Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
6 Perbedaan Mencolok Spot Emas dan Emas Berjangka

Dalam dunia investasi, emas selalu menjadi aset yang menarik perhatian. Sebagai salah satu instrumen investasi tertua, emas telah melalui berbagai bentuk perdagangan. Namun, seiring berkembangnya zaman, metode investasi emas pun berdiversifikasi. Dua bentuk investasi emas yang paling populer saat ini adalah spot emas dan emas berjangka. Meskipun keduanya terkait dengan emas, ada perbedaan mendasar yang harus dimengerti oleh setiap investor. Artikel ini akan menjelaskan detail dan perbandingan antara kedua metode tersebut.

1. Perbedaan Konsep

Spot Emas merujuk pada harga emas untuk penyerahan segera (atau "on the spot"). Dengan kata lain, transaksi spot emas melibatkan pembelian atau penjualan emas fisik dengan penyerahan yang hampir seketika.

Emas Berjangka adalah kontrak standar yang diperdagangkan di bursa berjangka, yang mengharuskan pembelian atau penjualan sejumlah emas pada tanggal tertentu di masa depan dengan harga yang telah ditentukan sekarang.

Perbedaan tujuan emas spot dan emas berjangka

2. Tujuan Transaksi

Banyak investor memilih Spot Emas sebagai bentuk investasi jangka panjang. Mereka membeli emas fisik dengan harapan bahwa harganya akan meningkat seiring waktu, memberikan keuntungan kapital. Salah satu alasan utama seseorang membeli Spot Emas adalah untuk memiliki emas dalam bentuk fisik, entah itu batangan, koin, atau perhiasan. Kepemilikan fisik ini bisa memberikan rasa aman dan proteksi terhadap ketidakpastian ekonomi atau gejolak politik.

Emas sering dianggap sebagai aset "safe haven", yang berarti emas cenderung bertahan atau bahkan meningkat nilainya di saat pasar keuangan lainnya mengalami tekanan. Dengan demikian, memiliki Spot Emas dapat membantu dalam diversifikasi portofolio investasi.

Sedangkan tujuan investasi Emas Berjangka sering digunakan oleh trader untuk berspekulasi pada pergerakan harga emas di masa depan. Dengan leverage yang tinggi dalam trading berjangka, trader bisa mendapatkan keuntungan besar dari perubahan harga yang kecil. Namun, ini juga meningkatkan risiko kerugian.

Para produsen, pemasok, atau orang yang memiliki emas fisik seringkali menggunakan Emas Berjangka untuk melindungi diri dari fluktuasi harga di masa depan. Misalnya, jika produsen emas memprediksi bahwa harga emas akan turun di masa depan, mereka dapat menjual kontrak berjangka emas untuk mengunci harga jual mereka saat ini.

Dengan diperdagangkannya di bursa yang terorganisir, Emas Berjangka menawarkan likuiditas yang tinggi, memungkinkan trader untuk masuk dan keluar dari posisi dengan mudah. Ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi trader untuk menanggapi perubahan kondisi pasar.

Dengan demikian, sementara Spot Emas biasanya dikaitkan dengan tujuan investasi dan kepemilikan fisik, Emas Berjangka lebih sering digunakan untuk tujuan spekulatif atau sebagai alat lindung nilai. Meskipun ada beberapa persamaan antara keduanya, tujuan transaksi yang mendasari keduanya sangat berbeda, dan hal ini harus dipertimbangkan saat memilih untuk bertransaksi dalam salah satu instrumen tersebut.

Perbedaan leverage emas spot dan emas berjangka

3. Penyerahan Transaksi

Prinsip dasar dari transaksi spot, termasuk Spot Emas, adalah penyerahan segera atau hampir seketika. Ini berarti bahwa ketika transaksi dilakukan, pembayaran dilakukan dan emas diserahkan hampir seketika.

Dalam banyak transaksi Spot Emas, tujuannya adalah untuk mendapatkan atau memberikan kepemilikan fisik emas. Ini dapat berupa batangan, koin, atau bentuk emas fisik lainnya. Saat melakukan transaksi Spot Emas, pembeli biasanya diharuskan untuk membayar harga penuh untuk emas yang dibeli.

Sedangkan dalam kontrak berjangka, termasuk Emas Berjangka, penyerahan emas dan pembayarannya ditetapkan pada tanggal tertentu di masa depan yang sudah ditentukan pada saat kontrak disepakati.

Meskipun kontrak berjangka memiliki tanggal penyerahan, sebagian besar kontrak Emas Berjangka diselesaikan dengan penyelesaian tunai. Ini berarti bukannya melakukan penyerahan emas fisik, perbedaan antara harga kontrak dan harga pasar pada tanggal penyelesaian dibayar.

Beberapa kontrak Emas Berjangka memberikan pilihan untuk penyerahan fisik emas pada tanggal penyelesaian. Namun, harus ditekankan bahwa hanya sebagian kecil dari kontrak berjangka yang benar-benar mengarah pada penyerahan fisik. Kebanyakan trader menutup posisi mereka sebelum tanggal penyelesaian.

Dengan kata lain, meskipun transaksi Spot Emas seringkali melibatkan penyerahan emas fisik sebagai tujuan utamanya, transaksi Emas Berjangka, meskipun secara teoritis melibatkan penyerahan emas di masa depan, pada praktiknya biasanya diselesaikan dengan tunai dan jarang melibatkan penyerahan fisik emas.

4. Tempat Transaksi

Spot Emas kebanyakan diperdagangkan di Pasar OTC (Over-the-Counter), sebuah pasar desentralisasi di mana transaksi dilakukan langsung antara dua pihak tanpa bursa pusat. Pasar OTC tidak terikat oleh lokasi fisik tertentu; sebaliknya, jaringan komunikasi elektronik menghubungkan bank, institusi, dan trader individu di seluruh dunia.

Dalam pasar OTC, Spot Emas diperdagangkan melalui jaringan dealer dan broker yang saling terhubung. Setiap dealer dapat memiliki harga yang berbeda dan kondisi trading. Karena sifat desentralisasinya, kontrak dalam transaksi Spot Emas bisa lebih fleksibel dibandingkan dengan kontrak standar di bursa berjangka.

Emas Berjangka diperdagangkan di bursa berjangka yang terorganisir dan diatur oleh otoritas pasar keuangan negara masing-masing. Contohnya adalah COMEX di Amerika Serikat.

Bursa berjangka menetapkan spesifikasi standar untuk setiap kontrak berjangka, termasuk ukuran, tanggal penyerahan, dan spesifikasi lainnya. Ini memastikan likuiditas dan memudahkan proses jual beli. Bursa berjangka biasanya diawasi oleh otoritas regulasi, yang memastikan keadilan dan transparansi dalam perdagangan. Ini memberikan perlindungan tambahan bagi trader dan investor.

Ketika bertransaksi Emas Berjangka, trader tidak perlu membayar harga penuh kontrak. Mereka hanya perlu menyediakan margin, yang merupakan persentase kecil dari nilai kontrak.

Dalam hal tempat transaksi, Spot Emas menawarkan fleksibilitas dengan sifatnya yang desentralisasi, sementara Emas Berjangka menawarkan standarisasi dan transparansi melalui bursa berjangka yang terorganisir. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri, sehingga trader dan investor perlu mempertimbangkan hal ini sesuai dengan kebutuhan dan strategi mereka.

Perbedaan harga emas spot dan emas berjangka

5. Harga

Harga spot emas menggambarkan harga emas untuk transaksi yang penyerahannya dilakukan segera. Ini adalah harga di mana Anda dapat membeli atau menjual emas untuk penyerahan langsung. 

Harga ditentukan berdasarkan interaksi antara permintaan dan penawaran di pasar global. Faktor-faktor seperti kebijakan moneter bank sentral, inflasi, produksi emas, permintaan investasi, dan kondisi geopolitik dapat mempengaruhi harga spot emas. Karena bersifat untuk penyerahan segera, harga spot emas tidak memiliki tanggal kadaluarsa.

Harga emas berjangka menunjukkan harga di mana emas akan diperdagangkan untuk penyerahan di masa depan berdasarkan kontrak berjangka. Oleh karena itu, harga ini menggambarkan ekspektasi pasar tentang apa yang akan menjadi harga emas pada tanggal penyerahan kontrak.

Selain faktor-faktor yang mempengaruhi harga spot emas, harga emas berjangka juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti suku bunga, biaya penyimpanan, dan ekspektasi inflasi di masa depan.

Harga emas berjangka biasanya mencerminkan carry costs, yang termasuk biaya penyimpanan emas dan biaya peluang dari menahan emas daripada investasi lainnya. Akibatnya, harga emas untuk penyerahan di masa depan seringkali lebih tinggi daripada harga spot, kondisi ini dikenal sebagai "contango". Namun, dalam situasi tertentu, harga spot bisa lebih tinggi daripada harga masa depan, kondisi ini disebut "backwardation".

Sebagai contoh, jika suku bunga meningkat, biaya peluang untuk menahan emas (yang tidak menghasilkan bunga atau dividen) juga meningkat. Hal ini dapat menyebabkan harga emas berjangka untuk tanggal penyerahan yang lebih jauh untuk lebih tinggi dibandingkan dengan harga spot.

Dalam praktiknya, selisih antara harga spot emas dan harga emas berjangka untuk penyerahan tertentu bisa menjadi indikator penting bagi trader dan investor. Ini dapat menunjukkan kondisi pasar, ekspektasi inflasi, dan faktor fundamental lain yang mempengaruhi pasar emas.

6. Leverage

Leverage adalah salah satu konsep penting dalam dunia trading, yang memungkinkan trader untuk mengendalikan posisi dengan nilai yang lebih besar dari modal yang mereka miliki. Mari kita bahas perbedaan leverage antara Spot Emas dan Emas Berjangka.

Dalam trading Spot Emas, leverage yang ditawarkan biasanya bergantung pada kebijakan broker atau platform trading tempat trader bertransaksi. Umumnya, leverage untuk Spot Emas cenderung lebih konservatif daripada Emas Berjangka. Misalnya, broker mungkin menawarkan leverage 1:50 atau 1:100 untuk Spot Emas.

Leverage dihitung berdasarkan margin, yaitu sejumlah dana yang harus disimpan oleh trader di akun mereka sebagai jaminan untuk posisi yang dibuka. Misalnya, dengan leverage 1:50, trader hanya perlu menyetor 2% dari total nilai posisi sebagai margin.

Untuk Emas Berjangka, leverage biasanya ditetapkan oleh bursa tempat kontrak berjangka tersebut diperdagangkan. Ini disebut sebagai "margin awal" yang diperlukan untuk membuka posisi. 

Leverage dalam trading Emas Berjangka biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan Spot Emas. Ini memungkinkan trader untuk mengendalikan jumlah emas yang besar dengan jumlah modal yang relatif kecil.

Selain margin awal, bursa juga dapat mengenakan "margin variasi", yang dihitung setiap hari berdasarkan pergerakan harga pasar. Jika harga bergerak melawan posisi trader, mereka mungkin perlu menambah dana ke akun mereka untuk memenuhi margin variasi.

Perlu dicatat bahwa leverage memperbesar potensi keuntungan, tetapi juga memperbesar risiko kerugian. Dengan leverage yang tinggi, fluktuasi harga yang kecil di pasar bisa menghasilkan perubahan besar pada ekuitas akun trader. Oleh karena itu, sangat penting bagi trader untuk memahami konsep leverage dan bagaimana itu dapat mempengaruhi posisi trading mereka, serta menggunakan manajemen risiko yang tepat saat menggunakan leverage.

Tingkatkan peluang profit trading dengan memanfaatkan leverage HSB up to 1:200

Trading Emas Bebas Risiko!

Kedua instrumen ini menawarkan peluang yang berbeda dan risiko yang berbeda pula. Oleh karena itu, Sobat Trader harus mempertimbangkan dengan cermat tujuan dan toleransi risiko kalian sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam Spot Emas atau Emas Berjangka.

Penting juga untuk diingat bahwa pasar finansial sangat dinamis dan tren pergerakannya dapat berubah kapan saja. Selalu update tentang berita terbaru dan melakukan manajemen risiko menjadi tindakan penting agar kamu bisa berhasil dalam trading. Kemudian membekali diri dengan berbagai informasi terkait trading juga akan banyak membantu.

Jika Sobat Trader tertarik melakukan transaksi trading pasangan forex, saham global, indeks, minyak mentah, dan komoditi emas, perak, atau minyak mentah, kamu bisa mulai mempelajari cara kerja pasar keuangan, strategi trading, dan indikator-indikator yang bisa kamu gunakan untuk meraih peluang profitnya. Sobat Trader bisa mulai mengasah kemampuan trading tanpa risiko dengan memanfaatkan akun demo HSB.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Jika kamu sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui aplikasi trading forex HSB Investasi.

Dari platform trading pemenang penghargaan ICDX ini, kamu dapat mengakses berbagai fitur canggih untuk membantumu menganalisa pergerakan pasar, melakukan eksekusi trading, menerapkan manajemen risiko yang baik, hingga memberikan pengalaman trading yang optimal bagi para trader.

Untuk mulai trading forex, saham, indeks, atau komoditas, kamu para trader pemula bisa mendownload aplikasi HSB Investasi dengan tampilan yang ramah pengguna dan fitur-fitur canggih di dalamnya. Sobat Trader bisa mendownloadnya melalui aplikasi bawaan PlayStore atau AppStore.

Jika kamu adalah trader berpengalaman yang ingin memanfaatkan beragam fitur trading modern untuk memaksimalkan potensi profit, kamu bisa menggunakan platform MetaTrader 5 HSB Investasi.

Jangan sampai di download saja, pastikan Sobat Trader sudah melakukan registrasi akun trading HSB, melalui tahapan verifikasi, dan melakukan transfer deposit trading ke rekening segregated account HSB ya. Jadi, tunggu apa lagi? Raih peluang profit tradingmu secara aman bersama HSB Investasi!***

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik