Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Awas Kaget! Rupiah Diramal Bakal Sentuh Nilai Segini

Dilansir dari CNBC Indonesia, Sejumlah ekonom bank berpendapat bahwa pelemahan Rupiah hingga hampir mencapai level Rp 16.300/USD hanya bersifat sementara. Diperkirakan Rupiah akan kembali ke level Rp 16.100/USD setelah kuartal II 2024. Kepala Ekonom Bank Permata, Josua Pardede, menyatakan keyakinannya bahwa kondisi ini tidak akan bertahan lama, dikutip pada Rabu (12/6/2024).

Josua menjelaskan bahwa perekonomian Indonesia sebenarnya dalam keadaan baik. Inflasi berhasil turun dibawah 3% pada bulan Mei, dan cadangan devisa Indonesia meningkat seiring masuknya modal asing, terutama ke pasar surat utang dan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia, meskipun terjadi penjualan bersih di pasar saham.

Menurut Josua, pelemahan Rupiah saat ini disebabkan oleh faktor musiman seperti penyelenggaraan ibadah haji dan pembayaran bunga utang pemerintah dalam dolar. Selain itu, pelaku pasar juga tengah menanti pengumuman data inflasi Amerika Serikat yang akan dirilis pekan ini.

"Minggu ini penting karena pasar menunggu rilis inflasi AS bulan Mei yang diperkirakan akan flat secara tahunan, namun cenderung lebih rendah secara bulanan," ujarnya.

Josua mengakui bahwa pasar sedikit cemas terkait kebijakan suku bunga The Federal Reserve, terutama setelah AS mengumumkan data tenaga kerja yang lebih tinggi dari perkiraan. Data tersebut membuat ekspektasi pasar terhadap pemangkasan Fed Fund Rate turun dari 50 basis poin menjadi 25 basis poin pada akhir tahun 2024.

"Dinamika ekspektasi arah suku bunga The Fed ini berdampak pada penguatan dolar indeks," jelasnya.

Namun, Josua yakin bahwa dampak ini hanya sementara bagi nilai tukar Rupiah. Bank Indonesia, menurutnya, sudah berkomitmen untuk terus berada di pasar dengan berbagai instrumen dan intervensi guna menjaga stabilitas nilai tukar.

Baca Juga:  10 Saham Ini Jadi Incaran Asing Ketika IHSG Menguat

"Bank Indonesia terus berada di pasar dengan triple intervention dan instrumen baru seperti SUVBI, sehingga suplai valas di dalam negeri akan cukup di tengah peningkatan dolar yang sementara," tambahnya.

Senior Executive Vice President Treasury & International BCA, Branko Windoe, juga yakin bahwa penguatan dolar saat ini hanya bersifat sementara. Dia menyebut bahwa tingginya permintaan dolar disebabkan oleh musim haji dan pembayaran utang luar negeri.

"Permintaan dolar tinggi karena kegiatan tersebut, jadi diharapkan setelah bulan ini atau akhir Q2 Rupiah akan lebih didukung," ujarnya.

Branko percaya bahwa setelah faktor musiman ini berlalu, Rupiah bisa kembali ke level Rp 16.100-16.150/USD. Namun, ia juga mencatat bahwa pasar masih menunggu pengumuman data inflasi AS pekan ini. Jika inflasi AS sesuai ekspektasi, Rupiah tidak akan melewati Rp 16.300/USD. Namun jika inflasi lebih tinggi dari ekspektasi, "Rupiah mungkin akan tertekan lagi dan bisa melewati Rp 16.300-16.350/USD," tutupnya.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik