Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Berikut Waktu Terbaik untuk Trading Emas!

Dalam dunia trading emas, penentuan waktu yang tepat adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Banyak trader baru seringkali terjebak dalam pertanyaan yang sama: "Kapan sebaiknya saya melakukan trading emas?" 

Pada artikel ini, kita akan menjelajahi dengan seksama waktu-waktu yang dianggap paling optimal untuk melakukan trading emas. Memahami kapan pasar emas paling aktif dan likuid dapat membantu kamu mengambil keputusan trading yang lebih bijak, sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan profit yang maksimal

Dalam pembahasan ini, kita akan mengulas jam buka trading emas, sesi-sesi trading terbaik, serta waktu-waktu yang sebaiknya dihindari agar kamu dapat meraih sukses dalam dunia trading emas dengan lebih percaya diri dan terinformasi.

Jam Buka Trading Emas

emas yang ditradingkan saat jam buka emas mulai

Pertama-tama, mari kita bahas jam buka trading emas. Salah satu keunggulan trading emas adalah pasar yang buka hampir 24 jam sehari. Ini berarti kamu memiliki fleksibilitas waktu yang tinggi. 

Jam operasional pasar trading emas sangat penting untuk dipahami oleh para trader, karena akan memengaruhi likuiditas pasar dan peluang trading. Berikut adalah penjelasan lebih detail tentang jam operasional pasar trading emas:

Sesi Asia:

Dimulai pada pukul 06:00 pagi WIB sampai 01:00 siang WIB, Sesi Asia meliputi pasar besar seperti Tokyo, Hong Kong, dan Singapura. Meski perdagangan emas bermula pada sesi ini, puncak likuiditas pasar belum tercapai.

Sesi Eropa:

Memulai aktivitas sekitar pukul 13:00 pagi hingga 09:00 malam WIB, Sesi Eropa menjadi sorotan utama dalam perdagangan emas dengan fokus pada pasangan mata uang yang berkaitan dengan euro.

Sesi Amerika:

Mulai aktif dari pukul 07:30 malam hingga 04:30 pagi WIB, periode ini menawarkan likuiditas yang tetap tinggi, terutama saat bertepatan dengan Sesi Eropa. Event ekonomi dan berita kunci dari Amerika seringkali mempengaruhi dinamika harga emas.

Sesi Australia:

Dimulai pada pukul 04:00 pagi WIB hingga 11:00 siang WIB, sesi ini menjadi penting untuk trader yang memantau data ekonomi Australia, seperti data pekerjaan dan keputusan suku bunga dari Reserve Bank of Australia (RBA).

Penting untuk diingat bahwa jam operasional pasar trading emas dapat bervariasi sedikit tergantung pada faktor seperti perubahan jam musim panas/waktu standar dan hari libur nasional di berbagai negara. Oleh karena itu, selalu periksa jadwal pasar yang tepat dan sesuaikan strategi trading kamu sesuai dengan waktu terbaik yang sesuai dengan gaya trading dan tujuan kamu.

Raih peluang profit pergerakan harga real time dengan akun trading live HSB

Apakah Perbedaan Sesi Memperngaruhi Hasil Trading?

Perbedaan sesi trading memang dapat mempengaruhi hasil trading. Setiap sesi trading memiliki karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh berbagai faktor ekonomi, politik, dan sentimen pasar. Berikut beberapa cara bagaimana perbedaan sesi trading dapat mempengaruhi hasil trading:

1. Volatilitas

Beberapa sesi, terutama saat dua sesi besar overlap, seperti sesi Asia dengan Eropa atau Eropa dengan Amerika, cenderung memiliki volatilitas yang lebih tinggi. Volatilitas yang tinggi bisa menguntungkan untuk trader jangka pendek yang mencari pergerakan harga besar dalam waktu singkat, tetapi juga bisa meningkatkan risiko.

2. Likuiditas

Sesi-sesi dengan volume trading yang tinggi, seperti sesi Eropa dan Amerika, biasanya menawarkan likuiditas yang lebih baik. Likuiditas yang tinggi memudahkan trader untuk masuk dan keluar dari posisi tanpa mengalami slippage yang signifikan.

3. Rilis Berita Ekonomi

Setiap sesi memiliki jadwal rilis berita ekonominya sendiri. Misalnya, berita ekonomi dari Amerika biasanya dirilis selama sesi Amerika, yang bisa menyebabkan pergerakan harga yang tajam. Memahami jadwal rilis berita ekonomi dapat membantu trader mempersiapkan diri untuk volatilitas yang mungkin terjadi.

4. Sentimen Pasar

Sentimen atau suasana hati trader di setiap sesi bisa berbeda. Misalnya, jika pasar Asia positif tentang suatu isu, tetapi pasar Eropa memiliki pandangan yang berbeda, ini bisa menyebabkan perubahan arah pergerakan harga saat transisi antara sesi.

5. Teknik dan Strategi

Beberapa strategi trading mungkin lebih efektif di sesi tertentu. Sebagai contoh, strategi yang berfokus pada breakout mungkin lebih cocok pada sesi dengan volatilitas tinggi, sedangkan strategi yang berfokus pada range mungkin lebih cocok saat sesi dengan volatilitas rendah.

6. Ketersediaan Trader

Tidak semua trader aktif di semua sesi. Beberapa mungkin memilih untuk berdagang hanya selama jam kerja lokal mereka, sementara yang lain mungkin memilih sesi berdasarkan volatilitas atau jadwal rilis berita.

Dengan demikian, perbedaan antar sesi trading memang dapat mempengaruhi hasil trading. Penting bagi trader untuk memahami karakteristik setiap sesi dan menyesuaikan strategi trading mereka sesuai dengan kondisi pasar saat itu.

Waktu Terbaik untuk Trading Emas

kilauan emas yang bercahaya hasil trading emas

Memahami waktu terbaik untuk trading emas adalah esensial bagi para trader yang ingin memaksimalkan profit dan mengurangi risiko. Harga emas dapat berfluktuasi sepanjang hari berdasarkan berbagai faktor, seperti kejadian ekonomi global, keputusan bank sentral, dan sentimen pasar. Berikut ini beberapa periode waktu yang dianggap ideal untuk trading emas:

1. Overlap Sesi Asia dan Eropa:

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, periode ini dimulai sekitar pukul 11:00 pagi WIB dan dianggap sebagai salah satu waktu terbaik untuk trading emas. Saat dua sesi ini bertepatan, likuiditas dan volatilitas meningkat, memberikan lebih banyak peluang untuk trader.

2. Pembukaan Pasar AS:

Sekitar pukul 6:00 malam WIB, ketika pasar Amerika Serikat dibuka, sering kali terjadi pergerakan signifikan dalam harga emas. Ini terutama benar jika ada rilis data ekonomi atau keputusan kebijakan moneter dari Federal Reserve.

3. Peristiwa Ekonomi Global:

Pengumuman kebijakan moneter dari bank-bank sentral besar seperti Federal Reserve (AS), European Central Bank (ECB), dan Bank of England (BoE) dapat mempengaruhi harga emas. Jadi, mengetahui jadwal rilis berita ini dapat membantu trader dalam mengambil keputusan.

4. Krisis Geopolitik:

Emas sering dianggap sebagai "safe haven" dalam situasi ketidakpastian atau ketegangan geopolitik. Oleh karena itu, berita atau peristiwa yang meningkatkan ketidakpastian global dapat memicu lonjakan permintaan untuk emas.

5. Sesi Penutupan Pasar AS:

Sekitar pukul 3:00 pagi WIB, saat pasar AS mulai menutup pasar, sering kali terjadi konsolidasi atau pergerakan harga yang berlawanan dari trend sebelumnya, tergantung pada bagaimana dinamika pasar sepanjang hari tersebut.

6. Awal Tahun: 

Pada awal tahun, banyak investor dan institusi melakukan rebalancing portofolio, yang dapat mempengaruhi permintaan emas.

Meskipun ada periode waktu tertentu yang dianggap lebih menguntungkan untuk trading emas, penting bagi trader untuk tetap waspada terhadap peristiwa dan berita yang bisa mempengaruhi harga. Selain itu, memanfaatkan alat analisis teknikal dan fundamental, serta memiliki strategi manajemen risiko yang solid, adalah kunci keberhasilan dalam trading emas.

Waktu yang Tidak Tepat untuk Trading Emas

waktu yang tidak tepat untuk trading emas

Waktu yang tidak tepat untuk trading emas sangat penting untuk dipahami oleh para trader. Ini karena selama beberapa periode waktu tertentu, pasar emas dapat menjadi lebih volatil atau kurang likuid, yang dapat meningkatkan risiko trading. Berikut penjelasan lebih detail tentang waktu yang tidak tepat untuk trading emas:

  • Sesi Asia Terlalu Awal Pagi

Meskipun pasar emas dimulai di Sesi Asia pada pukul 8:00 pagi waktu Tokyo, likuiditas pasar biasanya masih rendah selama jam-jam awal ini. Sebagian besar trader emas Eropa dan Amerika belum aktif pada saat ini, sehingga pergerakan harga mungkin terbatas. Ini dapat menyebabkan spread yang lebih tinggi dan sulitnya mengeksekusi order dengan harga yang diinginkan.

  • Sebelum Rilis Berita Ekonomi Penting

Sebelum rilis berita ekonomi penting seperti laporan nonfarm payrolls AS (NFP) atau pertemuan kebijakan moneter bank sentral, pasar emas bisa sangat volatile. Para trader sering menghindari trading emas beberapa saat sebelum dan sesudah rilis berita tersebut karena pergerakan harga yang cepat dan tak terduga. Ini bisa meningkatkan risiko kerugian yang signifikan.

  • Periode Likuiditas Rendah

Selama liburan nasional atau hari-hari khusus seperti Natal dan Tahun Baru, likuiditas pasar emas cenderung rendah. Selama periode ini, para institusi besar dan trader besar mungkin tidak aktif di pasar, yang dapat mengakibatkan volatilitas yang kurang terkendali dan pergerakan harga yang sulit diprediksi.

  • Menghindari Waktu Tengah Malam

Bagi trader yang beroperasi di zona waktu tertentu, trading emas pada jam tengah malam bisa menjadi kurang ideal. Selama waktu ini, pasar emas di seluruh dunia mungkin tidak aktif atau likuiditasnya rendah. Ini dapat mengakibatkan pergerakan harga yang kurang stabil dan order yang sulit dieksekusi dengan baik.

Sobat Trader, seperti yang telah kita bahas sepanjang artikel ini, waktu adalah faktor yang sangat krusial dalam trading emas. Kita telah mempelajari jam-jam yang paling sesuai untuk memaksimalkan peluang profit, serta waktu-waktu yang sebaiknya dihindari agar risiko trading dapat diminimalkan. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun waktu berperan penting, manajemen risiko yang baik, strategi trading yang matang, dan pemahaman yang mendalam tentang pasar emas juga merupakan kunci kesuksesan dalam trading.

Selalu berpegang pada rencana trading yang telah kamu susun, dan jangan biarkan emosi mengambil alih keputusan kamu. Selain itu, untuk meningkatkan keterampilan dan meraih peluang profit tanpa risiko, jangan ragu untuk menggunakan akun demo HSB. Dengan akun demo ini, kamu dapat berlatih dan mengasah kemampuan trading kamu tanpa mengorbankan modal sungguhan.

Semoga artikel ini telah memberikan pencerahan dalam merencanakan waktu trading emas yang lebih optimal bagi kamu. Teruslah belajar dan berkembang sebagai trader, dan ingatlah bahwa kunci keberhasilan dalam trading emas adalah kombinasi antara pengetahuan, pengalaman, dan disiplin. 

Setelah membaca artikel diatas, kurang lengkap apabila Kamu tidak mencoba pengalaman trading terbaik bersama HSB Investasi! 

Dapatkan kesempatan untuk meraih peluang keuntungan di pasar keuangan global hanya dengan aplikasi HSB Investasi. Jadilah bagian dari trader sukses di Indonesia dan memotivasi trader lainnya dengan cara registrasikan akunmu dan mulailah untuk trading sekarang juga.

Tentunya Kamu bisa mencoba Trading Emas dengan lebih nyaman di akun demo HSB, secara otomatis kamu akan diberikan dana virtual hingga $100,000 yang tentunya bisa digunakan untuk mencoba beragam metode trading, posisi, hingga melatih kemampuanmu menganalisa pergerakan tren pasar. Jika kamu sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia melalui aplikasi trading forex HSB Investasi.

Dari platform trading pemenang penghargaan ICDX ini, kamu dapat mengakses berbagai fitur canggih untuk membantumu menganalisa pergerakan pasar, melakukan eksekusi trading, menerapkan manajemen risiko yang baik, hingga memberikan pengalaman trading yang optimal bagi para trader.

Tunggu apalagi? Segera Unduh aplikasi HSB Investasi dan nikmati kemudahan meraih keuntungan dan jangan lupa untuk melakukan deposit di HSB Investasi sekarang juga dan rasakan pengalaman trading yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Aplikasi HSB Investasi mudah digunakan dengan adanya video tutorial, CS online 24 jam dan buku panduan akan membantu kamu dalam memulai trading tanpa harus khawatir karena tidak memahami cara menggunakannya.***

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ)

Trading paling bagus jam berapa?

Jam trading forex paling potensial terjadi antara pukul 13.00 WIB hingga 05.00 WIB, saat pasar Eropa (London) dan pasar Amerika Serikat (New York) beroperasi secara bersamaan, menciptakan likuiditas optimal.

Trading dimulai jam berapa?

Senin jam 06.00 pagi WIB

XAU/USD tutup jam berapa?

Pasar XAU/USD buka selama 24 jam sehari, lima hari seminggu (Senin - Jumat), mengikuti jadwal perdagangan global.

DISCLAIMER

Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik