Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Mengatur Keuangan dengan Metode 50 30 20

Mengatur keuangan adalah kunci keberhasilan finansial jangka panjang. Salah satu metode yang populer dan efektif dalam mengelola keuangan pribadi adalah metode 50 30 20. Metode ini menawarkan panduan sederhana tentang bagaimana kamu dapat membagi penghasilan menjadi tiga kategori utama: kebutuhan, keinginan, dan tabungan. 

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut tentang cara mengatur keuangan kamu dengan metode 50 30 20 dan mengapa metode ini bisa menjadi alat yang berguna untuk mencapai tujuan finansial kamu.

Metode 50 30 20 adalah pendekatan perencanaan keuangan

Definisi Metode 50 30 20

Metode 50 30 20 adalah pendekatan yang sederhana dan mudah diikuti untuk mengatur keuangan pribadi. Angka-angka dalam metode ini merujuk pada persentase dari penghasilan bulanan kamu yang harus dialokasikan untuk tiga kategori utama:

50% untuk Kebutuhan (Needs): Ini mencakup pengeluaran yang wajib, seperti sewa atau hipotek, utilitas, makanan, transportasi, dan asuransi kesehatan. Kategori ini adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi agar kamu  bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan nyaman.

30% untuk Keinginan (Wants): Kategori ini mencakup pengeluaran untuk hal-hal yang kamu inginkan, tetapi bukan kebutuhan dasar. Contohnya termasuk makan di restoran, berlangganan layanan streaming, liburan, dan belanja non-esensial. Ini adalah bagian dari pengeluaran kamu yang memberimu ruang untuk menikmati hidup.

20% untuk Tabungan (Savings): Ini adalah bagian yang sangat penting dari metode ini. 20% dari penghasilan kamu harus dialokasikan untuk tabungan atau investasi jangka panjang. Ini mencakup tabungan darurat atau memiliki biaya tak terduga, investasi pensiun, atau tujuan keuangan lainnya yang kamu miliki.

Metode 50 30 20 penting karena memberikan kerangka kerja yang jelas

Mengapa Metode 50 30 20 Penting?

Metode 50 30 20 penting karena memberikan kerangka kerja yang jelas untuk mengelola keuangan kamu. Berikut beberapa alasan mengapa metode ini memiliki nilai penting:

Baca Juga:  Memahami 10 Years Treasury Notes & Cara Kerjanya!

Keseimbangan Sehat: Metode ini membantu kamu menciptakan keseimbangan yang sehat antara memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengikuti keinginan kamu dan menyisihkan uang untuk masa depan.

Perencanaan Keuangan Sederhana: Metode 50 30 20 adalah pendekatan yang sederhana dan mudah dipahami untuk merencanakan keuangan kamu. Kamu tidak perlu menjadi ahli keuangan untuk menggunakannya.

Prioritaskan Tabungan: Dengan mengalokasikan 20% dari pendapatan kamu untuk tabungan, metode ini mendorong kamu  untuk memprioritaskan masa depan finansial kamu. Ini membantu kamu membangun cadangan dana darurat dan berinvestasi memiliki tabungan nikah.

Mengurangi Stres Keuangan: Dengan mengikuti metode ini, kamu dapat mengurangi stres keuangan dan meningkatkan rasa aman tentang keuangan kamu. Kamu tahu bahwa kamu telah merencanakan dengan baik untuk kebutuhan sekarang dan nanti.

cara mengatur porsi investasi dengan metode 50 30 20

Tips Mengatur Porsi Investasi dengan Metode 50 30 20

Setelah kamu mengetahui tentang metode 50 30 20, kini saatnya untuk membahas bagaimana cara mengatur porsi investasi dengan metode ini. Berikut terdapat beberapa tips yang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi. 

1. Mulai Membuat Anggaran

Kamu bisa memulai dengan membuat anggaran keuangan. Tentukan jumlah penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan dan berapa banyak yang perlu kamu alokasikan untuk kebutuhan pokok, keinginan, serta tabungan dan investasi. Setelah kamu mengetahui anggaranmu, kamu dapat menentukan berapa banyak uang yang dapat kamu alokasikan untuk investasi.

2. Tentukan Tujuan Investasi

Sebelum memulai investasi, tentukan tujuan investasi kamu terlebih dahulu. Apakah tujuannya untuk mempersiapkan masa pensiun, menabung untuk membeli rumah atau mobil, atau hanya untuk membangun dana darurat? 

Setelah menentukan tujuan investasi, tentukan juga jangka waktu investasi yang diinginkan. Terdapat beberapa jenis instrumen keuangan investasi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan, termasuk jangka waktu investasinya. 

Baca Juga:  10 Peluang Paling Cuan saat Libur Lebaran!

3. Pilih Instrumen Investasi Tepat

Setelah menentukan tujuan dan jangka waktu investasi, langkah selanjutnya adalah memilih instrumen investasi yang tepat. Ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa dipilih, seperti saham, obligasi, reksa dana, dan properti. 

Pilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi. Jika kamu hendak berinvestasi pada instrumen investasi saham, kamu bisa mulai trading saham online bersama HSB Investasi dari sekarang. 

HSB investasi adalah platform trading yang menyediakan 45 instrumen yaitu, 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah tanpa harus khawatir risiko di aplikasi trading HSB.

Aplikasi HSB Investasi juga sangat mudah kamu gunakan dengan berbagai fitur modern seperti CS online 24 jam, MetaTrader 5 dan menu deposit & withdrawal cepat yang membantu kamu mengeksekusi trading jadi lebih efektif, cepat dan aman.

Selain itu HSB Investasi menyediakan akun demo untuk mencoba strategi trading tanpa menggunakan modal sungguhan karena akun demo trading HSB memberikan dana virtual yang memungkinkan kamu berlatih tanpa risiko finansial nyata.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Setelah kamu merasa nyaman dengan strategi trading dan telah menguji mereka secara konsisten dalam akun demo, kamu dapat mempertimbangkan untuk bertransisi ke akun nyata dengan modal reall. 

Pastikan untuk memulai trading dengan modal yang kamu siapkan dalam metode 50 30 20 dan selalu terapkan manajemen risiko yang ketat bersama HSB:
1. Registrasikan akun live HSB dengan mempersiapkan dokumen pendukung
2. Tim KYC HSB akan menghubungi untuk verifikasi data diri
3. Lakukan deposit trading melalui segregated account HSB
4. Akun Selesai! 

Baca Juga:  6 Jenis-jenis Mata Uang Dirham pada Umumnya!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik