Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Panduan Lengkap Mengenai Pola W Trading Pattern

Mempelajari cara mengidentifikasi dan menganalisis W trading pattern atau pola double bottom secara akurat dapat membantu kamu membaca kondisi pasar dan menentukan kapan harus mencari peluang pembelian. Tapi, apa sebenarnya W chart pattern ini?

Melalui postingan blog ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai pola W trading pattern. Mulai dari cara mudah mengidentifikasi pola W dalam trading, hingga yang paling penting, bagaimana menghasilkan keuntungan dari trading dengan chart pattern ini.

Apa itu W Trading Pattern?

Pola double bottom adalah pola bullish reversal yang terjadi di bagian bawah downtrend dan memberi sinyal bahwa penjual, yang mengendalikan price action sejauh ini, kehilangan momentum. 

Polanya yang menyerupai huruf "W" membuatnya sering disebut sebagai pola W trading pattern, dengan titik terendah disentuh dua kali dan perubahan arah tren dari downtrend menjadi uptrend.

Bagaimana Pola W dalam Trading Terbentuk?

Bagaimana Pola W dalam Trading Terbentuk

W trading pattern ini terjadi pada akhir tren turun (downtrend). Saat price action bergerak lebih rendah, mencetak lower highs dan lower lows, harga memantul lebih tinggi sebelum kembali lebih rendah lagi untuk menguji ulang level terendah sebelumnya.

Karena aturan dasar analisis teknikal mengatakan bahwa titik terendah yang disentuh dua kali menjadi level support, penjual tidak dapat mencetak titik terendah baru, di bawah titik terendah sebelumnya, yang memberi pembeli kesempatan untuk mendorong harga lebih tinggi. Hasilnya, kita memiliki dua titik terendah - dua titik bawah - yang menyerupai huruf "W".

Di sisi lain, titik tertinggi pantulan setelah titik terendah pertama dianggap sebagai pemicu pola tersebut. Garis horizontal ditarik pada titik tertinggi pantulan, yang disebut "neckline”.

Mengingat bahwa hampir tidak mungkin untuk mendapatkan dua titik terendah dengan harga yang persis sama, selama kedua titik terendah ini berada pada harga yang sama, ini dianggap cukup untuk memvalidasi sebuah pola.

Karena pola dimulai oleh tren turun dan diselesaikan dalam tren naik, pola W dianggap sebagai pola bullish reversal. Pola terkonfirmasi setelah price action menembus di atas neckline. Dengan demikian, price action bergeser dari situasi di mana ia menciptakan lower lows dan lower highs, ke situasi di mana ia memulai tren dari higher lows dan higher highs.

Catatan: dengan pasar diperdagangkan kembali di atas neckline, ini mengonfirmasi breakout pola double bottom. Hanya penutupan di atas neckline yang mengonfirmasi breakout.

Kekuatan dan Kelemahan Pola W Chart Pattern

Pola W chart pattern adalah salah satu pola pembalikan terkuat di luar sana. Karena terdiri dari dua bottom, itu bukan pola yang sangat umum. Namun, begitu pola ini teridentifikasi, ia sangat efektif dalam memprediksi perubahan arah tren.

Kekuatan terbesarnya adalah ia menawarkan level yang jelas untuk dilawan. Neckline menandai risiko dan membantu menentukan take profit setelah pola diaktifkan. Oleh karena itu, bentuk pola yang benar sangatlah penting.

Keterbatasan utama dari pola W dalam trading adalah bahwa ini adalah strategi berlawanan. Oleh karena itu, risikonya adalah pasar akan terus bergerak ke arah yang sama. Untuk itu, penting untuk menggunakan faktor pendukung dalam konteks indikator teknikal lainnya sebelum memasuki pasar.

Cara Mengidentifikasi Pola W dalam Trading

Seperti disebutkan sebelumnya, mengidentifikasi pola W sangatlah penting. Untuk membantu Sobat Trader memahami cara mengidentifikasi pola W dalam trading, mari simak panduan langkah demi langkah berikut untuk mengidentifikasi pola W pada grafik.

  • Identifikasi dua dasar (bottom) berbeda dengan lebar dan tinggi yang sama
  • Jarak antara bottom tidak boleh terlalu kecil - tergantung kerangka waktu
  • Konfirmasi level harga pada neckline/resistance
  • Gunakan indikator teknis lainnya untuk mendukung sinyal bullish double bottom seperti moving average dan osilator
  • Berhati-hatilah dalam trading melawan tren yang kuat

Cara Trading dengan Pola W

Cara Trading dengan Pola W

Sejauh ini kita telah membahas karakteristik pola W serta dinamika di baliknya. Kami juga telah membahas cara mengonfirmasi breakout pola W. Sekarang, saatnya untuk hal-hal yang sangat menyenangkan – bagaimana mendapatkan keuntungan dari pola pembalikan ini.

Hal pertama yang perlu diketahui saat trading pola double bottom adalah di mana mencari titik masuk. Kesalahpahaman umum di kalangan trader adalah bahwa entri terjadi pada breakout pola, padahal sebenarnya entri tersebut terjadi pada pengujian ulang neckline.

Perhatikan pada ilustrasi di atas bagaimana pasar menguji ulang neckline sebagai support baru. Pengujian ulang ini memberi kita kesempatan untuk membeli pada support karena pasar berbalik arah.

Dalam contoh ini kita akan menunggu pengujian ulang neckline sebagai support baru. Kita kemudian dapat pindah ke kerangka waktu yang lebih rendah untuk mencari price action bullish untuk mengonfirmasi bahwa level ini kemungkinan besar akan bertahan. Perhatikan bagaimana pasar reli segera setelah menguji ulang neckline sebagai support baru.

Cara Mengidentifikasi Target Harga

Pertama dan terpenting, setiap target potensial pertama-tama harus diidentifikasi menggunakan level support dan resistance sederhana. Ini terlepas dari pola price action yang telah terbentuk.

Karena itu, ada cara untuk mengidentifikasi target potensial saat memperdagangkan pola double bottom. Ini disebut "pergerakan terukur" atau "tujuan pergerakan terukur", dan konsepnya mudah dipahami.

Untuk menemukan tujuan pergerakan terukur untuk pola double bottom, Sobat Trader cukup mengambil jarak dari dua bottom ke neckline dan memperpanjang jarak yang sama ke level pasar yang lebih tinggi di masa depan.

Aturan Trading Pola W Chart Pattern

Sebagai rangkuman, berikut aturan trading untuk pola W chart pattern.

  • Tren

Harus ada downtrend atau pergerakan turun yang berkepanjangan, meskipun tren keseluruhan adalah uptrend.

  • Bottom pertama

Swing low pertama dari pola double bottom harus menandai titik terendah dari downtrend saat ini pada waktu terbentuk.

  • Swing up

Setelah bottom pertama itu, harga naik, menelusuri kembali 38-50% dari swing low sebelumnya; ini biasanya terjadi pada volume normal, tetapi peningkatan volume dapat menandakan akumulasi awal.

  • Bottom kedua

Penurunan dari swing up biasanya pada volume rendah; itu dihentikan ketika bertemu support dari low sebelumnya — swing low ini bisa persis pada level yang sama dengan yang sebelumnya, tetapi bisa juga berada dalam 3% dari low sebelumnya.

  • Reli harga dari bottom kedua

Selama reli ini, harus ada bukti jelas bahwa volume dan tekanan beli meningkat, mungkin ditandai dengan satu atau dua gap harga — ini menunjukkan potensi perubahan sentimen.

  • Breakout neckline

Pola W tidak lengkap sampai harga menembus neckline yang bertindak sebagai level resistance — ini harus terjadi dengan peningkatan volume dan/atau percepatan pendakian.

  • Resistance berubah menjadi support di neckline

Resistance yang tertembus di neckline menjadi support potensial. Terkadang, ada ujian level support yang baru ditemukan ini dengan koreksi pertama, yang dapat menawarkan kesempatan kedua untuk membuka posisi beli.

  • Target harga

Target harus diperkirakan dengan memproyeksikan jarak dari neckline ke posisi terendah dari breakout neckline.

Itulah panduan lengkap mengenai pola W trading pattern. Mulai dari cara mudah mengidentifikasi pola W dalam trading, hingga bagaimana menghasilkan keuntungan dari trading dengan chart pattern ini.

Buat kamu yang ingin melakukan strategi trading dengan pola W trading pattern ini, pastikan broker yang Sobat Trader gunakan sudah teregulasi BAPPEBTI dan menawarkan transaksi yang aman transparan agar terhindar dari investasi bodong.

Adapun salah satu broker trading yang bisa kamu percayakan adalah HSB Investasi. HSB Investasi tak hanya mengantongi izin resmi BAPPEBTI, tetapi juga meraih penghargaan Best Innovative Broker 2022 dari ICDX.

Di HSB, keamanan data kamu terjamin oleh sistem akun terpisah, artinya dana nasabah dan dana perusahaan dipisahkan, sehingga bertransaksi pun jadi lebih aman. Jangan tunda lagi, jadilah bagian dari jutaan trader sukses bersama HSB Investasi! Download dan registrasikan akun trading-mu sekarang juga!***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik