Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
10 Cara Investasi Logam Mulia, Pemula Wajib Tahu!

Investasi logam mulia seperti emas dan perak merupakan salah satu cara yang populer untuk melindungi kekayaan dan mendiversifikasi portofolio investasi. Bagi para pemula yang ingin memulai perjalanan investasi mereka, memahami berbagai cara untuk berinvestasi dalam logam mulia adalah langkah penting. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 cara investasi logam mulia yang wajib diketahui oleh para pemula. Mulai dari membeli fisik emas hingga berinvestasi dalam instrumen keuangan terkait logam mulia, setiap cara akan dijelaskan secara mendalam dan mudah dipahami. 

Dengan memahami berbagai opsi investasi ini, Sobat Trader dapat memilih strategi yang sesuai dengan tujuan keuangan dan toleransi risiko tradingmu. Jadi, siapakah yang ingin memulai perjalanan investasi mereka dalam logam mulia? Mari kita jelajahi bersama 10 cara investasi logam mulia yang penting ini!

1. Mengenal Cara Kerja Investasi Logam Mulia

Investasi logam mulia adalah bentuk investasi menggunakan emas yang memiliki tingkat likuiditas tinggi serta pergerakan harga yang selalu meningkat dan cukup menjanjikan. Investasi logam mulia banyak dipilih oleh sebagian masyarakat sebab harganya yang tidak terlalu terpengaruh oleh faktor eksternal. 

Sebagian dari masyarakat mungkin akan menganggap bahwa bentuk investasi logam mulia hanya dapat berupa emas. Padahal tidak hanya itu saja, terdapat bentuk logam mulia lainnya yang bisa dipilih sebagai instrumen investasi. Beberapa komoditas yang bisa dijadikan instrumen investasi logam mulia adalah perak, platinum, dan paladium. 

tentukan tujuan investasi logam mulia

2. Menentukan Tujuan Investasi

Dalam setiap investasi, kamu perlu memiliki tujuan meski hanya sekadar menabung sekalipun. Sama halnya dengan investasi logam mulia, kamu perlu menetapkan untuk apa hasil investasi ini nantinya. Mengetahui tujuan investasi akan memudahkan dalam menentukan jangka waktu yang tepat dengan target nominal sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, investasi logam mulia ditujukan untuk mempersiapkan dana pensiun, dana pendidikan, dana liburan ke luar negeri, biaya haji, atau kebutuhan finansial lainnya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, investasi logam mulia sebaiknya menjadi bentuk investasi jangka panjang setidaknya 5 hingga 10 tahun agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Memantau Pergerakan Harga

Ketika memutuskan untuk menginvestasikan dana ke logam mulia, pastikan untuk selalu memantau pergerakan harga. Hal ini dilakukan sebab logam mulia memiliki harga yang fluktuatif. 

Baca Juga:  Berikut 6 Karakteristik Trading Emas yang Wajib Kamu Tahu

Meskipun tidak pernah mengalami penurunan harga yang drastis dan terlalu signifikan, kamu tetap membutuhkan waktu yang tepat untuk membeli logam mulia yaitu saat harga sedang turun. Hasilnya kamu dapat menerima keuntungan yang lebih besar pada masa yang akan datang saat menjual logam mulia. 

pahami kandungan karat dalam logam mulia

4. Kenali Terlebih Dahulu Kadar Karat 

Emas memiliki kadar karat tertinggi sebesar 24 karat yang memiliki kemurnian hampir sempurna dengan persentase 99,9% sebab tidak ada campuran apa pun di dalamnya seperti logam mulia lainnya. Sebelum membeli logam mulia, pastikan kamu memperhatikan kadar karat di dalamnya.

5. Memilih Ukuran yang Sesuai

Logam mulia memiliki ukuran dan berat yang berbagai macam. Kamu dapat memilih ukuran dan berat logam mulia sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Ukuran dan berat nantinya akan memengaruhi besaran harga logam mulia, sehingga nilai itulah yang akan menjadi aset investasi nantinya. Hal ini sama dengan ketika saham mengukur nilai asetnya dalam bentuk lot. 

Tempat penyimpanan logam mulia

6. Menyimpan di Tempat yang Tepat

Jika memilih logam mulia dalam bentuk fisik seperti emas batangan, perhiasan, dan lain sebagainya,  maka jangan lupakan pentingnya tempat penyimpanan yang tepat dan aman. Apabila berencana menyimpannya secara mandiri di rumah, pastikan kamu memiliki brankas atau safety box yang cukup untuk menyimpan seluruh logam mulia yang dimiliki. 

Namun jika merasa penyimpanan mandiri kurang aman dan terlalu berisiko, kamu dapat memanfaatkan Safe Deposit Box atau SDB sebagai tempat menyimpan barang berharga yang disediakan oleh beberapa lembaga keuangan dan bank. Penyimpanan di SDB ini membutuhkan biaya tambahan yang harus dipersiapkan. 

7. Mulai dari Ukuran Kecil

Sebaiknya dalam memulai investasi logam mulia, lakukan pembelian dalam bentuk pecahan yang kecil seperti 1 gram. Coba untuk belajar mengelola dan menyimpannya terlebih dahulu sembari mempelajari lebih banyak seputar investasi logam mulia. Ketika sudah bisa mengelola investasi dengan baik, kamu dapat perlahan menambah nilai pecahan menjadi lebih besar.

Selain itu, pecahan kecil dalam logam mulia fisik akan jauh lebih mudah untuk dijual dibandingkan logam mulia berukuran besar. Jadi ketika dibutuhkan sewaktu-waktu, kamu dapat menjualnya dengan mudah. Meski mulai dari nilai kecil apabila rutin dilakukan selama jangka waktu tertentu, hasil yang diterima akan tetap menguntungkan. 

Baca Juga:  Menguntungkan! Yuk, Pelajari Peluang Investasi Emas Bagi Pemula

8. Sabar dan Konsisten

Investasi tidak akan memberikan keuntungan dalam waktu yang cepat dan instan. Di dalam dunia investasi, seorang investor harus memiliki sikap sabar dan kemampuan yang baik untuk mengelola investasi yang dimilikinya hingga menghasilkan. Selain itu, konsistensi juga akan sangat dibutuhkan untuk membuat investasi berhasil dengan baik.

Jangan mengharapkan keuntungan yang cepat dari investasi, sebab akan dibutuhkan waktu yang panjang untuk membuatnya berhasil. Hal ini berlaku untuk semua instrumen investasi, termasuk investasi dan yang lainnya. Selama dikelola dengan sabar dan konsisten, keuntungan yang didapatkan dari investasi juga tentu akan lebih maksimal.

9. Hindari FOMO (Fear of Missing out)

Sikap yang suka ikut-ikutan merupakan salah satu kesalahan fatal dalam berinvestasi logam mulia. Hal seperti ini biasanya dilakukan oleh investor yang  selalu berambisi ingin cepat kaya.

Keinginan untuk menjadi kaya tentu tidak ada salahnya, namun  kamu juga tentu harus tetap realistis. Kekayaan tidak bisa didapatkan dari investasi yang dilakukan dalam beberapa malam saja.

Hindari untuk terjun ke dunia investasi hanya karena keinginan untuk ikut-ikutan saja atau biasa dikenal dengan FOMO trading. Hal ini sangat beresiko, sebab di dalam dunia investasi tidak ada yang instan dan semua membutuhkan proses.

Sikap yang seperti ini juga akan membuat investasi berjalan dengan asal-asalan, tanpa tujuan dan target yang jelas sejak awal, sehingga peluang keberhasilannya juga minim.

daripada bingung untuk memulai trading emas, lebih baik coba dulu akun demo HSB investasi

10. Investasi di Tempat Tepercaya

Baik logam mulia dalam bentuk fisik maupun digital, kamu perlu memperhatikan kredibilitas tempat penjualan logam mulia. Dalam membeli logam mulia fisik, pastikan tempat yang dipilih tepercaya dan memberikan harga yang tepat serta keaslian logam mulia yang terjamin. 

Sama halnya dengan logam mulia dalam bentuk digital, pastikan kamu memilih broker investasi yang tepercaya dan aman. Berinvestasi pada broker atau platform bodong hanya akan menimbulkan kerugian yang mungkin saja tidak kecil nilainya. Oleh karena itu, percayakan seluruh aktivitas trading logam mulia kamu pada HSB.

Baca Juga:  Cek Peluang Untung Investasi Emas, Simpel Banget!

HSB merupakan platform trading logam mulia yang telah teregulasi BAPPEBTI dan memiliki nilai komisi yang rendah. Selain itu, aplikasinya pun juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat menunjang proses belajar trading Sobat Trader. Seperti akun demo trading HSB yang menyediakan dana virtual hingga $100,000 secara gratis! Dana virtual ini bisa kamu gunakan untuk mencoba berbagai strategi trading emas, minyak mentah, pasangan forex, saham, maupun indeks saham secara leluasa.

Jika kamu sudah merasa lebih siap untuk meraih peluang profit trading emas di pasar finansial sesungguhnya, kamu bisa meregistrasikan akun live trading HSB. Cukup dengan memenuhi persyaratan dokumen data diri, melakukan verifikasi dengan tim KYC HSB, dan mentransfer deposit trading ke rekening segregasi resmi HSB, kamu sudah bisa merasakan sensasi seru meraih peluang trading di pasar finansial global. 

Itu dia informasi cara investasi logam mulia bagi pemula yang sebaiknya kamu pahami sebelum mulai berinvestasi. Maraknya aktivitas investasi di tengah masyarakat saat ini mendorong banyaknya broker bodong dan berujung pada penipuan. Jadi, pastikan kamu menggunakan platform HSB dalam trading logam mulia digital yang aman dan menguntungkan. 

Tunggu apalagi? Kunjungi HSB untuk informasi trading lainnya dan nikmati beragam keuntungan trading mudah sekarang juga.***

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Lebih baik beli logam mulia dimana?

Baik logam mulia dalam bentuk fisik maupun digital, kamu perlu memperhatikan kredibilitas tempat penjualan logam mulia. Dalam membeli logam mulia fisik atau digital, pastikan tempat yang dipilih tepercaya, resmi dan memberikan harga yang tepat serta keaslian logam mulia yang terjamin.

Bagaimana cara investasi logam mulia?

ada 2 cara untuk investasi logam mulia yaitu fisik dan digital. keduanya memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing, kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan gaya investasi masing-masing.

Apakah investasi logam mulia menguntungkan?

Tentunya tidak ada investasi yang menjamin keutungan. namun untuk invetasi logam mulia ini, memliki resiko yang relatif rendah. walaupun begitu kamu harus tetap mempelajari produk yang kamu investasikan agar bisa memaksimalkan potensi profit yang bisa diraih

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik