Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Data Inflasi AS dan 4 Hal Utama untuk Seminggu Ke Depan

Data inflasi AS akan menjadi fokus utama minggu ini dan dapat menjadi faktor penentu arah pasar dalam waktu dekat. Sementara itu, data penjualan ritel bersama dengan hasil pendapatan dari beberapa peritel ternama akan memberikan wawasan baru tentang kekuatan belanja konsumen, pendorong utama ekonomi. Inggris dan China akan merilis data ekonomi sangat dinanti para pelaku pasar. Inilah yang perlu Anda ketahui untuk memulai minggu Anda:

1. Angka Inflasi AS

Para investor akan mengamati data indeks harga produsen dan indeks harga konsumen AS minggu ini untuk mencari indikasi bahwa tekanan harga akhirnya mereda setelah berbulan-bulan inflasi yang kuat menimbulkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve tidak akan memangkas suku bunga tahun ini.

Pasar mendapat sedikit kelegaan pada awal bulan ini ketika Ketua Fed Jerome Powell mengindikasikan bahwa bank sentral masih ingin menurunkan suku bunga dan laporan ketenagakerjaan AS terbaru menunjukkan tanda-tanda pendinginan di pasar tenaga kerja.

Para analis memperkirakan laporan CPI yang sangat penting pada hari Rabu akan menunjukkan kenaikan inflasi yang mendasari kenaikan 3.6% pada basis tahun-ke-tahun, yang akan menjadi kenaikan terkecil dalam lebih dari tiga tahun.

Namun, angka inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan kemungkinan akan mengurangi penurunan suku bunga untuk sisa tahun ini, dan memicu kembali volatilitas pasar.

2. Pendapatan Ritel AS

Investor akan mendapatkan beberapa wawasan baru mengenai kesehatan konsumen AS minggu ini dengan data penjualan eceran bulan April pada hari Rabu, ditambah hasil pendapatan dari peritel besar Walmart (NYSE:WMT) dan Home Depot (NYSE:HD).

Sejauh ini, para investor bullish telah mendapatkan kepercayaan diri dari musim laporan keuangan yang solid. Hal yang menonjol adalah laporan yang umumnya kuat dari sebagian besar perusahaan yang disebut Magnificent Seven yang merupakan raksasa teknologi dan pertumbuhan yang sahamnya membantu mendorong pasar lebih tinggi tahun lalu dan terus memiliki bobot yang sangat besar di S&P 500.

Baca Juga:  Harga Minyak (USOil) Hari Ini 16 Mei Menguat Hingga Sentuh $79.03

Pendapatan yang kuat telah "membuat para investor merasa lebih nyaman berada di pasar ini," ujar Art Hogan, kepala strategi pasar di B Riley Wealth kepada Reuters. Namun, "lintasan inflasi akan selalu menjadi hal yang penting bagi kita saat kita berada dalam siklus di mana kita mengharapkan hal berikutnya yang akan dilakukan oleh the Fed adalah menurunkan suku bunga."

3. Data China

China akan mempublikasikan serangkaian data ekonomi pada hari Jumat yang akan menunjukkan bagaimana kinerja ekonomi nomor dua di dunia ini pada awal kuartal kedua.

Data harga rumah bulan April akan memberikan wawasan baru mengenai keadaan sektor properti yang telah dilanda krisis hutang selama sekitar tiga tahun terakhir ini, membuat para pengembang properti berada di ambang kehancuran.

Produksi industri, penjualan eceran dan investasi aset tetap terlihat meningkat dari tahun ke tahun.

Komentar dari para pembuat kebijakan pada pertemuan Politbiro bulan lalu telah mempersiapkan para investor untuk gelombang langkah-langkah stimulus dari Beijing untuk mendorong pemulihan ekonomi, menjaga suasana pasar untuk saat ini.

4. Data Inggris

Minggu lalu Bank of England bergerak lebih dekat untuk memangkas suku bunga, namun pasar terbagi pada apakah pemotongan pertama akan dilakukan pada pertemuan bank berikutnya di bulan Juni atau apakah para pembuat kebijakan akan bertahan lebih lama.

Dua set data ketenagakerjaan resmi dan dua putaran angka inflasi akan dirilis sebelum pertemuan BoE berikutnya pada 20 Juni.

Laporan pertama dari dua laporan pekerjaan pada hari Selasa akan diawasi secara ketat untuk melihat tanda-tanda bahwa kenaikan gaji memicu tekanan harga. Pertumbuhan gaji tahunan masih berjalan cepat, sementara suplai tenaga kerja stagnan.

Baca Juga:  Harga Emas (Logam Mulia) Hari Ini 16 Mei Sentuh Harga Rp 1,354,000

Para ekonom memperkirakan penghasilan mingguan rata-rata, tidak termasuk bonus, akan meningkat sebesar 5,9% secara tahunan pada kuartal pertama. Meskipun masih solid, tanda-tanda bahwa pertumbuhan upah sedang moderat kemungkinan akan meningkatkan ekspektasi untuk pemotongan di bulan Juni.

5. Harga Minyak

Harga minyak mengakhiri minggu lalu sedikit berubah dengan Brent mencatat penurunan 0,2%, sementara crude futures mencatat kenaikan 0,2%.

Ekspektasi bahwa suku bunga AS akan tetap lebih tinggi lebih lama telah membebani harga minyak karena suku bunga yang lebih tinggi biasanya memperlambat aktivitas ekonomi dan melemahkan permintaan minyak.

Dolar AS yang lebih kuat juga telah membebani, membuat komoditas berdenominasi greenback menjadi lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Harga minyak juga telah tertekan oleh meningkatnya persediaan bahan bakar AS menjelang musim mengemudi musim panas yang biasanya kuat.

Harga mendapat dukungan setelah data pada hari Kamis menunjukkan bahwa China mengimpor lebih banyak minyak pada bulan April dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Ekspor dan impor China kembali tumbuh di bulan April setelah mengalami kontraksi di bulan sebelumnya.

Para trader energi akan melihat data inflasi minggu ini yang akan menentukan arah suku bunga di masa depan.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik