Daftar Isi
GOTO Berhasil Cetak Pertumbuhan Kinerja, Begini Catatan Analis

Perusahaan teknologi, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), menunjukkan peningkatan kinerja dengan mencatatkan pertumbuhan pendapatan pada semester I-2024 setelah pendiri GoTo hengkang. Peningkatan ini disertai dengan efisiensi dalam pengelolaan beban dan biaya.

Berdasarkan laporan keuangan per Juni 2024, GOTO mencatatkan pendapatan bersih sebesar Rp 7,73 triliun, meningkat 12,40% secara tahunan (Year on Year/YoY) dari Rp 6,88 triliun. Selain itu, GOTO juga memperoleh pendapatan jasa e-commerce (e-commerce service fee) dari TikTok dan Tokopedia sebesar Rp 267 miliar secara kumulatif hingga akhir Juni 2024.

Rudy Setiawan, Senior Analyst di MNC Sekuritas, menyatakan bahwa peningkatan pendapatan ini menunjukkan kemajuan GOTO dalam meningkatkan monetisasi. "Segmen fintech yang telah lama dinantikan akhirnya menunjukkan pertumbuhan yang signifikan," ungkapnya pada Rabu (31/7).

Abdul Azis, Equity Research Analyst, menambahkan bahwa jika segmen teknologi finansial GOTO terus menjaga kualitas aset yang baik, maka GoPay akan memainkan peran penting. "Peluncuran aplikasi GoPay secara terpisah yang mendapatkan respons positif dari pengguna, ditambah dengan produk pinjaman yang disalurkan, akan membantu meningkatkan take rate di segmen ini," ujarnya.

Layanan on-demand masih menjadi motor pertumbuhan bagi GOTO, dengan mencatatkan EBITDA positif yang disesuaikan selama tiga kuartal berturut-turut. Gojek mencatatkan EBITDA yang disesuaikan sebesar Rp 90 miliar.

Azis juga menekankan bahwa dengan produk yang menjangkau pasar massal, GOTO berhasil menciptakan cara yang efektif untuk mengakuisisi pelanggan baru yang sensitif terhadap harga, tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk promosi. "Ke depannya, GOTO dapat menawarkan layanan tambahan kepada pelanggan baru ini, seperti produk pinjaman dari GoTo Finansial," kata Azis.

Selain itu, GOTO mencatatkan pertumbuhan Gross Transaction Value (GTV) inti sebesar 54% secara tahunan menjadi Rp 63,2 triliun pada semester I-2024. GTV inti ini mencerminkan potensi pendapatan GOTO yang dapat dimonetisasi.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Mulai Pengalaman Trading Terbaik