Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Mengenal Indikator Polarized Fractal Efficiency

Menjadi seorang trader penting untuk memahami dan mencoba berbagai jenis indikator. Salah satunya indikator polarized fractal efficiency, sehingga untuk mengaplikasikan konsep fraktal mengukur sejauh mana pergerakan harga memiliki sifat fractal atau struktur berulang. 

Nilai PFE berkisar antara 0 hingga 1, dengan 1 menunjukkan efisiensi penuh atau tren yang kuat, sedangkan 0 menunjukkan efisiensi rendah atau ketidakmampuan harga untuk membentuk tren yang jelas. 

Indikator PFE dapat digunakan dalam berbagai time frame dan pasar keuangan, membantu trader mengidentifikasi tren, mengkonfirmasi sinyal trading, dan mengelola risiko. Namun, penting untuk menggabungkan Polarized Fractal Efficiency (PFE) dengan alat analisis teknis lainnya dan melakukan konfirmasi tambahan sebelum mengambil keputusan trading.

Apa itu Indikator Polarized Fractal Efficiency?

Indikator Polarized Fractal Efficiency adalah sebuah indikator teknikal digunakan dalam analisis pasar keuangan. Indikator ini dirancang mengukur efisiensi atau keefektifan pergerakan harga suatu aset, serta mengidentifikasi tren pasar yang berpotensi kuat.

PFE didasarkan pada konsep fractal, yaitu pola matematis yang terbentuk oleh pergerakan harga yang berulang-ulang dengan karakteristik yang serupa pada berbagai skala waktu. Indikator ini dikembangkan oleh Hans Hannula dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994.

tampilan indikator pfe dalam metatrader 5

cc:tradingpedia.com

PFE dihitung dengan membandingkan perubahan harga aktual dengan perubahan waktu. Indikator ini menghasilkan nilai antara 1 dan -1. Jika nilai PFE mendekati 1, itu menunjukkan pergerakan harga yang efisien, sedangkan jika mendekati -1, itu menunjukkan pergerakan harga yang tidak efisien.

PFE dapat digunakan untuk mengidentifikasi tren pasar kuat. Jika nilai PFE positif dan terus meningkat, menunjukkan tren naik kuat. Sebaliknya, jika nilai PFE negatif dan terus menurun, itu menunjukkan tren turun yang kuat.

Indikator PFE dapat digunakan bersama dengan analisis lainnya untuk membantu pengambilan keputusan trading atau investasi. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada indikator tunggal yang dapat memberikan sinyal yang sempurna. Selalu bijaksanalah dalam menginterpretasikan hasil dari indikator ini dan selalu lakukan analisis tambahan sebelum membuat keputusan trading.

Polarized Fractal Efficiency Formula

PFE merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk mengukur efisiensi pergerakan harga suatu aset. PFE didasarkan pada perbandingan perubahan harga aktual dengan perubahan waktu, melibatkan analisis statistik, penggunaan metode seperti regresi linier atau kuadrat terkecil untuk menghitung efisiensi atau keefektifan pergerakan harga.

Rumus perhitungan Polarized Fractal Efficiency (PFE) adalah sebagai berikut:

PFE = ((C - O) / N) * 100

Di mana:

PFE: Efisiensi Fraktal Terpolarisasi

C: Harga penutupan aset

O: Harga pembukaan aset

N: Jumlah bar atau periode yang digunakan untuk perhitungan

Rumus menghitung efisiensi pergerakan harga dengan mengukur perubahan harga selama sejumlah batang atau periode (N) tertentu dan membandingkannya dengan total perubahan harga (C - O). Hasilnya kemudian dikalikan dengan 100 untuk menyatakan efisiensi sebagai persentase.

segera latihan trading menggunakan akun demo di hsb investasi

 

Nilai PFE berkisar antara -100 dan +100. Nilai positif menunjukkan tren naik atau efisiensi positif, sedangkan nilai negatif menunjukkan tren turun atau efisiensi negatif. Nilai yang mendekati 100 menunjukkan tren yang kuat atau efisiensi yang tinggi, sedangkan nilai yang mendekati -100 menunjukkan tren yang lemah atau efisiensi yang rendah.

Harap dicatat bahwa detail spesifik dari formula, seperti jumlah batang atau periode yang digunakan, dapat bervariasi tergantung pada penerapan atau interpretasi oleh trader atau platform perangkat lunak yang berbeda.

Penting dicatat bahwa perhitungan dan implementasi PFE dapat berbeda antara platform atau analis pasar berbeda. Oleh karena itu, jika trader tertarik menggunakan PFE dalam analisis, disarankan untuk merujuk pada penjelasan diberikan oleh sumber dapat dipercaya sudah tersedia di platform trading atau software yang digunakan.

Elemen-Elemen Indikator Polarized Fractal Efficiency

Indikator Polarized Fractal Efficiency (PFE) tidak memiliki komponen khusus yang terdiri dari variabel-variabel dapat dijelaskan secara terpisah. Namun, ada beberapa konsep dan elemen menjadi dasar dalam penggunaan PFE. Berikut adalah elemen-elemen utama terkait dengan PFE:

1. Pergerakan Harga

Dalam Indikator Polarized Fractal Efficiency (PFE), pergerakan harga menjadi komponen utama yang dianalisis. PFE menggunakan perubahan harga untuk mengukur efisiensi atau keefektifan pergerakan harga suatu aset.

PFE mengamati harga pembukaan (opening price) dan harga penutupan (closing price) dari aset tersebut. Perbedaan antara harga penutupan saat ini dengan harga penutupan pada periode sebelumnya digunakan sebagai mengukur perubahan harga.

Dengan membandingkan perubahan harga dengan perubahan waktu, PFE dapat menilai efisiensi atau keefektifan pergerakan harga. Jika pergerakan harga relatif besar dalam waktu tertentu, itu dapat menunjukkan efisiensi lebih tinggi.

Sebaliknya, jika perubahan harga kecil atau tidak ada, itu dapat mengindikasikan efisiensi yang lebih rendah atau pergerakan harga yang tidak efisien

2. Waktu

Waktu merupakan faktor penting dalam Indikator Polarized Fractal Efficiency (PFE). PFE memperhitungkan perubahan harga dalam hubungannya dengan waktu untuk mengukur efisiensi atau keefektifan pergerakan harga suatu aset.

Dalam perhitungan PFE, waktu diwakili oleh jumlah bar atau periode digunakan. Bar atau periode ini bisa berupa bar harga pada grafik atau periode waktu tertentu, seperti hari, minggu, atau bulan.

Pada setiap bar atau periode, PFE mengamati perubahan harga untuk menentukan efisiensi pergerakan harga. Semakin besar perubahan harga dalam periode waktu tertentu, semakin tinggi efisiensi yang diindikasikan.

Rentang waktu digunakan dalam PFE dapat disesuaikan berdasarkan preferensi analis atau strategi trading digunakan. Beberapa analis mungkin menggunakan periode waktu lebih pendek analisis intraday, sementara yang lain mungkin menggunakan periode waktu lebih panjang menganalisis jangka panjang.

3. Efisiensi

Efisiensi PFE diinterpretasikan sebagai ukuran seberapa efisien atau efektif pergerakan harga suatu aset dalam membentuk tren atau pola dapat digunakan dalam analisis pasar. Nilai PFE lebih tinggi menunjukkan efisiensi lebih tinggi, sedangkan nilai PFE lebih rendah menunjukkan efisiensi yang lebih rendah.

Secara umum, ketika PFE memiliki nilai positif dan meningkat, itu menunjukkan tren naik yang kuat dan pergerakan harga yang efisien. Di sisi lain, jika PFE memiliki nilai negatif dan terus menurun, itu menunjukkan tren turun yang kuat dan pergerakan harga yang tidak efisien.

4. Tren

Dalam PFE, tren dapat diidentifikasi berdasarkan nilai PFE dihasilkan, ketika nilai PFE positif dan terus meningkat, itu menunjukkan tren naik kuat. Sebaliknya, jika nilai PFE negatif dan terus menurun, itu menunjukkan tren turun kuat.

Tren kuat dalam PFE menunjukkan bahwa pergerakan harga cenderung efisien atau bergerak dengan kekuatan signifikan dalam arah tertentu. Dapat memberikan indikasi kepada para analis atau trader tentang arah pasar dominan.

Meskipun PFE tidak memiliki komponen dapat dijelaskan secara terpisah, konsep-konsep di atas adalah elemen-elemen penting yang terkait dengan penggunaan dan interpretasi indikator ini.

Langkah-langkah untuk Mengatur Indikator PFE di MetaTrader 5

langkah-langkah menggunakan indikator pfe di metatrader 5

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur Indikator Polarized Fractal Efficiency (PFE) di platform MetaTrader 5:

  1. Buka platform MetaTrader 5 dan pilih grafik instrumen ingin diterapkan indikator PFE.
  2. Klik pada menu "Insert" di bagian atas platform MetaTrader 5.
  3. Pilih "Indicators" dan kemudian pilih "Custom" dari submenu yang muncul.
  4. Cari dan pilih "Polarized Fractal Efficiency" dari daftar indikator yang tersedia.
  5. Setelah memilih indikator PFE, akan muncul jendela pengaturan indikator.
  6. Di jendela pengaturan, dapat mengkonfigurasi parameter relevan, seperti periode waktu, gaya tampilan, dan warna indikator sesuai kebutuhan.
  7. Setiap platform atau versi MetaTrader 5 mungkin memiliki penyesuaian yang sedikit berbeda, tetapi prinsip dasarnya akan sama.
  8. Setelah selesai mengatur parameter, klik "OK" untuk menerapkan indikator PFE pada grafik yang dipilih.

Indikator PFE sekarang akan ditampilkan di grafik instrumen yang dipilih, dan dapat menggunakannya untuk menganalisis pergerakan harga dan tren.

Pastikan selalu mengacu pada dokumentasi atau panduan pengguna MetaTrader 5 tersedia jika memerlukan bantuan lebih lanjut atau jika terdapat perbedaan dalam langkah-langkah ini tergantung pada versi platform yang digunakan.

Kelebihan dan Keterbatasan Indikator Polarized Fractal Efficiency

Indikator Polarized Fractal Efficiency (PFE) memiliki beberapa kelebihan dan keterbatasan yang 

perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya dalam analisis pasar. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan:

Kelebihan PFE

  • PFE memberikan informasi tentang efisiensi atau keefektifan pergerakan harga suatu aset. Ini dapat membantu dalam mengidentifikasi tren pasar yang kuat dan pergerakan harga efisien.
  • PFE didasarkan pada konsep fractal, dapat membantu dalam mengidentifikasi pola pergerakan harga berulang. Hal ini dapat membantu analis atau trader dalam mengidentifikasi peluang trading berpotensi menguntungkan.
  • PFE merupakan indikator mudah dipahami dan diterapkan pada platform trading. Dengan pemahaman cukup, trader dapat dengan mudah menggunakan PFE dalam analisis mereka.

Keterbatasan PFE

  • PFE juga memiliki keterbatasan dalam memprediksi pergerakan harga dengan akurasi mutlak. Tidak ada indikator tunggal dapat memberikan jaminan keberhasilan trading.
  • PFE dapat memberikan hasil lebih baik dalam pasar memiliki tren dengan jelas. Namun, pada pasar cenderung datar atau dengan pergerakan harga tidak konsisten, PFE mungkin tidak memberikan sinyal kuat atau dapat menghasilkan sinyal palsu.
  • PFE membutuhkan pengaturan parameter tepat. Pengaturan salah atau tidak sesuai dengan kondisi pasar tertentu dapat menghasilkan sinyal kurang akurat.

Sebaiknya PFE digunakan bersama dengan indikator atau alat analisis lainnya untuk mengkonfirmasi sinyal. Menggabungkan PFE dengan alat analisis lain dapat membantu meningkatkan keandalannya.

Penting untuk menggunakan PFE sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan trading dan selalu melakukan analisis yang komprehensif dengan mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti analisis fundamental dan sentimen pasar.

Kamu sedang mencari broker dengan sistem MT5? HSB Investasi adalah jawabannya yang memiliki trading sistem menggunakan MetaTrader 5! Kamu dapat merasakan sistem trading fleksibel, analisa teknikal yang profesional karena terdapat 38 indikator bisa kamu gunakan, copy trading dari trader sukses lain dan fitur paling mengesankan dari MetaTrader 5 ini adalah algoritma trading yang dapat membantu kamu dalam trading. 

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien. 

Dapatkan kesempatan untuk meraih keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga. 

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya. 

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik