Home Pengetahuan Keuangan 3 Instrumen Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

3 Instrumen Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

by HSB
0 comment

Sedang mencari instrumen investasi jangka pendek paling menguntungkan? Kamu berada di artikel yang tepat! Melakukan investasi sejak dini merupakan keputusan terbaik yang bisa kamu ambil. Investasi tidak hanya bertujuan untuk melipatgandakan uang yang kamu punya. 

Lebih daripada itu, investasi membantu kamu dalam membangun kekuatan finansial untuk masa depan. Jadi keputusanmu dalam melakukan investasi sudah tepat. Tetapi jangan berhenti di sana. Kamu masih perlu mempelajari cara melakukannya dengan baik. 

Kamu perlu memperlengkapi diri lebih lagi supaya bisa meraih keuntungan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Jadi apakah kamu sudah siap untuk belajar investasi? Mari simak informasinya di bawah ini. 

Apa Itu Investasi Jangka Pendek?

Secara sederhana, investasi jangka pendek berarti aktivitas jual beli suatu instrumen yang dilakukan dalam waktu singkat. Investasi jangka pendek banyak dipilih karena dapat memberikan pengembalian modal yang berlipat ganda dalam waktu satu sampai dua tahun. 

Kegunaannya pun tidak jauh berbeda dengan investasi jangka panjang, yakni sama-sama dapat dijadikan dana darurat untuk masa depan. 

Baca juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan Trading Dan Investasi

 investasi jangka pendek paling menguntungkan

Apakah Investasi Jangka Pendek Cocok untuk Kamu?

Jawaban dari pertanyaan apakah investasi jangka pendek cocok untuk dilakukan sebenarnya kembali kepada setiap individu. Cocok atau tidaknya dapat dilihat dari kebutuhan dan tujuan yang kamu tetapkan saat ingin melakukan investasi. 

Jadi pertanyaan yang lebih tepat untuk ditanyakan adalah “Apa tujuan kamu melakukan investasi?”. Pertanyaan ini akan memberitahukan apakah investasi jangka pendek cocok untuk kamu atau tidak. 

Sebagai contoh, asumsikan bahwa kamu memiliki tujuan investasi untuk membayar sisa biaya pendidikan anak dan modal membangun bisnis. 

Keduanya dibutuhkan dalam kurun waktu satu tahun karena biaya pendidikan anak memiliki jatuh tempo pada tahun mendatang. Berarti dapat disimpulkan bahwa kamu memang membutuhkan investasi jangka pendek daripada jangka panjang. 

3 Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Umumnya semua instrumen investasi dapat memberikan keuntungan. Tidak ada satu pun instrumen investasi yang tidak membawa keuntungan. Tetapi keuntungan hanya bisa didapatkan kalau kamu melakukannya dengan baik dan benar. 

Jika tidak maka bukan keuntungan yang akan diterima melainkan kerugian. Namun dari semua instrumen investasi jangka pendek, ada beberapa di antaranya yang dikenal memiliki pengembalian yang menguntungkan. Penasaran apa saja? Perhatikan informasinya berikut ini. 

1. Reksa Dana

Reksa dana adalah instrumen investasi yang penanaman modalnya diberikan kepada manajer investasi. Jadi kamu sebagai investor tidak akan mengelola modal secara langsung. Ada manajer investasi yang akan membantu kamu mengurus semua urusan tersebut. 

Instrumen investasi satu ini tergolong mudah dilakukan karena kamu tidak perlu pusing mengamati pasar saham, mengatur penanaman modal, dan memikirkan strategi yang tepat. Serahkan semuanya kepada manajer investasi yang sudah ahli di bidangnya. Kamu hanya perlu menunggu hasil dari penanaman modal yang akan cair pada tahun mendatang. 

2. Obligasi

Obligasi juga termasuk ke dalam investasi jangka pendek. Obligasi sendiri mengacu kepada surat utang yang diterbitkan oleh beberapa pihak seperti perusahaan, lembaga keuangan, dan pemerintah. 

Ketiga pihak tersebut dapat menerbitkan surat utang yang dapat dibeli oleh investor sebagai tindakan investasi. Obligasi banyak dipilih karena waktu jatuh temponya yang tergolong cepat. Dalam kurun waktu satu sampai dua tahun, investor bisa mendapatkan pengembalian modal beserta pembagian bunganya. 

3. Deposito atau Tabungan Berjangka

Deposito atau tabungan berjangka merupakan instrumen investasi yang biasanya disediakan oleh bank. Cara kerja deposito serupa dengan rekening tabungan pada umumnya. 

Hanya saja uang yang kamu tabung dalam deposito tidak bisa diambil sampai waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Umumnya bank memberikan pilihan waktu untuk mencairkan uang dalam deposito. 

Ada yang menawarkan deposito 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, bahkan sampai 24 bulan. Deposito memiliki risiko investasi yang rendah sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan modal yang telah dikeluarkan. 

Baca juga: Cara Membuat Trading Plan dan Contohnya!

Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

4 Tips Investasi Jangka Pendek agar Cuan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, investasi harus dilakukan dengan baik dan benar. Investasi yang dilakukan dengan benar akan mendatangkan keuntungan yang besar. 

Sebaliknya aktivitas investasi yang dilakukan dengan sembarang akan berakhir pada kerugian besar. Supaya keuntungan didapatkan, ada beberapa tips praktis yang bisa kamu coba lakukan. 

1. Memahami Cara Kerja Investasi

Langkah pertama yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan ialah memahami cara kerja investasi secara menyeluruh. Cari tahu informasi mengenai investasi jangka pendek yang ingin kamu lakukan. 

Makin banyak informasi yang bisa didapat, makin banyak juga pengetahuan dan pemahaman kamu terhadap investasi. Beberapa informasi yang bisa kamu cari contohnya seperti: 

  • Bagaimana pengelolaan dana investasi?
  • Apa saja risiko kerugian yang dibawa investasi?
  • Apakah semua instrumen investasi diakui pemerintah?
  • Apa saja strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi risiko investasi?
  • Dan lain sebagainya. 

2. Bandingkan Berbagai Instrumen

Poin sebelumnya sudah memberitahukan kamu tiga jenis instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan. Dari sini kamu bisa melakukan perbandingan mengenai kelebihan dan kekurangan masing-masing instrumen. 

Hasil perbandingan tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan supaya kamu dapat memilih instrumen investasi yang tepat untuk dilakukan. 

3. Tentukan Tujuan Investasi

Tujuan investasi harus sudah jelas sebelum kamu melakukannya. Tujuan investasi berguna untuk membantu mengambil keputusan penting yang akan datang. Contohnya ketika tren investasi sedang berubah arah. 

Apakah tujuan investasi yang kamu punya bisa dicapai dengan mengikuti tren? Jika iya maka kamu bisa mengikuti perubahan tren. Tetapi bila jawabannya tidak maka kamu jadi bisa menentukan untuk tetap berada di arah yang sama sampai tujuan tercapai. 

4. Rencanakan Strategi Investasi

Investasi tanpa strategi sama seperti pergi berperang tanpa membawa senjata. Maksudnya kamu pasti akan mengalami kerugian. Investasi yang benar bukan hanya rajin menambahkan modal agar keuntungan makin besar. 

Investasi tetap harus dilakukan dengan strategi yang sudah dipikirkan baik-baik sebelumnya. Cari tahu strategi apa yang paling menguntungkan sehingga investasi tersebut dapat membawa kamu kepada tujuan.

Baca juga: 8 Strategi Trading dengan Candlestick Paling Lengkap!

Itu dia berbagai instrumen investasi jangka pendek paling menguntungkan. Instrumen apa yang akhirnya kamu pilih untuk berinvestasi? Jangan lupa untuk melakukan analisis menyeluruh sebelum berinvestasi agar pelipatgandaan modal dapat terjadi.

Perlu diketahui bahwa analisis tidak hanya dilakukan untuk memilih instrumen investasi yang tepat. Analisis juga diperlukan untuk memilih broker yang aman dan memiliki biaya komisi yang rendah. Pasalnya ada banyak broker ilegal dan memiliki biaya komisi yang tinggi. 

Broker dengan dua karakteristik ini tentu akan merugikan kamu sebagai investor. Modal yang dikeluarkan bisa saja dibawa kabur atau habis karena biaya komisi yang besar. Perlu referensi broker? Kamu bisa mencoba HSB. HSB adalah salah satu broker dengan komisi rendah dan memiliki jaminan keamanan yang sudah terjamin oleh BAPPEBTI. 

HSB memiliki berbagai keunggulan dari broker lainnya. Mulai dari kualitas, fasilitas, legalitas, kecepatan pembukaan rekening, dan layanan yang lengkap. HSB bahkan menyediakan fasilitas edukasi yang bisa diakses supaya kamu makin siap untuk melakukan trading.

Bagaimana? Ingin langsung trading dan investasi di HSB? Langsung saja download aplikasi HSB di ponsel kamu sekarang juga!***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288