Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
6 Jenis-jenis Mata Uang Dirham pada Umumnya!

Dalam dunia keuangan global, mata uang Dirham telah memegang peranan penting sejak zaman dahulu. Sebagai salah satu mata uang yang memiliki sejarah panjang dan kaya akan nilai-nilai budaya dan ekonomi, Dirham memiliki beragam jenis yang digunakan di berbagai belahan dunia. Keberadaan mata uang Dirham ini mencerminkan keragaman dan kekayaan sejarah peradaban Islam sejak ratusan tahun yang lalu. Seperti apa mata uang Dirham itu? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Dirham Uni Emirat Arab

1. Dirham Uni Emirat Arab (AED)

Dirham Uni Emirat Arab (AED) adalah mata uang resmi dari Uni Emirat Arab (UEA), yang terdiri dari tujuh emirat yang berdaulat. Mata uang ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1973, menggantikan Riyal Qatar dan Dubai di bawah sistem yang dikenal sebagai Gulf Rupee. Dirham memiliki nilai tetap terhadap Dolar AS sejak tahun 1997, dengan nilai tukar tetap sebesar 3.6725 dirham per dolar AS.

Mata uang ini memiliki nilai yang kuat dan stabil karena didukung oleh kekayaan sumber daya alam, terutama minyak dan gas, yang merupakan tulang punggung ekonomi UEA. Selain itu, kebijakan moneter yang bijaksana dari Bank Sentral Uni Emirat Arab, yang didukung oleh cadangan devisa yang besar, juga berperan dalam menjaga stabilitas nilai Dirham. Dirham digunakan secara luas dalam perdagangan internasional dan menjadi salah satu mata uang yang paling diperdagangkan di Timur Tengah.

Keberadaan Dirham UEA juga memberikan keuntungan bagi pariwisata dan sektor perdagangan UEA, karena mata uang yang stabil dan mudah diterima oleh wisatawan dan pedagang asing. 

Selain itu, sebagai pusat keuangan yang berkembang, Dubai khususnya telah menjadi destinasi global bagi bisnis dan perdagangan, dengan Dirham sebagai alat pembayaran yang dominan. Dengan infrastruktur keuangan yang kuat dan pertumbuhan ekonomi yang konsisten, Dirham Uni Emirat Arab terus menjadi salah satu mata uang terkemuka di dunia yang memainkan peran penting dalam ekonomi global.

uang kertas Dirham Maroko

2. Dirham Maroko (MAD)

Dirham Maroko (MAD) adalah mata uang resmi dari Maroko, sebuah negara yang terletak di bagian barat laut Afrika. Dirham Maroko terbagi menjadi 100 santimat dan memiliki simbol "د.م" dalam bahasa Arab. 

Sejak 1882, Dirham Maroko telah menjadi mata uang resmi negara tersebut, menggantikan rial Maroko yang sebelumnya berlaku. Dirham Maroko terdiri dari koin dan uang kertas dengan nilai nominal yang bervariasi, mulai dari 1 santim hingga 200 dirham. Mata uang ini dikeluarkan oleh Bank Al-Maghrib, bank sentral Maroko, yang bertanggung jawab atas pengelolaan moneter dan stabilitas harga di negara tersebut.

Sejarah nilai tukar Dirham Maroko telah mengalami fluktuasi seiring dengan perubahan dalam kondisi ekonomi global dan domestik. Bank Al-Maghrib bertanggung jawab atas kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas nilai dirham, sehingga memastikan keberlangsungan perdagangan dan investasi di Maroko.

Baca Juga:  Kenali Penggerak Utama Ekonomi Eropa, Lombard Rate

Selain digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi domestik, Dirham Maroko juga diterima di beberapa negara di sekitar wilayah Afrika Utara sebagai mata uang yang sah dalam perdagangan internasional dalam investasi. Kehadirannya sebagai salah satu jenis mata uang Dirham memperkuat hubungan perdagangan dan ekonomi antara Maroko dan negara-negara tetangganya. 

3. Dirham Mauritania (MRU)

Dirham Mauritania (MRU) adalah mata uang resmi negara Mauritania yang terletak di Afrika Barat. Mata uang ini diperkenalkan pada tahun 1973, menggantikan mata uang sebelumnya, Franc Mauritania. Mata uang ini dibagi menjadi 5 koin dan 6 pecahan uang kertas. Meskipun memiliki nama yang sama dengan dirham yang digunakan di beberapa negara lain, seperti Maroko dan Uni Emirat Arab, Dirham Mauritania memiliki nilai tukar yang berbeda dan digunakan secara eksklusif di Mauritania.

Dirham Mauritania dikeluarkan oleh Bank Sentral Mauritania, yang bertanggung jawab atas pengaturan dan manajemen mata uang negara. Nilai tukar Dirham Mauritania bergantung pada faktor-faktor ekonomi internal dan eksternal, serta kebijakan moneter yang diterapkan oleh otoritas moneter negara tersebut. Sebagai mata uang yang relatif stabil, Dirham Mauritania digunakan untuk berbagai transaksi di dalam negeri, termasuk pembelian barang dan jasa, serta transaksi keuangan lainnya.

Penggunaan Dirham Mauritania juga dapat digunakan dalam perdagangan internasional dengan negara-negara lain di kawasan tersebut. Meskipun Mauritania adalah negara yang mengandalkan sektor pertanian dan tambang sebagai sumber utama pendapatan, penggunaan Dirham Mauritania juga memengaruhi sektor-sektor lain dalam ekonomi nasional, seperti pariwisata dan layanan keuangan. 

4. Dirham Qatar (QAR)

uang kertas Dirham Qatar

Dirham Qatar (QAR) adalah unit mata uang resmi negara Qatar, sebuah negara yang terletak di wilayah Timur Tengah. Dirham Qatar dibagi menjadi 100 dirhams. Mata uang ini dikeluarkan oleh Bank Sentral Qatar, yang bertanggung jawab atas pengaturan dan kestabilan nilai dirham dalam perekonomian negara. Dirham Qatar pertama kali diperkenalkan pada tahun 1966 menggantikan riyal Qatar dan Dubai. Dirham Qatar memiliki kode ISO 4217 QAR dan sering dikenal dengan singkatan QR.

Nilai Dirham Qatar terkait langsung dengan ekonomi Qatar, yang sangat dipengaruhi oleh industri minyak dan gas alam. Sebagai salah satu negara terkemuka minyak dan gas alam di dunia, ekonomi Qatar sangat bergantung pada harga minyak dunia. Perubahan harga minyak global dapat memengaruhi nilai tukar Dirham Qatar terhadap mata uang asing lainnya. Selain itu, kebijakan moneter Bank Sentral Qatar dan faktor-faktor politik juga dapat mempengaruhi nilai Dirham Qatar.

Baca Juga:  Sejarah, Pilar dan Perkembangan Goldman Sachs

Penggunaan Dirham Qatar meluas di dalam negeri untuk transaksi sehari-hari, pembayaran tagihan, dan investasi. Namun, mata uang ini tidak secara luas diperdagangkan di pasar valuta asing internasional. Meskipun demikian, Dirham Qatar tetap memiliki peran penting dalam perdagangan regional dan investasi. 

5. Dirham Sudan (SDG)

Dirham Sudan (SDG) adalah mata uang resmi Republik Sudan, sebuah negara yang terletak di Afrika Timur Laut. Mata uang ini diperkenalkan pada tahun 2007 sebagai bagian dari serangkaian reformasi ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Sudan. Dirham Sudan terbagi menjadi 100 piaster, dan koin dan uang kertasnya terdiri dari berbagai denominasi, mulai dari piaster hingga nilai yang lebih tinggi.

Dirham Sudan memiliki akar historis yang dalam. Konsep dirham dalam dunia Islam memiliki keterkaitan erat dengan masa lalu, terutama dalam konteks perdagangan dan keuangan Islam. Dirham Sudan menjadi salah satu bentuk modernisasi dari konsep tradisional ini, dengan tetap mempertahankan nilai-nilai sejarahnya sambil disesuaikan dengan kebutuhan ekonomi dan keuangan masa kini. Penggunaan Dirham Sudan tidak hanya terbatas pada perdagangan domestik tetapi juga dapat digunakan sebagai alat tukar dalam perdagangan internasional, meskipun dalam skala yang lebih terbatas.

Perkembangan Dirham Sudan sebagai mata uang resmi Sudan memainkan peran penting dalam stabilitas ekonomi negara tersebut. Meskipun Sudan telah menghadapi tantangan ekonomi dan politik, penggunaan mata uang yang stabil seperti Dirham Sudan telah membantu dalam menjaga kestabilan dalam sistem keuangan Sudan. 

uang kertas Dirham Yaman

6. Dirham Yaman (YER)

Dirham Yaman (YER) adalah mata uang resmi negara Yaman yang terletak di ujung barat daya Semenanjung Arab. Dirham Yaman memiliki sejarah panjang yang berakar dalam warisan budaya dan ekonomi bangsa Yaman. Mata uang ini digunakan secara luas dalam berbagai transaksi di negara ini, termasuk perdagangan, pembayaran, dan transaksi keuangan lainnya. Sejak dulu, Dirham Yaman telah menjadi bagian integral dari kehidupan ekonomi masyarakat Yaman, menjadi simbol stabilitas dan kepercayaan dalam sistem keuangan mereka.

Dirham Yaman memiliki nilai tukar yang berfluktuasi terhadap mata uang asing, terutama terhadap Dolar Amerika Serikat (USD). Kondisi ekonomi dan politik domestik Yaman sering memengaruhi nilai tukar Dirham Yaman. Selain itu, Yaman juga merupakan negara yang rentan terhadap pengaruh geopolitik regional yang dapat mempengaruhi stabilitas mata uangnya. Meskipun demikian, pemerintah Yaman dan bank sentralnya berusaha untuk menjaga stabilitas nilai Dirham Yaman melalui kebijakan moneter yang tepat dan intervensi pasar yang sesuai.

Di tengah tantangan ekonomi dan politik yang dihadapi Yaman, Dirham Yaman tetap menjadi salah satu simbol identitas dan kedaulatan negara ini. Mata uang ini tidak hanya mencerminkan kekayaan warisan budaya dan sejarah Yaman, tetapi juga menjadi alat yang vital dalam menjaga stabilitas ekonomi negara tersebut. 

Baca Juga:  Tingkatkan Profit dengan Days Sales Inventory

Trading Mata Uang Dirham Tanpa Risiko!

Mata uang dirham adalah salah satu jenis mata uang yang digunakan di beberapa negara di dunia Islam. Dirham telah digunakan secara historis sebagai mata uang emas di berbagai negara Islam, dan hingga saat ini, beberapa negara masih menggunakan nama "dirham" untuk mata uang mereka. 

Meskipun mata uang dirham ini tidak banyak orang gunakan dalam trading, penting untuk diingat bahwa tidak ada mata uang yang sepenuhnya bebas dari fluktuasi nilai. Faktor-faktor seperti perubahan kebijakan moneter, kondisi ekonomi global, dan ketidakpastian politik dapat memengaruhi nilai tukar mata uang, bahkan yang dianggap paling stabil sekalipun. Sebagai trader yang cerdas, penting untuk selalu memahami risiko yang terkait dengan perdagangan mata uang dan melakukan diversifikasi portofolio yang tepat. serta memanfaatkan akun demo HSB merupakan solusi yang tepat untuk mencegah risiko.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

HSB Investasi menawarkan akun demo trading yang dapat membantu kamu memulai perjalanan trading kamu. Jadi, jangan ragu untuk membuka akun demo sekarang dan mulai menjelajahi dunia trading dengan lebih percaya diri  melalui situs web atau aplikasi trading HSB, yang penghargaan "The Most Innovative Broker 2022" dari ICDX. 

Selain itu, kamu bisa melakukan trading secara real-time dengan berbagai instrumen yang tersedia, termasuk 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS yang paling populer, 5 indeks pasar global besar, serta 3 jenis komoditas terkemuka, seperti emas, perak, dan minyak mentah. 

Jika kamu sudah paham akun demo, transisi secara bertahap menggunakan dengan akun live dengan mengikuti langkah-langkah berikut akan membantu kamu masuk ke dalam pasar forex bersama HSB:

  1. Daftarkan akun live HSB dan siapkan dokumen pendukung yang diperlukan.
  2. Tunggu tim KYC HSB untuk memverifikasi data pribadi kamu.
  3. Lakukan deposit trading melalui akun terpisah.
  4. Akun kamu siap digunakan! 

Komitmen penuh HSB terhadap keamanan dan transparansi transaksi para tradernya tercermin dalam regulasi resmi yang telah disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi ini menjadi dasar utama dalam manajemen risiko trading yang harus diutamakan oleh semua trader.

Selain aspek keamanan dan transparansi, HSB juga berdedikasi untuk memberikan edukasi kepada semua trader melalui beragam sumber pembelajaran trading. Hal ini merupakan bagian dari komitmen HSB untuk menghasilkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagi kamu untuk menunda peluang kesuksesan dalam trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit dalam trading kamu!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik