Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Kisah Nicolas Darvas Menginspirasi Trader Pemula

Nicolas Darvas seorang penari profesional pada tahun 1950-an, mungkin tidak terdengar seperti seseorang yang berhubungan dengan dunia trading saham. Namun, kisah suksesnya dalam dunia trading telah menginspirasi banyak trader pemula untuk memahami bahwa kemampuan trading bukanlah hak eksklusif dari para ahli finansial.

Darvas, yang awalnya sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang pasar saham, berhasil mengembangkan metode trading yang unik dan menghasilkan keuntungan signifikan. Kisah hidupnya yang menakjubkan ini menunjukkan bahwa dengan tekad, pengetahuan dan disiplin, siapa pun dapat menjadi trader yang sukses. Mari kita eksplorasi lebih dalam kisah inspiratif Nicolas Darvas dalam artikel ini.

Latar Belakang dan Awal Karir Nicolas Darvas

Nicolas Darvas adalah seorang penari terkenal yang mengubah dirinya menjadi seorang trader saham sukses. Lahir pada tahun 1920 di Hungaria, Darvas awalnya dikenal sebagai penari profesional telah tampil di panggung-panggung terkenal di seluruh dunia. Namun, ketertarikannya terhadap pasar saham tumbuh, dan ia memutuskan untuk mengalihkan fokusnya ke dunia trading.

Darvas dilatih belajar di Universitas Budapest. Enggan untuk tetap di Hongaria sampai Nazi atau Uni Soviet mengambil alih, dia melarikan diri pada bulan Juni 1943 pada usia 23 tahun dengan visa keluar palsu dan £50 ke Istanbul, Turki.

Beberapa waktu kemudian, dia bertemu dengan saudara tirinya, Julia. yang menjadi rekannya dalam tim penari di Eropa dan Amerika Serikat. Pada April 1953 keduanya tampil bersama Judy Garland dan Bob Hope. Pada 1956, mereka mengadakan tur.

Awalnya, Darvas mengalami kegagalan dan kerugian dalam trading saham. Namun, dengan tekad kuat, ia mempelajari buku-buku tentang analisis teknikal dan menciptakan metode trading yang inovatif. Ia menggabungkan konsep-konsep seperti tren harga, volume perdagangan, dan pola grafik untuk mengidentifikasi peluang trading menguntungkan.

Nicolas Darvas mengembangkan pendekatan unik dalam trading saham, di mana ia menggunakan strategi "box" untuk mengenali tren harga. Pendekatan ini melibatkan identifikasi pola konsolidasi harga dalam "box" dan hanya melakukan trading saat harga keluar dari kotak tersebut dengan momentum yang kuat.

Karir trading Darvas mencapai puncaknya pada tahun 1950-an, ketika ia berhasil menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Ia mencatat pencapaian spektakuler dalam trading saham dan menjadi inspirasi bagi banyak trader di seluruh dunia.

Mulai saat ini Darvas akan memilih saham yang mengalami kemajuan yang baik pada volume yang kuat, dengan riset fundamental perusahaan menguntungkan. Darvas mengklaim metodenya sering mengungkap tanda-tanda insider trading sebelum sebuah perusahaan merilis berita baik kepada publik.

Nicolas Darvas kemudian menceritakan pengalaman dan kesuksesannya dalam bukunya terkenal, "How I Made $2,000,000 in the Stock Market" diterbitkan pada tahun 1960. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang pendekatan dan strategi trading yang ia gunakan, serta pengalaman pribadinya dalam menghadapi tantangan dan keberhasilan dalam trading saham.

 

prinsip utama dari pendekatan trading darvas box

Pendekatan Trading Darvas Box

Pendekatan ini berfokus pada identifikasi pola konsolidasi harga yang terbentuk  dan memanfaatkannya untuk mengambil keputusan trading. Berikut adalah prinsip utama dari pendekatan trading Darvas Box:

1. Identifikasi Box

Darvas mencari pola konsolidasi harga terbentuk di antara level support dan resistance jelas. Pola ini membentuk kotak atau jangkauan harga yang relatif sempit. Darvas meyakini bahwa harga cenderung bergerak dalam tren saat keluar dari kotak ini.

2. Konfirmasi Breakout

Darvas mengharapkan harga untuk keluar dari kotak dengan momentum kuat. Ia akan memasuki pasar hanya jika harga melebihi level resistance kotak dengan volume meningkat. Ini dianggap sebagai tanda bahwa ada tekanan beli yang kuat dan tren naik mungkin dimulai.

3. Stop Loss dan Target Profit

Darvas menggunakan metode stop loss ketat untuk mengendalikan risiko. Jika harga turun kembali di bawah level support kotak, ia akan keluar dari pasar dengan cepat. Untuk target profit, Darvas menggunakan perhitungan yang didasarkan pada tinggi kotak sebelumnya.

4. Manajemen Risiko

Darvas sangat berfokus pada manajemen risiko yang baik. Ia hanya menggunakan sebagian kecil dari modalnya untuk setiap treading dan secara proaktif mengelola risiko dengan menggeser stop loss saat harga naik.

Pendekatan trading Darvas Box telah menginspirasi banyak trader dengan pendekatan sederhananya mengandalkan pengamatan pola harga jelas dan manajemen risiko yang ketat. Meskipun pendekatan ini dirancang untuk trading saham, prinsipnya juga dapat diterapkan pada instrumen keuangan lainnya seperti forex atau komoditas.

inilah pengaruh nicolas darvas dalam dunia trading

Pengaruh Nicolas Darvas dalam Trading

Berikut adalah beberapa pengaruh utama dari Nicolas Darvas dalam dunia trading:

1. Pendekatan Trading Inovatif

Darvas mengembangkan pendekatan unik dalam trading saham dengan menggunakan strategi "box" untuk mengenali tren harga. Pendekatan ini membantu memperkenalkan konsep penting seperti identifikasi pola konsolidasi, konfirmasi breakout, dan manajemen risiko yang ketat. Pendekatan ini mempengaruhi banyak trader untuk lebih memperhatikan pola harga dan memperkuat pemahaman tentang pentingnya manajemen risiko.

2. Inspirasi bagi Trader

Kisah sukses Nicolas Darvas sebagai seorang penari kemudian menjadi trader saham telah menginspirasi banyak orang untuk memasuki dunia trading. Ia membuktikan bahwa dengan ketekunan, pembelajaran, dan disiplin yang tepat, siapa pun dapat meraih kesuksesan dalam trading.

3. Penekanan Psikologi Trading

Darvas juga menyoroti pentingnya melatih psikologis dalam trading. Ia menekankan pentingnya disiplin, kesabaran, dan kontrol emosi dalam mengambil keputusan trading rasional. Pendekatan ini telah membantu trader untuk memahami bahwa kesuksesan dalam trading bukan hanya tentang strategi teknis, tetapi juga tentang pengelolaan emosi dan psikologi yang baik.

4. Pengaruh pada Analisis Teknis

Pendekatan Darvas Box telah memberikan kontribusi pada pengembangan analisis teknis. Konsep seperti identifikasi pola konsolidasi, breakout, dan manajemen risiko yang ketat telah digunakan dan dimodifikasi oleh banyak trader dan analis teknis dalam strategi trading mereka.

salah satu contoh studi kasus saham nicolas darvas yang terkenal

Contoh Studi Kasus Saham Nicolas Darvas

Salah satu contoh studi kasus saham Nicolas Darvas yang terkenal adalah kisah kesuksesannya dengan saham "Reynolds Metals Company". Pada tahun 1957, Darvas melihat adanya potensi pada saham Reynolds Metals Company dan memutuskan untuk memasuki pasar.

Darvas menggunakan pendekatannya dikenal sebagai "Darvas Box" untuk mengidentifikasi pola konsolidasi harga terbentuk pada saham tersebut. Ia mengamati bahwa harga saham Reynolds Metals Company membentuk pola kotak di antara level support dan resistance yang jelas.

Setelah mengamati pola tersebut, Darvas menunggu breakout di atas level resistance kotak sebagai tanda bahwa harga akan mengalami kenaikan lebih lanjut. Ketika harga saham melebihi level resistance dengan volume yang meningkat, Darvas memasuki pasar dengan posisi beli. Darvas juga menerapkan manajemen risiko ketat. Ia menetapkan stop loss yang ketat di bawah level support kotak sebagai langkah pengaman jika harga berbalik melawan posisinya.

Pada akhirnya, trading Darvas dengan saham Reynolds Metals Company menghasilkan keuntungan signifikan. Ia berhasil mengambil keuntungan saat harga saham terus naik dan kemudian keluar dari pasar saat harga turun di bawah level support kotak.

Kisah ini menunjukkan bagaimana Nicolas Darvas berhasil menerapkan pendekatannya inovatif dalam trading saham. Dengan mengenali pola konsolidasi harga, menggunakan konfirmasi breakout, dan menerapkan manajemen risiko yang ketat, Darvas berhasil memanfaatkan peluang trading menguntungkan. Kisah sukses ini telah menginspirasi banyak trader untuk mempelajari dan menerapkan pendekatan Darvas dalam trading mereka.

Terapkan Strategi Nicolas Darvas Tanpa Risiko!

Sobat Trader, setelah menjelaskan topik di atas, kita tau bahwa strategi trading yang digunakan Nicolas Darvas terkenal dengan nama "Box Theory" atau Teori Kotak. Pendekatan ini didasarkan pada konsep sederhana untuk mengidentifikasi saham-saham yang sedang berada dalam tren naik atau tren turun. 

Sehingga, untuk menjadi seorang trader saham sukses seperti Nicolas Darvas ini, Sobat Trader membutuhkan pehamanan lebih mendalam mengenai pasar saham dan strategi box theory. Inilah peran penting dari akun demo untuk menguasai pemahaman dasar strategi yang digunakan Darvas hingga bisa mahir dalam trading saham!

Akun demo sendiri memungkinkan kamu untuk berlatih strategi trading, menguji rencana dan memahami cara kerja pasar tanpa harus menghadapi risiko finansial hingga mahir dalam trading. Inilah mengapa akun demo trading HSB berperan penting. Dengan akun demo ini, kamu bisa belajar trading tanpa risiko kehilangan uang sungguhan, sehingga kamu dapat meningkatkan kemampuan trading kamu dengan percaya diri. 

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu dalam menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX. 

Aplikasi HSB Investasi juga mudah digunakan dengan adanya fitur CS online 24 jam, talent board dan menu deposit yang dapat membantu kamu dalam mengeksekusi trading jadi lebih mudah, cepat dan efisien.

Kamu bisa mencoba trading secara real-time dengan 45 instrumen berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah tanpa harus khawatir merugi di aplikasi trading HSB.

Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:
1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik