Home Tips Investasi Keuangan Umum Day Trading: 5 Strategi Efektif untuk Pemula

Day Trading: 5 Strategi Efektif untuk Pemula

by HSB
0 comment

Dalam trading, ada banyak sekali strategi yang dapat kamu gunakan, salah satunya day trading strategi. Day trading sendiri memang salah satu trading yang populer, karena dapat mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan, terutama saat volatilitas pasar sedang tinggi.

Trader pemula wajib mempelajari day trading ini agar bisa bersaing dengan trader lainnya. Akan tetapi, tentu saja risiko yang dihadapi day trader setara dengan potensi cuannya. 

Untuk itu, kamu perlu mempersiapkan diri sebelum terjun ke pasar dengan mencari tahu strategi trading yang tepat. Sebelum itu, pahami dahulu apa itu day trading.

Apa Itu Day Trading?

Day trading atau trading harian adalah langkah membeli dan menjual saham di satu hari yang sama. Artinya, posisi yang dibuka pada hari itu tidak akan dialihkan ke hari berikutnya atau ke sesi perdagangan selanjutnya. Tujuan trader melakukan transaksi singkat ini tentu untuk mendapatkan profit yang tinggi.

Day trading strategi umum terjadi pada pasar saham dan valuta asing. Dalam mengaplikasikan strategi ini, day trader memanfaatkan sejumlah besar leverage dan strategi perdagangan jangka pendek. Tujuannya untuk memanfaatkan pergerakan harga mata uang yang kecil tetapi memiliki likuiditas yang tinggi.

Ada banyak alasan mengapa day trader memilih melakukan strategi ini. Salah satunya tentu untuk mendapatkan kepastian profit atau loss dengan cepat. Strategi ini cocok bagi trader yang tidak suka mempertahankan posisi perdagangan hingga berhari-hari.

Baca juga: Belajar Support dan Resistance: Pengertian & Strateginya

Day trading strategi

Cara Kerja Day Trading

Cara kerja day trading sangat dipengaruhi oleh waktu yang singkat. Day trader akan melakukan trading dalam hitungan jam setiap harinya. Lalu, day trader akan membuka posisi tersebut dalam jangka waktu dua jam hingga belasan jam. Selain itu, day trader biasanya menggunakan prinsip buy and sell. Artinya, trader akan membeli komoditi dengan harga rendah, lalu menjualnya di hari yang sama saat harga sudah tinggi. 

5 Strategi Day Trading untuk Pemula

Bagi trader pemula yang ingin mencoba trading saham harian, tentunya tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan ini sembarangan. Kamu perlu mempelajari beberapa strategi terlebih dahulu agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Apa saja strateginya?

1. Gunakan Aplikasi Trading Tepercaya

Saat ini sudah banyak aplikasi trading online yang dapat kamu gunakan, salah satunya HSB. Untuk mengidentifikasi aplikasi tersebut terpercaya atau tidak, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek apakah aplikasi tersebut sudah memiliki izin dari pihak yang berwenang atau belum. Jika sudah, maka aplikasi trading tersebut dapat dikatakan aman dari penipuan.

2. Pilih Saham yang Tepat

Setelah memilih platform, selanjutnya kamu pilih saham yang memiliki volume tinggi. Hal ini supaya kamu bisa bertransaksi dalam jumlah yang besar. Selain itu, pilih saham dengan pergerakan harga yang cepat menghasilkan uang. Pergerakan saham yang disarankan yaitu 3% atau lebih per harinya. 

3. Lakukan Trading dengan Sabar

Trading saham harian tidak bisa dilakukan instan meskipun mendatangkan keuntungan yang lebih cepat. Sebagai trader pemula, kamu perlu lebih sabar saat melakukan day trading strategi ini. 

Sebab kamu pasti akan mengalami kebingungan dalam memilih saham hingga berujung salah pembelian dan kerugian. Jika itu terjadi, anggap saja sebagai pembelajaran agar kamu bisa lebih bersabar saat melakukan trading online

4. Mulai dengan Modal yang Kecil

Ambil langkah aman sebagai pemula dengan memulai trading dengan modal yang kecil. Sebab, trading memiliki risiko yang tinggi di samping keuntunganya juga sama-sama tinggi. 

Tidak masalah jika keuntungan yang kamu peroleh kecil, yang terpenting kamu telah melakukan trading dengan benar. Modal yang kecil juga akan membuat kamu tidak larut dalam penyesalan saat mengalami loss. 

5. Pelajari Analisa Saham dengan Baik

Sebelum melakukan trading dengan strategi apa pun, penting untuk kamu mempelajari analisa saham terlebih dahulu. Kamu bisa mulai dari membaca pergerakan harga saham, waktu terbaik untuk transaksi, dan perhitungan lainnya.

Baca juga: Diamond Chart Pattern: Pengertian, Dan Cara Menggunakannya

Kelebihan dan Risiko Day Trading

3 Kelebihan dan Risiko Day Trading

Setiap strategi trading pasti memiliki kelebihan dan risiko masing-masing, termasuk day trading strategi. Apa saja kelebihan dan risiko tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pengurangan Eksposur Risiko

Mengambil posisi untuk periode singkat selama trading memungkinkan kamu tidak menanggung risiko ekstra. Dalam hal ini, karena kamu tidak akan menahan posisi semalaman yang mana berpotensi membuat kerugian. 

Akan tetapi, di waktu yang sama biaya perdagangan yang kamu keluarkan akan lebih tinggi. Hal ini karena kamu akan lebih sering keluar masuk pasar sepanjang hari perdagangan. Risiko yang mungkin terjadi kamu akan kehabisan modal. 

2. Mendapat Keuntungan Lebih Cepat

Melakukan strategi trading harian memang akan mempercepat penambahan cuan, tetapi berisiko membuat kamu cepat merasa puas. Jika sudah merasa puas, bisa jadi kamu cenderung malas untuk mempelajari strategi trading yang lain. 

3. Pengambilan Keputusan Sederhana

Trader harian dituntut membuat keputusan cepat apakah akan masuk atau keluar dari pasar. Sebab itu, trader harian cenderung mengambil keputusan sederhana untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, hal ini akan mengasah kepekaan dan ketanggapan  dalam menangkap peluang yang muncul.

Namun, proses pengambilan keputusan ini memerlukan pemikiran yang cepat, karena keputusan yang diambil juga harus cepat. Jika kamu tidak bisa mengikuti alurnya, berpotensi mengalami stres hingga hilang fokus. 

Baca juga: Strategi Scalping Trading: Pengertian dan Indikatornya

Itulah beberapa strategi efektif untuk pemula yang ingin menerapkan day trading strategi. Untuk meminimalisir risiko yang mungkin terjadi karena day trading ini, pastikan kamu melakukan trading online di broker dengan komisi rendah. 

HSB hadir sebagai broker dengan komisi rendah dan tanpa biaya tambahan. Siap untuk trading online? Buat akun demo sekarang juga untuk belajar mengaplikasikan strategi day trading sebelum kamu buka akun live. ***

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288