Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Pendiri Gojek-Tokopedia Hengkang, Berikut Pemegang dan Pengurus GOTO

Dilansir dari CNBC Indonesia, Semua pendiri perusahaan rintisan Gojek dan Tokopedia yang juga pemilik saham dengan hak suara multipel (multiple voting shares) telah meninggalkan emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

Terbaru, pendiri Tokopedia William Tanuwijaya dan Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto masa jabatannya telah habis sebagai Komisaris dan Direktur GOTO dengan masa kerja mereka tidak diperpanjang lagi. Secara bersamaan, sosok sentral dalam merger Gojek-Tokopedia dan merupakan co-founder GOTO Andre Soelistyo juga akan mengundurkan diri dari dewan komisaris perusahaan.

Sebelumnya, sejumlah sosok penting di balik Gojek dan Tokopedia telah lebih dulu hilang dari posisi penting di GOTO.

Kevin Aluwi diketahui telah lebih dulu mundur dari jajaran tertinggi GOTO. Diketahui saat pertama merger GOTO dirinya menjabat sebagai direktur, lalu posisinya digeser ke komisaris perusahaan hingga saat ini sudah tidak lagi menjabat. Masa jabatannya resmi selesai saat RUPS GOTO tahun lalu.

Melissa juga demikian. Ketika awal merger mengisi posisi direktur kini setelah dia tahun akhirnya tidak memperpanjang jabatan di perusahaan.

Adapun Andre yang awalnya merupakan Direktur Utama GOTO pasca-merger, tahun lalu posisinya diambil alih oleh Patrick Walujo dan digeser ke kursi komisaris hingga kini mundur dari jabatan tersebut.

Hanya William yang menduduki posisi komisaris di GOTO sejak Gojek dan Tokopedia bergabung. Kini, ia juga tidak menjabat lagi di emiten teknologi tersebut. Keempatnya merupakan sosok sentral di balik Gojek, Tokopedia dan GOTO hal ini ditandai dengan kepemilikan saham seri B yang memiliki hak suara 30 kali lebih besar dari saham biasa.

Sebelumnya, pendiri Gojek yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim telah lebih dahulu keluar dari posisi penting di Gojek. Mengutip prospektus IPO GOTO, Nadiem diketahui pernah memiliki 20,50% saham Gojek di awal pendirian, namun namanya sudah tidak muncul sebagai pemegang saham kala merger GOTO.

Baca Juga:  Pemasukan X/Twitter Terjun Bebas, Mungkinkah Elon Musk Bangkrut?

Lalu ada Leontinus Alpha Edison, sosok pendiri Tokopedia ini sempat memiliki saham seri A dan seri B di awal proses merger GOTO, namun namanya hilang setelah merger resmi rampung dan perusahaan melantai di Bursa Efek Indonesia. Setiawan Aluwi, ayah dari Kevin juga tercatat sempat memiliki saham seri B di awal-awal proses merger GOTO namun hilang jelang melantai di bursa, mengutip prospektus IPO perusahaan.

Lantas, siapa pemegang saham GOTO dan manajemen yang tersisa? Mengutip RTI Business, per 30 April 2024, nama Andre, Kevin, William dan Melissa masih tercatat sebagai pemegang saham pengendali.

William menggenggam saham GOTO sebanyak 12,58 miliar dan 7,29 miliar, Andre menggenggam 6,73 miliar dan 2,61 miliar saham. Kemudian, Kevin menggenggam sebanyak 3,27 miliar dan 1,05 miliar saham GOTO. Melissa menggenggam 3,99 miliar dan 1,08 miliar saham GOTO.

Selain keempat orang tersebut, PT Saham Anak Bangsa (SAB) tercatat sebagai pemegang saham pengendali dengan kepemilikan sebanyak 26,88 miliar saham GOTO. Perusahaan itu sendiri merupakan entitas yang dikendalikan Andre.

Dengan hengkangnya empat tokoh tersebut maka susunan pengurus yang tersisa sebelum ditentukan penggantinya adalah berikut:

Komisaris Utama: Agus D.W. Martowardojo

Komisaris Independen: Marjorie Tiu Lao

Komisaris Independen: Robert Holmes Swan

Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe

Komisaris: Wishnutama Kusubandio

Komisaris: Winato Kartono

Direktur Utama: Patrick Walujo

Wakil Direktur Utama: Thomas K. Husted

Direktur: Pablo Malay

Direktur: Wei-Jye Jacky Lo

Direktur: Hans Patuwo

Direktur: Catherine Hindra Sutjahyo

Direktur: Nila Marita

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik