Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Bunga Acuan ECB Turun, Bunga Pinjaman Belum Tentu Ikut Turun

Dilansir dari Kontan, Keputusan European Central Bank (ECB) untuk memangkas suku bunga acuan diprediksi tidak akan segera berdampak pada penurunan bunga pinjaman. Hal ini diungkapkan oleh pejabat ECB, Robert Holzmann, yang juga menjabat sebagai Gubernur National Bank of Austria.

Menurut Holzmann, terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa ECB telah memulai peralihan menuju biaya pinjaman yang lebih rendah setelah memangkas suku bunga acuan pada pekan lalu. Pada Kamis (6/6), ECB menurunkan suku bunga deposito bank menjadi 3,75% dari rekor sebelumnya 4,0%.

Namun, ECB akan menahan diri dari pelonggaran lebih lanjut setelah data upah dan inflasi yang mengecewakan dalam beberapa pekan terakhir. "Ke depannya, bank akan berusaha menghindari keterikatan apa pun," kata Holzmann kepada radio Austria, dikutip dari Reuters. Holzmann adalah satu-satunya anggota Dewan Pengurus ECB yang menentang penurunan suku bunga ini.

Holzmann berpendapat bahwa langkah yang tepat saat ini adalah tidak lagi menaikkan suku bunga. Namun, terdapat faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti perbedaan suku bunga antara ECB dan Federal Reserve (The Fed) di Amerika Serikat.

The Fed telah mengisyaratkan akan melakukan pemangkasan suku bunga pada tahun ini, meskipun mereka mengaku tidak akan menurunkannya sebanyak tiga kali. Jika kondisi ini terjadi, maka nilai tukar euro bisa terdampak dan meningkatkan inflasi di kawasan zona euro.

Meski ECB telah mencapai target inflasi sebesar 2%, inflasi belum benar-benar stabil pada level tersebut. "Kami berharap kami akan mencapainya pada tahun 2026," ujar Holzmann.

Dia menambahkan bahwa perhitungan ini didasarkan pada model prediksi yang mengasumsikan tidak adanya guncangan lebih lanjut. Pasalnya, inflasi tahunan di zona euro kembali meningkat menjadi 2,6% pada bulan Mei, dari 2,4% pada bulan April 2024.

Baca Juga:  Apa Itu #AllEyesOnPapua yang Viral di Medsos? Berikut Penjelasanya
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik