Home Pengetahuan Keuangan Insider Trading: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Dampaknya

Insider Trading: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Dampaknya

by HSB
0 comment

Insider trading adalah istilah yang harus diwaspadai saat berinvestasi di pasar modal. Praktik insider trading bersifat ilegal karena tidak sesuai aturan main yang berlaku dan dimanfaatkan untuk meraup keuntungan besar.

Dampak yang ditimbulkan dari kehadiran insider trading sangat memengaruhi kondisi pasar modal, bahkan berefek pada kegiatan trading yang dilakukan investor.

Investor wajib mengenai ciri-ciri insider trading agar tindakan ilegal ini dapat dihindari. Contoh kasus insider trading sudah sering bermunculan dan kamu bisa belajar dari pengalaman ini. Semua pembahasan tersebut akan dijelaskan secara lengkap dalam artikel HSB ini.

Baca juga: 4 Cara Menjadi Trader Pemula

Apa Itu Insider Trading?

Apa Itu Insider Trading

Tindakan insider trading tidak hanya terjadi di pasar modal Indonesia. Negara-negara maju sekalipun, seperti Amerika Serikat kerap mengalami kasus insider trading dalam perdagangan saham.

Praktik ini sering terjadi lantaran kasusnya susah dibuktikan, sehingga pelaku tidak mendapat efek jera akibat perbuatannya.

Insider trading merupakan praktik seorang investor dalam mendapatkan informasi rahasia terkait transaksi jual-beli dari anggota dalam perusahaan emiten tersebut.

Singkatnya, mereka mendapatkan informasi bersifat non-publik mengenai peluang keuntungan investasi dari ‘orang dalam’ perusahaan. Informasi yang didapatkan juga dijual oleh pelaku insider trading demi meningkatkan profitnya.

Tindakan ini sudah dicap ilegal karena melanggar regulasi perundang-undangan yang berlaku, yakni Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal. Tertulis dalam pasal 95 bahwa orang dalam emiten atau perusahaan publik yang memiliki informasi tidak boleh melakukan transaksi jual-beli saham terhadap emiten tersebut. Regulasi ini berlaku pula untuk perusahaan lain yang melakukan transaksi saham dengan emiten orang dalam tersebut.

Baca juga: Memahami Apa Itu Perusahaan Pialang dan Cara Kerjanya

Informasi yang dibagikan tidak diketahui oleh masyarakat luas, padahal emiten telah melakukan Initial Public Offering (IPO) untuk menawarkan sahamnya kepada publik.

Informasinya hanya diketahui oleh beberapa pihak yang terhubung dengan pelaku insider trading, bisa juga komunitas. Itulah alasan insider trading dicap ilegal dan berdampak besar pada kesehatan pasar modal.

Kesimpulannya, insider trading merupakan praktik transaksi jual-beli saham berdasarkan informasi rahasia yang hanya diketahui beberapa orang sebelum disebarluaskan kepada publik.

 

Ciri-Ciri Insider Trading

Kamu dapat mengenali insider trading melalui konsepnya yang kerap dilakukan dalam pasar modal, meski kerap dilakukan secara tersembunyi.

Bagaimana konsep insider trading yang dijalankan dalam pasar modal? Semuanya digambarkan dalam tiga unsur yang selalu hadir dalam praktik insider trading.

Karakteristik insider trading dapat dikenali lewat tiga unsurnya di bawah ini.

  • Orang Dalam

Orang dalam memainkan peran penting dalam praktik insider trading. Pelaku insider trading ini dapat berupa pemilik saham terbesar dalam suatu emiten atau yang diutamakan. Dewan direksi seperti direktur dan komisaris dapat menjadi orang dalam karena mereka mengetahui informasi non-publik tersebut.

Jabatan tertentu dalam perusahaan yang berkaitan dengan keuangan atau legalitas rentan menjadi pelaku insider trading apabila mereka mengetahui informasi internal perusahaan yang cukup sensitif. 

  • Informasi Rahasia

Apa saja informasi rahasia yang dimiliki pelaku insider trading? Isi informasinya menyangkut momen penting yang memengaruhi pergerakan harga saham, keputusan emiten serta pihak yang memiliki kepentingan terhadap informasi rahasia ini. Informasi ini dijual dan bersifat ilegal karena tercantum Undang-Undang Pasar Modal pasal 1 ayat 7.

  • Transaksi dan Keuntungan yang Dihasilkan

Pelaku insider trading tidak hanya mendapatkan informasi rahasia, tapi menjalankan transaksi jual-beli berdasarkan informasi tersebut. Mereka sudah paham apa yang menjadi faktor profit sebuah saham, jadi kesempatan ini tentu tidak disia-siakan demi meraup keuntungan besar. Kegiatan mereka dianggap curang, pelaku insider trading tahu potensi keuntungannya sedangkan publik tidak mengetahuinya sama-sekali.

Baca juga: Cara Menghitung Swap Forex Dalam Trading

Apa Dampak Insider Trading pada Pasar Modal?

Dampak Insider Trading

Ada dampak serius yang ditimbulkan dari adanya praktik insider trading. Apakah insider trading merugikan pasar modal maupun investor secara umum? Jawabannya adalah ya. Mari kita ulas dampak negatifnya dalam uraian di bawah ini.

Insider trading merugikan investor publik, yakni masyarakat umum yang melakukan pembelian saham tersebut. Ada ketimpangan informasi antara investor publik dan orang dalam pelaku insider trading, sehingga mereka tidak menerima informasi yang sama terkait fundamental perusahaan.

Ketidakadilan pun terjadi dan orang dalam yang memiliki informasi rahasia mendapatkan keuntungan besar karena tahu letak potensi profitnya.

Praktik insider trading yang menjamur dapat memengaruhi kondisi pasar modal secara keseluruhan. Reputasi perusahaan sebagai emiten dapat tercoreng serta kondisi industrinya menjadi tidak sehat.

Apabila terkuak, masalah ini menimbulkan krisis kepercayaan di mata investor, baik dari dalam negeri atau luar negeri. Mereka akan menarik sahamnya akibat krisis kepercayaan tersebut dan berujung pada kerugian perusahaan.

Aktivitas insider trading menjadi legal hanya jika informasinya sudah disebarkan kepada investor publik. Mereka pun harus mendapatkan akses yang sama terhadap informasi tersebut serta memiliki porsi saham yang merata.

Baca juga: Apa Itu Saham Blue Chip yang Disukai Investor?

Contoh Kasus Insider Trading di Indonesia

Kasus insider trading pernah menimpa salah satu perusahaan perbankan di Indonesia. Pelakunya merupakan investor asing yang membeli saham perusahaan tersebut melalui akun bank milik istrinya. Investor tersebut langsung membeli saham setelah mendapatkan informasi rahasia mengenai akuisisi saham dan mendapatkan keuntungan besar.

Praktik ilegal ini dilakukan secara tersembunyi sehingga tidak banyak kasus yang terungkap. Namun, dugaan terkait insider trading kerap terjadi, bahkan diusut oleh pihak berwajib. Tahun 2021, dua perusahaan pialang diduga terlibat dalam insider trading saat transaksi saham perusahaan finansial.

Apakah insider trading merupakan pelanggaran etika? Tentu saja, karena ada regulasi yang dilanggar dalam praktik ini. Pelanggaran terhadap regulasi ini dapat mendatangkan kerugian di mata pasar modal serta kehilangan minat investor terhadap suatu emiten.

Badan Pengawas Pasar Modal (BAPEPAM) mengawasi masalah ini secara serius demi menjaga kesehatan kondisi pasar modal.

 

Jadi, sudah jelas bahwa insider trading adalah praktik ilegal yang harus diwaspadai oleh investor. Masalah ini dapat dikenali apabila investor atau trader cukup waspada dan melihat ciri-cirinya. Jika kamu masih seorang trader pemula, jangan khawatir. Kamu dapat belajar trading untuk pemula bersama HSB agar lebih mengenali masalah ini. Download aplikasinya dan mulailah belajar trading yang mengasyikkan hanya bersama HSB.***

You may also like

Leave a Comment