Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Nikel RI Cetak Sejarah! Sudah Masuk Bursa Komoditas Dunia

Dilansir dari CNBC Indonesia, London Metal Exchange (LME) baru saja menyetujui pencatatan merek nikel olahan pertama dari Indonesia, dengan kode "DX-zwdx". Meskipun namanya mungkin tidak begitu mudah diingat, masuknya merek baru ini dalam daftar pengiriman yang baik dari LME merupakan momen penting bagi industri global dan nikel Indonesia.

Merek "DX-zwdx" yang baru, dengan kemurnian minimal 99,8% nikel, adalah nikel produksi PT CNGR Ding Xing New Energy. Perusahaan tersebut adalah usaha patungan antara grup bahan baterai China CNGR Advanced Material Co. dan perusahaan lokal.

Mereka memproduksi 50.000 ton logam lembaran penuh setiap tahun dengan spesifikasi tersebut.

LME mrupakan bursa berjangka dan opsi terbesar dan tertua di dunia untuk perdagangan logam industri, termasuk aluminium, tembaga, nikel, dan seng. Pada Agustus 2022, ada lebih dari 450 merek yang terdaftar di LME dari lebih dari 55 negara. 

Semua merek yang disetujui masuk bursa LME harus mematuhi persyaratan yang ketat tentang kualitas, bentuk, dan berat, sebagaimana diuraikan oleh bursa.

Hilirisasi Nikel Kebanggaan Jokowi

Melansir Reuters, Indonesia hanya memproduksi sekitar 600.000 metrik ton nikel dan sebagian besar diekspor dalam bentuk bijih mentah ke China untuk diolah menjadi baja tahan karat pada lima tahun yang lalu. Pada 2023, Indonesia berhasil menambang 2,03 juta ton logam nikel, menyumbang lebih dari separuh produksi dunia. Kini, Indonesia mengekspor berbagai produk nikel dunia, termasuk logam olahan dengan kemurnian yang dapat diterima untuk pengiriman LME.

Hilirisasi nikel merupakan salah satu program andalan dan ambisius Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Indonesia melarang ekspor bijih mentah sejak 2020 untuk mendorong perusahaan tambang memproses hasil tambangnya di dalam negeri. Sementara itu, bagi LME, ini adalah tambahan pasokan yang disambut baik setelah krisis yang terjadi pada 2022. Namun, bagi negara produsen nikel lain, tambahan nikel produksi Indonesia akan menjadi tantangan.

Baca Juga:  Rest In Peace, Investor Jim Simons Meninggal Dunia di Usia 86 Tahun

Keberhasilan ini juga terjadi di tengah harga nikel dunia yang mulai menunjukkan penguatan dan berada di atas level psikologis US$ 20.000 per ton. Melansir LME, harga nikel kontrak 3 bulan berada di US$ 20.490 per ton per 29 Mei 2024. 

Kekuatan Baru di Industri Nikel

Larangan ekspor bijih mentah oleh Indonesia tidak diterima dengan baik oleh negara lain. Uni Eropa memenangkan kasus melawan Indonesia di Organisasi Perdagangan Dunia pada 2022. Namun, Presiden Joko Widodo menanggapi putusan tersebut dengan mengatakan "tidak apa-apa" dan segera mengajukan banding. Di satu sisi, larangan ekspor tetap berlaku.

Meskipun kontroversial, kebijakan ini terbukti berhasil, tidak hanya dari segi produksi nikel total tetapi juga dalam diversifikasi produk. Produsen nikel, banyak di antaranya dari China, telah menemukan cara untuk mengubah sumber daya nikel Indonesia yang relatif rendah menjadi bentuk logam yang dapat digunakan dalam baterai kendaraan listrik.

Merek "DX-zwdx" yang baru, dengan kemurnian minimal 99,8% nikel, adalah puncak dari evolusi teknis tersebut. 

Kondisi ini akan mendorong produsen lain mengikuti langkah ini seiring dorongan Indonesia untuk menjadi bagian yang lebih besar dari rantai nilai bahan baku baterai terus berlanjut.

Perubahan Aliran Ekspor

Peran Indonesia yang berubah dalam rantai pasokan nikel global tercermin dalam perdagangan negara tersebut dengan China sebagai pelanggan utama nikel Indonesia. Pada 2018, aliran nikel antara kedua negara ini hanya dalam bentuk bijih atau nikel pig iron (NPI), tahap pertama dari peningkatan proses yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia.

Impor bijih nikel dari Indonesia ke China berhenti setelah larangan tahun 2020, tetapi impor ferronikel dari Indonesia meningkat pesat dari 600.000 ton menjadi 7,9 juta ton pada tahun 2023. Pemain China telah membuka rute pemrosesan baru untuk nikel sulfat kualitas baterai, sehingga produk-produk baru semakin banyak muncul dalam perdagangan kedua negara.

Baca Juga:  Media Asing Sorot Kebijakan Tapera di RI, Sebut Begini

China tidak mengimpor nikel matte dari Indonesia sebelum tahun 2022 karena tidak ada yang memproduksinya di Indonesia. Impor tahun lalu mencapai 301.000 ton. Impor produk antara seperti mixed hydroxide precipitate tumbuh dari nol menjadi 830.000 ton dalam jangka waktu yang sama.

Sekarang, Indonesia mengekspor baik nikel sulfat maupun nikel olahan ke China. Aliran nikel sulfat baru dimulai awal tahun lalu dan mencapai 60.000 ton, dengan volume sudah di atas 40.000 ton dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Pengiriman pertama logam olahan Indonesia ke China dimulai pada Desember lalu dan tumbuh menjadi 4.250 ton pada kuartal pertama 2024. Sejauh tahun ini, Indonesia menjadi pemasok terbesar kedua nikel olahan ke China setelah Rusia.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik