Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Menentukan Buy dan Sell dalam Trading Agar Bisa Cuan

Dalam melakukan transaksi di pasar trading, ada berbagai hal yang harus kamu pertimbangkan seperti cara menentukan buy dan sell dalam trading. Oleh karenanya, untuk mencapai nilai profit yang sesuai dengan keinginan melalui trading, kamu harus memahami dan mempelajarinya terlebih dahulu. 

Menemukan waktu yang tepat untuk masuk ke pasar trading tertentu dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Dalam artikel ini, kamu akan mengenal waktu yang tepat untuk buy dan sell saat trading agar aktivitas trading berakhir untung, bukan rugi. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Memahami Buy dan Sell dalam Trading

Seperti pengertian pada umumnya, buy dalam trading adalah aktivitas pembelian instrumen trading yang kamu inginkan untuk bisa membuka posisi pada pasar trading. Sedangkan sell adalah kegiatan penjualan instrumen trading ketika nilai aset telah mencapai titik tertentu atau grafik sudah berada di atas guna menutup posisi tersebut.

Biasanya, trader sukses menjual asetnya untuk melakukan pembelian pada instrumen atau jenis trading lain yang mengalami penurunan harga dan berpotensi naik di waktu tertentu. Sehingga, kamu bisa merasakan keuntungan dari aktivitas trading sebelumnya melalui selisih pembelian aset baru dengan hasil penjualan aset lama. 

Lebih mudahnya, jika posisi grafik berada di atas atau sedang bergerak naik, maka gunakan kesempatan tersebut untuk menjual aset dan keluar dari pasar trading. Kemudian, beli aset pada instrumen trading lainnya dengan harga yang bergerak turun agar kamu tetap memiliki aset baru yang sedang berjalan. Dengan begitu, sebagian nilai portofolio yang kamu miliki tetap berkembang dan bergerak dalam pasar trading

Pentingnya Mengetahui Kapan Harus Buy dan Sell dalam Trading

Pentingnya Mengetahui Kapan Harus Buy dan Sell dalam Trading

Untuk menentukan buy dan sell, kamu tidak bisa bisa melakukannya begitu saja. Terdapat cara menentukan buy dan sell dalam trading tertentu yang harus diperhatikan agar tidak mengambil keputusan yang salah dan berakhir boncos atau rugi. 

Saat memutuskan untuk mulai mencoba trading, kamu tentu mengharapkan keuntungan yang nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau bahkan disimpan kembali untuk tabungan jangka panjang. 

Tidak ada yang mengharapkan kerugian atau loss saat menginvestasikan modalnya pada pasar trading. Maka dari itu, mengetahui waktu yang tepat untuk buy dan sell adalah hal penting saat mempelajari trading karena pengaruhnya yang cukup besar dalam mendapatkan keuntungan.  

Waktu yang tepat untuk buy dan sell dapat ditentukan melalui trend yang berjalan pada pasar trading. Dalam dunia trading, ada 3 jenis trend yaitu uptrend, downtrend, dan sideways. Agar mengetahui trend yang berlangsung, buat garis support dan resistance. Buy saat grafik mencapai support, dan sell saat grafik mencapai resistance.

3 Cara Menentukan Buy dan Sell dalam Trading

Cara Menentukan Buy dan Sell dalam Trading

Selain trend ada cara menentukan buy dan sell dalam trading lainnya yang bisa kamu terapkan agar untung. Agar tidak salah membuka maupun menutup posisi trading, simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Tentukan Melalui Analisis Fundamental atau Teknikal

Sebagai trader pemula, kamu perlu mempelajari apa itu analisis fundamental dan teknikal. Singkatnya, analisis fundamental merupakan cara menentukan pergerakan grafik trading melalui berita, situasi ekonomi, kondisi keuangan perusahaan pada saham, dan berbagai faktor sosial ekonomi lainnya. 

Sedangkan analisis teknikal mengacu pada penggunaan indikator yang tersedia pada platform trading seperti moving average, garis support dan resistance, rumus sistematis dan lain sebagainya. Keduanya sama-sama mampu memberikan informasi akurat seputar waktu yang tepat untuk buy dan sell dalam trading.

2. Biasakan Untuk Membaca Berita

Informasi yang disampaikan oleh berita sangat penting dan berpengaruh dalam dunia trading. Sebab itu, sebaiknya hilangkan rasa malas membaca berita dalam diri dan mulai mencari tahu apa yang sedang terjadi dalam suatu negara atau perusahaan tertentu. Ulasan tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk melakukan trading pada instrumen yang kamu incar sebelumnya. 

Apalagi pada beberapa instrumen trading seperti saham dan forex, pergerakannya sangat dipengaruhi oleh berita terkini. Saat berita negatif muncul, biasanya saham atau harga mata uang juga akan ikut anjlok. Sebaliknya, saat banyak berita positif yang dibagikan, harga saham dan nilai mata uang biasanya akan ikut naik. 

3. Perhatikan Awal Trend

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, trend sangat menentukan waktu yang tepat dalam proses trading. Namun, tidak berhenti sampai disitu. Saat berencana membuka posisi trading, pastikan untuk selalu memperhatikan masa awal trend berlangsung. Kondisi ini sangat bagus untuk memulai posisi trading sebab kamu mengetahui pergerakan trend lebih awal. 

Masuk ke pasar trading di tengah pergerakan trend bukan berarti tidak bisa, hanya saja kamu akan sulit menganalisis pergerakan grafik. Mungkin, trend akan bergerak turun beberapa waktu setelah kamu masuk dan memberi tanda bahwa trend akan berakhir. Hasilnya, kamu akan mencapai titik loss lebih cepat dengan nilai profit yang kurang maksimal. 

Melalui informasi di atas, apakah kamu sudah mulai menerapkan cara menentukan buy dan sell dalam trading yang tepat? Jika belum, kini kamu mengetahui lebih banyak informasi seputar buy dan sell dalam trading sehingga dapat mengidentifikasi waktu yang tepat. Dalam melakukan trading, ada beberapa hal yang harus diperhatikan apalagi bagi trader pemula. 

Pertama, utamakan money management yang baik sebagai langkah menjaga kekuatan margin dari adanya margin call. Kedua, beli aset melalui pertimbangan terlebih dahulu dan hindari gegabah. Ketiga, gunakan platform trading yang aman dan tepercaya dengan regulasi dari badan yang berwenang. 

Bingung menentukan broker trading yang tepat? Kamu harus berkenalan dengan HSB. Sebagai platform trading yang diawasi dan terdaftar di BAPPEBTI, HSB memberikan banyak keuntungan bagi trader. Selain itu, terdapat fasilitas edukasi trading yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari lebih banyak tips dan cara trading dari ahlinya.

Tidak berhenti sampai disitu saja, jika kamu membuka akun demo sekarang, ada promo menarik yang bisa didapatkan secara langsung. Tunggu apalagi? Download aplikasi HSB serta registrasikan akun tradingmu sekarang dan rasakan pengalaman trading aman serta mudah dengan transparansi sistem trading tanpa kecurangan yang terjamin.***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik