Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Begini Risiko dan Fungsi Melakukan Teknik Locking

Apa itu Teknik Locking

dua pria sedang mencari tahu pengertian teknik locking

Teknik Locking Trading adalah strategi perdagangan di mana seorang trader membuka posisi beli dan posisi jual yang saling berlawanan pada pasangan mata uang atau aset lainnya secara bersamaan. Tujuan dari teknik ini adalah untuk melindungi posisi trading dari pergerakan harga yang tidak diinginkan dan mengunci keuntungan atau kerugian saat ini.

Dengan menggunakan teknik Locking Trading, jika harga bergerak melawan posisi beli yang dibuka, trader dapat membuka posisi jual untuk mengimbangi kerugian yang mungkin terjadi pada posisi beli. Sebaliknya, jika harga bergerak melawan posisi jual yang dibuka, trader dapat membuka posisi beli untuk melindungi kerugian pada posisi jual.

Teknik ini memberikan fleksibilitas bagi trader dalam mengelola risiko dan menghindari kerugian yang lebih besar. Namun, perlu diingat bahwa saat menggunakan teknik ini, keuntungan yang diperoleh pada satu posisi dapat terimbangi oleh kerugian pada posisi lainnya. Selain itu, biaya spread dan komisi trading juga perlu diperhatikan dalam menerapkan strategi ini.

Sebelum menggunakan Teknik Locking Trading, penting untuk memahami risiko yang terkait dan mempertimbangkan dengan cermat kondisi pasar keuangan dan tujuan trading kamu. Konsultasikan dengan profesional keuangan atau ahli trading sebelum menerapkan strategi ini.

Fungsi Teknik Locking

seseorang sedang mencari tahu apa fungsi dari teknik locking

Teknik Locking memiliki beberapa fungsi dalam perdagangan, antara lain:

1. Melindungi posisi trading

Fungsi utama teknik Locking adalah melindungi posisi trading dari pergerakan harga yang tidak diinginkan. Dengan membuka posisi beli dan posisi jual yang saling berlawanan, trader dapat mengunci potensi kerugian yang mungkin terjadi jika harga bergerak melawan posisi awal. Ini membantu membatasi risiko dan melindungi modal trading.

2. Mengunci keuntungan

Selain melindungi dari kerugian potensial, teknik Locking juga dapat digunakan untuk mengunci keuntungan saat ini. Jika trader memiliki posisi yang menghasilkan keuntungan, mereka dapat membuka posisi lawan untuk melindungi keuntungan tersebut. Dengan melakukan ini, mereka dapat memastikan bahwa keuntungan tidak hilang jika harga berbalik.

3. Mengurangi kerugian secara keseluruhan

Dengan menggunakan teknik Locking, trader dapat mengurangi kerugian secara keseluruhan dalam situasi di mana mereka tidak dapat mengambil keputusan yang jelas tentang arah pergerakan harga. Dalam kondisi pasar yang tidak stabil atau bergejolak, teknik ini dapat membantu mengurangi potensi kerugian yang signifikan.

4. Mengelola risiko dengan lebih baik

Teknik Locking membantu trader dalam mengelola risiko dengan lebih baik. Dengan mempertahankan posisi beli dan posisi jual yang berlawanan, trader dapat mencapai keseimbangan antara potensi keuntungan dan kerugian. Ini memungkinkan mereka untuk mengontrol risiko secara efektif dan membuat keputusan trading yang lebih terinformasi.

Risiko Teknik Locking

seseorang sedang mengidentifikasi risiko dari teknik locking

Meskipun teknik Locking dapat memberikan beberapa manfaat, ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan:

1. Biaya trading

Menerapkan teknik Locking melibatkan membuka dua posisi yang saling berlawanan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan biaya trading, seperti spread, komisi, atau swap. Perhatikan bahwa biaya ini dapat mempengaruhi keuntungan bersih yang kamu peroleh dari perdagangan.

2. Risiko terjebak

Jika harga tidak bergerak secara signifikan atau berfluktuasi dalam kisaran sempit, teknik Locking dapat menyebabkan kamu terjebak dalam perdagangan tanpa menghasilkan keuntungan yang signifikan. Ini dapat mengurangi potensi keuntungan yang dapat kamu peroleh dan membatasi fleksibilitas dalam mengambil tindakan lain di pasar.

3. Pergerakan harga yang tajam

Ketika harga bergerak dengan cepat dan tajam ke satu arah, teknik Locking dapat menghasilkan kerugian yang signifikan. Jika kamu memiliki posisi beli dan posisi jual yang terbuka, tetapi harga bergerak jauh ke arah salah satu posisi tersebut, kamu mungkin mengalami kerugian pada posisi tersebut, dan keuntungan pada posisi lainnya mungkin tidak cukup untuk menutupi kerugian tersebut.

4. Keterbatasan potensi keuntungan

Teknik Locking dapat membatasi potensi keuntungan kamu karena kamu mengunci posisi trading dalam jangka waktu tertentu. Jika harga bergerak secara signifikan ke satu arah, kamu mungkin melewatkan peluang keuntungan yang lebih besar.

5. Kehilangan peluang trading

Saat kamu terkunci dalam teknik Locking, kamu mungkin melewatkan peluang trading lain yang mungkin muncul di pasar. Posisi yang terkunci dapat mengikat modal kamu dan mengurangi fleksibilitas untuk mengambil posisi baru yang menguntungkan.

Penting untuk memahami risiko-risiko ini dan menggunakan teknik Locking dengan bijaksana. Selalu pertimbangkan kondisi pasar saat ini, keuangan kamu, dan tujuan trading sebelum memutuskan untuk menerapkan strategi ini. Selain itu, disarankan untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang manajemen risiko dan penggunaan perintah stop loss untuk melindungi modal kamu.

Perbedaan Locking dan Hedging

membedakan antara locking dan hedging

Perbedaan antara teknik Locking dan Hedging dalam konteks perdagangan adalah sebagai berikut:

Tujuan:

- Locking: Tujuan utama teknik Locking adalah melindungi posisi trading dari pergerakan harga yang tidak diinginkan dan mengunci keuntungan atau kerugian saat ini. Trader menggunakan teknik ini untuk mengurangi risiko dan mempertahankan posisi yang sedang berjalan.

- Hedging: Tujuan utama hedging adalah melindungi portofolio trading dari risiko pergerakan harga yang tidak diinginkan. Hedging dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian dengan membuka posisi yang berlawanan dengan posisi aset utama yang dimiliki.

Posisi yang dibuka:

- Locking: Dalam locking, trader membuka posisi beli dan posisi jual yang saling berlawanan pada pasangan mata uang atau aset lainnya secara bersamaan.

- Hedging: Dalam hedging, trader membuka posisi yang berlawanan dengan posisi yang dimiliki pada aset utama. Misalnya, jika trader memiliki posisi beli pada suatu aset, mereka akan membuka posisi jual pada aset tersebut sebagai langkah hedging.

Durasi:

- Locking: Teknik Locking umumnya bersifat sementara dan digunakan dalam jangka waktu yang relatif pendek untuk melindungi posisi trading saat ini.

- Hedging: Hedging dapat bersifat jangka pendek atau jangka panjang, tergantung pada tujuan dan strategi trading. Hedging seringkali merupakan strategi yang berkelanjutan untuk melindungi portofolio dari risiko jangka panjang.

Fokus:

- Locking: Teknik Locking lebih fokus pada pengamanan posisi trading individu terhadap risiko pergerakan harga yang tidak diinginkan.

- Hedging: Hedging lebih fokus pada pengamanan portofolio secara keseluruhan terhadap risiko pergerakan harga dan volatilitas pasar secara umum.

Keuntungan dan kerugian:

- Locking: Dalam locking, keuntungan dan kerugian pada posisi beli dan posisi jual yang saling berlawanan dapat saling menutupi, tetapi juga dapat membatasi potensi keuntungan.

- Hedging: Dalam hedging, keuntungan pada posisi aset utama dapat dikurangi oleh kerugian pada posisi yang dilakukan sebagai langkah hedging, tetapi tujuan utamanya adalah melindungi portofolio secara keseluruhan.

Penting untuk memahami perbedaan ini dan memilih strategi yang sesuai dengan tujuan dan gaya trading kamu. Terlepas dari perbedaan tersebut, baik locking maupun hedging melibatkan risiko, dan keputusan trading harus didasarkan pada analisis dan pemahaman yang baik tentang kondisi pasar dan risiko yang terkait.

Setelah mempelajari tentang teknik locking, Sobat Trader jangan sampai salah memilih platform trading. Sebagai pialang berjangka yang sudah resmi terdaftar di BAPPEBTI, keamanan trading di HSB Investasi tentunya sangat terjamin.

Dengan menggunakan rekening terpisah, bisa dipastikan dana Sobat Trader aman. Selain itu HSB Invetasi juga menyediakan aplikasi trading HSB Investasi yang sangat responsif dan mudah untuk digunakan. 

Untuk mencoba pengalaman trading bersama HSB Investasi, kamu bisa mencoba akun demo yang HSB Investasi sediakan. Cukup dengan registrasikan email dan nomor telepon kamu sudah bisa merasakan  fitur fitur unggulan yang HSB Investasi sediakan.

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik