sebagai bagian dari inisiatif untuk mendorong inklusi keuangan dan mengakselerasi adopsi teknologi pembayaran digital di seluruh negeri. Awalnya, berbagai penyedia layanan keuangan digital berkolaborasi dengan bank dan lembaga keuangan untuk mengintegrasikan QRIS ke dalam aplikasi mereka dan menyediakan layanan pembayaran yang mudah diakses oleh masyarakat luas. Langkah ini penting karena Indonesia memiliki jumlah pengguna smartphone yang besar namun penetrasi bank dan akses terhadap layanan keuangan formal masih belum merata di seluruh wilayah.

Dengan QRIS, pemerintah dan perusahaan teknologi finansial berharap dapat mengurangi biaya transaksi, meningkatkan keamanan pembayaran, dan memperluas akses ke layanan keuangan bagi masyarakat yang sebelumnya sulit terjangkau. Ini juga membuka peluang bagi pelaku usaha kecil dan menengah untuk menerima pembayaran secara elektronik dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan solusi pembayaran tradisional. Dengan memahami QRIS dan manfaatnya, Sobat Trader dapat lebih siap mengikuti perkembangan teknologi keuangan digital di Indonesia.

manfaat penggunaan qris

Manfaat Menggunakan QRIS

Sobat Trader, QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi pengguna dalam melakukan transaksi keuangan. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan QRIS:

Kemudahan Pembayaran

Salah satu manfaat utama menggunakan QRIS adalah kemudahan dalam proses pembayaran. Pengguna cukup memindai kode QR yang tersedia menggunakan aplikasi pembayaran digital mereka, tanpa perlu membawa uang tunai atau kartu kredit. Hal ini membuat proses transaksi menjadi lebih cepat dan efisien, baik untuk pembelian di toko offline maupun pembayaran tagihan secara online. Kemudahan ini juga mendukung penggunaan pembayaran non-tunai yang semakin populer di Indonesia.

Baca Juga:  Asset Under Management dalam Investasi & Fungsinya

Keamanan Transaksi

QRIS menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dalam melakukan transaksi keuangan. Kode QR ini terhubung langsung dengan sistem pembayaran digital yang terpercaya dan diatur oleh otoritas keuangan. Informasi sensitif seperti detail rekening dan jumlah pembayaran dienkripsi secara aman, mengurangi risiko scam atau pencurian data yang sering terjadi pada metode pembayaran konvensional. Dengan QRIS, pengguna dapat lebih yakin bahwa transaksi keuangan mereka dilakukan dengan aman dan terlindungi.

Efisiensi Biaya

Penggunaan QRIS juga membawa manfaat dalam hal efisiensi biaya. Proses pembayaran non-tunai melalui QRIS lebih murah dibandingkan dengan biaya yang terkait dengan transaksi tunai atau penggunaan kartu kredit. Ini mengurangi biaya administrasi dan biaya operasional bagi bisnis, serta memberikan insentif bagi pengguna untuk mengadopsi teknologi pembayaran digital yang lebih hemat biaya.

Mendukung Digitalisasi dan Inklusi Keuangan

QRIS merupakan langkah strategis dalam mendukung digitalisasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Dengan memfasilitasi akses mudah terhadap layanan pembayaran digital, QRIS membantu memperluas cakupan keuangan ke daerah-daerah terpencil dan masyarakat yang sebelumnya sulit dijangkau oleh layanan keuangan formal. Ini memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk mengakses layanan keuangan yang aman dan terjangkau, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi inklusif.

Keterhubungan dengan Berbagai Layanan

QRIS tidak hanya terbatas pada pembayaran di kasir atau toko, tetapi juga terhubung dengan berbagai layanan lainnya. Misalnya, QRIS dapat digunakan untuk pembayaran tagihan listrik, pembelian tiket transportasi, atau bahkan donasi untuk kegiatan amal. Hal ini meningkatkan keterhubungan pengguna dengan berbagai layanan yang mendukung kehidupan sehari-hari, menjadikan QRIS sebagai solusi pembayaran yang serbaguna dan praktis.

Transparansi dan Rekam Jejak Transaksi

Dengan QRIS, setiap transaksi pembayaran memiliki rekam jejak yang jelas dan transparan. Hal ini membantu pengguna untuk memantau dan mengelola pengeluaran mereka dengan lebih baik. Informasi yang tercatat dalam setiap transaksi juga mendukung analisis keuangan yang lebih akurat, baik untuk individu maupun untuk bisnis. Transparansi ini juga memberikan kepercayaan kepada pengguna bahwa setiap pembayaran mereka tercatat dengan baik dan dapat diakses kembali jika diperlukan.

Baca Juga:  Cara Cerdas Menganalisis Keuangan Pakai Metode Strategi Rasio

cara membuat qris

Cara Membuat QRIS

Sobat Trader, untuk membuat QRIS, ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti dengan teliti. Berikut penjelasan untuk masing-masing langkah dalam proses pembuatan QRIS:

1. Kunjungi Website & Registrasi

Langkah pertama dalam membuat QRIS adalah mengunjungi website resmi penyedia layanan QRIS yang terpercaya. Pada halaman tersebut, kamu akan diminta untuk melakukan registrasi atau membuat akun pengguna baru. Proses registrasi ini penting untuk memverifikasi identitas dan mengatur informasi yang diperlukan untuk penggunaan QRIS. Pastikan untuk mengisi data diri dengan benar dan lengkap sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

2. Pembayaran QRIS

Setelah proses registrasi selesai, langkah berikutnya adalah melakukan pembayaran untuk biaya pembuatan QRIS. Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada penyedia layanan QRIS dan jenis layanan yang kamu pilih, seperti QRIS untuk bisnis kecil atau QRIS khusus untuk institusi besar. Pastikan untuk memahami struktur biaya yang berlaku dan memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

3. Mendapatkan Notifikasi Registrasi

Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima notifikasi atau konfirmasi bahwa proses registrasi telah berhasil. Notifikasi ini berisi informasi penting seperti nomor akun atau ID pengguna yang akan kamu gunakan dalam proses selanjutnya. Pastikan untuk menyimpan informasi ini dengan aman dan jangan lupa untuk memeriksa apakah semua data yang kamu masukkan sudah benar.

4. Upload File Dokumen

Langkah selanjutnya adalah mengunggah file dokumen yang diperlukan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh penyedia layanan QRIS. Dokumen yang umumnya diminta termasuk dokumen identitas diri seperti KTP atau paspor, serta dokumen pendukung lainnya seperti surat izin usaha atau NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Pastikan untuk mempersiapkan semua dokumen dengan lengkap dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

5. Mendapatkan Notifikasi Hasil Kelengkapan File

Setelah mengunggah file dokumen, tunggu konfirmasi atau notifikasi dari penyedia layanan QRIS mengenai hasil kelengkapan file yang kamu ajukan. Biasanya, proses verifikasi dokumen akan memakan waktu beberapa hari kerja tergantung pada jumlah permintaan yang sedang diproses. Pastikan untuk memeriksa secara berkala status permohonan kamu dan siapkan untuk menindaklanjuti jika ada informasi atau dokumen tambahan yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Pengertian, Fungsi dan Peran Bank Kustodian

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti, kamu dapat membuat QRIS dengan lancar dan efisien. QRIS adalah alat yang sangat berguna dalam mendukung transaksi keuangan digital yang aman dan efektif. Pastikan untuk memilih penyedia layanan QRIS yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan bisnis atau personal kamu. 

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa yang dimaksud dengan QRIS?

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR yang digunakan di Indonesia untuk melakukan pembayaran elektronik. QRIS mengintegrasikan berbagai metode pembayaran elektronik ke dalam satu kode QR tunggal, termasuk pembayaran menggunakan uang elektronik seperti e-money, transfer bank, dan aplikasi dompet digital.

Bagaimana cara menggunakan QRIS?

Untuk menggunakan QRIS, pengguna cukup memindai kode QR yang disediakan oleh pedagang atau penerima pembayaran dengan menggunakan aplikasi dompet digital atau fitur pembayaran elektronik pada perangkat mereka. Setelah pemindaian berhasil, pengguna kemudian mengonfirmasi jumlah pembayaran dan proses transaksi akan segera dilakukan secara elektronik.

Bagaimana cara membuat QRIS?

Untuk membuat QRIS sebagai pedagang atau penerima pembayaran, Sobat Trader perlu mendaftar di penyedia jasa pembayaran yang mendukung QRIS. Biasanya, penyedia akan memberikan panduan atau alat untuk membuat kode QR yang sesuai dengan standar QRIS. Kamu perlu menghasilkan kode QR yang unik untuk setiap transaksi atau produk, yang kemudian dapat dipindai oleh pengguna untuk melakukan pembayaran.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik