Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Inilah 10 Negara Penghasil Perak Terbesar Dunia

Perak telah menjadi salah satu komoditas berharga yang sangat dicari sepanjang sejarah manusia. Dari perhiasan hingga industri, perak telah memainkan peran penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia. 

Di dunia, menurut databoks dari katadata, ada 10 negara terbesar penghasil perak, Apa saja itu? Yuk, simak ulasannya sampai selesai!

Meksiko

meksiko yang menjadi penghasil perak dunia

Meksiko merupakan salah satu negara yang secara konsisten masuk dalam daftar 10 negara penghasil perak terbesar di dunia. Meksiko memiliki sejarah penambangan perak yang dimulai sejak abad ke-16. Kekayaan alam Meksiko dalam hal deposito perak, telah menjadi faktor kunci perekonomian negara ini.

Salah satu tambang perak terbesar di Meksiko adalah Tambang Fresnillo, yang terletak di negara bagian Zacatecas. Tambang ini dikenal sebagai salah satu tambang perak terbesar di dunia dan telah beroperasi selama berabad-abad. Banyak perusahaan pertambangan internasional beroperasi di Meksiko, menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi negara ini.

Selain faktor-faktor ekonomi, Meksiko juga memiliki warisan budaya yang kuat dalam penggunaan perak. Perhiasan perak Meksiko terkenal di seluruh dunia karena kualitasnya yang tinggi dan desain yang indah, membuatnya sering kali dihargai tinggi oleh kolektor dan pelanggan internasional.

Peru

Keberadaan perak di Peru dimulai dari zaman pra-Inka hingga masa penjajahan Spanyol. Saat ini, salah satu daerah utama di Peru yang terkenal dengan produksi peraknya adalah wilayah Cerro de Pasco. 

Produksi perak di Peru terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan investasi dalam sektor pertambangan. Banyak perusahaan tambang internasional beroperasi di negara ini, mengambil keuntungan dari sumber daya alamnya yang melimpah. Peru juga memiliki sumber daya perak yang tersebar di penjuru negeri.

Selain itu, Peru juga dikenal karena perak berkualitas tinggi yang dihasilkan. Perusahaan-perusahaan tambang di Peru berkomitmen untuk memproduksi perak dengan standar kualitas tinggi, menjadikan produk mereka sangat diminati di pasar internasional.

China

Keberadaan China dalam daftar ini tidak mengherankan mengingat China memiliki sejarah panjang dalam penambangan dan produksi perak. Hal itu dikarenakan sumber daya alamnya yang melimpah, termasuk tambang-tambang perak yang tersebar di berbagai wilayah negara ini.

Salah satu tambang perak terbesar di China adalah Tambang Dachang di provinsi Shanxi, yang telah beroperasi selama beberapa dekade dan menjadi sumber produksi perak yang signifikan. Tambang-tambang seperti ini dilengkapi dengan teknologi modern canggih, yang memungkinkan China untuk memproduksi jumlah perak yang besar secara konsisten.

Selain itu, permintaan domestik dan internasional terhadap perak juga berkontribusi pada posisi China sebagai produsen terbesar. Perak memiliki beragam aplikasi, termasuk dalam industri perhiasan, elektronik, fotografi, dan banyak lagi. 

Baca Juga:  Perak Amerika, Topang Kebutuhan Negeri Paman Sam

Rusia

penghasil perak yang baik salah satunya rusia

Rusia memiliki sejarah pertambangan perak sejak penemuan pertama tambang perak di wilayahnya pada abad ke-16. Saat ini, Rusia memiliki beberapa tambang perak yang signifikan, terutama di wilayah Siberia dan Timur Jauh.

Salah satu tambang perak terbesar di Rusia adalah Tambang Kupol di wilayah Chukotka di Timur Jauh. Tambang ini adalah salah satu produsen perak terkemuka di dunia dan Rusia juga menghasilkan emas sebagai produk unggulan. 

Rusia tidak hanya mengandalkan sumber daya alamnya yang kaya, negara ini juga memiliki industri pengolahan perak yang berkembang dengan pabrik-pabrik pemurnian dan pengolahan perak yang modern. Perusahaan-perusahaan Rusia terlibat dalam ekspor perak ke berbagai pasar internasional, yang menjadikannya salah satu pemain penting dalam industri perak global.

Polandia

Sejak abad ke-14, Polandia telah menjadi pusat penting bagi produksi perak di Eropa. Keberadaan tambang-tambang perak yang kaya di Polandia telah memungkinkan negara ini untuk tetap bersaing dalam pasar perak global. Salah satu tambang perak terbesar di Polandia adalah Tambang Perak Lubin, yang terletak di Provinsi Dolnoslaskie.

Fasilitas pemurnian dan pengecoran perak yang canggih di Polandia, juga memungkinkannya untuk menghasilkan perak berkualitas tinggi yang diminati oleh pasar global. 

Selain itu perak di Polandia juga telah digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pembuatan perhiasan, mata uang, serta artefak seni dan budaya. Oleh karena itu, Polandia bukan hanya sebagai produsen perak terbesar, tetapi juga sebagai penjaga warisan dan tradisi yang terkait dengan logam mulia ini. 

Australia

australia penghasil perak terbaik dunia

Negara tetangga Indonesia ini, memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah dalam bentuk tambang perak. Tambang perak terbesar di Australia terletak di berbagai wilayah seperti Western Australia, New South Wales, dan Queensland. 

Selain itu, Australia memiliki sejarah panjang dalam penambangan perak, yang dimulai sejak masa kolonial dan telah berkontribusi sejak saat itu pada perekonomian Australia. Australia juga dikenal karena menjalankan proses penambangan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, dengan mengimplementasikan standar lingkungan yang ketat untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Produksi perak di Australia juga di ekspor ke berbagai pasar internasional, termasuk Amerika Serikat, dan Jepang. Selain itu, Australia juga berpartisipasi dalam konferensi dan organisasi internasional yang berfokus pada pengelolaan dan perdagangan perak.

Bolivia

Letak geografis Bolivia di Amerika Selatan memberinya akses ke salah satu cadangan perak terbesar di dunia, Salar de Uyuni. Wilayah ini adalah dataran garam terbesar di dunia dan mengandung deposit perak yang signifikan. Bolivia juga memiliki tambang perak lainnya, seperti tambang Cerro Rico di Potosi. Tambang ini telah beroperasi sejak zaman kolonial Spanyol dan masih menjadi sumber penting dalam industri perak Bolivia.

Baca Juga:  Berikut Faktor yang Mempengaruhi Harga Perak

Tambang ini telah beroperasi sejak zaman kolonial Spanyol dan masih menjadi sumber penting dalam industri perak Bolivia. Meskipun sejarah pertambangan perak di Bolivia telah berlangsung selama berabad-abad, negara ini telah berupaya untuk meningkatkan teknologi dan praktik pertambangan modern untuk memaksimalkan produksi peraknya. Namun sayangnya, produksi perak di Bolivia mempunyai isu masalah lingkungan dan menjadi perhatian global karena memiliki dampak negatif terhadap daerah-daerah sekitar penambangan.

Chili

Letak geografis Chili yang juga berada di sepanjang pantai barat benua Amerika Selatan, memberikan Chili akses ke cadangan alaminya yang kaya akan perak. Pertambangan perak di Chili sudah dimulai sejak zaman penjajahan Spanyol pada abad ke-16 dan berkembang pesat pada abad ke-19 dan 20. Salah satu lokasi terkenal di Chili yang terkenal dengan produksi peraknya adalah Distrik Perak Antofagasta, yang merupakan salah satu wilayah tambang terbesar di negara ini.

Pemerintah Chili telah mendukung industri pertambangan dengan kebijakan pro-investasi dan regulasi yang kondusif. Ini telah mendorong perusahaan-perusahaan tambang besar seperti Codelco dan BHP Billiton untuk beroperasi di negara ini. Selain itu, teknologi dan praktik pertambangan modern juga digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas tambang perak di Chili.

Argentina

Argentina terkenal karena memiliki tambang perak yang kaya akan deposit perak. Produksi perak Argentina pun telah menjadi kontributor utama dalam pasokan global perak selama bertahun-tahun. 

Selain itu, Argentina juga memiliki sejarah panjang dalam industri perak, dimulai dari masa penjajahan Spanyol yang pertama kali mengidentifikasi deposit perak di wilayah ini. Produksi perak di Argentina telah berubah-ubah seiring waktu, tetapi pada abad ke-20, industri perak mengalami perkembangan signifikan dengan ditemukannya deposit-deposit besar di berbagai daerah.

Dalam beberapa tahun terakhir, fluktuasi harga perak di pasar global telah memengaruhi produksi dan ekspor perak Argentina. Namun, Argentina tetap menjadi pemain kunci dalam industri perak dunia dan terus berupaya meningkatkan efisiensi produksi serta menjaga kontribusinya terhadap ekonomi global dalam hal produksi perak.

Kazakhstan

bendera negara kazakhstan yang menghasilkan banyak perak

Terletak di Asia Tengah, Kazakhstan memiliki sumber daya alam perak yang melimpah. Produksi perak di Kazakhstan berasal dari berbagai tambang perak yang tersebar di seluruh wilayahnya, terutama di daerah seperti Timur Tengah, Kostanay, dan Akmola.

Baca Juga:  Perak Australia: Eksplorasi dan Eksploitasi

Salah satu tambang perak terbesar di Kazakhstan adalah Tambang Perak Kyzyl, yang dikelola oleh perusahaan penambangan terkemuka di dunia. Tambang ini memiliki cadangan perak yang sangat besar dan telah berkontribusi signifikan terhadap produksi perak Kazakhstan. 

Kazakhstan juga melakukan ekspor perak ke berbagai negara di seluruh dunia, terutama ke pasar Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Dengan keberhasilannya dalam industri pertambangan perak, Kazakhstan telah berkontribusi secara signifikan pada ekonomi negara dan mendapatkan tempat penting di antara produsen perak terkemuka di dunia.

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila Kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi! 

Dapatkan kesempatan untuk meraih peluang keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tentunya Kamu bisa mencoba Trading Perak dengan lebih nyaman di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Jika kamu sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui aplikasi trading forex HSB Investasi.

Dari platform trading pemenang penghargaan ICDX ini, kamu dapat mengakses berbagai fitur canggih untuk membantumu menganalisa pergerakan pasar, melakukan eksekusi trading, menerapkan manajemen risiko yang baik, hingga memberikan pengalaman trading yang optimal bagi para trader.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

 

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik