Home Emas 7 Keuntungan Investasi Logam Mulia yang Bisa Anda Dapatkan

7 Keuntungan Investasi Logam Mulia yang Bisa Anda Dapatkan

by HSB
0 comment

Investasi logam mulia telah lama menjadi peluang menggiurkan di tengah ketidakpastian ekonomi. Tetapi, bagaimana keuntungan investasi logam mulia dibanding investasi lainnya? Apalagi harga logam mulia tengah bergejolak pada trend pasar akhir-akhir ini. Yuk simak prospek serta keuntungan investasi logam mulia di bawah ini. 

Prospek Investasi Logam Mulia

Investasi logam mulia memang bukan hal baru bagi investor yang telah memahami prospek atau peluang keuntungan dari investasi tersebut. Nilai dari logam mulia seperti emas diperkirakan selalu naik setiap tahunnya.

Prospek investasi logam mulia yang terjadi saat ini, jika melihat dari laporan Bloom Intelligence, harga emas berpeluang kembali bangkit ke level US$2.000 pada akhir 2022. Setelah mengalami penurunan harga pada tahun 2021.

Pada awal tahun 2022, harga emas batangan dengan ukuran 1 gram naik menjadi Rp945.000. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, maka harga emas batangan tersebut naik sekitar Rp7.000 atau 0,75 persen.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa prospek investasi logam mulia kedepan akan menguntungkan. mengingat harganya yang stabil dan selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Selain itu, logam mulia tahan terhadap kondisi inflasi. 

7 Keuntungan Investasi Logam Mulia

Keuntungan Investasi Logam Mulia

Setelah melihat prospek keuntungan investasi logam mulia, apakah kamu akan memutuskan untuk menjadi investor logam mulia? Sebelum itu, kamu perlu tahu terlebih dahulu keuntungan dari investasi logam mulia yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Kalau begitu, mari simak berbagai keuntungannya berikut ini. 

1. Jadi Alat Tukar

Saat perekonomian tidak stabil akibat krisis keuangan, emas bisa dijadikan alternatif sebagai alat tukar sementara pengganti uang. Karena, biasanya emas tidak terpengaruh oleh inflasi. Risiko investasi emas juga cenderung rendah, tetapi menghasilkan return maksimal untuk 5 – 10 tahun kedepan. 

2. Menjadi Dana Darurat

Selain tidak terdampak inflasi, keuntungan investasi logam mulia lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai dana darurat dan bisa disetarakan saat adanya inflasi. Investasi logam mulia atau emas juga akan lebih mudah dijadikan alat pembayaran ketika sedang terjadi krisis ekonomi.

3. Tidak Ada Bunga

Keuntungan dari investasi logam mulia lainnya yaitu tidak memiliki bunga. Meskipun ada beberapa tabungan emas yang menerapkan sistem bunga, akan tetapi ada juga beberapa situs yang tidak menggunakan bunga. Jadi, kamu hanya akan diminta biaya administrasi saja. 

4. Keamanan Lebih Tinggi

Keuntungan selanjutnya yakni keamanannya yang lebih tinggi dibanding dengan investasi lainnya. Dikatakan lebih aman karena mampu terhindar dari inflasi dan suku bunga yang tinggi. Fluktuasi emas juga tidak akan seekstrem fluktuasi investasi pada saham maupun mata uang kripto.

5. Mudah Dicairkan

Investasi pada logam mulia sangat mudah untuk dicairkan, mengingat permintaan jual-beli emas juga sangat tinggi. Bisa dikatakan peminat investasi logam mulia ini cukup banyak. Tidak heran kalau logam mulia ini menjadi salah satu instrumen investasi paling mudah untuk dicairkan. 

6. Bebas Pajak

Keuntungan investasi logam mulia yang satu ini memang berbeda dengan saham di perusahaan-perusahaan tertentu, yang mana jika investasi dalam bentuk saham dikenakan biaya pajak, jika investasi emas tidak dikenakan biaya pajak.

7. Mampu Melindungi Nilai Kekayaan

Bisa dikatakan jika investasi pada logam mulia dapat melindungi nilai kekayaan. Hal ini terjadi karena nilai logam mulia dari tahun ketahun mengalami peningkatan. Maka dari itu, jika berinvestasi dengan emas akan cenderung mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari nilai belinya.

Tips Memulai Berinvestasi Logam Mulia

Cara Investasi Logam Mulia Bagi Pemula

Seperti yang dijelaskan di atas, investasi logam mulia atau emas merupakan investasi yang praktis dan mudah. Bagi kamu yang berinvestasi dengan tujuan menengah atau jangka panjang, investasi emas bisa menjadi pilihannya. Terlepas dari itu semua, kamu perlu mengetahui tips memulai investasi emas dan logam mulia, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Cek Harga Emas

Sebelum membeli emas, sebaiknya kamu cek harganya terlebih dahulu. Untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan di situs resmi, seperti pegadaian, butik emas antam, marketplace, toko emas tepercaya atau di aplikasi HSB. Di sana, biasanya terdapat informasi harga emas yang lengkap, mulai dari harga setengah gram hingga 100 gram. 

Setelah mendapatkan informasi harga emas, kemudian bandingkan harganya antara situs satu dengan situs lainnya dan cek berita ekonomi terkini, khususnya tentang emas. Mengingat harga emas dalam negeri dipengaruhi oleh harga emas dunia.

2. Memilih Cara Berinvestasi

Ada beberapa cara untuk melakukan investasi logam mulia, yaitu dengan membeli langsung di situs yang sudah dipercaya seperti aplikasi HSB atau membelinya secara langsung dengan membuka tabungan emas. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. 

Jika memilih membeli emas dalam bentuk fisik, maka emas bisa langsung kamu bawa pulang dan disimpan di rumah. Sedangkan, jika memilih menabung emas bisa dicicil atau ditabung sesuai kemampuan dana yang dimiliki. 

3. Memilih Cara Penyimpanan

Jika kamu membeli emas secara fisik, maka kamu perlu menyewa safety box dari bank. Tujuannya supaya emas yang kamu miliki tersimpan dengan aman. Hanya saja, menyewa alat tersebut memerlukan tambahan dana. Jadi, kalau kamu mau lebih praktis, pembelian emas bisa dilakukan secara digital melalui aplikasi, misalnya aplikasi HSB. 

4. Perhatikan Waktu Mencairkan Emas

Waktu mencairkan emas bisa dilakukan sesuai dengan tujuan investasi kamu. Jika tujuan sudah tercapai maka bisa langsung dicairkan. Namun, jika kamu menginginkan imbal hasil yang lebih banyak minimal masa penyimpanan emas 5 tahun dan maksimal 10 tahun. Untuk kamu yang berencana investasi jangka panjang, maka investasi logam mulia seperti emas sangat direkomendasikan.

Perlu kamu catat, keuntungan investasi logam mulia salah satunya tahan terhadap inflasi. Jadi, bisa dikatakan sangat direkomendasikan jika kamu punya rencana dan tujuan investasi jangka panjang. Supaya kamu bisa lebih mudah dalam memahami investasi logam mulia, yuk buat akun demo terlebih dahulu di aplikasi HSB untuk simulasi.

Jika sudah cukup paham, kamu bisa langsung buka akun real saat itu juga. Kemudian kamu bisa langsung trading emas online dengan aman, cepat, dan transparan bersama HSB. Download aplikasi HSB sekarang juga dan rasakan keuntungan maksimal dari investasi logam mulia bersama HSB.***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288