Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
5 Daerah yang Jadi Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

5 daerah Ini ternyata penghasil nikel terbesar di Indonesia, paling banyak di Sulawesi. Indonesia sebagai negara penghasil nikel nomor satu dan memiliki cadangan nikel terbesar di dunia. Nikel sendiri merupakan komoditas tambang mineral berharga di pasar global yang digunakan untuk memproduksi stainless steel, baterai ataupun bahan baku berbagai industri.

Menurut data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2020 total neraca sumber daya bijih nikel Indonesia mencapai 11.88 miliar ton. Adapun, total sumber daya logam nikel sebesar 174 juta ton. Selain sebagai komponen baterai utama kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon, peradaban modern sangat tergantung pada nikel. Nikel digunakan mulai peralatan dapur hingga pembuatan pesawat terbang. 

Cadangan nikel sebanyak 90% tersebar di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. 5 daerah Ini ternyata penghasil nikel terbesar di Indonesia, paling banyak di Sulawesi dengan cadangan nikel yakni sebesar 2,6 miliar ton bijih. Disusul dengan wilayah Maluku 1,4 miliar ton bijih dan wilayah Papua dengan cadangan nikel sebesar 60 juta ton bijih yang bisa menjadi potensi peningkatan harga ekspor apabila diolah dengan baik.

1. Kolaka, Sulawesi Tenggara

Kolaka merupakan salah satu pusat penambangan nikel terbesar di Indonesia. Wilayah ini memiliki potensi cadangan nikel yang cukup besar, terutama di sepanjang pesisir pantai Kolaka dan sekitarnya. Tercatat, total luas wilayah penghasil nikel di Sulawesi Tenggara mencapai 198.624,66 ha.

Salah satu wilayah di Sulawesi Tenggara yang menghasilkan nikel terbesar adalah Kabupaten Kolaka dengan luas tambang 3,283,64 km. Selain Kolaka, kecamatan lain seperti Wundukalo, Wolo, Baula, Tanggertada, Pomalaa, Watubangga, dan Latambaga juga diketahui sebagai wilayah yang memiliki nikel terbesar di Sultra.

Baca Juga:  Catat! Begini Perbedaan Pajak vs Retribusi

Aktivitas penambangan di Kolaka telah berlangsung selama beberapa dekade dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah. Namun, kegiatan penambangan juga telah menimbulkan berbagai isu lingkungan dan sosial, termasuk degradasi lahan, kerusakan lingkungan, dan konflik dengan masyarakat adat bisa menjadi ancaman ekonomi.

2. Luwu Timur, Sulawesi Selatan

Luwu Timur merupakan daerah penghasil nikel terbesar di Sulawesi Selatan. Adapun perusahaan tambang yang menguasai wilayah ini adalah PT Vale Indonesia. Berdasarkan warta sulselprof.go.id di tahun 2018, PT Vale Indonesia memiliki luas wilayah tambang sebesar 70.984.000 hektar. Tercatat, total luas wilayah penghasil nikel di SulSel seluas 198.624,66 hektar.

Cadangan nikel yang melimpah di wilayah ini telah menjadi sumber utama pendapatan bagi masyarakat setempat dan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Namun, kegiatan penambangan juga telah menimbulkan kontroversi terkait dengan dampak lingkungan dan sosialnya. Beberapa masalah yang muncul termasuk pencemaran air dan udara, konflik tanah, serta kerusakan ekosistem hutan.

tambang nikel sulawesi tengah

3. Morowali, Sulewesi Tengah

Morowali merupakan kabupaten yang memiliki potensi cadangan nikel yang besar di Sulawesi Tengah. Bagian tengah Pulau Sulawesi Tengah seluas 61.841,29 km diketahui sebagai daerah penghasil nikel terbesar. Salah satu perusahaan tambang nikel terbesar yang ada di Sulawesi Tengah adalah PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) yang memiliki luas area tambang sebesar 115.397,37 ha.

Penambangan nikel di Morowali telah menjadi salah satu sektor ekonomi utama di daerah tersebut dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan daerah. Namun, seperti halnya daerah penghasil nikel lainnya, aktivitas penambangan juga menimbulkan berbagai masalah lingkungan dan sosial, termasuk deforestasi, kerusakan lingkungan, dan konflik dengan masyarakat lokal.

4. Halmahera Timur, Maluku Utara

Halmahera Timur adalah salah satu daerah penghasil nikel terbesar di Maluku Utara. Potensi cadangan nikel yang besar di wilayah ini telah menjadikannya sebagai salah satu lokasi penambangan nikel yang penting di Indonesia. Bahkan, daerah ini juga dikenal sebagai salah satu area tambang dengan fasilitas pengolahan sumber daya alam yang sangat lengkap. 

Baca Juga:  Pengertian Blue Ocean Strategy & Contohnya

Tercatat, sebanyak 12 perusahaan tambang berdiri dan beroperasi di Maluku Utara. Luas area tambang nikel di Maluku Utara adala sebesar 156.197,04 ha. Meskipun penambangan nikel telah memberikan dampak positif dalam hal pembangunan ekonomi daerah, aktivitas tersebut juga menimbulkan masalah lingkungan yang serius, seperti pencemaran air dan tanah, serta konflik sosial dengan masyarakat adat setempat.

5. Pulau Gag, Papua Barat Daya

Daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia yang terakhir adalah Papua Barat, tepatnya berada di Pulau Gag yang terkenal memiliki sumber daya alam yang melimpah. Salah satunya adalah perkebunan, tambang, hasil hutan, dan eco-wisata.Namun kegiatan pertambangan yang dilakukan di Pulau Gag hanya sebatas eksplorasi dan observasi hasil tambang nikel saja. 

Tercatat, luas daerah penghasil nikel di Papua Barat sebesar 22.636 ha. Pulau Gag terletak di Papua Barat Daya dan memiliki potensi cadangan nikel yang signifikan. Penambangan nikel di Pulau Gag telah menjadi salah satu sektor ekonomi utama di wilayah ini dan memberikan kontribusi penting terhadap pendapatan daerah. 

Dalam beberapa tahun terakhir, penambangan nikel di Indonesia telah menjadi topik perdebatan yang hangat karena dampak lingkungan dan sosialnya yang kontroversial. Masalah-masalah tersebut menyoroti pentingnya pengelolaan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap sumber daya alam, serta perlunya dialog dan konsultasi yang inklusif dengan semua pemangku kepentingan untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Baca Juga:  Faktor yang Mempengaruhi Harga Komoditas HSB

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik