Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Panduan 6 Cara Trading Minyak Mentah bagi Trader Pemula

Jika kamu tertarik untuk merambah ke dunia trading komoditas, minyak mentah bisa menjadi pilihan yang menarik dan menguntungkan. Namun, sebagai trader pemula, memahami dinamika dan strategi trading minyak mentah bisa terasa menantang. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas panduan lengkap 10 cara trading minyak mentah yang dirancang khusus untuk membantu kamu memulai dengan langkah yang tepat. Dari memahami faktor-faktor yang mempengaruhi harga minyak hingga strategi praktis yang bisa kamu terapkan, setiap langkah akan dijelaskan secara detail dan mudah dipahami. 

Jadi, apakah kamu siap untuk menjelajahi peluang trading minyak mentah dengan percaya diri? Mari kita mulai perjalanan ini dan raih potensi keuntungan di pasar minyak mentah bersama-sama!

membuka akun trading minyak mentah

1. Membuka Akun Trading

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka akun trading pada broker yang menyediakan trading minyak mentah. Pastikan broker yang kamu pilih teregulasi oleh badan regulator yang kredibel dan memiliki reputasi yang baik. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka akun trading minyak mentah:

  • Pilih broker

Pilih broker yang terpercaya dan terdaftar di badan regulasi yang kredibel. Pastikan juga broker tersebut menyediakan layanan trading minyak mentah. Kamu dapat menggunakan platform trading minyak online terbaik berbasis aplikasi mobile phone, atau WebTrader HSB Investasi. 

Platform trading minyak online ini menyediakan berbagai strategi teknikal trading bagi kamu yang ingin menggunakannya untuk memasuki pasar minyak dunia.  Selain itu, HSB Investasi juga sudah memiliki izin resmi dari BAPPEBTI dan menjadi anggota resmi ICDX sebagai bentuk komitmen menjaga amanah keamanan dana trading nasabah-nasabahnya.

  • Registrasi Akun

Isi data diri dan lengkapi dokumen persyaratan yang diberikan oleh HSB seperti Nomor Kartu Tanda Penduduk/SIM/Paspor, nomor NPWP, dan foto diri bersama kartu identitas melalui aplikasi atau laman WebTrader HSB.

  • Verifikasi Akun

Proses verifikasi ini biasanya diperlukan untuk memastikan identitas dan memenuhi persyaratan KYC (Know Your Customer) dan AML (Anti Money Laundering).

Setelah akun kamu terverifikasi, kamu dapat menyetor dana deposit trading ke dalam akun milikmu. Pilih metode pembayaran yang tersedia di HSB Investasi, seperti transfer bank. Pastikan kamu hanya melakukan transfer deposit trading ke rekening segregasi resmi HSB ya, Sobat Trader.

  • Unduh Platform Trading Minyak Online

Setelah menyetor dana, unduh platform trading yang disediakan oleh broker. Platform trading akan menjadi tempat kamu melakukan analisis pasar dan menempatkan order trading. Setelah platform trading minyak online terpasang, lakukan analisis pasar dan mulai trading. Pastikan untuk menerapkan manajemen risiko yang baik dengan menentukan stop loss dan take profit.

Baca Juga:  Berikut Perbedaan Pasar Minyak Dunia dan Amerika Serikat

menentukan ukuran trading minyak

2. Menentukan Ukuran Trading

Setelah membuka akun trading, kamu harus menentukan ukuran trading dalam satuan lot. Lot standar untuk minyak mentah adalah 100 barel. Namun, banyak broker juga menyediakan lot mini dan mikro untuk memungkinkan trader dengan modal kecil untuk melakukan trading. Berikut adalah langkah-langkah untuk menentukan ukuran trading pada minyak mentah:

  • Pelajari Kontrak Minyak Mentah

Kontrak minyak mentah memiliki ukuran lot yang berbeda-beda pada setiap bursa dan broker. Misalnya, kontrak minyak mentah Brent pada ICE Futures Europe memiliki ukuran lot 1.000 barel, sementara kontrak minyak mentah WTI pada CME memiliki ukuran lot 1.000 barel.  Oleh karena itu, pastikan untuk mempelajari ukuran kontrak minyak mentah yang ingin kamu tradingkan.

  • Tentukan Jumlah Modal

Tentukan berapa jumlah modal yang ingin kamu tradingkan. Dalam hal ini, pastikan untuk tidak mengambil risiko yang terlalu besar sehingga modal kamu dapat bertahan lama dalam melakukan trading minyak mentah. Perlu diingat kembali jangan gunakan dana keseharian kamu dalam melakukan trading minyak mentah, gunakan dana cadangan sebagai modal agar menghindarimu dari kerugian yang terjadi.

  • Hitung Ukuran Lot

Setelah menentukan jumlah modal yang ingin kamu tradingkan, hitung ukuran lot yang sesuai dengan modal kamu dan risiko yang kamu inginkan. Sebagai contoh, jika modal trading kamu sebesar $5.000 dan ingin mengambil risiko 2% dari modal untuk setiap trade, maka risiko maksimum yang dapat kamu ambil adalah $100. 

Jika harga per barel minyak mentah adalah $60, maka ukuran lot yang dapat kamu tradingkan adalah $100/$60 = 1,67 barel. Namun, karena ukuran lot yang tersedia pada beberapa broker mungkin berbeda dengan nilai ini, pastikan untuk menyesuaikan ukuran lot kamu dengan ukuran lot yang tersedia di broker.

  • Gunakan Perhitungan Pip

Selain menggunakan ukuran lot, kamu juga dapat menghitung ukuran trading menggunakan perhitungan pip. Pip adalah satuan terkecil dalam pergerakan harga. Ukuran pip pada minyak mentah bergantung pada pasangan mata uang yang digunakan untuk menentukan harganya. 

Sebagai contoh, pip pada pasangan mata uang USD/CAD adalah 0,01, sehingga jika kamu ingin mengambil risiko $100 pada pasangan mata uang ini, kamu dapat trading 1.000 barel minyak mentah, karena 1 pips pada 1.000 barel minyak mentah setara dengan $10.

Baca Juga:  Seluk Beluk Trading Komoditi Minyak Secara Online

3. Analisis Pasar

Sebelum melakukan trading, pastikan untuk melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Perhatikan faktor-faktor fundamental seperti perubahan produksi minyak, persediaan minyak, dan kebijakan produksi OPEC. Perhatikan juga analisis teknikal seperti trend dan level support dan resistance.

menempatkan order trading minyak mentah

4. Menempatkan Order

Setelah melakukan analisis pasar, kamu dapat menempatkan order beli atau jual pada platform trading kamu. Pastikan untuk menentukan stop loss dan take profit untuk membatasi risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menempatkan order trading pada minyak mentah:

  • Tentukan Tipe Order

Setelah melakukan analisis pasar, tentukan tipe order yang ingin kamu tempatkan. Ada beberapa jenis order trading yang dapat digunakan, seperti:

Market Order: Order yang dieksekusi pada harga pasar saat ini.

Limit Order: Order untuk membeli atau menjual pada harga yang ditentukan oleh kamu.

Stop Order: Order untuk membeli atau menjual ketika harga mencapai level tertentu.

Stop-Limit Order: Order untuk membeli atau menjual pada harga yang ditentukan setelah stop order diaktifkan.

  • Tentukan Ukuran Lot

Setelah menentukan tipe order, tentukan ukuran lot yang ingin kamu tradingkan. Pastikan untuk memperhatikan manajemen risiko dan menyesuaikan ukuran lot dengan modal dan risiko yang kamu inginkan.

  • Tempatkan Order

Setelah menentukan tipe order dan ukuran lot, tempatkan order pada platform trading kamu. Pastikan untuk memeriksa kembali detail order sebelum menekan tombol "submit" untuk menghindari kesalahan.

5. Memantau Posisi

Setelah menempatkan order, pantau posisi trading kamu secara teratur dan reaksi jika ada perubahan signifikan pada harga minyak mentah. Jika posisi trading kamu tidak berjalan sesuai rencana, pertimbangkan untuk menutup posisi dan meminimalkan kerugian kamu.

6. Menerapkan Manajemen Risiko

Trading minyak mentah memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk menerapkan manajemen risiko yang baik dan hanya mengambil risiko yang dapat kamu terima. Jangan pernah mengambil; risiko lebih dari yang kamu mampu untuk kehilangan.

Ingatlah bahwa trading minyak mentah adalah aktivitas yang berisiko tinggi dan dapat menghasilkan keuntungan maupun kerugian. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan analisis pasar yang cermat dan menerapkan manajemen risiko yang baik untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan.

Tips Trading Minyak Mentah

Trading minyak mentah adalah salah satu jenis trading komoditas yang populer di dunia. Berikut adalah beberapa tips trading minyak mentah:

  • Pelajari faktor-faktor yang mempengaruhi harga minyak mentah, seperti faktor fundamental dan teknikal.
  • Gunakan analisis teknikal untuk memperkirakan pergerakan harga. Pada grafik harga minyak, perhatikan tren, level support dan resistance, serta indikator teknikal seperti moving average, RSI, dan MACD.
  • Perhatikan berita terkait minyak mentah seperti perubahan produksi minyak, persediaan minyak, dan kebijakan produksi OPEC. Berita ini dapat mempengaruhi harga minyak mentah.
  • Pilih platform trading yang andal dan aman untuk melakukan trading minyak mentah.
  • Tentukan strategi trading yang sesuai dengan gaya trading dan toleransi risiko kamu. Gunakan stop loss dan take profit untuk membatasi kerugian dan memaksimalkan keuntungan.
  • Jangan lupa untuk memantau pasar secara terus-menerus dan mengambil tindakan yang tepat jika ada perubahan signifikan pada harga minyak mentah.
  • Terakhir, selalu ingat bahwa trading minyak mentah memiliki risiko yang tinggi. Sebagai trader, kamu harus siap menerima kerugian dan meminimalkan risiko sebanyak mungkin.
Baca Juga:  Pahami Peran Spekulan dalam Volatilitas Pasar Minyak

coba akun demo sekarang dan rasakan manfaatnya dalam melatih trading minyak

Mulai Trading USOil Tanpa Risiko

Setelah menjelajahi panduan 10 cara trading minyak mentah bagi trader pemula, dapat disimpulkan bahwa langkah pertama yang penting adalah memahami dasar-dasar pasar dan mengembangkan strategi yang tepat. Namun, untuk benar-benar siap terjun ke dalam dunia trading minyak mentah, penting bagi para pemula untuk mengasah kemampuan trading tanpa risiko. 

Akun demo trading minyak mentah HSB adalah solusi ideal untuk tujuan ini, dengan menyediakan dana virtual hingga $100,000 secara gratis. Dengan akun demo ini, Sobat Trader dapat berlatih, menguji strategi, dan memperdalam pemahaman mereka tentang pasar minyak tanpa khawatir kehilangan uang sungguhan. 

Dan ketika Sobat Trader merasa percaya diri dan siap untuk bertrading secara live, kamu bisat membuka akun trading live HSB melalui proses yang sederhana, termasuk melengkapi dokumen identitas diri, verifikasi data KYC, dan mentransfer dana deposit hanya ke rekening segregasi resmi HSB Investasi, Sobat Trader dapat memulai perjalanan trading mereka dengan keyakinan penuh. 

Regulasi resmi oleh BAPPEBTI, menjadi bukti komitmen HSB yang terus mengedepankan keamanan dan kepercayaan bagi para trader. Jangan lewatkan pula berbagai promo trading menarik yang disediakan oleh HSB, yang dapat membantu Sobat Trader memaksimalkan potensi profit. Mari bersama-sama menjelajahi peluang dalam pasar emas Rusia dan meraih kesuksesan dalam trading, dengan dukungan penuh dari HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik