Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Objek Analisis Elliot & Beragam Jenisnya di MT5

Dalam platform MetaTrader 5 (MT5), terdapat sebuah alat yang dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas perdaganganmu, yaitu Elliot Tools.  Alat ini sangat berguna untuk membantu kamu mengidentifikasi dan memahami pola pergerakan harga di pasar. Lalu, apa itu Elliot Tools? Yuk, langsung simak penjelasannya!

objek analisis elliot di metatrader 5

Apa itu Elliot Tools

Elliot Tools adalah serangkaian alat yang tersedia dalam MT5 yang dirancang untuk menerapkan prinsip dan analisis gelombang Elliott Wave dalam perdagangan. Prinsip ini dikembangkan oleh Ralph Nelson Elliott dan digunakan untuk mengidentifikasi pola pergerakan harga yang berulang pada pasar keuangan.

Teori Gelombang Elliot menyatakan bahwa pergerakan harga di pasar keuangan mengikuti pola gelombang yang teratur. Gelombang ini terdiri dari dua jenis utama: gelombang impuls dan gelombang koreksi.

Gelombang impuls, terdiri dari lima sub-gelombang dan menggambarkan arah dominan dalam tren utama. Sub-gelombang ini terdiri dari tiga sub-gelombang naik (1, 3, 5) dan dua sub-gelombang turun (2, 4). Gelombang impuls menggambarkan pergerakan harga yang kuat dan bergerak sejalan dengan arah tren utama.

Sedangkan gelombang koreksi, terdiri dari tiga sub-gelombang dan menggambarkan koreksi terhadap tren utama. Sub-gelombang ini biasanya diberi label A, B, dan C. Gelombang koreksi bergerak berlawanan dengan arah tren utama dan memberikan kesempatan bagi pasar untuk mengkonsolidasikan pergerakan sebelum melanjutkan tren utama.

Dengan memahami pola gelombang yang terbentuk dalam pergerakan harga, kamu dapat mengidentifikasi potensi pergerakan harga selanjutnya dan mengambil keputusan berdasarkan informasi tersebut.

Keunggulan Elliot Tools

Keunggulan Elliot Tools

Sejak dikembangkan, Teori Gelombang Elliot telah menjadi salah satu alat analisis teknikal yang populer dan banyak digunakan oleh trader dan analis keuangan. Meskipun tidak semua setuju dengan teori ini, tetapi banyak yang menggunakannya karena keunggulan yang dimiliki dalam mengidentifikasi pola harga. Berikut beberapa keunggulannya:

1. Menentukan Titik Awal dan Titik Akhir

Dalam setiap pola gelombang, terdapat titik awal yang menandai dimulainya gelombang, serta titik akhir yang menandai berakhirnya gelombang tersebut. Dengan mengidentifikasi titik-titik ini, kamu dapat menentukan titik entry atau exit.

2. Mengukur Potensi Pergerakan Harga

Setiap gelombang dalam pola Elliot memiliki hubungan dengan gelombang-gelombang sebelumnya, yang memungkinkan untuk membuat perkiraan tentang seberapa jauh harga akan bergerak dalam gelombang selanjutnya.

3. Mengidentifikasi Koreksi dan Pembalikan

Pola koreksi terjadi setelah gelombang impuls, dan seringkali membentuk pola-pola seperti segitiga, bendera, atau konsolidasi. Dengan menggunakan Elliot Tools, kamu dapat mengenali pola koreksi ini dan memperkirakan apakah koreksi tersebut akan berlanjut atau tidak. Penting untuk dicatat bahwa terkadang, interpretasi pola harga dengan menggunakan Elliot Tools dapat menjadi subjektif, dan perlu dikonfirmasi dengan alat analisis teknikal lainnya.

Jenis-jenis indikator dalam Elliot Tools

Jenis-jenis indikator dalam Elliot Tools

Elliot Tools berdasarkan pada prinsip bahwa pergerakan harga dalam pasar keuangan tidaklah acak, melainkan mengikuti pola-pola tertentu yang dapat diidentifikasi dan dianalisis. Pada MT5, terdapat berbagai indikator dalam Elliot tools yang bisa kamu gunakan, termasuk Elliott Wave Indicator, Elliott Wave Analyzer, dan Elliot Wave Oscillator.

Elliott Wave Indicator

Elliott Wave Indicator dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi gelombang dan sub-gelombang ini dalam pergerakan harga.

Ada lima gelombang utama dalam teori Elliott, yaitu tiga gelombang naik (1, 3, dan 5) yang terdiri dari dua gelombang turun (2 dan 4). Gelombang naik dan turun ini membentuk siklus yang berulang.

Elliott Wave Indicator menggunakan konsep retracement dan extension untuk mengidentifikasi gelombang dan sub-gelombang. Retracement mengacu pada pergerakan harga yang berlawanan dengan tren utama, sementara ekstensi mengacu pada pergerakan harga yang bergerak sejalan dengan tren utama.

Indikator ini juga menggunakan konsep gelombang impulsif dan korektif untuk memprediksi pergerakan harga di masa depan. Gelombang impulsif menggambarkan pergerakan harga yang kuat sejalan dengan tren utama, sementara gelombang korektif menggambarkan pergerakan harga yang berlawanan dengan tren utama.

Selain itu, Elliott Wave Indicator juga memperhatikan hubungan antara waktu dan harga . Teori Elliott mengatakan bahwa gelombang naik (uptrend) cenderung bergerak lebih cepat daripada gelombang turun (downtrend). Oleh karena itu, indikator ini dapat membantu trader untuk mengidentifikasi kekuatan dan kecepatan tren yang sedang terjadi.

Elliott Wave Analyzer

Elliott Wave Analyzer memungkinkan kamu untuk mengidentifikasi dan mengamati pola-pola gelombang secara visual. Alat ini menggunakan grafik harga pasar dan menerapkan aturan-aturan Elliott Wave untuk menggambar gelombang-gelombang yang ada.

Dalam menggunakan Elliott Wave Analyzer, kamu harus memahami prinsip-prinsip dasar teori Elliott Wave dan aturan-aturan yang terkait dengan identifikasi gelombang. Ini melibatkan pemahaman tentang panjang dan proporsi gelombang, hubungan antara gelombang-gelombang yang berbeda, serta kemungkinan skenario alternatif.

Elliott Wave Analyzer juga dapat memberikan informasi tambahan seperti tingkat support dan resistance yang potensial, target harga, dan tingkat stop-loss yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan trading.

Elliot Wave Oscillator

Teori gelombang Elliot menyatakan bahwa, harga pasar bergerak dalam pola yang berulang, yang terdiri dari gelombang naik dan turun. Elliot Wave Oscillator dapat membantu kamu untuk mengukur kekuatan dan momentum dari gelombang-gelombang tersebut.

Indikator Elliot Wave Oscillator didasarkan pada perhitungan perbedaan antara dua rata-rata pergerakan sederhana (SMA) dari harga penutupan. Biasanya, SMA dengan periode 5 dan 35 digunakan dalam perhitungan ini. Untuk menghitung Elliot Wave Oscillator, pertama-tama kamu perlu mencari selisih antara SMA 5 dan SMA 35 pada setiap titik data harga penutupan. Selanjutnya, kamu mencari rata-rata dari selisih ini selama periode yang ditentukan, biasanya 34 periode.

Hasil perhitungan tersebut akan menghasilkan garis Elliot Wave Oscillator yang berfluktuasi di atas dan di bawah garis tengah nol. Ketika garis Oscillator berada di atas nol, itu mengindikasikan dominasi gelombang naik dan momentum yang positif. Sebaliknya, ketika garis Oscillator berada di bawah nol, itu menunjukkan dominasi gelombang turun dan momentum negatif.

Dalam praktiknya, kamu menggunakan Elliot Wave Oscillator untuk mengidentifikasi pola gelombang Elliot yang sedang terbentuk dan mengantisipasi pergerakan harga berikutnya. Kamu dapat menggunakan indikator lain untuk mencari konfirmasi tambahan dari sinyal-sinyal yang diberikan oleh indikator ini sebelum mengambil keputusan transaksi.

gunakan timeframe mt5 dan raih peluang profit tradingnya

Penerapan Elliot Tools dalam Analisis Trading

Penggunaan Elliot Tools dalam MT5 memungkinkan kamu untuk menerapkan pendekatan analisis gelombang Elliott yang terperinci dalam pengambilan keputusan perdagangan. Dengan memahami pola gelombang yang terbentuk, kamu dapat mengidentifikasi potensi pergerakan harga selanjutnya dan mengatur strategi perdagangan berdasarkan informasi tersebut. Berikut beberapa contoh penerapan Elliot Tools

1. Elliott Wave Indicator

Misalkan ketika kamu sedang menganalisis pola harga historis menggunakan prinsip Elliott Wave, kamu mengidentifikasi bahwa pasar sedang berada dalam gelombang naik (uptrend) yang sedang mengalami koreksi. Indikator Elliott Wave menunjukkan bahwa gelombang koreksi saat ini berada pada gelombang ke-4. Dengan memahami pola ini, kamu dapat mengantisipasi bahwa setelah koreksi selesai, gelombang ke-5 yang merupakan gelombang naik utama akan terjadi. Dengan demikian, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli saat harga turun dalam gelombang koreksi dan menjualnya saat harga mencapai puncak gelombang ke-5.

2. Elliott Wave Analyzer

Misalkan kamu sedang mengamati pergerakan harga pasangan mata uang EUR/USD dan menggunakan prinsip Elliott Wave, kamu mengidentifikasi bahwa pasangan mata uang tersebut sedang berada dalam pola konsolidasi dan sedang menuju gelombang penurunan (downtrend) berikutnya. Dengan bantuan Elliott Wave Analyzer, kamu dapat mengidentifikasi level support dan resistance yang sesuai dengan gelombang-gelombang sebelumnya. Hal ini memungkinkan kamu untuk menentukan level entri dan exit yang tepat, serta mengatur stop-loss dan take-profit dengan lebih akurat.

3. Elliott Wave Oscillator

Misalkan kamu sedang mengamati pergerakan harga dan menerapkan prinsip Elliott Wave, kamu melihat bahwa indeks sedang bergerak dalam gelombang naik yang kuat. Elliott Wave Oscillator menunjukkan bahwa momentum naik sedang meningkat dengan adanya divergensi positif yang kuat. Hal ini mengindikasikan kemungkinan adanya penguatan lebih lanjut pada indeks saham tersebut. Dengan memperhatikan sinyal yang diberikan oleh Elliott Wave Oscillator, kamu dapat mempertimbangkan untuk membuka posisi beli untuk memanfaatkan momentum naik yang kuat tersebut.

Penting untuk diingat bahwa contoh-contoh di atas hanya sebagai ilustrasi. Strategi di atas harus dilakukan dengan mempertimbangkan analisis yang lebih komprehensif dan memperhatikan faktor-faktor lainnya.

Untuk bisa meraih peluang profit trading forex, saham, Indeks, atau komoditas dari indikator-indikator teknis tersebut, kamu para trader pemula bisa mendownload aplikasi HSB Investasi dengan tampilan yang ramah pengguna dan fitur-fitur canggih di dalamnya. Sobat Trader bisa mendownloadnya melalui aplikasi bawaan PlayStore atau AppStore.

Jika kamu adalah trader berpengalaman yang ingin memanfaatkan beragam fitur trading modern untuk memaksimalkan potensi profit, kamu bisa menggunakan platform MetaTrader 5 HSB Investasi.

Jangan sampai di download saja, pastikan Sobat Trader sudah melakukan registrasi akun trading HSB, melalui tahapan verifikasi, dan melakukan transfer deposit trading ke rekening segregated account HSB ya. Jadi, tunggu apa lagi? Raih peluang profit tradingmu secara aman bersama HSB Investasi!***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik