Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Jelang Rilis Data PCE, Suku Bunga ECB, dan 3 Hal Utama Minggu ini Lainnya

Dilansir dari Investing, Para investor menantikan data inflasi AS yang baru di akhir pekan yang dipersingkat karena liburan, dengan pasar saham di Wall Street ditutup untuk Memorial Day pada hari Senin. Bank Sentral Eropa (ECB) siap untuk memangkas suku bunga sebelum bank-bank sentral di negara-negara besar lainnya, kepala ekonom ECB mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Financial Times. Di tempat lain, penasihat proxy Glass Lewis dilaporkan meminta para pemegang saham Tesla (NASDAQ:TSLA) untuk menolak paket gaji besar-besaran untuk Chief Executive Elon Musk.

1. Data PCE akan dirilis minggu ini

Pengukur inflasi pilihan Fed - indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) - yang akan dirilis pada hari Jumat akan diawasi secara ketat untuk mendapatkan petunjuk mengenai arah suku bunga di sisa tahun ini.

Data ini dirilis ketika pasar menjadi pasrah pada narasi suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama setelah notulen Fed minggu lalu, bersama dengan pernyataan yang terdengar hati-hati dari para pembuat kebijakan yang menyatakan keraguan apakah inflasi memang berada dalam lintasan penurunan yang berkelanjutan ke level target 2%.

Para investor akan mendapatkan kesempatan untuk mendengar lebih banyak dari beberapa pembicara Fed selama minggu ini, termasuk Gubernur Michelle Bowman, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester, Gubernur Lisa Cook, Presiden Fed New York John Williams, dan Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic.

Kalender ekonomi juga menampilkan revisi data pertumbuhan ekonomi kuartal pertama pada hari Kamis dan Beige Book - ringkasan kondisi ekonomi AS - pada hari Rabu.

2. Lane dari ECB mengatakan bank sentral siap untuk mulai memangkas suku bunga

Bank Sentral Eropa (ECB) saat ini berada dalam posisi untuk mulai menurunkan suku bunga dari rekor tertinggi 4% pada pertemuan kebijakan yang akan datang minggu depan, kepala ekonom ECB Philip Lane mengatakan kepada Financial Times.

Baca Juga:  Ekonomi Jepang Isyaratkan Akan Menaikan Suku Bunga Acuan

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan FT, Lane mengatakan bahwa "kecuali ada kejutan besar, pada saat ini ada cukup banyak hal yang kita lihat untuk menghapus level tertinggi dari pembatasan."

Didorong oleh data yang menunjukkan inflasi di zona euro yang mendekati target 2% ECB, pasar secara luas bertaruh bahwa bank sentral akan menurunkan suku bunga deposito sebesar 25 basis poin pada pertemuan 6 Juni.

Meskipun langkah ini akan menggemakan pemangkasan serupa yang dilakukan oleh bank-bank sentral di negara-negara seperti Swiss dan Swedia, langkah ini akan mendahului negara-negara besar lainnya. The Fed dan Bank of England tidak diperkirakan akan menurunkan suku bunga sampai akhir tahun ini, dan para investor bertaruh bahwa Bank of Japan akan terus menaikkan suku bunga.

Lane berpendapat bahwa harga-harga di blok ini mungkin telah mendingin lebih cepat daripada di negara-negara lain karena sangat dipengaruhi oleh lonjakan jangka pendek pada biaya energi setelah pecahnya perang di Ukraina.

Para ekonom memprediksi bahwa data inflasi bulan Mei dari zona euro pada hari Jumat akan menunjukkan bahwa harga-harga meningkat pada tingkat tahunan yang lebih cepat dibandingkan bulan sebelumnya, sementara angka yang mendasarinya terlihat tetap pada kecepatan yang sama dari tahun ke tahun. Para investor kemungkinan akan tertarik untuk melihat apakah angka-angka ini akan menjadi faktor yang mempengaruhi pendekatan ECB terhadap potensi pemangkasan lebih lanjut.

3. Saham-saham Asia menguat, lebih banyak isyarat suku bunga ditunggu

Sebagian besar saham Asia menguat pada hari Senin, memulihkan beberapa keuntungan dari kerugian yang terlihat minggu lalu, di tengah antisipasi terhadap lebih banyak isyarat mengenai inflasi dan suku bunga AS dalam beberapa hari mendatang.

Baca Juga:  Analisis Harga AUD/JPY: Momentum Penurunan Berlanjut, Potensi Konsolidasi

Pasar regional mengambil beberapa isyarat positif dari penutupan yang kuat di Wall Street pada hari Jumat, karena keuntungan dalam saham-saham teknologi membantu Nasdaq Composite ditutup pada level tertinggi sepanjang masa.

Indeks Shanghai Shenzhen CSI 300 dan Shanghai Composite China keduanya melonjak.

Data pada hari Senin menunjukkan keuntungan industri Tiongkok tumbuh pada kecepatan yang stabil di bulan April dari bulan sebelumnya, menandakan perbaikan yang stabil di salah satu industri terbesar di negara ini. Tetapi berkurangnya optimisme atas langkah-langkah stimulus baru-baru ini dari Beijing membuat kenaikan di pasar Cina terbatas.

4. Penasihat proxy Glass Lewis merekomendasikan pemegang saham Tesla untuk memberikan suara menentang paket gaji Musk - laporan

Kelompok penasihat proxy Glass Lewis telah merekomendasikan agar para pemegang saham Tesla menolak usulan paket kompensasi miliaran dolar untuk Chief Executive Elon Musk pada pertemuan produsen mobil listrik tersebut bulan depan, demikian laporan media.

Glass Lewis menyebut kesepakatan gaji tersebut, yang baru-baru ini bernilai $46 miliar, menurut Wall Street Journal, "berlebihan" baik dalam "basis dolar murni maupun dalam hal efek dilusi pada saat pelaksanaannya." Dalam laporan setebal 71 halaman selama akhir pekan, penasihat tersebut menambahkan bahwa "alasan yang diberikan Tesla tidak banyak membantu untuk mengatasi" kekhawatiran ini.

Dewan direksi Tesla pada awalnya telah menyetujui paket gaji senilai sekitar $55,8 miliar pada tahun 2018, meskipun dibatalkan oleh hakim di negara bagian Delaware, Amerika Serikat, pada bulan Januari. Bulan lalu, perusahaan mengajukan kembali perjanjian yang mencakup pemberian opsi saham selama 10 tahun.

Besarnya potensi kompensasi Musk dibenarkan karena Tesla mencapai target pendapatan dan harga saham yang ambisius selama masa jabatannya sebagai pemimpin perusahaan, kata ketua dewan Tesla Robyn Denholm kepada Reuters awal bulan ini.

Baca Juga:  Wall Street Turun, Big Tech dan Komoditas Jadi Fokus Utama Trader

5. Harga minyak naik

Harga minyak lebih tinggi di perdagangan Eropa pada hari Senin karena para pedagang menunggu lebih banyak isyarat mengenai inflasi AS dan pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak minggu ini.

Brent oil futures yang akan berakhir pada bulan Juli naik 0,1% menjadi $82,21 per barel, sementara West Texas Intermediate minyak mentah berjangka naik 0,2% menjadi $77,39 per barel pada pukul 03.27 WIB (07.27 GMT).

Volume perdagangan diperkirakan akan terbatas karena hari libur pasar di Amerika Serikat dan Inggris.

Kedua kontrak turun tipis lebih dari 2% pada minggu lalu, sebagian karena kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga yang lebih tinggi di AS dapat mengurangi permintaan di negara konsumen minyak mentah terbesar di dunia tersebut. Data yang menunjukkan peningkatan tak terduga dalam persediaan AS juga membebani minyak mentah.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik