Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Goichi Hosoda Menemukan Ichimoku Kinko Hyo dari Konsep Alam

Goichi Hosoda, pencipta Ichimoku Kinko Hyo, lahir sebagai seorang jurnalis keuangan pada tahun 1898. Namun, ia tidak hanya menjadi seorang jurnalis, tetapi juga mengubah wajah analisis pasar keuangan dengan menciptakan indikator teknikal yang inovatif. 

Ichimoku Kinko Hyo, yang dikembangkan pada tahun 1960, menjadi alat yang penting bagi para trader dalam menganalisis tren, level support/resistance, dan momentum pasar secara komprehensif. Mari kita telusuri lebih dalam tentang perjalanan dan keunggulan dari karya Hosoda ini.

Perjalanan hidup Goichi Hosoda

Goichi Hosoda adalah seorang trader Jepang yang dikenal sebagai pencipta indikator teknikal Ichimoku Kinko Hyo, yang membantu para trader dalam menganalisis pasar keuangan. Hosoda lahir pada tahun 1898 dan bekerja sebagai jurnalis keuangan. 

Ia kemudian mengembangkan Ichimoku Kinko Hyo pada tahun 1960 sebagai alat analisis pasar yang komprehensif. Indikator ini menggabungkan berbagai elemen termasuk garis-garis support dan resistance, serta memberikan pandangan holistik tentang tren dan momentum pasar. Ichimoku Kinko Hyo telah menjadi salah satu alat analisis teknikal yang populer di kalangan trader di seluruh dunia.

cara kerja ichimoku konkyo hyo

Cara Kerja Ichimoku Kinko Hyo

Ichimoku Kinko Hyo bekerja dengan menggabungkan beberapa komponen utama yang memberikan gambaran tentang arah dan kekuatan tren, level support dan resistance, serta momentum pasar dari tiap instrumen keuangan. Komponen utama Ichimoku meliputi:

1. Tenkan-sen (garis konversi)

Garis ini dihitung sebagai rata-rata dari harga tertinggi dan terendah dalam rentang waktu tertentu, sering kali 9 periode. Ini memberikan indikasi arah potensial dari sebuah tren.

2. Kijun-sen (garis dasar)

Garis ini juga merupakan rata-rata dari harga tertinggi dan terendah, namun dalam rentang waktu yang lebih panjang, seringkali 26 periode. Kijun-sen memberikan gambaran tentang level support dan resistance potensial.

Baca Juga:  Belum Kenal Bernard Madoff? Aktor Skema Ponzi Terbesar Dunia

3. Senkou Span A dan Senkou Span B (awan Kumo)

Awan dihasilkan dengan cara menggabungkan Tenkan-sen dan Kijun-sen, yang diperpanjang ke depan sejauh 26 periode. Awan Kumo diwarnai untuk membantu trader mengidentifikasi arah tren dan level support/resistance di masa depan.

4. Chikou Span (garis tertunda)

Ini adalah harga penutupan yang diproyeksikan mundur sejauh 26 periode. Chikou Span membantu mengkonfirmasi tren dan memberikan sinyal beli atau jual.

Prinsip dasar Ichimoku adalah ketika Senkou Span A berada di atas Senkou Span B, dan harga berada di atas awan Kumo, itu menunjukkan tren naik yang kuat. Sebaliknya, jika Senkou Span A berada di bawah Senkou Span B dan harga berada di bawah awan Kumo, itu menunjukkan tren turun yang kuat. Kombinasi garis-garis ini memberikan pandangan holistik tentang kondisi pasar dan membantu trader membuat keputusan yang lebih terinformasi.

Kelebihan Ichimoku Kinko Hyo

Kelebihan Ichimoku Kinko Hyo termasuk:

1. Memberikan Gambaran Komprehensif

Ichimoku Kinko Hyo menggabungkan beberapa komponen untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang arah tren, level support/resistance, dan momentum pasar dalam satu tampilan.

2. Mudah Dipahami

Meskipun kompleks, konsep Ichimoku Kinko Hyo relatif mudah dipahami setelah trader memahami bagaimana setiap komponennya berinteraksi.

3. Bekerja di Berbagai Kerangka Waktu

Ichimoku dapat digunakan di berbagai kerangka waktu, mulai dari grafik intraday hingga grafik jangka panjang, membuatnya relevan untuk berbagai gaya trading.

4. Memberikan Sinyal yang Kuat

Ketika digunakan dengan benar, Ichimoku dapat memberikan sinyal yang kuat untuk masuk atau keluar dari pasar, serta mengidentifikasi tren yang berpotensi menguntungkan.

5. Menangkap Tren yang Kuat

Ichimoku cenderung efektif dalam menangkap tren yang kuat, yang dapat menghasilkan potensi keuntungan yang signifikan bagi trader.

Baca Juga:  Berikut ini Resep Bebas Hutang dan Bangkrut ala Dave Ramsey

6. Mengidentifikasi Level Support/Resistance

Awan Kumo dalam Ichimoku berfungsi sebagai zona support/resistance dinamis yang dapat membantu trader dalam menentukan level entry dan exit yang potensial.

7. Kemampuan Adaptasi

Ichimoku dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi pasar, termasuk pasar yang sedang trending maupun sideways.

Keseluruhan, kelebihan Ichimoku Kinko Hyo membuatnya menjadi alat analisis teknikal yang populer di kalangan trader yang mencari pemahaman yang holistik tentang dinamika pasar.

Pelajari grafik dan indikator trading modern bersama akun demo hsb investasi

Trading dengan Ichimoku Kinko Hyo Tanpa Risiko!

Dalam konteks analisis teknikal, salah satu alat yang sering digunakan oleh trader adalah Ichimoku Kinko Hyo. Ichimoku Kinko Hyo adalah indikator yang menggabungkan beberapa elemen untuk memberikan gambaran holistik tentang tren, level support/resistance, dan momentum pasar.

Dalam konteks pembelajaran trading, penggunaan akun demo trading HSB dapat menjadi sarana efektif untuk memahami dan menguji strategi trading yang melibatkan indikator Ichimoku Kinko Hyo. Dengan akun demo tersebut, trader dapat mengaplikasikan prinsip-prinsip Ichimoku Kinko Hyo dalam situasi pasar yang simulasi tanpa risiko kehilangan modal.

Penghargaan sebagai "Most Improved Broker 2023" dari ICDX menegaskan keandalan aplikasi trading HSB sebagai platform trading yang membantu trader mengembangkan kemampuan trading mereka, termasuk pemahaman terhadap indikator Ichimoku Kinko Hyo. Dengan bantuan teknologi serta analisis yang kuat, trader dapat merencanakan strategi trading yang efektif dengan memanfaatkan indikator Ichimoku Kinko Hyo sebagai salah satu alat analisisnya. Ikuti langkah mudah dibawah ini : 

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggiIan teIepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading meIaIui segregated account HSB yang teIah tereguIasi
  4. Dan muIai pengaIaman seru meraih peIuang profit trading di pasar gIobaI dunia!
Baca Juga:  Langkah Praktis Menuju Bebas Utang ala Dave Ramsey

HSB menegaskan komitmennya daIam memastikan keamanan dan transparansi transaksi nasabah meIaIui reguIasi resmi BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan RepubIik Indonesia. ReguIasi ini menjadi dasar utama daIam mengeIoIa risiko trading, yang harus menjadi fokus utama para trader.

Lebih dari sekadar memberikan keamanan, transparansi, dan inovasi, HSB secara aktif terIibat daIam memberikan pendidikan kepada anggotanya meIaIui berbagai sumber media pembeIajaran trading, baik secara daring maupun Iuring. Ini merupakan impIementasi konkret dari komitmen HSB untuk mencetak trader profesionaI terbaik di Indonesia. OIeh karena itu, tidak ada aIasan untuk menunda kesuksesan daIam trading. Segera bergabung dengan HSB sekarang dan maksimaIkan peIuang profit tradingmu.***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik