Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Dolar AS Menguat saat The Fed Hawkish, Ini Dampak Parahnya ke Forex

Dilansir dari Investing, Dolar AS naik pada hari Rabu, didorong oleh komentar hawkish dari pejabat The Fed, sementara merosotnya kepercayaan konsumen membebani euro.

Pada pukul 15:35 WIB, Indeks Dolar, yang melacak greenback terhadap sekeranjang enam mata uang lainnya, diperdagangkan 0,2% lebih tinggi pada 105,480.

Komentar-komentar hawkish Fed mendorong dolar

Greenback mendapat dorongan selama sesi hari Selasa setelah Gubernur The Fed Michelle Bowman mengatakan bank sentral AS kemungkinan akan mempertahankan suku bunga stabil "untuk beberapa waktu" dalam upaya untuk membantu mengoreksi inflasi yang "meningkat", menambahkan bahwa ia tidak memperkirakan bank sentral akan memangkas biaya pinjaman pada tahun 2024.

Bowman - yang biasanya dipandang sebagai salah satu suara yang lebih hawkish dari The Fed - menandai bahwa belum "tepat" untuk menurunkan suku bunga, menambahkan bahwa ia tetap "bersedia" untuk menaikkan suku bunga lebih jauh jika perkembangan inflasi terhenti atau berbalik.

Komentarnya muncul setelah Presiden Fed San Francisco Mary Daly mengatakan pada hari Senin bahwa "gejolak" inflasi baru-baru ini telah "tidak menginspirasi kepercayaan diri" pada para pembuat kebijakan dan mengacaukan jalan Fed untuk mencapai stabilitas harga.

Ekspektasi akan arah suku bunga AS di masa depan telah menjadi kekuatan pendorong utama di pasar valuta asing, dengan para pejabat the Fed menyerukan lebih banyak data yang menunjukkan perlambatan inflasi sebelum setuju untuk menurunkan suku bunga.

Data Indeks harga PCE pada hari Jumat menjadi sorotan, karena ini adalah pengukur inflasi pilihan bank sentral, dan akan menunjukkan apakah perlambatan inflasi yang baru saja terjadi terus berlanjut.

Namun, pembacaan PCE baru-baru ini belum sesuai dengan ekspektasi. Pembacaan terakhir menunjukkan inflasi AS secara tak terduga bergerak ke samping pada bulan April.

Baca Juga:  Covid Singapura Kembali Meledak, 25.900 Kasus-Warga Pakai Masker

Pembacaan lain seperti itu dapat melemahkan argumen bahwa penurunan suku bunga akan segera terjadi.

Sentimen konsumen Jerman tergelincir

EUR/USD turun 0,2% menjadi 1,0696, setelah data mengindikasikan bahwa Sentimen konsumen Jerman akan turun sedikit pada bulan Juli, mengakhiri kenaikan beruntun selama empat bulan.

Indeks sentimen konsumen yang diterbitkan bersama oleh GfK dan Institut Keputusan Pasar Nuremberg secara tak terduga turun menjadi -21,8 menuju bulan Juli, dari revisi -21,0 di bulan Juni.

Indeks ini bergabung dengan indikator-indikator lain yang menunjukkan jalan yang tidak mulus untuk perekonomian terbesar di Eropa, setelah indeks iklim bisnis Ifo dan PMI komposit HCOB juga secara tidak terduga turun bulan ini.

Pemilihan umum Prancis akan dimulai akhir pekan ini, dengan gejolak politik di Prancis setelah pemilihan mendadak Presiden Emmanuel Macron membebani mata uang tunggal.

"Pasar tampaknya berdamai dengan prospek kemenangan Rally Nasional dan kemacetan parlemen, terutama setelah partai Le Pen berusaha meredakan kekhawatiran pasar di sisi fiskal," kata analis di ING, dalam sebuah catatan.

"Kami menduga investor tetap lebih sensitif terhadap hasil yang lebih baik dari perkiraan oleh Front Populer Baru, yang baru-baru ini mengumumkan rencana pengeluaran EUR 25 miliar untuk tahun 2024, diikuti oleh 150 miliar lainnya pada tahun 2027, dan sekarang dianggap di pasar sebagai ancaman yang lebih besar dari perspektif stabilitas fiskal."

GBP/USD turun 0,1% menjadi 1,2668, dengan mata uang diperdagangkan dalam kisaran yang ketat karena para pembuat kebijakan Bank of England tetap diam menjelang pemilihan umum 4 Juli.

Yen mendekati level intervensi

Di Asia, USD/JPY diperdagangkan 0,2% lebih tinggi ke 159,93, mendekati level 160 yen yang telah mendorong intervensi di bulan Mei.

Baca Juga:  10 Update Israel Bom Rafah: China Teriak-AS Diam & Tren "All Eyes on Rafah"

Para pejabat pemerintah terus memperingatkan bahwa mereka akan melakukan intervensi jika terjadi volatilitas yang berlebihan terhadap yen.

Pelemahan yen yang terakhir terjadi menyusul sinyal dovish dari Bank of Japan mengenai pengetatan kebijakan pada pertemuan bulan Juni.

USD/CNY naik tipis 0,1% menjadi 7,2667, tetap berada di level tertinggi tujuh bulan, menyusul penetapan titik tengah yang lemah oleh People's Bank of China.

Meningkatnya tekanan terhadap yuan, di tengah kekhawatiran atas perang dagang dengan Barat, membuat PBOC mempertahankan penetapan titik tengah yang lemah selama dua hari berturut-turut.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik