Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Simak Pengaruh Besar FOMC Terhadap Emas

FOMC, sebagai lembaga yang menentukan kebijakan moneter Amerika Serikat, memiliki dampak yang mencolok terhadap pasar emas (XAU/USD). Keputusan-keputusan yang diambilnya, terutama seputar suku bunga dan arah kebijakan, menjadi sorotan utama bagi para pelaku pasar emas. 

Melalui keputusan suku bunga acuan (Fed Funds Rate) dan pernyataan kebijakan, FOMC mempengaruhi nilai tukar dolar AS, sentimen pasar, serta volatilitas di pasar emas. Sejumlah faktor, termasuk proyeksi ekonomi, konferensi pers, dan kebijakan kuantitatif, menjadi fokus utama dalam menafsirkan dampak FOMC terhadap harga emas. Namun, trading emas saat rilis FOMC juga memerlukan pemahaman yang kuat tentang risiko dan strategi trading yang tepat.

Definisi FOMC 

Istilah FOMC mengacu pada sebuah lembaga di Amerika Serikat yang dibentuk oleh Federal Reserve System alias bank sentral AS agar bisa bertanggung jawab atas kebijakan moneter negara tersebut. 

FOMC memiliki pengaruh besar pada pasar emas karena keputusan-keputusan yang diambilnya dapat membuat perubahan pada tingkat suku bunga dan nilai tukar mata uang. FOMC bertugas memutuskan tingkat suku bunga sekaligus menentukan kebijakan lainnya yang berhubungan dengan supply dan demand uang di pasar. 

Apalagi mata uang AS masih memiliki nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mata uang negara lainnya. Jadi tidak heran kalau seluruh keputusan yang dibuat FOMC akan memengaruhi nilai mata uang serta suku bunga di pasar emas. 

Ketika FOMC menaikkan suku bunga maka nilai mata uang akan naik. Begitu pula sebaliknya, jika FOMC menurunkan suku bunga maka nilai mata uang akan turun sehingga pasar emas juga akan terpengaruh karena korelasi emas dan USD yang erat.

kebijakan yang muncul saat fomc terpaut waktu

Kebijakan yang Biasanya Muncul saat FOMC

Saat pertemuan FOMC (Federal Open Market Committee), ada beberapa kebijakan yang sering muncul dan menjadi pusat perhatian:

1. Suku Bunga Fed Funds

Salah satu keputusan utama yang diantisipasi adalah perubahan suku bunga acuan (Fed Funds Rate). FOMC menentukan arah kebijakan moneter dengan menyesuaikan suku bunga, yang pada gilirannya mempengaruhi aktivitas ekonomi dan nilai tukar mata uang.

2. Pernyataan Kebijakan Moneter

Setiap pertemuan FOMC diikuti oleh pernyataan resmi yang menjelaskan kebijakan moneter saat ini dan memberikan indikasi tentang arah kebijakan masa depan. Pernyataan ini mencakup analisis ekonomi dan alasan di balik keputusan mereka.

3. Proyeksi Ekonomi

FOMC merilis proyeksi ekonomi yang mencakup pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, dan ekspektasi suku bunga. Proyeksi ini memberikan gambaran bagi pasar tentang bagaimana anggota FOMC melihat kondisi ekonomi di masa mendatang.

4. Konferensi Pers Ketua Federal Reserve

Setelah pertemuan FOMC yang diikuti oleh pernyataan kebijakan, Ketua Federal Reserve menyampaikan konferensi pers. Di sini, mereka menjelaskan rincian kebijakan, alasan di balik keputusan, dan pandangan mereka terhadap kondisi ekonomi.

5. Kebijakan Kuantitatif

Selain suku bunga, FOMC juga dapat membahas kebijakan kuantitatif, seperti pembelian atau penjualan aset keuangan untuk mengontrol likuiditas pasar dan mempengaruhi suku bunga jangka panjang.

Pasar keuangan sangat memperhatikan semua komunikasi dari FOMC karena kebijakan yang diumumkan dapat memiliki dampak langsung pada nilai tukar mata uang, harga obligasi, saham, dan aset keuangan lainnya. Komunikasi yang jelas dan transparan dari FOMC penting bagi para pelaku pasar untuk memahami arah kebijakan moneter dan mengantisipasi risiko yang diakibatkan perubahan pasar.

pengaruh fomc terhadap emas

Pengaruh FOMC terhadap Emas (XAU/USD)

Rilis FOMC (Federal Open Market Committee) memiliki dampak yang signifikan pada harga emas. Berikut adalah beberapa pengaruh utama rilis FOMC terhadap harga emas:

1. Suku Bunga AS

Keputusan FOMC tentang suku bunga acuan (Fed Funds Rate) sangat mempengaruhi harga emas. Kebijakan yang cenderung meningkatkan suku bunga AS dapat membuat emas kurang menarik karena memiliki biaya opportunity yang lebih tinggi dibandingkan investasi bunga.

2. Nilai Dolar AS

FOMC dapat mempengaruhi nilai tukar dolar AS. Saat suku bunga naik, dolar cenderung menguat, yang kemungkinan besar akan menekan harga emas. Sebaliknya, penurunan suku bunga dapat melemahkan dolar AS dan meningkatkan permintaan terhadap emas.

3. Sentimen Pasar

Pernyataan dan analisis dari FOMC bisa memicu perubahan sentimen pasar. Komentar atau indikasi tentang arah kebijakan moneter dapat mempengaruhi persepsi investor tentang stabilitas ekonomi, memengaruhi minat terhadap aset safe haven seperti emas.

4. Volatilitas Pasar

Pengumuman kebijakan FOMC seringkali menyebabkan volatilitas yang signifikan di pasar keuangan. Lonjakan volatilitas ini bisa membawa pergerakan harga yang tajam pada harga emas.

5. Perkiraan Inflasi

Kebijakan FOMC yang mempengaruhi ekspektasi inflasi dapat membawa dampak pada harga emas. Ekspektasi inflasi yang lebih tinggi cenderung mendukung harga emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Penting untuk dicatat bahwa faktor-faktor ini sering kali saling terkait dan dapat menghasilkan pergerakan kompleks dalam harga emas setelah rilis FOMC. Para trader emas cenderung memperhatikan pernyataan, proyeksi, dan komentar dari FOMC untuk memprediksi arah pergerakan harga emas dan mengelola risiko investasi mereka.

kelebihan trading emas

Kelebihan Trading Emas saat FOMC

Trading emas saat FOMC bisa memberikan sejumlah keuntungan bagi para trader. Beberapa kelebihannya termasuk:

1. Volatilitas Tinggi

Rilis FOMC seringkali memicu volatilitas yang tinggi di pasar keuangan. Hal ini menciptakan peluang bagi trader untuk meraih keuntungan dari pergerakan harga yang signifikan dalam waktu singkat.

2. Perlindungan Nilai (Hedge)

Emas sering dianggap sebagai aset safe haven. Jika keputusan FOMC menciptakan ketidakpastian atau mengecewakan pasar, ini dapat menyebabkan penurunan nilai dolar AS dan mendorong permintaan terhadap emas sebagai perlindungan nilai terhadap ketidakpastian ekonomi.

3. Korelasi Terbalik dengan Dolar

Emas memiliki korelasi terbalik dengan dolar AS. Jika keputusan FOMC mengarah pada pelemahan dolar, harga emas cenderung menguat. Ini memberikan peluang bagi trader untuk melakukan perdagangan yang menguntungkan dengan memperhatikan pergerakan dolar.

4. Peningkatan Likuiditas

Volatilitas yang tinggi selama rilis FOMC dapat meningkatkan likuiditas pasar emas. Ini memungkinkan trader untuk masuk dan keluar dari posisi dengan lebih mudah dan dengan spread yang lebih kecil.

5. Peluang Trading Pendek dan Panjang

Data FOMC yang kuat atau lemah dapat menciptakan peluang trading baik dalam jangka pendek maupun panjang. Trader dapat memanfaatkan pergerakan harga yang cepat setelah rilis data atau merencanakan strategi jangka panjang berdasarkan hasil FOMC.

6. Diversifikasi Portofolio

Trading emas dapat menjadi bagian dari strategi diversifikasi portofolio. Emas sering dianggap sebagai aset yang tidak berkorelasi secara langsung dengan pasar saham, sehingga bisa menjadi cara untuk mengurangi risiko di portofolio investasi.

Penting untuk diingat bahwa trading selama rilis FOMC juga memiliki risiko tinggi karena pergerakan harga yang tajam dan volatilitas yang meningkat. Trader harus memiliki pemahaman yang kuat tentang manajemen risiko dan strategi trading yang sesuai sebelum terlibat dalam trading emas saat rilis FOMC jika tidak ingin menghadapi risikonya.

sebagai aset safehaven, tentunya emas bisa menjadi peluang trading yang bagus

Trading Emas saat FOMC Tanpa Risiko!

Trading emas saat FOMC memerlukan konsistensi dan ketelitian karena kita harus siap hadapi pergerakan pasar agar tidak salah mengambil keputusan. Namun agar trading Emas berjalan lancar tentunya kamu harus memperdalam pengetahuan dan memperlajari karakteristik Emas. Kemampuan untuk memahami dan menganalisis Emas adalah kunci dalam memahami potensi profitabilitas dan risiko dalam trading Emas.

Salah satu cara terbaik untuk memahaminya adalah dengan terus mengasah kemampuan trading menggunakan akun demo trading HSB. Dengan akun ini, kamu dapat menguji strategi trading berdasarkan pemahaman tentang imbal hasil obligasi dan melihat bagaimana informasi ini memengaruhi keputusan tradingmu.

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “Most Improvement Broker 2023” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik