Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Inilah Cara Membuat Laporan ke Bappebti

Dalam menjalankan tugasnya, Bappebti juga membuka akses bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk memberikan laporan atau pengaduan terkait pelanggaran atau ketidakpatuhan dalam perdagangan berjangka komoditi. Dalam tulisan ini, akan dijelaskan langkah-langkah untuk membuat laporan ke Bappebti.

Apa itu Bappebti?

apa itu bappebti

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) adalah sebuah badan independen yang bertugas melakukan pengawasan dan pengaturan terhadap perdagangan berjangka di Indonesia.

Bappebti berperan sebagai regulator, pemantau, dan kepala pengawas pasar berjangka di Indonesia yang memastikan bahwa perdagangan berjangka di Indonesia dilakukan dengan cara yang wajar, adil, dan transparan.

Dugaan Permasalahan Pengaduan

Laporan pengaduan dilayangkan karena adanya suatu masalah yang sedang terjadi. Namun, Sobat Trader harus mengerti situasi seperti apa yang mengharuskan kamu untuk cepat-cepat melapor kepada Bappebti. Berikut ini adalah dugaan permasalahan untuk keperluan pengaduan ke Bappebti.

  • Wakil Pialang Berjangka (WPB) tidak mengetahui latar belakang keuangan dan pengalaman transaksi nasabah, sehingga calon nasabah yang tidak layak tetap diterima menjadi nasabah.
  • Penyetoran margin dilakukan sebelum penandatangan Buku Perjanjian/sebelum Registrasi Online.
  • Memberikan informasi yang menyesatkan/mengarahkan transaksi nasabah, menjanjikan keuntungan di luar kewajaran.
  • Transaksi dilakukan oleh marketing atau WPB tanpa perintah tertulis dari nasabah untuk setiap kali transaksi.
  • Nasabah tidak diberikan kesempatan melakukan transaksi dengan demo account atau demo account dilakukan bukan oleh nasabah sendiri.
  • Pengisian Registrasi Online/Buku Perjanjian dilakukan oleh pihak Pialang Berjangka (marketing/WPB) atau bukan oleh nasabah sendiri. Spread melebar sehingga menyebabkan equity nasabah terus berkurang.

Cara Membuat Laporan Pengaduan ke Bappebti

Cara Membuat Laporan Pengaduan ke Bappebti

Jika terdapat indikasi pelanggaran atau ketidakpatuhan yang memerlukan tindakan dari Bappebti, dibutuhkan laporan yang lengkap dan terperinci dari pihak yang terkait.

Dalam laporan tersebut harus memuat informasi yang diperlukan, seperti data transaksi atau kegiatan perdagangan yang dilakukan, bukti-bukti yang relevan seperti kontrak, bukti pembayaran, dan informasi lain yang diperlukan.

Untuk membuat laporan ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Kunjungi situs web Bappebti dan login

Kunjungi situs resmi Bappebti di bappebti.go.id dan cari informasi tentang cara membuat laporan yang sesuai dengan jenis laporan yang ingin Sobat Trader sampaikan. Jangan sampai kamu bingung saat sudah login dan malah tidak tahu harus membuat laporan yang seperti apa ya, Sobat Trader.

2. Pilih jenis laporan yang ingin dibuat

Kemudian, pilih jenis laporan yang ingin dibuat. Misalnya, laporan mengenai penyalahgunaan perusahaan perdagangan berjangka atau pelanggaran aturan perdagangan berjangka. Jangan sampai salah informasi ya, Sobat Trader!

Untuk mempercepat pengolahan laporan, Sobat Trader harus menghindari kesalahan pemilihan laporan agar kamu tidak perlu repot-repot meminta tolong pihak Bappebti untuk penyuntingan ulang ataupun mengulang membuat laporan.

3. Pilih tanggal dan periode laporan yang ingin dibuat

Setelah itu, Sobat Trader dapat memilih tanggal dan periode laporan untuk nantinya dilaporkan pada website Bappebti. Mohon cermat dalam mengisi segala informasi yang akan dikirim ke Bappebti, ya!

4. Siapkan informasi yang diminta

Siapkan dokumen yang akan dilaporkan, seperti laporan kegiatan, laporan keuangan, atau laporan lainnya sesuai dengan peraturan Bappebti.

Berikut ini adalah dokumen persyaratan yang perlu Sobat Trader persiapkan terlebih dahulu.

  • Scan Identitas Nasabah (KTP/SIM/PASPOR)
  • Scan Bukti Transfer Dana
  • Scan Surat Kuasa apabila laporan dilakukan atau diwakilkan oleh kuasanya
  • Scan Perjanjian Amanat bila ada
  • Scan Laporan Harian Transaksi bila ada
  • Kronologis atau uraian pengaduan

5. Simpan laporan

Pastikan kamu telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk membuat laporan, seperti format laporan, informasi yang harus disertakan dalam laporan, dan tanggal pengajuan laporan. Simpan laporanmu dengan baik sehingga Sobat Trader tidak perlu lagi repot-repot untuk menyiapkannya ulang dari awal.

Jika Sobat Trader memiliki pertanyaan atau kesulitan dalam membuat laporan, kamu dapat mengunjungi langsung kantor Bappebti atau menghubungi bagian layanan pelanggan Bappebti untuk mendapatkan bantuan.

Berikut adalah kontak yang dapat kamu hubungi.

  • Email: humas.bappebti@kemendag.go.id
  • SMS Center: 0811-1109-901
  • Telepon: (021) 31924744
  • Fax: (021) 31923204
  • Alamat kantor pusat Bappebti: Jl. Kramat Raya No. 172, Jakarta

6. Unggah laporan ke Bappebti

Setelah memastikan bahwa laporan sudah sesuai dengan persyaratan, kirimkan laporan ke Bappebti melalui email atau media yang telah ditentukan oleh Bappebti. Tunggu konfirmasi dari Bappebti mengenai penerimaan laporan kamu.

Jika ada masalah dalam laporan, Bappebti akan memberi tahu Sobat Trader untuk mengambil tindakan perbaikan. Periksa status laporan kamu secara berkala untuk memastikan bahwa laporan telah diterima dan diproses oleh Bappebti.

7. Pantau laporan secara berkala

Sesudah Sobat Trader mengirimkan laporan yang telah dibuat, kamu wajib memantau laporan pengaduanmu secara berkala. Jika suatu saat kamu lupa untuk mengeceknya kembali walau sudah dikirimkan notifikasi balasan dari Bappebti, kamu dapat melakukan langkah-langkah ini.

  • Pada bagian pojok kanan bawah, kamu dapat melihat adanya kolom yang bertuliskan “Masukan Nomor Pengaduan”.
  • Masukan nomor pengaduan yang telah kamu dapatkan setelah kamu mengirim semua berkas atau laporanmu pada Bappebti.
  • Setelah kamu memasukan nomor tersebut, kamu akan dapat melihat laporanmu tadi. Sobat Trader harus lebih teliti di sini, jangan sampai ada salah informasi atau bahkan salah ketik!

Mekanisme Penanganan Pengaduan Nasabah ke Bappebti

Mekanisme Penanganan Pengaduan Nasabah ke Bappebti

Sumber: Website Resmi Bappebti

Setelah nasabah membuat dan mengajukan laporan ke Bappebti, selanjutnya akan dilakukan penanganan atas pengaduan tersebut. Adapun mekanisme penanganan pengaduan nasabah ke Bappebti memiliki berbagai cara, tetapi yang paling sederhana adalah sebagai berikut.

  • Nasabah melakukan pengaduan online ke Bappebti dengan dokumen-dokumen pendukung.
  • Laporan pengaduan yang di-submit kemudian diverifikasi oleh pihak Bappebti. Jika dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap, maka Bappebti akan menyampaikan kekurangannya ke nasabah.
  • Jika dokumen telah lengkap, Bappebti akan menyediakan sarana mediasi yang bersifat musyawarah antara nasabah dengan Pialang Berjangka dalam waktu paling lama 21 hari kerja.
  • Kalau terjadi kesepakatan, maka laporan dianggap selesai. Namun, jika mediasi gagal dan tidak mencapai kesepakatan, maka dilakukan mediasi kembali di Bursa Berjangka (BBJ dan BKDI) dalam waktu paling lama 21 hari kerja.
  • Jikalau dalam masa mediasi di Bursa Berjangka masih belum mencapai kesepakatan, maka laporan akan ditindaklanjuti dalam bentuk arbitrase atau pengadilan negeri.
  • Setiap hasil mediasi akan dibuatkan laporan penanganan pengaduan nasabah ke Bappebti untuk dilakukan proses evaluasi. Dalam proses evaluasi ini, Bappebti akan melakukan pemeriksaan atau penyidikan untuk diputuskan saksi administratif dan sanksi pidana.

Peraturan Bappebti Terkait Pedoman Penanganan Pengaduan

Sebagai sebuah institusi pemerintah yang bertanggung jawab dalam mengawasi perdagangan berjangka komoditi, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memegang peran penting dalam menjaga kestabilan pasar serta melindungi kepentingan konsumen dan pelaku usaha di dalamnya.

Salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan peraturan-peraturan untuk mengatur aktivitas perdagangan berjangka di Indonesia. Berikut ini adalah peraturan yang ditetapkan oleh Bappebti terkait pedoman penanganan pengaduan nasabah.

Perba No. 4 Tahun 2020 Bagi Pialang Berjangka

  • Nasabah melakukan pengaduan langsung dengan mengakses alamat website Bappepti: https://pengaduan.bappebti.go.id.
  • Jika pengaduan dilakukan kepada pialang berjangka, maka pialang harus mengarahkan nasabah ke sistem pengaduan online Bappebti.
  • Waktu penyelesaian pengaduan adalah saat Bappebti telah selesai melakukan verifikasi dan memberikan persetujuan pengaduan melalui sistem.
  • Pialang Berjangka melalui cara musyawarah wajib menyelesaikan pengaduan paling lama 21 hari kerja.
  • Wajib menginformasikan setiap proses penyelesaian pengaduan termasuk administrasinya melalui sistem pengaduan online.

Perba No. 4 Tahun 2020 Bagi Bursa Berjangka

  • Dimulai pengaduan secara otomatis setelah jangka waktu upaya penanganan pengaduan di Pialang Berjangka berakhir.
  • Menyediakan sarana penyelesaian pengaduan melalui mediasi oleh mediator yang bersertifikasi.
  • Menginformasikan status penanganan pengaduan melalui sistem pengaduan online.
  • Tidak memiliki kewenangan dalam melakukan pemeriksaan dan mengenakan sanksi.
  • Total jangka waktu penyelesaian di Bursa Berjangka paling lama 21 hari kerja.

Nah, begitulah cara membuat laporan ke Bappebti. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan lengkap dalam laporan agar Bappebti dapat melakukan tindakan yang tepat terhadap pelanggaran perdagangan berjangka.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan pelaporan yang dilakukan dapat diproses dengan baik dan tindakan yang tepat dapat segera diambil oleh Bappebti untuk menjaga kestabilan pasar serta melindungi kepentingan konsumen dan pelaku usaha di dalamnya.

Buat kamu yang ingin melakukan kegiatan trading, pastikan broker yang Sobat Trader gunakan sudah teregulasi BAPPEBTI dan menawarkan transaksi yang aman transparan agar terhindar dari investasi bodong.

Adapun salah satu broker trading yang bisa kamu percayakan adalah HSB Investasi. HSB Investasi tak hanya mengantongi izin resmi BAPPEBTI, tetapi juga meraih penghargaan Best Innovative Broker 2022 dari ICDX.

Di HSB, keamanan data kamu terjamin oleh sistem akun terpisah, artinya dana nasabah dan dana perusahaan dipisahkan, sehingga bertransaksi pun jadi lebih aman. Jangan tunda lagi, jadilah bagian dari jutaan trader sukses bersama HSB Investasi! Download dan registrasikan akun trading-mu sekarang juga!***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik