Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Berikut Cara Paling Mudah Menghitung Bunga Deposito

Bunga deposito bank merupakan investasi yang populer bagi banyak individu yang ingin mengoptimalkan pengelolaan keuangan mereka. Sebagai bentuk tabungan dengan jangka waktu tertentu, deposito menawarkan bunga sebagai imbalan atas dana yang ditempatkan di bank. 

Namun, selain pengertian dan cara menghitung bunga deposito, penting untuk memahami variasi suku bunga yang ditawarkan oleh berbagai bank, termasuk bank digital yang semakin banyak bermunculan dengan penawaran bunga yang kompetitif.

Pengertian Bunga Deposito Bank

Bunga deposito bank adalah imbalan atau penghasilan yang diberikan oleh bank kepada nasabah yang menempatkan dananya dalam bentuk deposito. Bunga ini merupakan bagian dari keuntungan yang diperoleh bank dari penggunaan dana nasabah tersebut. Bunga deposito biasanya dihitung berdasarkan persentase tertentu dari jumlah dana yang ditempatkan dan periode waktu tertentu, yang disebut sebagai tingkat bunga atau suku bunga deposito.

Deposito adalah produk perbankan di mana nasabah menyetor dananya pada bank untuk jangka waktu tertentu, yang biasanya disebut sebagai tenor. Selama jangka waktu tersebut, dana nasabah tidak dapat ditarik secara langsung tanpa penalti atau biaya tambahan. Bank menggunakan dana yang ditempatkan dalam deposito untuk kegiatan operasionalnya, seperti memberikan pinjaman kepada pihak lain atau untuk investasi lainnya.

Bunga deposito adalah cara bagi bank untuk memperoleh dana dari nasabah dan sebagai imbalan atas penggunaan dana tersebut. Tingkat bunga deposito dapat bervariasi tergantung pada kebijakan bank, kondisi pasar keuangan, dan kondisi ekonomi secara keseluruhan. Biasanya, bunga deposito yang lebih tinggi akan ditawarkan untuk deposito dengan jangka waktu yang lebih lama dan jumlah dana yang lebih besar.

rumus dan cara menghitung bunga deposito

Rumus dan Cara Menghitung Bunga Deposito Bank

Cara menghitung bunga deposito bank melibatkan penggunaan rumus sederhana berdasarkan tingkat bunga dan periode waktu. Berikut adalah rumus umum untuk menghitung bunga deposito:

Baca Juga:  Tugas, Definisi dan Manfaat Konsultan Keuangan

Bunga = (Jumlah Deposito x Tingkat Bunga x Waktu) / 100 

Di mana:

- Bunga adalah jumlah bunga yang diperoleh.

- Jumlah Deposito adalah jumlah uang yang ditempatkan dalam deposito.

- Tingkat Bunga adalah suku bunga deposito dalam persentase.

- Waktu adalah periode waktu dalam tahun.

Sebagai contoh perhitungan bunga deposito bank, mari kita asumsikan Kamu menempatkan Rp 10.000.000 dalam deposito dengan tingkat bunga tahunan 5% selama 1 tahun. Berdasarkan rumus di atas:

Bunga = (10.000.000 x 5 x 1) / 100 = 500.000

Jadi, bunga yang Kamu terima setelah satu tahun adalah Rp 500.000.

Namun, penting untuk diingat bahwa beberapa bank mungkin menggunakan metode perhitungan bunga yang berbeda. Misalnya, beberapa bank dapat menggunakan metode bunga majemuk di mana bunga dibayar tidak hanya atas jumlah pokok, tetapi juga atas bunga yang telah diperoleh sebelumnya. Oleh karena itu, selalu penting untuk memeriksa dengan bank Kamu untuk memahami cara mereka menghitung bunga deposito.

Daftar Bunga Deposito Bank Digital Terbaru

Berdasarkan informasi yang dilansir dari CNBC Indonesia, bank milik grup Astra, Bank Saqu menawarkan bunga deposito tertinggi atau hingga 10%. Kemudian Krom Bank milik grup Kredivo menawarkan bunga deposito hingga 8,75%.

Selengkapnya berikut suku bunga maksimal per tahun deposito rupiah bank digital, berlaku Mei 2024.

  1. Bank Raya            Saku Jaga Optimal (5%)
  2. Jenius                    Maxi Saver (5%)
  3. Digibank               Deposito Digibank (5%)
  4. Blu                          bluDeposit (4,75%)
  5. Allobank                Deposito Allobank (6%)
  6. TMRW by UOB    Power Saver (5,25%)
  7. Neobank                Neo WOW (8%)
  8. Bank Jago             Deposito (5%)
  9. Line Bank              Deposito Line Bank (6%)
  10. SeaBank                 Deposito SeaBank (6%)
  11. Bank Saqu             Saku Booster (10%)
  12. Krom                      Deposito Berjangka (8,75%)
Baca Juga:  Begini Cara Mengatur Gaji Keuangan dengan Baik!

Melalui artikel ini, kita telah menjelajahi pengertian, cara menghitung, serta daftar bunga deposito bank digital terbaru. Memilih deposito dengan tingkat bunga yang kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan finansial Kamu dapat menjadi langkah penting dalam merencanakan masa depan keuangan yang stabil. Namun, sebelum melakukan investasi, pastikan untuk memahami risiko dan ketentuan yang terkait dengan deposito tersebut, serta berkonsultasi dengan profesional keuangan jika diperlukan.

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Sobat Trader, saatnya untuk memanfaatkan dana dengan cerdas! Mulailah perjalanan investasimu dengan membuka akun demo trading di HSB. Dapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar trading di pasar keuangan sungguhan tanpa risiko. Ini adalah kesempatan emas untuk mengasah kemampuan tradingmu sejak dini.

Jika kamu merasa siap untuk terjun ke dalam dunia trading dengan lebih serius, buka akun live trading HSB hanya dalam 3 langkah mudah: isi dan lengkapi informasi pribadimu saat pendaftaran, selesaikan verifikasi identitasmu melalui proses KYC, dan lakukan deposit pada akun resmi HSB. 

Jangan lewatkan juga promo trading HSB yang bisa meningkatkan peluang profit tradingmu. Jadi, manfaatkanlah waktu dan kesempatan ini sebaik mungkin. Buka akunmu sekarang juga dan raih keuntungan dari investasimu bersama HSB!***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik