Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Perbedaan Shanghai Composite Index dan Hang Seng

Dengan analisis mendalam, Sobat Trader akan mendapatkan pemahaman tentang perbedaan, karakteristik, dan faktor yang mempengaruhi kinerja kedua indeks ini. Artikel ini sangat relevan bagi investor, analis pasar, dan siapa pun tertarik untuk memahami pasar saham Tiongkok dan mencari peluang investasi berpotensi menguntungkan.

Negara Asal 

Berikut negara asal Hang Seng Index dengan Shanghai Composite Index yang perlu kamu ketahui di bawah ini : 

1. Hang Seng Index (HSI)

Hang Seng Index berasal dari Hong Kong, sebuah wilayah administratif khusus di Tiongkok dengan sistem ekonomi dan hukum yang terpisah dari daratan Tiongkok.Hang Seng Index didirikan pada 24 November 1969 oleh Hang Seng Bank, salah satu bank terbesar di Hong Kong. Indeks ini pertama kali diluncurkan dengan tujuan untuk merefleksikan kinerja pasar saham di Hong Kong secara keseluruhan.

Hang Seng Index mencerminkan performa 50 saham paling likuid dan representatif yang terdaftar di Bursa Efek Hong Kong (Hong Kong Stock Exchange, HKEX). Indeks ini mencakup berbagai sektor industri, sehingga menjadi acuan utama untuk mengukur kinerja pasar saham Hong Kong.

negara asal Hang Seng Index dengan Shanghai Composite Index

2. Shanghai Composite Index (SCI)

Shanghai Composite Index berasal dari Republik Rakyat Tiongkok dan lebih spesifik dari Shanghai Stock Exchange, yang merupakan bursa saham terbesar di Tiongkok daratan.

Shanghai Composite Index didirikan pada tanggal 15 Juli 1991. Indeks ini dibuat untuk merefleksikan performa keseluruhan pasar saham di Shanghai Stock Exchange dan mencakup saham-saham dari perusahaan Tiongkok daratan yang terdaftar di bursa saham tersebut.

Shanghai Composite Index merupakan salah satu indeks saham paling penting di Tiongkok dan sering digunakan sebagai indikator utama untuk mengukur kinerja pasar saham Tiongkok secara keseluruhan.

Komponen Saham

Perbandingan Komponen Saham Hang Seng Index (HSI) dengan Shanghai Composite Index (SCI):

1. Komponen Saham

Hang Seng Index mencakup 50 saham yang paling likuid dan representatif di Bursa Efek Hong Kong. Shanghai Composite Index mencakup ribuan saham dari perusahaan yang terdaftar di bursa saham Shanghai Stock Exchange.

2. Komposisi Sektor Industri

Hang Seng Index mencakup saham-saham dari berbagai sektor industri, termasuk keuangan, properti, teknologi, energi, konsumen, dan lain-lain. Indeks ini mencerminkan diversifikasi ekonomi dan pasar saham di Hong Kong.

Shanghai Composite Index mencakup saham-saham dari berbagai sektor industri, seperti keuangan, manufaktur, konsumen, teknologi, energi, dan lain-lain. Indeks ini mencerminkan keragaman ekonomi Tiongkok daratan dan industri yang berkembang pesat.

3. Tingkat Likuiditas dan Kapitalisasi Pasar

Karena perusahaan Hang Seng Index hanya mencakup 50 saham terbesar dan likuid di Hong Kong, indeks ini cenderung memiliki likuiditas lebih tinggi dan mewakili perusahaan-perusahaan besar dengan kapitalisasi pasar yang signifikan.

Shanghai Composite Index mencakup lebih banyak saham, termasuk banyak perusahaan kecil dan menengah, sehingga likuiditasnya mungkin lebih rendah daripada HSI. Namun, kapitalisasi pasar keseluruhan dari seluruh komponen saham SCI jauh lebih besar daripada HSI karena jumlah perusahaan yang terlibat.

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

 

4. Keterkaitan dengan Pasar Global

Hang Seng Index, berbasis di Hong Kong, sering dianggap sebagai jendela ke pasar saham Tiongkok untuk investor global. Oleh karena itu, pergerakan HSI dipengaruhi oleh peristiwa brexit, sentimen global dan ekonomi internasional.

Shanghai Composite Index, berbasis di Tiongkok daratan, lebih terfokus pada peristiwa dan faktor ekonomi domestik Tiongkok. Peran penting Tiongkok dalam perekonomian global, pergerakan SCI juga dapat mempengaruhi pasar saham global secara keseluruhan.

Perbandingan ini mencerminkan perbedaan esensial antara Hang Seng Index dan Shanghai Composite Index, dari jumlah komponen saham hingga komposisi sektor industri. Keduanya memiliki peran penting dalam merepresentasikan pasar saham di wilayah Tiongkok dan memberikan wawasan bagi para investor tentang kinerja dan keadaan ekonomi di kawasan tersebut.

Hubungan dengan Pasar Global

Hang Seng Index (HSI) dan Shanghai Composite Index (SCI), memiliki hubungan dengan pasar global, meskipun dalam tingkat dan cara berbeda. Berikut adalah beberapa poin yang mencerminkan hubungan keduanya dengan pasar global:

1. Pengaruh Sentimen Global

Pergerakan HSI dan SCI dapat dipengaruhi oleh sentimen pasar global. Peristiwa ekonomi atau politik yang signifikan di pasar global dapat menyebabkan volatilitas dan perubahan pada kedua indeks.

Peristiwa seperti ketegangan perdagangan antara negara-negara besar, situasi geopolitik mempengaruhi pasar saham global, atau perubahan dalam suku bunga global dapat berdampak pada investor di seluruh dunia, termasuk mereka yang berinvestasi di pasar saham Hong Kong dan Shanghai.

2. Keterkaitan Perusahaan Internasional

Banyak perusahaan terdaftar di Bursa Efek Hong Kong (Hong Kong Stock Exchange) juga memiliki kehadiran dan bisnis internasional yang kuat. Oleh karena itu, kinerja saham-saham ini sering terkait dengan ekonomi dan pasar global.

Begitu juga dengan beberapa perusahaan besar di Tiongkok daratan terdaftar di Bursa Efek Shanghai (Shanghai Stock Exchange), yang memiliki operasi dan bisnis internasional. Pergerakan saham perusahaan-perusahaan ini dapat mempengaruhi kedua indeks.

Hang Seng Index dan Shanghai Composite Index memiliki hubungan pasar global

3. Integrasi Ekonomi Tiongkok dengan Dunia

Tiongkok adalah salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia dan memiliki hubungan perdagangan yang kuat dengan banyak negara. Akibatnya, ekonomi Tiongkok juga memiliki dampak signifikan pada ekonomi global.

Perkembangan ekonomi Tiongkok dan kebijakan pemerintahnya dapat mempengaruhi kedua indeks saham, HSI dan SCI. Peristiwa seperti pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang kuat atau perlambatan ekonomi dapat berdampak pada pasar saham di Hong Kong dan Shanghai serta pasar saham global secara keseluruhan.

4. Akses Investor Global

Hang Seng Index dianggap sebagai jendela utama bagi investor global untuk mengakses pasar saham Tiongkok melalui Hong Kong. Beberapa saham besar dari perusahaan Tiongkok daratan terdaftar di Bursa Efek Hong Kong dan termasuk dalam HSI. Dengan demikian, pergerakan HSI juga mencerminkan minat dan partisipasi investor global dalam pasar saham Tiongkok.

5. Korelasi dan Diversifikasi Portofolio

Investor global sering mencari diversifikasi portofolio mereka dengan berinvestasi di pasar saham di berbagai negara. Korelasi antara HSI dan SCI dapat menjadi pertimbangan dalam pembentukan portofolio yang beragam. Keduanya memiliki karakteristik dan komponen saham berbeda, yang dapat memberikan variasi dalam performa portofolio investor.

Setelah membaca artikel diatas, kamu bisa melakukan trading indeks HK50 di HSB Investasi! Selain itu, HSB Investasi memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya. 

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik