Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Dasar-Dasar Neraca Jalur bagi Analis Akuntansi

Neraca jalur merupakan salah satu instrumen penting dalam analisis akuntansi dan keuangan, khususnya dalam mengevaluasi arus kas suatu entitas. Dokumen ini menawarkan gambaran visual mengenai aliran uang masuk dan keluar dari suatu organisasi, proyek, atau unit bisnis dalam periode tertentu. Artikel ini akan menjelajahi dasar-dasar neraca jalur, memberikan contoh nyata untuk membantu memahami bagaimana neraca ini bekerja dan aplikasinya dalam berbagai situasi bisnis.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam, mari kita pertimbangkan contoh sederhana: sebuah perusahaan konstruksi yang mengerjakan pembangunan sebuah gedung perkantoran. Neraca jalur untuk proyek tersebut akan menampilkan aliran dana dari sumber pendanaan, seperti pinjaman bank dan investasi pemegang saham, ke berbagai kebutuhan operasional termasuk pembayaran kepada subkontraktor, pembelian material, dan gaji karyawan.

Pengertian Neraca Jalur

Neraca jalur (cash flow statement) adalah salah satu laporan keuangan yang penting dalam akuntansi yang menggambarkan arus kas suatu entitas selama periode tertentu. Neraca jalur menyajikan informasi mengenai sumber-sumber arus kas (cash inflows) dan penggunaan arus kas (cash outflows) dari tiga kegiatan utama: operasi, investasi, dan pendanaan.

Secara lebih spesifik, neraca jalur mengukur arus kas bersih (net cash flow) dari aktivitas operasi, yang mencakup arus kas dari kegiatan inti bisnis entitas seperti penjualan produk atau layanan, pembayaran biaya operasional, dan penerimaan dari pelanggan. Selain itu, neraca jalur mencatat arus kas dari aktivitas investasi, seperti pembelian atau penjualan aset tetap atau investasi jangka panjang, serta arus kas dari aktivitas pendanaan, seperti penerimaan atau pembayaran pinjaman dan modal.

Pentingnya neraca jalur adalah memberikan gambaran yang jelas tentang arus kas entitas dalam suatu periode, yang tidak selalu tercermin dalam laporan keuangan lain seperti neraca (balance sheet) dan laporan laba rugi. Dengan demikian, neraca jalur membantu pengguna laporan keuangan untuk memahami bagaimana entitas memperoleh dan menggunakan kasnya, serta mengevaluasi kinerja keuangan secara holistik.

Baca Juga:  Manakah Investasi Terbaik antara Nasdaq vs SP500?

fungsi utama dari neraca jalur

Fungsi Neraca Jalur

Neraca jalur tersebut memiliki beberapa fungsi penting dalam analisis keuangan suatu entitas. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari neraca jalur, dijelaskan sebagai berikut :

1. Mengukur Arus Kas Bersih

Salah satu fungsi utama neraca jalur adalah menyajikan arus kas bersih dari kegiatan operasi, investasi, dan pendanaan suatu entitas dalam periode tertentu. Arus kas bersih ini mencerminkan perubahan jumlah kas entitas dari awal hingga akhir periode. Dengan informasi ini, pemangku kepentingan dapat melihat apakah entitas tersebut menghasilkan lebih banyak kas dari operasi inti, memperoleh kas dari investasi, atau mendapatkan dana dari pendanaan eksternal.

2. Mengidentifikasi Penggunaan Kas

Neraca jalur membantu mengidentifikasi sumber-sumber arus kas dan penggunaan kas entitas. Sumber arus kas dapat berasal dari penjualan produk atau layanan, penerimaan pinjaman, atau penjualan aset. Di sisi lain, penggunaan kas dapat termasuk pembayaran biaya operasional, investasi dalam aset tetap, atau pembayaran dividen payout ratio. Dengan pemahaman yang jelas tentang sumber dan penggunaan kas, manajemen dapat mengambil keputusan keuangan yang lebih tepat.

Neraca jalur memungkinkan pengukuran kinerja operasional

3. Mengukur Kinerja Operasional

Neraca jalur memungkinkan pengukuran kinerja operasional suatu entitas dengan memisahkan arus kas dari aktivitas operasi inti dari arus kas yang berasal dari investasi dan pendanaan. Hal ini membantu mengidentifikasi seberapa baik entitas menghasilkan kas dari kegiatan bisnis utamanya dan memperhitungkan pengaruh aktivitas investasi dan pendanaan terhadap arus kas keseluruhan.

4. Membantu Perencanaan Keuangan

Informasi yang terdapat dalam neraca jalur sangat berguna untuk perencanaan keuangan entitas. Manajemen dapat menggunakan neraca jalur untuk merencanakan kebutuhan modal, mengelola arus kas, dan mengevaluasi kecukupan dana untuk investasi masa depan. Perencanaan keuangan yang baik didasarkan pada pemahaman yang baik tentang arus kas masa lalu dan proyeksi arus kas di masa mendatang.

5. Menilai Kesehatan Keuangan

Neraca jalur juga digunakan oleh pihak eksternal, seperti investor dan kreditor, untuk menilai kesehatan keuangan suatu entitas dan kelayakan investasi atau pemberian pinjaman. Arus kas bersih yang positif dan stabil sering dianggap sebagai indikator yang baik karena menunjukkan kemampuan entitas untuk membiayai operasi dan kewajiban keuangannya.

Baca Juga:  WAJIB TAHU! Ini Dia Badan Pengawas Pasar Modal Dunia

Membuat neraca jalur melibatkan langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan menyusun arus kas

Cara Membuat Neraca Jalur

Membuat neraca jalur melibatkan langkah-langkah untuk mengidentifikasi dan menyusun arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan suatu entitas dalam periode tertentu. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk membuat neraca jalur:

1.  Aktivitas Operasi

Langkah pertama adalah mengidentifikasi semua transaksi kas yang berasal dari aktivitas operasi entitas. Ini mencakup penerimaan kas dari penjualan produk atau layanan, penerimaan dari pelanggan (piutang), dan pembayaran biaya operasional. Juga perlu memperhitungkan perubahan dalam aset lancar dan hutang lancar yang mempengaruhi arus kas bersih dari aktivitas operasi.

Contoh:

  • Penerimaan kas dari penjualan: $500.000
  • Penerimaan dari pelanggan (piutang): $100.000
  • Pembayaran biaya operasional: ($300.000)

2. Aktivitas Investasi

Selanjutnya, identifikasi transaksi kas yang terkait dengan aktivitas investasi entitas, seperti pembelian atau penjualan aset tetap, investasi jangka panjang, atau penjualan investasi. Catat semua pengeluaran dan penerimaan kas yang terjadi dalam aktivitas investasi.

3. Aktivitas Pendanaan

Langkah berikutnya adalah mengidentifikasi transaksi kas yang terkait dengan aktivitas pendanaan entitas, seperti penerimaan pinjaman baru, pembayaran hutang, atau pembayaran dividen kepada pemegang saham. Catat semua penerimaan dan pengeluaran kas yang terkait dengan pendanaan.

4. Susun Neraca Jalur

Setelah semua arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan diidentifikasi, susun neraca jalur dengan format yang membagi arus kas ke dalam tiga bagian utama: aktivitas operasi, aktivitas investasi, dan aktivitas pendanaan. Jumlahkan arus kas bersih dari setiap bagian untuk menentukan perubahan bersih dalam kas selama periode tersebut.

Investasi Tanpa Risiko!

Neraca jalur adalah salah satu alat penting dalam analisis makroekonomi yang digunakan untuk melacak aliran modal dan barang antara suatu negara dengan negara lainnya. Investor sering memperhatikan neraca jalur untuk memahami dinamika ekonomi global, termasuk aliran investasi asing dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Baca Juga:  Eksplorasi Bentuk-Bentuk Pasar: Memahami Lanskap Kompetisi Bisnis

Pemahaman yang baik tentang neraca jalur dapat membantu investor dalam pengambilan keputusan investasi dan terhindar risiko. Sehingga, menggunakan akun demo trading HSB dapat mencegah risiko kehilangan dana sungguhan. 

Di akun simulasi trading HSB, kamu akan diberikan dana virtual secara otomatis sebesar $100,000 yang dapat digunakan menguji berbagai strategi trading, posisi, dan meningkatkan kemampuan analisis tren pasar melalui  Aplikasi HSB Investasi atau platform Web. 

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Trading di HSB memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman trading dengan berbagai instrumen finansial, termasuk 20 jenis Saham AS terpopuler, 17 pasangan forex, 5 indeks raksasa global, dan 3 komoditas paling diminati dunia. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah sederhana ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB 
  4. Dan mulai meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik