Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal 3 Jenis Pola Triple Candlestick

Pola candlestick adalah alat penting dalam analisis teknikal untuk mengidentifikasi potensi pembalikan arah harga atau kelanjutan tren. Dalam artikel ini, kita akan mengulas tiga pola candlestick populer, yaitu Evening dan Morning Stars, Three White Soldiers dan Black Crows, serta Three Inside Up dan Down.  Pahami rumus dan cara mengidentifikasi pola-pola ini untuk meningkatkan pemahamanmu dalam trading forex dengan membaca artikel yang kami sajikan dibawah ini.

Evening dan Morning Stars

Evening Star dan Morning Star adalah dua pola candlestick yang penting dalam analisis teknikal. Kedua pola ini dapat memberikan petunjuk tentang perubahan arah tren yang mungkin terjadi di pasar. Mari kita jelaskan secara lebih rinci tentang Evening Star dan Morning Star:

contoh pola evening dan morning stars

1. Evening Star

Evening Star adalah pola candlestick yang mengindikasikan potensi pembalikan arah dari tren naik menjadi tren turun. Pola ini terdiri dari tiga candlestick yang muncul dalam urutan berikut:

  • Candlestick pertama adalah candlestick bullish yang menunjukkan adanya tren naik yang kuat.
  • Candlestick kedua adalah candlestick kecil yang bisa berwarna apa pun dan mewakili periode konsolidasi atau keraguan pasar. Ukurannya bisa lebih besar atau lebih kecil daripada candlestick pertama.
  • Candlestick ketiga adalah candlestick bearish yang menunjukkan adanya penjual yang kuat dan potensi pembalikan arah. Candlestick ketiga harus menutup setidaknya di bawah setengah body candlestick pertama.

Evening Star mengindikasikan bahwa tekanan beli mulai melemah dan penjual mulai mengambil kendali. Pola ini sering muncul di puncak tren naik dan memberikan sinyal bahwa harga mungkin akan turun.

2. Morning Star

Morning Star adalah kebalikan dari Evening Star. Pola ini mengindikasikan potensi pembalikan arah dari tren turun menjadi tren naik. Pola ini juga terdiri dari tiga candlestick dengan urutan yang berbeda:

  • Candlestick pertama adalah candlestick bearish yang menunjukkan adanya tren turun yang kuat.
  • Candlestick kedua adalah candlestick kecil yang mewakili periode konsolidasi pasar. Ukurannya bisa lebih besar atau lebih kecil daripada candlestick pertama.
  • Candlestick ketiga adalah candlestick bullish yang menunjukkan adanya pembalikan arah potensial. Candlestick ketiga harus menutup setidaknya di atas setengah body candlestick pertama.

Morning Star mengindikasikan bahwa tekanan jual mulai melemah dan pembeli mulai mengambil kendali. Pola ini sering muncul di dasar tren turun dan memberikan sinyal bahwa harga mungkin akan naik.

Dalam mengidentifikasi Evening Star dan Morning Star, penting untuk memperhatikan ukuran dan posisi candlestick serta mengonfirmasi pola dengan analisis tambahan, seperti indikator teknikal atau level support dan resistance. 

Pola ini dapat memberikan sinyal trading yang kuat, tetapi tidak selalu terjadi dalam setiap situasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis yang cermat dan penggunaan konfirmasi tambahan sebelum mengambil keputusan trading berdasarkan pola ini.

Three White Soldiers dan Black Crows

contoh pola candlestick three white soldiers dan black crows

Three White Soldiers dan Black Crows adalah dua pola candlestick yang signifikan dalam analisis teknikal. Kedua pola ini memberikan indikasi tentang kelanjutan tren yang sedang berlangsung di pasar. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai Three White Soldiers dan Black Crows:

1. Three White Soldiers

Three White Soldiers adalah pola candlestick yang mengindikasikan potensi kelanjutan tren naik. Pola ini terdiri dari tiga candlestick bullish yang muncul secara berurutan dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Setiap candlestick memiliki body yang panjang dan minimal memiliki shadow atas atau tidak memiliki sama sekali.
  • Setiap candlestick menutup di atas harga penutupan candlestick sebelumnya.
  • Volume trading yang meningkat pada setiap candlestick juga dapat menjadi konfirmasi tambahan untuk pola ini.

Three White Soldiers menunjukkan bahwa pembeli memiliki kontrol yang kuat atas pasar dan harga cenderung terus naik. Pola ini biasanya muncul di tengah tren naik yang sedang berlangsung dan memberikan sinyal bahwa tren tersebut akan berlanjut.

2. Black Crows

Black Crows adalah kebalikan dari Three White Soldiers. Pola ini mengindikasikan potensi kelanjutan tren turun. Black Crows terdiri dari tiga candlestick bearish yang muncul secara berurutan dengan karakteristik berikut:

  • Setiap candlestick memiliki body yang panjang dan minimal memiliki shadow bawah atau tidak memiliki sama sekali.
  • Setiap candlestick menutup di bawah harga penutupan candlestick sebelumnya.
  • Volume trading yang meningkat pada setiap candlestick juga dapat menjadi konfirmasi tambahan untuk pola ini.

Black Crows menunjukkan bahwa penjual memiliki kendali yang kuat atas pasar dan harga cenderung terus turun. Pola ini sering muncul di tengah tren turun yang sedang berlangsung dan memberikan sinyal bahwa tren tersebut akan berlanjut.

Three Inside Up and Down

contoh pola candlestick three white soldiers dan black crows

Three Inside Up dan Three Inside Down adalah dua pola candlestick yang memberikan indikasi pembalikan arah tren. Pola-pola ini menggambarkan perubahan momentum dan memberikan petunjuk bahwa tren yang sedang berlangsung mungkin akan berbalik. Berikut penjelasan tentang Three Inside Up dan Three Inside Down:

1. Three Inside Up

Three Inside Up adalah pola candlestick yang mengindikasikan potensi pembalikan dari tren turun menjadi tren naik. Pola ini terdiri dari tiga candlestick dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Candlestick pertama adalah candlestick bearish yang menunjukkan adanya tren turun yang kuat.
  • Candlestick kedua adalah candlestick bullish yang terjadi dalam range candlestick pertama dan menunjukkan konsolidasi pasar.
  • Candlestick ketiga adalah candlestick bullish yang menembus tinggi candlestick pertama, menunjukkan potensi pembalikan arah.

Three Inside Up mengindikasikan bahwa tekanan jual mulai melemah dan pembeli mulai mengambil alih. Pola ini memberikan sinyal bahwa tren turun mungkin akan berakhir dan tren naik baru mungkin akan dimulai.

2. Three Inside Down

Three Inside Down adalah kebalikan dari Three Inside Up. Pola ini mengindikasikan potensi pembalikan dari tren naik menjadi tren turun. Pola ini terdiri dari tiga candlestick dengan karakteristik sebagai berikut:

  • Candlestick pertama adalah candlestick bullish yang menunjukkan adanya tren naik yang kuat.
  • Candlestick kedua adalah candlestick bearish yang terjadi dalam range candlestick pertama dan menunjukkan konsolidasi pasar.
  • Candlestick ketiga adalah candlestick bearish yang menembus rendah candlestick pertama, menunjukkan potensi pembalikan arah.

Three Inside Down mengindikasikan bahwa tekanan beli mulai melemah dan penjual mulai mengambil alih. Pola ini memberikan sinyal bahwa tren naik mungkin akan berakhir dan tren turun baru mungkin akan dimulai.

Kamu sedang mencari broker dengan sistem MT5? HSB Investasi adalah jawabannya yang memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal yang profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

download aplikasi hsb investasi dan raih keuntungannya

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya. 

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik