Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Trading Pasangan Mata Uang USD/CNY? Bisa Dong!

Nah, sudah pada tahu belum nih, bahwa ada satu pasangan mata uang yang rame ditradingkan di pasar forex? Yap, namanya USD/CNY. Pasangan ini ngehits banget karena melibatkan dua mata uang besar dunia: Dolar Amerika Serikat (USD) dan Yuan China (CNY). 

Jadi, kalau kamu mau ngerasain sensasi trading dengan pergerakan yang nggak biasa, USD/CNY bisa jadi pilihan yang asyik. Apa aja sih yang perlu kamu tahu tentang pasangan mata uang yang satu ini? Yuk, kita bahas bareng!

Awal Muncul Pasangan Mata Uang USD/CNY

Ngomongin tentang trading forex, rasanya belum lengkap kalau nggak ngebahas pasangan mata uang yang satu ini: USD/CNY. Keduanya adalah singkatan dari Dolar Amerika Serikat (USD) dan Yuan China (CNY). 

Pasangan mata uang ini mencerminkan perbandingan nilai tukar antara dua mata uang besar dunia: Sejarah dolar Amerika sebagai salah satu mata uang paling kuat dan stabil, sementara Yuan China sebagai mata uang yang peran dan pengaruhnya makin besar di kancah global.

Awalnya, mata uang Yuan China nggak terlalu sering diperdagangkan di pasar internasional karena terbatasnya aksesibilitas dan kendala regulasi. Namun, sejak perlahan diperbolehkan untuk diperdagangkan secara lebih bebas, pasangan mata uang USD/CNY mulai mendapatkan perhatian besar dari trader. Ini memungkinkan para pelaku pasar untuk merasakan sensasi trading dengan pergerakan Yuan China yang semakin berdampak.

pasangan mata uang USD/CNY mulai mendapatkan perhatian besar dari trader

Namun, semuanya berubah pada tahun 2005 ketika pemerintah China mengambil langkah signifikan untuk memperkenalkan fleksibilitas lebih besar pada nilai tukar Yuan. Sebelumnya, Yuan diikat langsung ke Dolar AS (USD) pada tingkat tetap yang ditentukan oleh pemerintah. 

Tetapi dengan langkah ini, Yuan China dihubungkan dengan keranjang mata uang internasional yang lebih luas, sehingga memungkinkan nilai tukarnya untuk berfluktuasi dalam kisaran tertentu.

Keputusan ini merupakan upaya dari China untuk mewujudkan Yuan sebagai mata uang internasional yang lebih kuat dan dikenal secara global. Selain itu, langkah ini juga dilakukan sebagai respons terhadap tekanan dari negara-negara mitra dagang utama China, termasuk Amerika Serikat, yang mendorong China untuk mengijinkan Yuan bergerak lebih bebas.

Kelebihan Trading Pasangan Mata Uang USD/CNY

Trading dengan pasangan mata uang USD/CNY punya daya tarik sendiri. Salah satunya adalah likuiditas yang tinggi. Dolar AS adalah salah satu mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia, sementara Yuan China semakin dikenal dan diakui secara global. Kombinasi ini menjadikan pasangan mata uang ini cair dan mudah untuk dieksekusi, membuat trader bisa lebih leluasa masuk dan keluar dari posisi.

Keuntungan lainnya adalah potensi pergerakan yang signifikan. Yuan China adalah mata uang yang sensitif terhadap berita-berita ekonomi dan kebijakan moneter serta sistem perekonomian China yang dikeluarkan oleh pemerintah China. Hal ini bisa menyebabkan pergerakan yang cepat dan besar pada pasangan mata uang ini, memberikan peluang bagi trader untuk menghasilkan profit yang menggoda.

Akun Demo untuk Trading Pasangan Mata Uang USD/CNY

akun demo untuk trading USD/CNY

Pecinta trading USD/CNY, ada kabar baik nih buat kamu! Kenapa nggak mencoba akun demo untuk trading dengan pasangan mata uang yang menarik ini? Akun demo adalah area yang sangat bagus untuk memahami dinamika trading USD/CNY tanpa harus mempertaruhkan uang sungguhan. 

Di sini, kamu bakal diberi dana virtual yang bisa digunakan untuk latihan trading dengan situasi pasar yang realistis. Kamu bisa menguji berbagai strategi trading, mengamati pergerakan harga USD/CNY dan merasakan bagaimana atmosfer trading sebenarnya. 

Kelemahan Trading Pasangan Mata Uang USD/CNY

Namun, seperti halnya setiap pasangan mata uang, USD/CNY juga punya sisi gelapnya. Salah satunya adalah risiko politik dan geopolitik yang bisa mempengaruhi pergerakan Yuan China. Hubungan perdagangan dan politik antara Amerika Serikat dan China seringkali mendapatkan sorotan, dan berita-berita terkait bisa memicu volatilitas yang tinggi pada pasangan ini. Sebagai trader, kamu harus tetap waspada dan memantau perkembangan terkini.

Selain itu, pergerakan mata uang Yuan China juga dapat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah China. Keputusan tentang suku bunga, intervensi pasar, dan regulasi ekonomi dapat memberikan dampak signifikan pada nilai tukar Yuan China. Ini bisa menjadi tantangan, terutama jika kamu belum familiar dengan situasi dan kebijakan ekonomi China.

banner bertuliskan leverage up to 1:200

Cara Trading Pasangan Mata Uang USD/CNY

Tentu aja, nggak seru kalau cuma tahu kelebihan dan kelemahan aja, tanpa tahu bagaimana cara trading USD/CNY, kan? Nah, mari kita lihat beberapa langkah simpel untuk memulai trading dengan pasangan mata uang ini:

1. Pemahaman Tentang Yuan China (CNY)

Sebelum mulai trading, penting untuk memahami karakteristik dan regulasi yang mempengaruhi Yuan China. Karena pemerintah China masih memiliki kontrol yang signifikan terhadap nilai tukar Yuan, trader perlu memantau kebijakan dan berita terkait yang dapat mempengaruhi pergerakan mata uang ini.

2. Analisis Fundamental

Melakukan analisis fundamental sangat penting dalam trading pasangan mata uang USD/CNY. Berita ekonomi dan politik baik dari China maupun Amerika Serikat dapat memiliki dampak yang signifikan pada nilai tukar pasangan ini. Data ekonomi seperti pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, dan kebijakan moneter dari kedua negara dapat mempengaruhi arah pergerakan pasangan mata uang ini.

3. Pemantauan Hubungan AS-China

Hubungan politik dan perdagangan antara Amerika Serikat dan China memiliki dampak besar pada pasangan mata uang USD/CNY. Berita terkait perang dagang, kesepakatan perdagangan, dan kebijakan luar negeri dapat memicu volatilitas yang signifikan pada pasangan ini.

4. Analisis Teknikal

Selain analisis fundamental, analisa teknikal juga penting dalam trading pasangan mata uang USD/CNY. Menggunakan grafik dan indikator teknikal dapat membantu mengidentifikasi tren, level support dan resistance, serta pola pergerakan harga yang mungkin terjadi.

seorang trader sedang melakukan cara trading USD/CNY

5. Manajemen Risiko yang Bijak

Sebagai trader, selalu penting untuk memiliki rencana manajemen risiko yang baik. Pasangan mata uang USD/CNY dapat mengalami volatilitas yang tinggi, terutama saat ada berita penting terkait China atau AS. Penggunaan stop loss dan pengaturan ukuran posisi yang sesuai dapat membantu melindungi modal kamu dari risiko yang tidak diinginkan.

6. Perhatikan Waktu Perdagangan

Pasangan mata uang USD/CNY sering paling aktif selama jam perdagangan yang tumpang tindih antara sesi perdagangan Asia dan Amerika. Pada saat ini, likuiditas lebih tinggi dan pergerakan harga lebih dinamis, yang dapat memberikan peluang trading yang lebih baik.

7. Diversifikasi Portofolio

Pasangan mata uang USD/CNY dapat memberikan diversifikasi yang baik dalam portofolio trading Anda. Karena karakteristik khusus pasangan ini, trading USD/CNY dapat memberikan eksposur unik terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi China dan AS.

Nah, itu dia dasar-dasar mengenai pasangan mata uang USD/CNY. Bagaimana? Cukup mudah bukan? Setelah memahaminya, kini saatnya kamu mengimplementasikan pengetahuan yang baru saja didapatkan melalui akun demo HSB dengan pasangan mata uang yang tersedia! 

Eits, tapi kamu perlu memahami HSB hanya memiliki 17 pasangan mata uang yang bisa ditradingkan yaitu 7 major pairs (AUD/USD, USD/CAD, EUR/USD, USD/CHF, USD/JPY, NZDUSD dan GBPUSD) dan 10 cross pairs GBP/JPY, GBPAUD, AUD/JPY, EUR/JPY, NZD/JPY, GBP/CHF, AUD/NZD, EUR/GBP, EUR/CHF dan EUR/AUD)

Kami hanya menyediakan pasangan mata uang yang disebutkan diatas, selain itu kami hanya bersifat memberikan informasi dan mengedukasi kamu agar bisa mengenal semua jenis pasangan mata uang di pasar forex! 

 "Oiya paham! Gimana sih caranya?" 

Ini loh caranya, kamu bisa langsung membuat akun atau melakukan registrasi akun HSB menggunakan email milikmu. Setelah melakukan registrasi kamu bisa memaanfaatkan akun demo yang di sediakan otomatis. Kamu bisa langsung menganalisis cara membaca titik support dan resistance , mengatur strategi dan mencoba berbagai indikator lainnya!

Selain itu, HSB Investasi merupakan platform trading yang memiliki 4 jenis produk yang bisa kamu tradingkan yaitu 17 pasangan mata uang forex, 5 indeks saham, 3 produk komoditas dan 20 saham AS. Tenang saja! Trading di HSB Investasi sangat dijamin keamanannya dalam bertransaksi karena sudah memiliki izin resmi dan diawasi oleh BAPPEBTI.

Tidak kalah menarik dengan platform lainnya, HSB Investasi memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik