Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Berikut Pengaruh Besar Rilis NFP terhadap Emas

Pengaruh Non-Farm Payrolls (NFP) terhadap pasar emas merupakan faktor penting dalam trading dan investasi. NFP, yang dirilis bulanan, memberikan gambaran penting tentang keadaan lapangan kerja di Amerika Serikat. 

Dampaknya terhadap harga emas sangat signifikan, mempengaruhi faktor-faktor seperti kebijakan moneter, sentimen pasar, nilai dolar AS, perkiraan inflasi, permintaan fisik emas, dan volatilitas pasar. Analisis yang mendalam tentang hubungan ini penting bagi trader emas untuk mengambil keputusan yang tepat saat trading saat rilis NFP.

Pengertian NFP

Laporan Non-Farm Payrolls (NFP) adalah salah satu data di kalender ekonomi paling penting yang diperhatikan di Amerika Serikat. Laporan ini dirilis setiap bulan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS pada hari Jumat pertama setelah minggu pertama di bulan tersebut.

NFP menyajikan jumlah pekerjaan baru yang telah dibuat di luar sektor pertanian, termasuk sektor-sektor seperti konstruksi, manufaktur, dan layanan. Mengapa sektor pertanian tidak termasuk? Sebabnya adalah sektor pertanian sering kali dipengaruhi oleh faktor musiman yang dapat menyebabkan fluktuasi yang tidak representatif secara keseluruhan terhadap kesehatan ekonomi.

Angka NFP mencakup informasi tentang total pekerjaan yang ditambahkan atau hilang dalam ekonomi AS pada bulan sebelumnya, juga disertai dengan tingkat pengangguran dan rata-rata upah per jam. Data ini memberikan gambaran yang komprehensif tentang keadaan pasar tenaga kerja.

emas yang harganya terpengaruh NFP

Pengaruh Non-Farm Payrolls terhadap Emas

Laporan Non-Farm Payrolls (NFP) dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap harga emas. Koneksi antara NFP dan harga emas sering kali terjadi melalui pengaruhnya terhadap hal-hal berikut dibawah ini :  

Kebijakan Moneter

Jika NFP semisal menunjukkan pertumbuhan lapangan kerja yang kuat, hal itu bisa saja menjadi sinyal bagi Federal Reserve AS untuk menaikkan suku bunga. Kenaikan suku bunga cenderung membuat investasi alternatif seperti obligasi atau deposito lebih menarik daripada emas, yang tidak menghasilkan bunga. Akibatnya, harga emas bisa terpengaruh negatif karena minat investor beralih ke instrumen investasi yang memberikan hasil bunga.

Sentimen Pasar

Laporan NFP yang lebih baik dari perkiraan dapat menciptakan sentimen positif di pasar keuangan. Hal ini bisa menguatkan dolar AS dan mengurangi daya tarik emas sebagai aset safe haven. Sebaliknya, jika NFP mengecewakan, hal itu bisa  saja melemahkan dolar AS dan mendorong investor untuk mencari aset safe haven seperti emas, yang dapat mengangkat harga emas.

Baca Juga:  Begini Analisa Return Investasi Perak yang Ideal

Nilai Dolar AS

Kinerja NFP dapat memengaruhi nilai dolar AS. Jika data yang kuat biasanya menguatkan dolar AS, sementara data yang buruk cenderung melemahkan mata uang tersebut. Hubungan terbalik antara harga emas dan dolar AS sering terjadi, ketika dolar melemah, harga emas cenderung naik karena emas menjadi lebih terjangkau bagi investor yang menggunakan mata uang lain.

Perkiraan Inflasi

Semisal hasil NFP yang lebih baik dari yang diharapkan bisa menciptakan ekspektasi bahwa pertumbuhan ekonomi meningkat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan ekspektasi inflasi. Emas sering dianggap sarana lindung nilai terhadap inflasi karena nilainya yang stabil dalam jangka panjang, sehingga kenaikan ekspektasi inflasi dapat mendorong kenaikan harga emas.

Permintaan Fisik

Andai data NFP yang positif dapat memicu kepercayaan konsumen dan bisnis, yang pada gilirannya dapat menghasilkan peningkatan permintaan fisik untuk emas dalam bentuk perhiasan atau investasi. Permintaan fisik yang meningkat ini dapat mendukung kenaikan harga emas.

Volatilitas Pasar

Laporan NFP yang tak terduga atau signifikan sering kali menyebabkan volatilitas pasar yang tinggi. Volatilitas yang tinggi dapat mendorong investor untuk mencari aset safe haven, seperti emas, yang cenderung mengalami kenaikan harga saat ketidakpastian meningkat.

Ketika menganalisis dampak NFP terhadap harga emas, penting untuk mempertimbangkan peran dan hubungan antara data fundamental, sentimen pasar, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi harga emas di pasar keuangan.

cara trading saat rilis NFP

Cara Trading Emas saat Rilis NFP

Trading emas saat rilis NFP (Non-Farm Payrolls) adalah upaya yang menuntut karena volatilitas tinggi yang mungkin terjadi. Berikut beberapa strategi yang sering dipertimbangkan oleh para trader:

  1. Tunggu Reaksi Awal: Hindari membuka posisi tepat sebelum atau selama rilis NFP. Sebagian besar trader menunggu beberapa saat (15-30 menit) setelah pengumuman untuk melihat arah pasar dan stabilitasnya sebelum membuka posisi.
  2. Perhatikan Reaksi Pasar: Pantau perubahan harga emas setelah rilis NFP. Reaksi awal dapat memberikan petunjuk tentang arah tren yang mungkin terjadi. 
  3. Gunakan Stop-Loss dan Take-Profit: Pasar dapat sangat volatil setelah rilis NFP. Gunakan stop-loss dan take-profit yang sesuai dengan toleransi risiko dan strategi trading Kamu untuk melindungi posisi Kamu dari pergerakan harga yang tiba-tiba.
  4. Gunakan Analisis Teknikal: Meskipun NFP dapat memicu volatilitas, level support dan resistance serta pola-pola harga tertentu mungkin tetap berlaku. Gunakan analisis teknikal untuk memperkuat keputusan trading Kamu.
  5. Pahami Sentimen Pasar: Analisis sentimen pasar penting. Jika NFP lebih baik dari perkiraan, ini bisa saja memicu keinginan pasar untuk aset-aset berisiko, mengurangi daya tarik emas sebagai safe haven. Sebaliknya, jika hasil NFP buruk, emas mungkin menjadi lebih menarik.
  6. Perhatikan Dampak Lainnya: NFP dapat mempengaruhi seluruh pasar keuangan. Perhatikan bagaimana mata uang, saham, dan aset lain bereaksi terhadap laporan ini, karena dapat memberikan petunjuk tentang arah pasar secara keseluruhan.
  7. Perhatikan Leverage dengan Hati-Hati: Dalam situasi volatilitas tinggi, penggunaan leverage yang berlebihan dapat meningkatkan risiko. Pastikan untuk mengelola ukuran posisi dan risiko Kamu dengan hati-hati.
Baca Juga:  Pentingnya Mengenal Troy Ounce, Satuan Unit Berat Emas

Ingatlah bahwa trading selama rilis NFP membutuhkan pemahaman yang kuat tentang pasar, manajemen risiko yang baik, serta rencana trading yang terperinci. Menjaga ketenangan dan disiplin dalam mengambil keputusan adalah kunci penting dalam trading emas saat rilis NFP.

manfaat nfp terhadap emas

Manfaat Trading Emas Ketika NFP

Trading emas saat Non-Farm Payrolls (NFP) memiliki beberapa manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh para trader:

1. Volatilitas Tinggi

Rilis NFP seringkali memicu volatilitas yang tinggi di pasar, termasuk pasar emas. Ini menciptakan peluang bagi trader untuk meraih keuntungan dari pergerakan harga yang signifikan dalam waktu singkat.

2. Perlindungan Nilai (Hedge)

Emas sering dianggap sebagai aset safe haven. Jika NFP menunjukkan data yang buruk atau tidak sesuai ekspektasi, ini dapat menyebabkan penurunan nilai dolar AS dan mendorong permintaan terhadap emas sebagai perlindungan nilai (hedge) terhadap ketidakpastian ekonomi.

3. Korelasi Terbalik dengan Dolar

Emas memiliki korelasi terbalik dengan dolar AS. Jika NFP mengecewakan dan dolar melemah, emas cenderung menguat. Ini dapat memberikan peluang bagi trader untuk melakukan perdagangan yang menguntungkan dengan memperhatikan pergerakan dolar.

4. Peningkatan Likuiditas

Volatilitas yang tinggi selama rilis NFP dapat meningkatkan likuiditas pasar emas. Ini memungkinkan trader untuk masuk dan keluar dari posisi dengan lebih mudah dan dengan spread yang lebih kecil.

5. Peluang Trading Pendek dan Panjang

Data NFP yang kuat atau lemah dapat menciptakan peluang trading baik dalam jangka pendek maupun panjang. Trader dapat memanfaatkan pergerakan harga yang cepat setelah rilis data atau merencanakan strategi jangka panjang berdasarkan hasil NFP.

6. Diversifikasi Portofolio

Trading emas dapat menjadi bagian dari strategi diversifikasi portofolio. Emas sering dianggap sebagai aset yang tidak berkorelasi secara langsung dengan pasar saham, sehingga bisa menjadi cara untuk mengurangi risiko di portofolio investasi.

Baca Juga:  Ini Faktor-Faktor Utama yang Memengaruhi Harga Emas

Penting untuk diingat bahwa trading selama rilis NFP juga memiliki risiko tinggi karena pergerakan harga yang tajam dan volatilitas yang meningkat. Trader harus memiliki pemahaman yang kuat tentang manajemen risiko dan strategi trading yang sesuai sebelum terlibat dalam trading emas saat rilis NFP.

Skenario NFP 8 Desember 2023

tabel kemungkinan yang terjadi saat NFP

Trading Emas saat Tanpa Risiko!

Trading Emas memerlukan konsistensi dan ketelitian karena kita harus siap hadapi pergerakan pasar agar tidak salah mengambil keputusan. Namun agar trading Emas berjalan lancar tentunya kamu harus memperdalam pengetahuan dan memperlajari karakteristik Emas. Kemampuan untuk memahami dan menganalisis Emas adalah kunci dalam memahami potensi profitabilitas dan risiko dalam trading Emas.

Salah satu cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan terus mengasah kemampuan trading menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun ini, kamu dapat menguji strategi trading berdasarkan pemahaman tentang imbal hasil obligasi dan melihat bagaimana informasi ini memengaruhi keputusan tradingmu.

sebagai aset safehaven, tentunya emas bisa menjadi peluang trading yang bagus

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improvement Broker 2023” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik