Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
PHK Massal di Tokopedia: Bagaimana Pengaruhnya ke Saham GOTO Ya?

Dilansir dari Bisnis, perusahaan e-commerce Tokopedia baru saja melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 70% karyawannya, dimulai pada Juni 2024. Analis memandang langkah ini bisa berdampak positif bagi pemegang saham Tokopedia, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

Investment Consultant dari Reliance Sekuritas, Reza Priyambada, mengatakan bahwa layoff atau PHK bisa dianggap sebagai bentuk efisiensi perusahaan. Namun, di sisi lain, PHK juga bisa diartikan sebagai berkurangnya pengembangan karena tidak adanya ekspansi lebih lanjut.

"Layoff harus melihat situasi dan kondisi yang ada, karena jika semuanya telah dilakukan dengan digitalisasi, maka peluang pertumbuhan kinerja bisa meningkat," kata Reza pada Selasa (18/6/2024). Akan tetapi, lanjutnya, jika layoff hanya untuk mengurangi beban akibat berkurangnya pendapatan perusahaan, hal ini bisa berdampak negatif bagi Tokopedia.

Dalam sepekan terakhir sejak kabar PHK Tokopedia muncul, saham GOTO tercatat melemah sebesar 10,34%. Pada perdagangan Jumat pekan lalu (14/6/2024), saham GOTO ditutup stagnan di level Rp52 per saham.

Broker dengan kode BK, yaitu JP Morgan Sekuritas, menjadi broker yang paling banyak menjual saham GOTO selama sepekan terakhir, dengan total penjualan sebanyak 3,2 miliar saham. Sementara itu, broker dengan kode KI atau Ciptadana Sekuritas, menjadi broker yang paling banyak membeli saham GOTO selama sepekan, dengan total pembelian sebanyak 2,7 miliar saham.

Sekretaris Perusahaan GOTO, RA Koesoemohadiani, menyatakan bahwa karena saat ini GOTO adalah pemegang saham non-pengendali di Tokopedia, GOTO yakin bahwa Tokopedia terus melakukan tinjauan atas efektivitas dan organisasi mereka seperti halnya perusahaan lain.

"Segala keputusan yang diambil oleh PT Tokopedia merupakan sepenuhnya keputusan manajemen PT Tokopedia," ujar Koesoemohadiani. GOTO juga memastikan bahwa dalam kapasitasnya sebagai pemegang saham minoritas non-pengendali, Tokopedia tidak memiliki rencana untuk menghentikan hampir 80% layanan Tokopedia.

Baca Juga:  McDonald's Batalkan Kerjasama Layanan Drive-Thru AI dengan IBM
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik