Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Biaya Tetap: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya

Biaya tetap adalah fondasi keuangan yang stabil bagi setiap bisnis, yang tidak beralih meskipun aktivitas operasional berubah. Ini adalah elemen penting dalam analisis biaya yang memungkinkan perusahaan untuk perencanaan keuangan mereka dengan lebih baik. 

Dalam dunia bisnis yang dinamis, pemahaman yang mendalam tentang biaya tetap sangat penting untuk mengelola keuangan secara efektif dan membuat keputusan strategis yang tepat.

Pengertian Biaya Tetap

Biaya tetap adalah jenis biaya dalam akuntansi dan manajemen bisnis yang tetap atau tidak berubah, terlepas dari volume produksi atau penjualan suatu produk atau layanan. Ini adalah biaya produksi yang harus dibayar oleh perusahaan tanpa memperhitungkan tingkat aktivitas operasional. 

Biaya tetap tidak berubah dalam jangka pendek, meskipun dapat berubah dalam aset jangka panjang karena faktor-faktor seperti perubahan dalam kapasitas produksi atau perubahan dalam struktur bisnis. Biaya tetap sering meliputi sewa, gaji karyawan tetap, dan biaya administrasi.

contoh biaya tetap

Contoh Biaya Tetap

Berikut adalah beberapa contoh biaya tetap:

1. Sewa atau Sewa Bangunan

Biaya tetap sewa atau sewa bangunan harus dibayar setiap bulan, tidak peduli seberapa banyak produk yang diproduksi atau dijual.

2. Gaji Karyawan Tetap

Gaji karyawan tetap, seperti manajer atau staf administrasi, adalah biaya tetap karena jumlahnya tetap tidak berubah meskipun volume produksi atau penjualan berfluktuasi.

3. Biaya Utilitas Bulanan

Biaya utilitas seperti listrik, air, dan gas mungkin tetap dalam jumlah yang relatif stabil setiap bulan, terlepas dari volume produksi.

4. Asuransi

Biaya asuransi yang dibayarkan setiap bulan untuk polis asuransi bisnis umumnya dianggap sebagai biaya tetap.

5. Biaya Perawatan dan Perbaikan

Biaya tetap juga bisa termasuk biaya perawatan dan perbaikan untuk peralatan atau fasilitas yang tetap dalam jumlah yang relatif stabil dari bulan ke bulan.

Baca Juga:  COOL! Ini Daftar Franchise Sukses di Indonesia

6. Biaya Keanggotaan atau Lisensi

Biaya tetap seperti biaya keanggotaan asosiasi industri atau biaya lisensi perangkat lunak umumnya tetap dalam jumlah yang konstan setiap periode pembayaran.

7. Biaya Bunga

Biaya bunga pada pinjaman tetap atau obligasi merupakan biaya tetap karena jumlah bunga yang harus dibayar biasanya ditentukan dalam perjanjian pinjaman dan tidak berubah tergantung pada volume penjualan atau produksi.

Perbedaan Biaya Tetap dan Biaya Variabel

Setelah membahas pengertian biaya tetap dan variabel, kita akan mengeksplorasi perbedaan antara keduanya dari berbagai perspektif. Berikut adalah rincian perbedaan-perbedaan tersebut:

1. Dari Segi Waktu Terjadi

Biaya tetap adalah pengeluaran yang tidak terjadi setiap hari, melainkan dalam rentang waktu yang lebih panjang, seperti sebulan, setahun, atau beberapa tahun sekali. Sementara itu, biaya variabel adalah pengeluaran dengan rentang waktu lebih pendek, bahkan bisa terjadi seminggu sekali atau tiap hari.

2. Dari Segi Nominal Pembayaran

Perbedaan biaya tetap dan variabel dapat dilihat dari nominal pembayarannya. Biasanya, nominal biaya tetap jauh lebih besar daripada biaya variabel. Meskipun perusahaan tidak menghasilkan profit, nominal biaya tetap tidak akan berubah, sementara biaya variabel memiliki nominal yang lebih kecil dan dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

3. Dari Segi Hubungan dengan Produksi

Biaya tetap adalah biaya yang tidak secara langsung berkaitan dengan proses produksi barang. Jika terjadi pengurangan produksi, nominal biaya tetap tidak akan berubah. Di sisi lain, biaya variabel sangat erat terkait dengan proses produksi perusahaan.

4. Dari Segi Pencatatan Akuntansi

Beberapa perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang manufaktur, mungkin membuat laporan biaya variabel tersendiri dalam laporan keuangannya. Laporan biaya variabel dapat dikeluarkan setiap hari, seminggu, atau sebulan sekali sesuai alur keluar masuk produk. Sebaliknya, intensitas pelaporan biaya tetap sangat jarang, mungkin hanya dilakukan sebulan, setahun, atau beberapa tahun sekali.

Baca Juga:  Pengertian Income Summary & Kegunaannya!

5. Dari Segi Penentuan Harga

Meskipun jumlahnya besar, biaya tetap jarang digunakan sebagai dasar penentuan harga produk. Jumlah total biaya tetap biasanya menjadi benchmark dasar biaya perusahaan saat aktivitas bisnisnya berada pada tingkat 0. Sebaliknya, biaya variabel sering menjadi faktor dalam penetapan harga barang.

Dengan memahami perbedaan ini, perusahaan dapat mengelola keuangan mereka dengan lebih efektif dan membuat keputusan yang lebih baik terkait strategi bisnis mereka.

Dalam upaya untuk mencapai kesuksesan bisnis yang berkelanjutan, manajemen harus memahami peran dan pengaruh biaya tetap dan biaya variabel dalam operasi perusahaan. Dengan pemahaman yang tepat tentang perbedaan antara keduanya, perusahaan dapat mengembangkan strategi keuangan yang cerdas, mengoptimalkan profitabilitas, dan menghadapi tantangan bisnis dengan lebih percaya diri.

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik