Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
32 Aturan Menjaga Disiplin Trading Douglas Zalesky

Menjaga disiplin dalam trading adalah kunci keberhasilan jangka panjang. Douglas Zalesky, seorang pakar dalam dunia trading, telah merumuskan 32 aturan yang dapat menjadi panduan berharga bagi para trader. 

Dalam artikel ini, kita akan mengulas dengan seksama 32 Aturan Menjaga Disiplin Trading ala Douglas Zalesky. Aturan-aturan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari manajemen risiko, pengelolaan modal, hingga psikologi trading

Dengan memahami dan mengikuti aturan-aturan ini, kamu dapat meningkatkan konsistensi dan performa tradingmu. Mari kita telusuri bersama-sama aturan-aturan yang dapat membimbing dan menjaga disiplin trading agar kamu dapat meraih kesuksesan dalam dunia yang dinamis ini.

Disiplin manajemen risiko ala Douglas Zalesky

Aturan Manajemen Risiko

  1. Selalu gunakan stop-loss: Sobat Trader, aturan pertama dari Douglas Zalesky menekankan pentingnya penggunaan stop-loss sebagai tindakan preventif untuk melindungi modal. Dengan menetapkan level stop-loss pada setiap transaksi, kamu dapat membatasi potensi kerugian dan menjaga keberlanjutan aktivitas trading. 
  2. Jangan Overtrade: Aturan kedua mengingatkan kita untuk menghindari jebakan overtrading yang dapat meningkatkan risiko kerugian. Terkadang, keinginan untuk terus bertrading dapat membawa dampak negatif pada hasil trading. Oleh karena itu, penting untuk mengenali batasan dan hanya membuka posisi ketika peluang sesuai dengan strategi trading yang telah ditetapkan.
  3. Pengendalian Ukuran Posisi: Dengan memahami seberapa besar risiko yang siap diambil pada setiap transaksi, kamu dapat menghindari potensi kerugian yang berlebihan. Dengan merinci ukuran posisi sesuai toleransi risiko, kamu dapat menjaga stabilitas modal dan mengoptimalkan peluang keberhasilan dalam jangka panjang.
  4. Tetapkan Target Profit yang Realistis: Tetapkan target profit yang realistis, sesuai dengan kondisi pasar dan strategi tradingmu. Hal ini akan membantumu mengukur keberhasilan dan menghindari ekspektasi yang tidak realistis.
  5. Jangan Terlalu Bergantung pada Alat Trading: Gunakan alat trading sebagai bantuan, bukan sebagai satu-satunya faktor penentu kesuksesanmu. Keberhasilan tradingmu lebih ditentukan oleh strategi dan kebijakan manajemen risiko yang matang.
  6. Hindari 'Paralysis by Analysis': Sobat Trader, jangan sampai terlalu terjebak dalam analisis berlebihan yang bisa membuatmu kehilangan momentum dalam pengambilan keputusan trading.

Edukasi dan Analisis

  1. Belajar dari Kesalahan: Sobat Trader, kesalahan dalam trading adalah guru terbaik. Dengan memahami dan memperbaiki setiap kesalahan, kamu dapat terus meningkatkan strategi trading dan kepercayaan diri.
  2. Tetap Terinformasi: Sobat Trader, dalam dunia trading yang dinamis, keberlanjutan informasi tentang berita dan perubahan pasar sangat penting. Mengetahui faktor-faktor eksternal membantu membuat keputusan yang cerdas dan responsif.
  3. Kesehatan dan Kesejahteraan: Sobat Trader, ingatlah bahwa kesehatanmu berdampak langsung pada keputusan trading. Dengan menjaga kondisi fisik dan mental, kamu dapat tetap fokus, membuat keputusan yang baik, dan mengurangi stres. Kesehatan adalah aset tak ternilai dalam perjalanan tradingmu.
Baca Juga:  AWAS! Jangan Sampai Termakan FOMO Trading Saham!

Disiplin psikologi trading ala Douglas Zalesky

Psikologi Trading dan Kesehatan Mental

  1. Jangan Balas Dendam pada Pasar: Hindarilah tantangan psikologi trading seperti emosi dendam terhadap pasar. Emosi ini hanya akan merugikan hasil tradingmu. Tetaplah obyektif dan fokus pada strategi yang telah direncanakan.
  2. Menghormati Tren Pasar: Untuk keputusan trading yang lebih baik, pahami dan hormatilah arah tren pasar. Dengan mengikuti tren, kamu dapat meningkatkan probabilitas kesuksesan trading.
  3. Pentingnya Edukasi Berkelanjutan: Dunia trading terus berubah. Penting untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan tentang pasar agar tetap relevan dan mampu menghadapi perubahan.
  4. Bersabar: Latihlah kesabaranmu dalam menunggu peluang trading yang tepat. Tidak setiap waktu adalah waktu yang baik untuk trading. Kesabaranmu akan membantu menghindari keputusan impulsif yang berisiko.
  5. Hindari Keserakahan: Sobat Trader, kejarlah kesuksesan, bukan keserakahan. Hindari godaan untuk ambil keuntungan lebih banyak yang dapat mengarah pada keputusan impulsif dan risiko kerugian yang tidak perlu.
  6. Menerima Kerugian: Pelajari untuk menerima kerugian sebagai bagian tak terpisahkan dari perjalanan trading. Dengan sikap yang bijak terhadap kerugian, kamu dapat tetap fokus pada perbaikan dan pertumbuhan jangka panjang.
  7. Pentingnya Istirahat: Istirahat yang cukup tidak hanya penting untuk fisikmu tetapi juga keseimbangan mentalmu. Memastikan pikiranmu fresh akan mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam dunia trading yang dinamis.
  8. Kelola Ekspektasi: Kamu perlu tetap realistis, Sobat Trader. Kelola ekspektasimu agar sesuai dengan kondisi pasar dan strategi trading yang kamu gunakan.
  9. Prioritaskan Psikologi Trading: Sobat Trader, ingatlah bahwa menjaga kesehatan mental dan psikologi tradingmu adalah kunci utama kesuksesan dalam dunia trading.

Strategi Trading dan Adaptasi

  1. Keragaman Investasi: Lakukan diversifikasi pada portofolio investasimu untuk mengurangi risiko. Dengan mengalokasikan investasi pada berbagai aset, kamu dapat melindungi diri dari potensi kerugian yang besar.
  2. Gunakan Jurnal Trading: Sobat Trader, gunakan jurnal trading untuk mencatat setiap transaksi. Dengan mereview catatan tersebut, kamu dapat melakukan evaluasi, belajar dari pengalaman, dan terus meningkatkan strategi tradingmu.
  3. Tetapkan Aturan Exit: Sebelum melibatkan diri dalam pasar, tentukan dengan jelas aturan exitmu, Sobat Trader. Hal ini akan membantu menghindari keputusan impulsif dan menjaga disiplin tradingmu.
  4. Evaluasi dan Sesuaikan Strategi: Sobat Trader, jangan pernah berhenti mengasah strategimu. Teruslah evaluasi dan sesuaikan strategi tradingmu agar tetap relevan dengan dinamika pasar yang terus berubah.
  5. Penggunaan Analisis Teknikal dan Fundamental: Kombinasikan kekuatan analisis teknikal dan fundamental, Sobat Trader. Dengan pendekatan yang seimbang, kamu dapat membuat keputusan trading yang lebih cerdas dan terinformasi.
  6. Ketahui Waktu untuk Tidak Trading: Kamu perlu tahu kapan saatnya untuk berhenti trading, Sobat Trader. Terlalu lama terpaku pada layar dapat meningkatkan risiko. Istirahat sejenak untuk menjaga keseimbangan dan kejernihan pikiranmu.
  7. Miliki Rencana Cadangan: Sobat Trader, pasar selalu berubah. Miliki rencana cadangan yang dapat menjadi pilar pendukung saat menghadapi kondisi pasar yang sulit.
  8. Fokus pada Kualitas, Bukan Kuantitas: Sobat Trader, ingatlah bahwa keberhasilan bukan hanya soal banyaknya transaksi, tapi kualitasnya. Fokuslah pada transaksi berkualitas daripada sekadar jumlahnya.
  9. Konsistensi Lebih dari Perfeksi: Perfeksionisme bukanlah tujuan utama. Yang terpenting adalah konsistensi dalam menjalankan aturan dan strategi tradingmu, Sobat Trader.
Baca Juga:  Menentukan Stop Loss Pakai Support dan Resistance

Disiplin menganalisis dan terlibat dalam pasar

Keterlibatan dengan Pasar dan Sesama Trader

  1. Pilih Pasar yang Paling Familiar: Sobat Trader, jauhi pasar yang tidak kamu mengerti. Pilih untuk trading pada pasar yang sudah kamu pahami dengan baik.
  2. Jangan Abaikan Sentimen Pasar: Kamu perlu memperhatikan sentimen pasar, Sobat Trader. Pahami dan resapi agar dapat mengambil keputusan trading yang tepat.
  3. Manajemen Waktu: Manfaatkan waktu dengan bijak, Sobat Trader. Melalui manajemen waktu yang efisien, kamu dapat meningkatkan produktivitas dalam aktivitas tradingmu.
  4. Adaptasi dengan Perubahan Pasar: Selalu siap beradaptasi, Sobat Trader. Pasar selalu berubah, dan kemampuanmu untuk fleksibel akan membantumu tetap berdaya.
  5. Jaga Komunikasi dengan Trader Lain: Tetap terhubung dengan sesama trader, Sobat Trader. Bertukar informasi dan pengalaman bisa menjadi kunci kesuksesan dalam dunia trading.

Disiplin Trading Saham & Bebas Risiko!

Menjaga disiplin dalam trading merupakan kunci utama kesuksesan, dan aturan yang diajarkan oleh Douglas Zalesky menjadi panduan berharga. Douglas Zalesky tidak hanya menguraikan pedoman praktis dalam menjalani trading dengan disiplin, tetapi juga menyoroti pentingnya terus mengasah kemampuan trading.

Salah satu langkah efektif yang bisa kamu tempuh adalah dengan menggunakan akun demo trading HSB. Melalui akun demo ini, kamu dapat mempraktikkan skill trading tanpa harus merisikokan uang sungguhan. Dengan konsistensi dalam berlatih, kamu dapat menguji aturan-aturan trading yang telah dipelajari dari Douglas Zalesky, serta memahami bagaimana menerapkannya dalam situasi pasar yang berbeda.

Melalui akun demo ini, kamu dapat mempraktikkan skill trading tanpa harus menghadapi risiko kehilangan uang sungguhan. Dengan berlatih secara teratur, kamu bisa menguji strategi tradingmu terhadap pergerakan harga saham seperti JNJ, serta memahami bagaimana faktor-faktor eksternal dan internal dapat memengaruhi nilai saham tersebut.

Baca Juga:  7 Cara Mengukur Peningkatan Volume Trading

Di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. 

Kamu bisa memanfaatkan akun demo di aplikasi trading HSB yang meraih penghargaan “The Most Innovative Broker 2022” dari ICDX. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah simple ini:

Raih peluang profit trading hanya dengan modal

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB yang telah teregulasi
  4. Dan mulai pengalaman seru meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader profesional terbaik Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Pertanyaan Paling Sering Ditanyakan

Strategi Trading Apa Saja?

Ada berbagai strategi trading, mulai dari day trading yang berfokus pada perubahan harga harian, swing trading yang mencari keuntungan dari pergerakan harga jangka menengah, hingga investasi jangka panjang. Pilihan strategi tergantung pada tujuan dan gaya trading masing-masing trader.

Apa Itu Metode Trading?

Metode trading adalah pendekatan sistematis atau aturan yang digunakan trader untuk mengambil keputusan transaksi. Ini melibatkan analisis pasar, pengelolaan risiko, dan pemilihan instrumen keuangan. Metode dapat berbeda-beda sesuai dengan preferensi dan strategi masing-masing trader.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik