Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Petunjuk Penting untuk Pemula dalam Metatrader 5

MetaTrader 5 adalah platform trading populer yang dikembangkan oleh MetaQuotes Software Corp. Platform ini dirancang khusus untuk trading di pasar keuangan, termasuk forex, saham, komoditas, dan indeks.  MetaTrader 5 menawarkan berbagai fitur dan alat yang memungkinkan trader untuk menganalisis pasar, melakukan trading secara manual, maupun mengotomatisasi strategi trading dengan menggunakan Expert Advisors.

Dalam artikel ini akan membahas tips untuk mengoptimalkan MetaTrader 5 dengan membuka dan menutup order, menggunakan indikator teknis, menggunakan fitur grafik untuk menganalisis.

1. Antarmuka MetaTrader 5

MetaTrader 5 menawarkan user interface modern dan mudah digunakan. Grafik interaktif, jendela navigasi, berbagai alat analisis memudahkan trader untuk mengakses dan menganalisis data pasar.

Antarmuka MetaTrader 5 dirancang untuk memberikan pengalaman trading intuitif dan mudah digunakan bagi para trader. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam antarmuka MT5:

Jendela Chart : Ini adalah area utama di mana grafik harga dan indikator teknis ditampilkan. Kamu dapat membuka beberapa jendela chart sekaligus serta mengatur tampilan mereka sesuai kebutuhan diinginkan.

Navigasi : Di sebelah kiri jendela chart, kamu akan menemukan panel navigasi berisi daftar instrumen keuangan yang tersedia untuk diperdagangkan. Trader juga dapat memilih instrumen diinginkan  agar ditampilkan pada chart dengan mengkliknya.

Data Market : Menu ini memberikan informasi terkait instrumen keuangan dipilih, seperti harga saat ini, spread, volume, dan lainnya. Jendela ini juga menyediakan tombol membeli atau menjual instrumen secara langsung.

Terminal : Menu Terminal menampilkan informasi akun trading, seperti saldo, ekuitas, margin, dan posisi terbuka. Kamu juga dapat melihat riwayat perdagangan, pesan sistem, serta laporan akun di jendela ini.

Tombol-Tombol Navigasi : Di bagian bawah antarmuka, akan menemukan sejumlah tombol berupa navigasi penting. Beberapa tombol umum termasuk "New Order" (untuk membuka posisi baru), "Chart Window" ( menambahkan jendela chart baru), "Strategy Tester" ( menguji strategi trading).

Toolbar : Toolbar terletak di bagian atas antarmuka dan menyediakan akses cepat ke fitur-fitur penting dalam MT5. Kamu dapat menemukan tombol untuk mengatur tampilan chart, membuka jendela baru, mengelola indikator, mengubah pengaturan, dan lainnya.

Navigator : Navigator adalah panel di sebelah kiri antarmuka memungkinkan mengakses berbagai fitur dan alat dalam MT5, Seperti Expert Advisors, indikator kustom, skrip, sinyal trading, dan lainnya melalui panel Navigator.

Market Watch : Di bagian atas antarmuka, terdapat Market watch yang menampilkan daftar instrumen yang dapat diperdagangkan. Kamu dapat melihat harga saat ini, spread, dan perubahan harga pada daftar ini.

Popup Harga : Menu ini muncul ketika kamu mengklik pada instrumen di Market Watch atau grafik. Memungkinkan para trader untuk melihat harga secara lebih rinci, menempatkan pesanan, mengatur fitur lainnya seperti Stop Loss dan Take Profit.

inilah langkah dan tips bagaimana cara membuka dan menutup order

2. Membuka dan Menutup Order

Caranya untuk membuka dan menutup order di MetaTrader 5 (MT5), segera ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-Langkah Cara Membuka Order:

  1. Buka MetaTrader 5 di Android maupun laptop dan login ke akun trading kamu.
  2. Di jendela "Market Watch" di sebelah kiri antarmuka, cari instrumen yang ingin kamu perdagangkan.
  3. Klik kanan pada instrumen tersebut dan pilih "New Order" atau "Open New Order" dari menu konteks yang muncul. Alternatifnya, kamu juga dapat menggunakan tombol "New Order" di toolbar di bagian atas antarmuka.
  4. Akan muncul jendela "Order" memungkinkan kamu memasukkan parameter perdagangan, seperti volume (ukuran posisi), stop loss, take profit, dan jenis order (misalnya, market order atau pending order).
  5. Setelah mengatur parameter sesuai keinginan, klik tombol "Sell by Market" ( order jual) atau "Buy by Market" (order beli) sebagai membuka order. Order kamu akan dikirim ke pasar dan dieksekusi sesuai dengan harga saat itu.

Langkah-Langkah Cara Menutup Order:

  1. Di jendela Terminal, pergi ke tab "Trade" yang menampilkan posisi trading kamu.
  2. Temukan posisi yang ingin kamu tutup dan klik kanan pada posisi tersebut.
  3. Pilih "Close Order" atau "Close Position" dari menu konteks yang muncul.
  4. Akan muncul jendela konfirmasi. Pastikan parameter penutupan sesuai dengan keinginan kamu, seperti ukuran posisi yang ingin ditutup.
  5. Klik tombol "Close" untuk menutup posisi. Order penutupan kamu akan dieksekusi dan posisi akan ditutup di pasar.

Perlu diingat bahwa MetaTrader 5 juga memungkinkan penggunaan pending order, di mana para trader dapat menetapkan tingkat harga tertentu untuk membuka posisi di masa depan jika harga mencapai level sudah ditentukan. 

Langkah-langkah untuk membuat dan mengatur pending order dapat sedikit berbeda, tetapi umumnya melibatkan penggunaan jendela "Order" serta pemilihan jenis order yang sesuai.

Pastikan untuk selalu melakukan verifikasi parameter perdagangan kamu sebelum mengirimkan order atau menutup posisi. Pentingnya untuk memahami risiko trading dan memperhatikan manajemen risiko tepat dalam pengelolaan posisi.

3. Menggunakan Indikator Teknis

Setiap indikator teknis memiliki cara kerja dan pengaturan yang unik. Misalnya, jika menggunakan Moving Average, dapat mengatur periode, jenis harga, dan jenis moving average yang ingin digunakan. 

Jika ingin menggunakan RSI (Relative Strength Index), dapat mengatur periode dan level overbought/oversold. Setelah indikator ditambahkan, kamu dapat melihat hasilnya pada chart. Indikator tersebut akan memberikan sinyal dan informasi analisis teknis yang dapat membantu trader dalam pengambilan keputusan trading. Kamu bisa membaca artikel ini untuk mengetahui cara upload indikator di metatrader 5.

Selain itu, trader juga dapat menyesuaikan tampilan indikator, seperti warna, jenis garis, atau level yang ingin ditampilkan. Kamu dapat melakukannya dengan mengklik kanan pada indikator pada chart dan memilih "Properties" dari menu konteks.

seorang pria sedang menggunakan fitur grafik dan analisis metatrader 5

4. Menggunakan Fitur Grafik dan Analisis

MetaTrader 5 di iOS, Android, maupun komputer menyediakan berbagai fitur grafik dan analisis, sangat membantu trader dalam menganalisis pasar dan membuat keputusan trading. Berikut adalah beberapa fitur utama yang dapat digunakan:

Jenis Chart : MT5 mendukung beberapa jenis chart, termasuk chart garis, batang, candlestick, dan Renko. Kamu maupun trader dapat memilih jenis chart sesuai dengan preferensi untuk menganalisis harga serta pola pergerakan pasar.

Timeframe : Dapat mengatur time frame chart sesuai kebutuhan trading. MT5 menyediakan 21 time frame, mulai dari satu menit hingga 1 bulanan. Pilihlah time frame yang paling relevan dengan gaya trading dilakukan dan strategi yang diterapkan.

Objek Grafik : MT5 menggunakan objek grafik seperti garis tren, horizontal, vertikal, dan Fibonacci retracement pada chart. Objek-objek ini dapat membantu trader mengidentifikasi level support, resistance, pola harga, serta titik masuk atau keluar yang potensial.

Indikator Teknis : MT5 dilengkapi dengan berbagai indikator teknis dapat digunakan sebagai analisis teknis. dengan menambahkan indikator seperti Moving Average, MACD, RSI, Bollinger Bands, dan banyak lagi ke chart kamu. Indikator-indikator ini memberikan sinyal dan informasi tambahan tentang pergerakan harga maupun kekuatan pasar.

Grafik Renko : MT5 juga mendukung grafik Renko, menampilkan pergerakan harga berdasarkan jumlah pip telah ditentukan, bukan pada interval waktu tertentu. Grafik Renko dapat membantu menghilangkan noise pasar dengan memperlihatkan tren yang lebih jelas.

5. Menggunakan Expert Advisor dan Sinyal Trading

MetaTrader 5 (MT5) menyediakan fitur Expert Advisor (EA) serta Sinyal Trading dapat membantu kamu dalam trading otomatis dengan mendapatkan sinyal trading dari trader lain. Berikut adalah penjelasan singkat tentang penggunaan fitur tersebut:

Expert Advisor (EA)

  1. Expert Advisor adalah program ditulis dalam bahasa pemrograman MQL5 yang dapat dieksekusi oleh MT5 secara otomatis.
  2. Dapat menggunakan EA untuk melakukan trading otomatis berdasarkan aturan dan strategi trading sudah kamu tetapkan.
  3. Untuk menggunakan EA, perlu memiliki file program EA (.mq5) yang didapatkan melalui pembelian, pembuatan sendiri, atau melalui sumber pihak ketiga.
  4. Setelah memiliki file EA, dapat memasangnya di MT5 dengan mengklik kanan pada "Navigator" di jendela "Terminal", memilih "Expert Advisors", dan memilih "Attach to a chart".
  5. Kemudian, di jendela pengaturan EA, dapat mengatur parameter perdagangan seperti ukuran posisi, level stop loss, level take profit, dan aturan lainnya sesuai dengan strategi.
  6. Setelah mengatur parameter, klik "OK" untuk menjalankan EA. EA pun mulai berjalan dan melakukan trading secara otomatis berdasarkan strategi yang telah kamu tetapkan.

Sinyal Trading

  1. Sinyal Trading adalah layanan memungkinkan untuk mengikuti dan menyalin strategi trading dari trader lain yang berpengalaman.
  2. Dapat memilih dari berbagai penyedia sinyal yang tersedia di pasar MetaTrader dan berlangganan sinyal sudah dipilih.
  3. Setelah berlangganan, sinyal akan secara otomatis dieksekusi di akun trading.
  4. Untuk menggunakan fitur Sinyal Trading, perlu mendaftar dan memiliki akun di MQL5.community.
  5. Setelah masuk ke akun MQL5.community, dapat mencari penyedia sinyal berdasarkan kriteria yang telah diinginkan, seperti kinerja masa lalu, jumlah pelanggan, atau jenis strategi.
  6. Setelah menemukan penyedia sinyal yang sesuai, dapat berlangganan sinyal dan mengatur parameter seperti ukuran posisi, tingkat risiko, atau batasan lain diberikan oleh penyedia sinyal.
  7. Setelah mengatur parameter, sinyal akan secara otomatis dieksekusi di akun trading sesuai dengan trading  yang dilakukan oleh penyedia sinyal.

6. Manajemen Risiko dan Pengaturan Akun

Manajemen risiko dan pengaturan akun yang baik sangat penting dalam trading untuk melindungi modal dan mengelola risiko secara efektif. Berikut adalah beberapa poin penting terkait manajemen risiko dan pengaturan akun dalam MetaTrader 5 (MT5):

Pengelolaan Risiko

  • Tentukan seberapa banyak risiko yang siap diambil dalam setiap trading. Biasanya, tingkat risiko umum adalah antara 1-2% dari modal trading per trading.
  • Tetapkan level Stop Loss pada setiap trading untuk membatasi kerugian jika harga bergerak melawan. Pastikan level Stop Loss yang telah ditentukan sesuai dengan strategi dan analisis.
  • Atur level Take Profit pada setiap trading untuk mengunci keuntungan saat harga mencapai level yang diharapkan.
  • MT5 menyediakan fitur Trailing Stop memungkinkan mengunci keuntungan saat harga bergerak sesuai dengan posisi trader. Trailing Stop akan secara otomatis menggeser level Stop Loss seiring dengan pergerakan harga yang menguntungkan.

Pengaturan Akun

  • Mengatur leverage: MT5 memungkinkan memilih leverage sesuai dengan toleransi risiko dan strategi trading. Pastikan untuk memahami implikasi leverage dan memilih tingkat sesuai dengan situasi keuangan.
  • Lindungi Akun: Jaga keamanan akun dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan rahasia untuk mencegah akses yang tidak sah ke akun trading.

seorang pria sedang menggunakan fitur lanjutan dari metatrader 5

7. Menggunakan Fitur Lanjutan

Tentu saja Fitur lanjutan MT5 masih banyak lagi! Berikut adalah beberapa fitur lanjutan MetaTrader 5 (MT5) yang dapat kamu manfaatkan:

a. Fitur Custom Coding

  • MT5 menggunakan bahasa pemrograman MQL5 yang kuat dan fleksibel.
  • Dengan MQL5, kamu dapat membuat indikator kustom, skrip, dan Expert Advisor (EA) yang sesuai dengan strategi trading.
  • Dapat mengkodekan strategi trading khusus, algoritma trading, dan alat analisis khusus menggunakan MQL5.

b. Market Depth

  • Fitur Kedalaman Pasar memungkinkan melihat tingkat permintaan dan penawaran di pasar secara real-time.
  • Melihat jumlah kontrak yang tersedia pada level harga tertentu dan memperoleh wawasan tentang likuiditas dan arah pasar.
  • Fitur ini membantu mengambil keputusan trading yang lebih baik dengan mempertimbangkan tingkat permintaan dan penawaran di pasar.

c. Mode Hedging

  • MT5 menawarkan mode hedging memungkinkan membuka posisi long dan short secara bersamaan pada instrumen yang sama.
  • Dalam mode hedging, setiap posisi diperlakukan secara terpisah, sehingga dapat mengelola setiap posisi secara independen.
  • Mode hedging memberikan kamu fleksibilitas dalam strategi trading dan manajemen risiko.

d. Opsi Perdagangan dan Futures

  • Selain forex, MT5 juga mendukung trading opsi dan futures.
  • Melakukan analisis dan trading opsi serta futures langsung dari platform MT5.
  • Dengan fitur ini, dapat mengakses instrumen keuangan yang lebih luas dan mengeksplorasi peluang trading yang beragam.

e. Berita dan Kalender Ekonomi

  • MT5 menyediakan akses ke berita pasar terbaru dan kalender ekonomi.
  • Dapat melihat berita terkini yang relevan dengan instrumen diperdagangkan dan menggunakannya dalam pengambilan keputusan trading.
  • Kalender ekonomi memberikan informasi tentang acara dan laporan ekonomi dijadwalkan, yang dapat mempengaruhi pasar keuangan. Inilah cara menggunakan fitur berita 

f. Analisis Lanjutan

  • MT5 menyediakan berbagai alat analisis teknis dan grafik dapat membantu dalam menganalisis pasar secara mendalam.
  • Dapat menggunakan indikator teknis beragam, alat garis, dan objek grafik untuk mengidentifikasi pola, tren, dan peluang trading.
  • Selain itu, MT5 juga mendukung analisis fundamental dengan memberikan akses ke berita pasar terbaru dan kalender ekonomi.

g. VPS (Virtual Private Server)

  • MT5 menyediakan fitur VPS memungkinkan \menjalankan platform dan Expert Advisor secara terus-menerus tanpa harus mengandalkan komputer atau koneksi internet pribadi.
  • Dengan menggunakan VPS, dapat memastikan bahwa EA tetap berjalan 24/7 dan menghindari gangguan yang mungkin terjadi.

Fitur-fitur ini dirancang untuk memberikan trader secara fleksibilitas dan alat diperlukan dalam menganalisis pasar, mengelola risiko, dan mengimplementasikan strategi trading agar lebih efektif dalam platform MT5.

Trading MT5 Tanpa Risiko!

Sobat Trader, setelah memahami petunjuk penting bagi pemula yang ingin menggunakan MT5 akan membantu kamu lebih efektif dalam melakukan trading. Namun, ada satu hal penting lain yang perlu kamu pahami, bahwa setiap jenis trading menggunakan MT5 juga memiliki risiko yang mungkin bisa kamu temui setelah memasuki pasar finansial.

Pasar finansial sendiri bersifat dinamis dan fluktuatuf, sehingga kamu harus mencegah agar risiko yang di bayangkan tidak terjadi. Untuk itu, kamu bisa menggunakan akun demo trading HSB untuk menguasai pemahaman menggunakan MT5 hingga bisa meraih keuntungan dari trading forex!Dengan akun demo ini, kamu bisa belajar trading tanpa risiko kehilangan uang sungguhan, sehingga kamu dapat meningkatkan kemampuan trading kamu dengan percaya diri.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu dalam menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX.

Aplikasi HSB Investasi juga mudah digunakan dengan adanya fitur CS online 24 jam, talent board dan menu deposit yang dapat membantu kamu dalam mengeksekusi trading jadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Kamu bisa mencoba trading secara real-time dengan 45 instrumen berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah tanpa harus khawatir merugi di aplikasi trading HSB.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:
1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik