Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Daftar Isi
Ternyata Ini Arah Moneter Bank Sentral Benua Eropa Untuk Saat Ini

Dilansir dari Kontan, Hari Kamis ini menjadi momen penting bagi sejumlah bank sentral di berbagai negara yang sedang menetapkan kebijakan moneternya.

Salah satu bank sentral yang menjadi sorotan adalah Swiss National Bank (SNB). Pada hari Kamis (20/6), SNB mengumumkan pemangkasan suku bunga acuan, menjadi bank sentral pertama yang memulai siklus pelonggaran kebijakan moneter.

SNB menurunkan suku bunga sebanyak 25 basis poin menjadi 1,25% kemarin. Ini adalah penurunan suku bunga kedua berturut-turut setelah tekanan inflasi di Swiss mereda. Keputusan ini sejalan dengan prediksi para analis. Berdasarkan survei Reuters, 68% analis memprediksi SNB akan memotong suku bunga, sementara 32% lainnya memperkirakan suku bunga tetap.

Keputusan SNB ini mencerminkan kondisi ekonomi Swiss yang sedang tumbuh dan inflasi yang mulai terkendali.

Berbeda dengan SNB, Bank of England (BOE) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga pada level tertinggi dalam 16 tahun, yakni 5,25%. Gubernur BOE Andrew Bailey menyatakan bahwa inflasi telah mencapai target 2%, tetapi masih terlalu dini untuk menurunkan suku bunga. "Kami perlu memastikan inflasi tetap rendah, oleh karena itu kami mempertahankan suku bunga di 5,25% untuk saat ini," kata Bailey, seperti dikutip Reuters kemarin.

Namun, pernyataan Bailey ini berbeda dari bulan lalu, saat ia optimis tentang kemungkinan penurunan suku bunga ketika inflasi mencapai target. Survei Reuters memprediksi bahwa BOE akan memangkas suku bunga pertama sebesar 25 bps pada bulan September 2024.

Norges Bank juga mempertahankan kebijakan suku bunga pada level tertinggi dalam 16 tahun di 4,5%. Bank sentral Norwegia ini menunda penurunan suku bunga hingga 2025, dari proyeksi semula di bulan September.

"Jika perekonomian berkembang seperti saat ini, kebijakan suku bunga akan dipertahankan di 4,5% hingga akhir tahun, sebelum kemudian diturunkan secara bertahap," kata Gubernur Norges Bank, Ida Wolden Bache.

Baca Juga:  Rusia Semakin Gencar Lakukan Dedolarisasi, Ini Bukti-buktinya

Norges Bank memprediksi akan memangkas suku bunga sebesar 0,75% tahun depan. "Kami akan menjalankan tugas kami untuk mengembalikan inflasi ke 2%, karena penting untuk menjaga kepercayaan," ujar Bache. Pada Mei 2024, inflasi di Norwegia tercatat sebesar 4,1%.

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik