Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
9 Perbedaan Trader Profesional dengan Pemula

Mungkin sebagai seorang trader inilah pertanyaan yang sering diajukan oleh para pemula. Banyak yang bertanya-tanya, apa perbedaan antara seorang trader profesional dan seorang pemula? Jawabannya, ada banyak sekali perbedaan antara keduanya. Salah satunya, trader profesional memiliki sikap dan perilaku yang berbeda dari pemula. Mereka juga menggunakan strategi yang berbeda dan lebih matang.

Sikap dan perilaku adalah dua hal yang paling menonjol dari seorang trader profesional. Sikap seorang trader profesional selalu didasarkan pada analisis dan penilaian obyektif. Mereka tidak pernah membiarkan emosi mereka mendominasi keputusan trading mereka. Kebanyakan trader pemula justru sebaliknya. Mereka seringkali dipengaruhi oleh emosi seperti ketakutan dan keserakahan, yang menyebabkan mereka mengambil keputusan yang tidak rasional.

Perilaku trader profesional juga berbeda dari pemula. Trader profesional selalu konsisten dalam menjalankan strategi trading mereka. Mereka tidak pernah melakukan trading hanya berdasarkan insting atau perasaan. Selain itu, trader profesional selalu mencatat dan menganalisis setiap hasil trading mereka. Mereka selalu belajar dari pengalaman mereka dan terus meningkatkan strategi trading mereka.

Lantas, apa sih perbedaan dari trader profesional dan trader pemula ini? Kamu dapat menemukan jawabannya disini!

Karakteristik Seorang Trader Profesional dan Pemula

Karakteristik Seorang Trader Profesional dan Pemula

Karakteristik utama yang dimiliki oleh trader profesional adalah mereka memiliki strategi trading yang terdefinisi dengan baik. Mereka tahu kapan harus masuk dan keluar dari pasar dan mereka memiliki rencana yang jelas untuk mengelola risiko mereka.

Sedangkan trader pemula, seringkali tidak memiliki rencana yang jelas, masuk dan keluar dari pasar berdasarkan emosi seperti ketakutan dan keserakahan. Sikap ini seringkali dimiliki oleh para trader pemula bukan?

Karakteristik utama lainnya dari trader profesional adalah mereka membuat jurnal trading yang mendetail. Mereka mencatat kapan mendapatkan keuntungan dan kerugian mereka, sehingga mereka meninjau kinerja trading mereka secara teratur. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, serta menyesuaikan strategi trading mereka. Sedangkan, trader pemula seringkali tidak melacak atau mencatat trading mereka, sehingga sulit untuk meningkatkan kinerja dari waktu ke waktu.

Trader profesional juga memiliki pemahaman yang kuat tentang manajemen risiko. Mereka tahu cara menggunakan stop-loss order dan position sizing untuk melindungi modal mereka, dan mereka selalu sadar akan potensi risiko trading.

 Sedangkan trader pemula, seringkali tidak memiliki pemahaman yang baik tentang manajemen risiko dan mungkin akan kehilangan semua modalnya jika trading yang dilakukan bertentangan atau tidak sesuai dengan harapan mereka.

Terakhir, strategi trader profesional selalu belajar dan berkembang. Mereka membaca buku dan artikel tentang trading, menghadiri webinar dan seminar, serta mengikuti kursus tentang trading. Mereka selalu mencari cara untuk meningkatkan keterampilan trading mereka. Di sisi lain, seorang trader pemula seringkali tidak berusaha untuk belajar lebih banyak tentang trading dan akibatnya, keterampilan mereka tidak meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga:  Dampak Apresiasi Mata Uang Bagi Aktivitas Ekonomi

Jika kamu ingin menjadi seorang trader yang sukses, penting untuk mengembangkan karakteristik yang dimiliki oleh trader profesional. Meskipun bukan tidak mungkin bagi trader amatir menghasilkan uang di pasar, ini jauh lebih sulit dibandingkan dengan  mempunyai pekerjaan penuh. 

Trader profesional memiliki keunggulan dibandingkan trader pemula karena mereka memiliki strategi trading yang terdefinisi dengan baik, menyimpan jurnal trading terperinci, dapat memahami manajemen risiko, dan selalu belajar serta berkembang. Jika kamu dapat mengembangkan karakteristik ini, kamu akan berada di jalur yang tepat untuk menjadi sukses

Banyak orang berpikir bahwa trading itu mudah. Anda hanya membeli saat harga rendah dan menjual saat harga tinggi, bukan? Yah, tidak cukup. Trading adalah aktivitas kompleks yang membutuhkan banyak keterampilan dan pengalaman untuk melakukannya dengan baik.

Perbedaan Trader Profesional dan Trader Pemula

Perbedaan Trader Profesional dan Trader Pemula

Berikut inilah yang membedakan trader profesional dengan pemula:

1. Pengalaman

Perbedaan yang paling jelas adalah pengalaman. Trader profesional telah berada di sekitar 2 langkah atau beberapa kali dan tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi yang berbeda. Mereka bisa merasakan pasar dan tahu cara membaca grafik. Sedangkan, trader pemula masih mempelajari seluk-beluknya. Mereka juga belum memiliki pengalaman untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dan lebih cenderung melakukan kesalahan.

2. Toleransi Risiko

Perbedaan lain antara trader pemula dan trader profesional adalah toleransi risiko. Trader pemula seringkali lebih menghindari risiko daripada trader profesional. Mereka lebih cenderung melakukan transaksi dengan aman dan menghindari mengambil risiko. Sedangkan, trader profesional lebih cenderung bersedia mengambil risiko. Mereka tahu bahwa untuk menghasilkan profit kamu harus rela kehilangan modal cukup banyak.

3. Modal

Perbedaan lain antara trader pemula dan trader profesional adalah modal. Trader pemula seringkali memiliki modal lebih sedikit daripada trader profesional. Ini karena mereka baru dalam melakukan transaksi dan belum menghasilkan keuntungan. 

Sedangkan, trader  profesional, seringkali memiliki lebih banyak modal karena mereka telah ada cukup lama dan telah menghasilkan beberapa kali keuntungan dengan cepat.

4. Gaya Trading

Gaya Trading

Perbedaan lain antara trader pemula dan trader profesional adalah gaya trading. Trader pemula seringkali memiliki gaya trading yang lebih konservatif. Mereka lebih cenderung berpegang pada metode yang telah dicoba dan benar guna menghindari risiko. 

Sedangkan yang dilakukan oleh trader profesional adalah merema memiliki gaya trading yang lebih agresif. Mereka lebih berani mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru. Selain itu, mereka sering sekali mengubah strategi trading jika dirasa sudah tidak bisa menghasilkan keuntungan.

Baca Juga:  Rahasia di Balik Mata Uang Dolar Brunei Darussalam

5. Kontrol Emosi

Satu perbedaan terakhir antara trader pemula dan trader profesional adalah bagaimana mereka mengontrol emosi dalam trading. Trader pemula kerap menjadikan emosi dan instingnya sebagai acuan pengambilan keputusan, sehingga mengakibatkan kerugian yang cukup banyak.

Beda dengan yang dilakukan oleh trader profesional, mereka kerap menjaga dan menstabilkan emosi saat pasar mengalami fluktuatif, sabar jika kehilangan modal, menganalisis kembali strategi yang digunakan.

6. Manajemen Risiko

Trader profesional memiliki strategi manajemen risiko yang terdefinisi dengan baik bahkan sebelum mereka memasuki pasar. Mereka tahu seberapa besar mereka rela kehilangan dalam satu kali trading dan mereka tidak pernah melebihi jumlah yang sudah di tetapkan. 

Sedangkan, trader pemula seringkali tidak memiliki strategi manajemen risiko. Akibatnya, mereka mungkin akan kehilangan lebih banyak modal daripada yang mereka rencanakan. Kamu perlu memahami bagaimana mengelola manajemen risiko dalam trading dengan tepat.

7. Trade Selection

Trader profesional hanya memasuki trading yang memiliki kemungkinan sukses tinggi. Mereka memiliki seperangkat kriteria ketat yang mereka gunakan untuk memilih trading dan tidak menyimpang darinya. 

Sedangkan, trader pemula sering memasuki trading tanpa melakukan penelitian sebelumnya. Akibatnya, mereka mungkin akan kehilangan modal pada trading yang sebenarnya bisa mereka hindari dengan mudah. Penting bagi kamu untuk memilih trading apa yang cocok dan tepat bagimu.

8. Eksekusi Trading

Trader profesional memiliki rencana untuk setiap trading yang mereka masuki dan berpegang teguh pada rencana itu. Mereka tidak membiarkan emosi menghalangi eksekusi trading, sehingga tidak salah saat mengambil keputusan.

Sedangkan, trader pemula sering membuat keputusan impulsif saat mereka mulai melakukan transaksi. Akibatnya, mereka mungkin akan keluar dari pasar sebelum waktunya atau menahannya terlalu lama.

9. Psikologi Trading

Psikologi Trading

Trader profesional telah menguasai psikologi trading mereka. Mereka tahu bagaimana mengendalikan emosi dan tidak membiarkan emosi mempengaruhi keputusan trading. Berbeda dengan trader pemula, seringkali membiarkan emosi menghalangi trading mereka. Akibatnya, mereka dapat membuat keputusan impulsif yang dapat menyebabkan kerugian.

Dalam trading forex, ada perbedaan besar antara trader profesional dan pemula. Trader profesional memiliki pengalaman bertahun-tahun dan tahu persis apa yang mereka lakukan. Mereka tahu cara membaca pasar dan melakukan trading yang menguntungkan.

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan trader pemula adalah overtrading. Over-trading adalah ketika kamu melakukan terlalu banyak trading dalam sehari dan akhirnya kehilangan uang pada sebagian besar dari mereka.

Strategi trader profesional hanya melakukan beberapa trading per hari dan mereka sangat selektif tentang pasar mana yang mereka lakukan. Kesalahan lain yang dilakukan pemula adalah trading tanpa stop-loss. 

Stop-loss adalah order yang kamu buat dengan broker untuk menjual posisi jika mencapai harga tertentu. Ini adalah alat atau indikator penting yang harus digunakan oleh semua kalangan trader, tetapi pemula seringkali tidak melakukannya karena mereka tidak mengerti cara kerjanya.

Baca Juga:  Berkenalan dengan Kiwi, Mata Uang New Zealand

Jika kamu seorang trader pemula, hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah belajar dari kesalahan. Jangan takut untuk mengambil kerugian pada trading. Lebih baik rugi sedikit daripada mengalami kerugian yang banyak. 

Pastikan juga untuk menggunakan stop-loss pada setiap melakukan trading dan jangan berlebihan. Tetaplah melakukan beberapa trading per hari dan kamu akan segera menjadi seorang trader forex yang sukses.

Kamu dapat menerapkan sikap dan perilaku seorang trader profesional ini bersama HSB Investasi sekarang juga!  HSB Investasi merupakan broker forex tepercaya, aman dan sudah memiliki izin resmi dari BAPPEBTI. Raih keuntungan dengan cara registrasikan akunmu pada akun demo dan beralihlah ke akun live.

Aplikasinya juga mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.

Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan dalam mendaftarkan akun dengan cepat, cukup mengisi beberapa informasi dasar, memverifikasi akun dan melakukan deposit kamu sudah bisa langsung memulai trading dengan akses ke pasar keuangan global yang luas. 

Selain itu, aplikasi kami didesain dengan antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga kamu bisa trading dengan lebih efektif dan efisien. Dengan HSB Investasi, kamu bisa memantau harga pasar secara real-time, menempatkan order, dan mengeksekusi tradingmu dengan cepat dan mudah.

Kami juga menawarkan berbagai bonus dan promosi menarik untuk para trader dan tentunya untuk nasabah baru seperti bonus deposit, Lucky Trader, dan program referral yang dapat membantu meningkatkan keuntungan dan mempercepat pertumbuhan akun tradingmu.

Segera depositkan modalmu di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. Aplikasi trading kami tersedia di berbagai platform, sehingga kamu bisa trading di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhanmu. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Yuk, tunggu apalagi? jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya!

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik