Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
SERU! Petualangan Raih Peluang Profit Trading Komoditas Online

Siap untuk memulai petualangan seru dalam mengeksplorasi dunia trading komoditas secara online? Saat kita memasuki pasar yang terus berkembang ini, kesempatan untuk meraih profit dari berbagai komoditas semakin menarik dan menantang. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi segala hal yang membuat trading komoditas begitu menarik dan mengasyikkan. Dari emas hingga minyak mentah, setiap komoditas memiliki cerita dan potensi profitnya sendiri. 

Bersiaplah untuk menyelami tantangan pasar, mengejar peluang, dan merasakan sensasi keberhasilan yang memuaskan dalam perjalananmu menuju profit trading komoditas online. Jadi, siapakah yang berani bergabung dalam petualangan ini? Mari kita mulai bersama!

Apa itu Trading Komoditas Online?

Trading komoditas online merupakan kegiatan membeli dan menjual kontrak berjangka (futures) atau CFD (Contract for Difference) yang didasarkan pada harga komoditas tertentu secara daring melalui platform perdagangan elektronik. Komoditas yang diperdagangkan meliputi minyak mentah, batu bara, emas, dan perak. Tujuan dari trading komoditas adalah untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga komoditas tersebut.

Trading komoditas online memungkinkan para trader untuk berpartisipasi dalam pasar komoditas secara global tanpa harus memegang secara fisik barang komoditas yang diperdagangkan. Para trader dapat mengakses pasar komoditas 24/5 dan melakukan transaksi dari mana saja selama terhubung dengan internet.

Platform perdagangan online menyediakan berbagai alat analisis dan informasi pasar yang memungkinkan trader untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi dalam trading komoditas. Proses ini juga dilakukan dengan mengutamakan manajemen risiko untuk mengatur untung dan rugi ketika trading komoditas.

Cara Kerja Trading Komoditas Online

Mekanisme atau cara kerja trading komoditas online melibatkan perintah open buy dan open sell mirip dengan pasar keuangan lainnya. Open buy terjadi saat seorang trader membeli komoditas dengan harapan harga naik, misalnya, membeli USOil seharga $70 per barel dengan harapan harga naik menjadi $80 per barel.

Di sisi lain, open sell terjadi saat seorang trader menjual komoditas yang mereka pinjam, misalnya, menjual emas seharga $1,800 per ons dengan harapan harga turun menjadi $1,700 per ons untuk membeli kembali dan menghasilkan profit. Kedua aksi ini didasarkan pada analisis pasar yang dilakukan oleh trader terhadap pergerakan harga komoditas.

seorang wanita sedang trading komoditas online

Cara Memulai Trading Komoditas Online

Tentu, berikut adalah langkah-langkah untuk memulai trading komoditas online bagi pemula:

1. Pilih Broker yang Tepat

Memilih broker yang andal dan memiliki regulasi yang jelas sangat penting. Pastikan broker tersebut memiliki reputasi baik dan menyediakan platform trading yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi trading yang transparan, seperti HSB Investasi, broker yang resmi teregulasi BAPPEBTI.

Baca Juga:  Cek Peluang Untung Investasi Emas, Simpel Banget!

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga memiliki aplikasi trading canggih terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia.

Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!

2. Registrasi Akun Komoditas Online

Setelah memilih broker, lakukan registrasi akun komoditas online. Proses ini biasanya mengharuskan pengisian formulir pendaftaran secara online.

Sebelum trading di akun real, pelajari dasar-dasar trading komoditas dengan mencoba akun demo. Hal ini memungkinkan pemula untuk berlatih trading tanpa risiko keuangan yang sebenarnya, kamu bisa mempelajari berbagai karakter produk komoditas sambil memahami mekanisme pasar, strategi trading, serta analisis fundamental dan teknikal pada komoditas yang diminati.

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improved Broker 2023” dari ICDX.

Kamu juga bisa mencoba trading secara real-time dengan 45 instrumen berupa 17 pasangan mata uang forex, 20 saham AS terpopuler, 5 Indeks raksasa dunia, dan 3 jenis komoditi paling hits seperti logam mulia emas, perak, serta minyak mentah tanpa harus khawatir merugi di aplikasi trading HSB.

3. Verifikasi Identitas

Setelah registrasi akun real, verifikasi identitas diperlukan untuk membuka akun trading komoditas secara aktual. Persiapkan dan sisipkan dokumen-dokumen yang diminta seperti KTP, foto diri, dan NPWP kedalam form pendaftaran yang ada. Tunggu beberapa saat sampai tim HSB menghubungi untuk melakukan proses KYC.

4. Deposit Dana

Setelah akun terverifikasi, lakukan deposit dana ke akun trading komoditas dengan cara transfer ke segregated account HSB. Pastikan untuk mengelola dana secara bijaksana dan sesuai dengan batas risiko yang telah ditetapkan sebelumnya.

5. Memulai Trading Komoditas Online

Terapkan pengetahuan yang diperoleh dari akun demo ke dalam trading komoditas secara aktual. Pastikan untuk tetap mengikuti rencana trading yang telah disusun sebelumnya untuk mengelola risiko dengan lebih baik.

Baca Juga:  Berikut Istilah Trading Emas yang Wajib Dipahami!

seseorang sedang memesan komoditas

Tips Trading Komoditas Online

Kali ini, apa saja sih yang harus diperhatikan ketika melakukan trading komoditas yang ada di HSB? berikut tips yang perlu kamu ketahui jika ingin trading komoditas online seperti:

1. Gunakan Modal Secukupnya

Volatilitas harga komoditas seringkali menawarkan potensi profit yang cukup besar. Tapi jangan biarkan hal tersebut membuat kamu tergiur untuk melakukannya. Volatilitas yang terjadi membawa potensi risiko yang sebanding.

Oleh karena itu, jika kamu sedang belajar trading online atau memiliki profil risiko rendah sebaiknya kamu menghindari penggunaan semua modalmu dalam trading.

2. Short Term Trade

Salah satu tren yang paling mudah untuk diikuti adalah tren jangka pendek hingga menengah. mengapa demikian? Karena lebih mudah untuk memantau dan memprediksi terjadinya pergerakan harga.

Jadi, jika kamu ingin mencoba strategi ini kamu dapat menggunakan analisis teknis pergerakan harga yang sedang berlangsung pada tren jangka pendek.

3. Open Posisi dengan Aman

Saat melakukan trading atau instrumen keuangan lainnya, averaging down pada posisi merugi meningkatkan peluang untuk mendapatkan profit ketika harga mengalami rebound atau reversal.

Akan tetapi, hal ini harus dihindari di pasar komoditas. mengapa? Volatilitas harga pasar komoditas seringkali sangat fluktuatif dan sulit diprediksi, karena harga komoditas tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran transaksi tetapi juga dipengaruhi kondisi penawaran dan permintaan yang terjadi di industri. Jangan lupa pasang stop loss pada posisi yang kamu targetkan ya, Sobat Trader.

sebagai aset safehaven, tentunya emas bisa menjadi peluang trading yang bagus

4. Status Safehaven

Emas dikenal sebagai safe haven atau nilai moneternya cenderung digunakan untuk mengamankan kekayaan, karena tergantung pada situasi ekonomi kamu. Contoh lain, harga minyak di pasar komoditas seringkali tidak hanya dipengaruhi oleh jumlah permintaan transaksi yang terjadi. Namun juga dipengaruhi oleh kebutuhan industri yang bergantung pada pasokan minyak.

Oleh karena itu, untuk dapat melakukan analisis yang akurat, seorang trader tidak hanya harus mempertimbangkan proses jual beli komoditas, tetapi juga kebutuhan industri jenis minyak yang diperdagangkan.

risiko trading komoditas online

Risiko Trading Komoditas Online

Meskipun menjanjikan keuntungan yang besar, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan dalam trading komoditas:

1. Volatilitas Harga

Komoditas cenderung mengalami fluktuasi harga yang signifikan karena dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal seperti cuaca, kebijakan pemerintah, dan gejolak pasar global. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan harga yang tajam dalam waktu singkat.

2. Penggunaan Leverage

Sebagian besar transaksi komoditas menggunakan leverage, yang memungkinkan trader untuk mengendalikan posisi yang lebih besar dari modal yang mereka miliki. Meskipun dapat meningkatkan potensi keuntungan, leverage juga meningkatkan risiko kerugian yang besar. Untuk HSB sendiri leverage yang di sediakan di 1:200.

Baca Juga:  Mengenal Apa itu Pengertian Kopi Fair Trade

3. Risiko Geopolitik

Peristiwa politik dan geografis di suatu negara atau wilayah dapat mempengaruhi harga komoditas. Krisis politik, konflik, atau perubahan kebijakan pemerintah dapat berdampak langsung pada harga komoditas tertentu.

4. Faktor Eksternal

Faktor-faktor seperti penurunan permintaan global, perubahan teknologi, atau perubahan kebijakan perdagangan internasional bisa memengaruhi harga komoditas secara substansial.

5. Kondisi Pasar

Pergerakan harga komoditas juga dipengaruhi oleh kondisi pasar yang umumnya tidak dapat diprediksi dengan pasti. Fluktuasi harga yang mendadak dapat membuat sulit bagi trader untuk mengambil keputusan yang tepat.

6. Risiko Sistematis

Risiko sistematis adalah risiko yang berkaitan dengan keseluruhan pasar keuangan. Ini berarti bahwa kondisi ekonomi secara keseluruhan dapat mempengaruhi harga komoditas, bahkan jika kondisi internal komoditas tersebut sebenarnya stabil.

7. Pergerakan Mata Uang

Sebagian besar komoditas diperdagangkan dalam mata uang tertentu. Perubahan nilai tukar mata uang juga dapat memengaruhi harga komoditas, terutama bagi trader yang menggunakan mata uang yang berbeda.

8. Kondisi Eksternal Tidak Terduga

Peristiwa alam yang tidak terduga seperti bencana alam, gempa bumi, atau perubahan iklim dapat mengganggu produksi atau distribusi komoditas, berdampak pada harga.

Trading komoditas online merupakan aktivitas berisiko tinggi yang dapat memberikan potensi keuntungan besar, namun juga dapat mengakibatkan kerugian yang signifikan. Memahami pasar komoditas dan faktor-faktor yang memengaruhi fluktuasi harga merupakan langkah penting dalam mengelola risiko.

Manajemen risiko yang baik, pengetahuan yang mendalam, serta penggunaan strategi yang tepat akan menjadi kunci kesuksesan dalam trading komoditas. Kamu harus ingat, pendekatan yang hati-hati dan disiplin dalam melakukan analisis serta pengelolaan modal sangat diperlukan. Jaga agar investasimu selalu sejalan dengan toleransi risiko yang kamu tentukan. Selalu perbaharui pengetahuanmu, kembangkan strategi, dan teruslah belajar untuk meningkatkan keterampilan tradingmu.***

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Apa itu Trading komoditas?

Perdagangan komoditas adalah pembelian dan penjualan berbagai komoditas seperti energi, emas, perak, minyak, gas, dan produk pertanian.

Apakah trading itu legal?

Ya, trading adalah aktivitas yang legal di Indonesia.

Apakah bisa trading di HP?

Bisa, terlebih lagi sudah ada aplikasi trading dapat di install di handphone. Misalnya aplikasi mobile HSB Investasi

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik