Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Coba Day Trading Lebih Mudah dengan Teknik OHLC

Terdapat berbagai teknik yang dapat Sobat Trader gunakan dengan menggunakan data OHLC dalam day trading. Beberapa di antaranya melibatkan analisis pola dan strategi perdagangan. OHLC sangat berguna karena memberikan wawasan tentang perubahan harga yang terjadi selama satu hari perdagangan. 

Berikut ini kita akan membahas OHLC untuk day trading. Kira-kira bagaimana ya? Simak selengkapnya artikel berikut.

Pengertian OHLC

seseorang sedang mencari pengertian OHLC

OHLC adalah singkatan yang merujuk pada data penting dalam dunia perdagangan yang mencakup harga Pembukaan (Open), Harga Tertinggi (High), Harga Terendah (Low), dan Harga Penutupan (Close). Data-data ini sangat penting dalam analisis teknikal dan membantu kita memahami pergerakan harga aset selama periode waktu tertentu, yang bisa bervariasi, seperti harian, mingguan, atau bahkan intraday. Mari kita jabarkan lebih rinci :

Harga Pembukaan (Open)

Ini adalah harga aset pada awal sesi perdagangan, saat pasar pertama kali dibuka. Harga pembukaan menjadi titik awal dalam analisis OHLC. Ini seperti mengukur temperatur awal pasar ketika jam perdagangan pertama kali dimulai. Jika harga pembukaan lebih tinggi dari harga penutupan sebelumnya, ini bisa menunjukkan sentimen bullish (naik). Sebaliknya, jika lebih rendah, itu bisa menjadi sinyal bearish (turun).

Harga Tertinggi (High)

Harga tertinggi adalah titik tertinggi yang dicapai oleh aset selama sesi perdagangan. Ini mencerminkan tekanan beli yang kuat atau tingkat resistensi di pasar. Ketika harga melampaui level tertinggi ini, ini bisa menjadi tanda kuatnya tren naik atau sinyal breakout, yang bisa menjadi peluang bagi Kamu sebagai day trader.

Harga Terendah (Low)

Harga terendah adalah titik terendah yang dicapai oleh aset selama sesi perdagangan. Ini adalah titik di mana tekanan jual mungkin mencapai puncaknya atau level dukungan diuji. Jika harga turun di bawah harga terendah ini, bisa menjadi tanda kuatnya tren turun.

Harga Penutupan (Close)

Harga penutupan adalah harga aset ketika sesi perdagangan berakhir. Harga ini memberikan gambaran tentang sentimen pasar pada akhir sesi. Jika harga penutupan lebih tinggi dari harga pembukaan, itu bisa menandakan bullishness di akhir sesi. Sebaliknya, jika lebih rendah, bisa menunjukkan bearishness.

Menggunakan Teknik OHLC dalam Day Trading

teknik OHLC dalam trading sangat mempengaruhi

Memilih Instrumen Keuangan yang Tepat

Sobat Trader, day trading adalah bentuk aktivitas perdagangan saham atau instrumen keuangan lainnya di mana Kamu membuka dan menutup posisi dalam satu hari perdagangan. Dalam menjalankan strategi day trading, salah satu kunci keberhasilan adalah memilih instrumen keuangan yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Kamu pertimbangkan:

Volatilitas Instrumen

Volatilitas adalah perubahan harga yang signifikan dalam instrumen keuangan. Day trader sering mencari instrumen yang memiliki volatilitas yang cukup untuk memungkinkan pergerakan harga yang signifikan dalam satu hari perdagangan. Dalam memilih instrumen, perhatikan rata-rata pergerakan harian dan mingguan.

Liquidity

Pastikan instrumen yang Kamu pilih memiliki volume perdagangan yang cukup besar. Ini penting karena likuiditas memastikan Kamu dapat dengan mudah memasuki dan keluar dari perdagangan tanpa berdampak besar pada harga.

Spreads

Spreads adalah selisih antara harga beli dan harga jual instrumen. Semakin kecil spreadnya, semakin baik bagi day trader karena Kamu tidak akan kehilangan terlalu banyak pada selisih harga saat masuk atau keluar dari perdagangan.

Baca Juga:  Jangan Salah! Kenali 3 Jenis Rasio Leverage Ini

Menentukan Waktu Trading yang Efektif

Penting untuk memilih waktu trading yang tepat dalam day trading, Sobat Trader. Ada beberapa sesi perdagangan yang umumnya dikenal dengan volatilitas yang lebih tinggi dan peluang perdagangan yang lebih baik:

Sesi London (London Session)

Sesi London adalah salah satu sesi perdagangan paling aktif di pasar keuangan. Sesi ini biasanya dimulai sekitar pukul 08:00 GMT dan berlangsung hingga sekitar pukul 17:00 GMT. Perdagangan selama sesi London seringkali dikenal sebagai yang paling likuid dan berpotensi menghasilkan peluang perdagangan yang baik.

Sesi New York (New York Session)

Sesi New York biasanya dimulai sekitar pukul 13:00 GMT dan berlangsung hingga sekitar pukul 22:00 GMT. Sesi ini juga cenderung sangat likuid, terutama saat tumpukan sesi London dan New York bersamaan.

Sesi Overlap

Selama tumpukan sesi London dan New York, terdapat peningkatan signifikan dalam likuiditas dan volatilitas. Ini adalah waktu yang sering dipilih oleh day trader untuk mencari peluang perdagangan.

Identifikasi Tren

Penting untuk mengidentifikasi tren dalam day trading, Sobat Trader. Dengan menggunakan data OHLC, Kamu dapat melihat apakah pasar berada dalam tren naik, tren turun, atau bergerak sideways. Ini dapat membantu Kamu dalam mengambil keputusan perdagangan yang lebih baik.

Tren Naik (Bullish)

Tren naik ditandai dengan pembukaan (Open) yang lebih rendah dari harga penutupan (Close) sebelumnya dan harga tertinggi (High) yang lebih tinggi. Dalam tren naik, Kamu dapat mencari peluang beli.

Tren Turun (Bearish)

Tren turun ditandai dengan pembukaan (Open) yang lebih tinggi dari harga penutupan (Close) sebelumnya dan harga terendah (Low) yang lebih rendah. Dalam tren turun, Kamu dapat mencari peluang jual.

Sideways (Konsolidasi)

Ketika harga bergerak dalam kisaran terbatas tanpa tren yang jelas, ini disebut pasar sideways. Ini bisa menjadi waktu yang sulit untuk day trader, jadi Kamu mungkin ingin menghindari perdagangan saat pasar sedang sideways.

Evaluasi Volatilitas

Volatilitas adalah elemen kunci dalam day trading, Sobat Trader. Pahami tingkat volatilitas instrumen yang Kamu perdagangkan, karena ini akan memengaruhi seberapa besar pergerakan harga yang dapat diharapkan dalam satu hari. Ketika volatilitas tinggi, peluang perdagangan lebih banyak, tetapi juga risiko lebih besar. Kamu harus mengelola risiko dengan bijak.

Konfirmasi Tren

Sebelum Kamu membuka perdagangan, pastikan untuk mengkonfirmasi tren yang Kamu identifikasi dengan menggunakan indikator atau alat analisis tambahan. Ini dapat membantu Kamu menghindari perdagangan yang salah atau salah mengartikan tren.

Mengelola Risiko dengan Bijak

Risiko adalah bagian tak terpisahkan dari day trading, dan manajemen risiko yang bijak sangat penting. Pastikan Kamu memiliki rencana manajemen risiko yang mencakup pengaturan stop loss, take profit, dan ukuran posisi yang tepat. Jangan pernah melebihi batas risiko yang telah Kamu tetapkan.

Baca Juga:  Cara Memanfaatkan Mode Layar Penuh di TradingView

Sobat Trader, day trading bisa menjadi strategi yang menantang, tetapi dengan pemahaman yang baik tentang OHLC data, pemilihan instrumen yang cermat, pengelolaan risiko yang bijak, dan pemahaman tentang tren dan volatilitas, Kamu dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam day trading Kamu. Selalu lakukan riset, berlatih, dan disiplin dalam menjalankan rencana perdagangan Kamu.

Kelebihan Teknik OHLC dalam Day Trading

seseorang sedang merasakan kelebihan teknik OHLC

Gambaran Jelas Tentang Pergerakan Harga

Sobat Trader, teknik OHLC (Open, High, Low, Close) adalah alat yang sangat berharga dalam day trading. Salah satu kelebihan utamanya adalah memberikan gambaran yang sangat jelas tentang pergerakan harga aset selama periode waktu tertentu. Data OHLC ini menguraikan harga pembukaan (Open), harga tertinggi (High), harga terendah (Low), dan harga penutupan (Close) selama sesi perdagangan. Dengan memiliki informasi ini, Kamu dapat dengan cepat melihat bagaimana harga bergerak selama hari tersebut.

Peningkatan Akurasi dalam Pengambilan Keputusan Trading

Teknik OHLC memungkinkan Kamu untuk membuat analisis teknikal yang lebih akurat dan mendalam. Dengan melihat pola-pola candlestick dan mengidentifikasi level-level support dan resistance berdasarkan harga tertinggi (High) dan harga terendah (Low), Kamu dapat membuat keputusan trading yang lebih tepat. Data OHLC juga membantu Kamu mengkonfirmasi tren yang sedang berlangsung, yang dapat menghindari kesalahan dalam memasuki perdagangan.

Fleksibilitas dalam Kombinasi dengan Alat Lain

Salah satu kelebihan besar dari teknik OHLC adalah kemampuannya untuk digunakan bersama dengan alat analisis lainnya. Kamu dapat mengombinasikan data OHLC dengan indikator teknikal seperti moving averages, RSI, MACD, atau Fibonacci retracement untuk meningkatkan pemahaman tentang pergerakan harga dan mengidentifikasi peluang perdagangan yang lebih baik. Ini memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam mengembangkan strategi day trading yang efektif.

Meningkatkan Efisiensi Waktu dalam Analisis

Dalam day trading, waktu sangat berharga. Data OHLC memungkinkan Kamu untuk melakukan analisis yang lebih cepat dan efisien. Kamu dapat melihat gambaran umum tentang pergerakan harga dengan cepat dan fokus pada area yang paling penting, seperti pembentukan pola candlestick atau titik-titik support dan resistance. Ini sangat berguna ketika Kamu harus membuat keputusan perdagangan dalam waktu singkat.

Kekurangan Teknik OHLC dalam Dy Trading

Kemungkinan Kesalahan Interpretasi

Sobat Trader, sementara teknik OHLC (Open, High, Low, Close) memberikan data yang berharga dalam analisis day trading, perlu juga diingat bahwa data ini dapat disalahartikan jika tidak digunakan dengan hati-hati. Salah satu kekurangan utama adalah potensi untuk kesalahan interpretasi. Misalnya, pola candlestick tertentu mungkin tampak seperti sinyal pembalikan, tetapi sebenarnya hanya merupakan fluktuasi pasar jangka pendek. Kesalahan dalam interpretasi data OHLC dapat mengakibatkan kerugian finansial.

Keterbatasan dalam Menghadapi Volatilitas Tinggi

Dalam kondisi pasar yang sangat volatil, data OHLC mungkin tidak cukup untuk memberikan gambaran lengkap tentang pergerakan harga. Harga bisa bergerak sangat cepat dan tajam, yang mungkin sulit untuk diantisipasi hanya dengan menggunakan data pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan. Day trader mungkin perlu menggunakan data intraday lebih detail untuk menghadapi volatilitas yang tinggi.

Baca Juga:  Inilah Profesi Penunjang Pasar Modal di Indonesia

Kurangnya Proyeksi Masa Depan

Satu kekurangan penting dari teknik OHLC adalah bahwa data ini hanya memberikan gambaran tentang apa yang telah terjadi, bukan tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Ini berarti Kamu hanya dapat mengambil keputusan trading berdasarkan data historis. Meskipun analisis teknikal dan data OHLC dapat membantu Kamu memahami tren dan potensi pembalikan, tetapi tidak memberikan proyeksi yang pasti tentang pergerakan harga di masa mendatang.

Penting untuk diingat bahwa teknik OHLC adalah alat yang sangat berharga dalam day trading, tetapi juga memiliki kekurangan yang perlu dipahami. Dalam upaya untuk mengurangi risiko dan meningkatkan hasil day trading Kamu, selalu perlu untuk mencari sumber informasi tambahan, melengkapi data OHLC dengan analisis lain, dan terus meningkatkan pemahaman Kamu tentang instrumen investasi dan dinamika pasar finansial.

Ingin Trading Tanpa Risiko? Coba Akun Demo HSB!

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Sebelum terjun dalam dunia trading menggunakan dana sungguhan, cobalah memulai dengan akun demo. Ini menjadi sarana untuk mengasah kemampuan dan mencoba rencana trading tanpa resiko kerugian finansial di platform HSB Investasi!

HSB Investasi berperan sebagai broker yang siap mendampingi para nasabahnya dalam meraih target finansial. Dengan menawarkan pilihan yang luas di berbagai instrumen trading, mulai dari forex, saham AS, indeks, hingga komoditas.

"Lalu, bagaimana caranya?" 

Sederhana! Kamu hanya perlu mendaftarkan diri di akun demo HSB dengan nomor handphone dan email pribadi. Setelah pendaftaran selesai, akun demo akan siap untuk digunakan. Mulailah belajar memahami berbagai teknik analisis, seperti menentukan titik support dan resistance, merancang strategi, hingga eksplorasi berbagai indikator.

HSB Investasi menawarkan 4 kategori produk untuk diperdagangkan, yakni 17 forex pair, 5 indeks, 3 jenis komoditas, dan 20 saham Perusahaan Amerika Serikat. Dan yang terpenting, keamanan bertransaksi di HSB Investasi terjamin dengan lisensi dan pengawasan dari BAPPEBTI dan ICH.

HSB Investasi juga memiliki keunggulan dengan sistem trading berbasis MetaTrader 5. Dengan ini, trader dapat menikmati keleluasaan dalam bertransaksi, analisa teknikal mendalam dengan 38 indikator tersedia, fitur copy trading, serta algoritma trading dari MetaTrader 5 yang mampu memberikan rekomendasi cerdas.

Mengapa menunda? Unduh aplikasi HSB Investasi sekarang, rasakan berbagai keunggulan yang ditawarkan, dan jangan lewatkan untuk mengisi deposit di HSB Investasi. Rasakan sensasi trading yang lebih praktis, cepat, dan efektif. Ambil peluangmu di panggung pasar keuangan internasional bersama HSB Investasi. Daftarkan dirimu ke akun live, mulai trading, dan raih tujuan finansialmu.***

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik