Untuk menggunakan strategi berita fundamental maka wajib untuk menggunakan fitur Calendar di dalam aplikasi HSB Investasi untuk mengetahui jadwal dan informasi lain dari rilis-rilis berita ekonomi penting yang dapat mempengaruhi nilai pasangan mata uang.

Ada 2 Cara Untuk Mengakses Calendar Di Aplikasi HSB Investasi

Berikut ini adalah cara pertama:

  1. Melalui shortcut di bagian atas yang terdapat teks beranda, Promo, Game, Analysis, dan seterusnya. Geser ke kanan hingga menemukan “Calendar”, kemudian klik “Calendar” tersebut.beranda aplikasi HSB Investasi
  2. Setelah mengklik “Calendar”, akan muncul laman yang berisi jadwal rilis berita mulai dari hari ini hingga ke depan. Untuk menggunakan fitur Calendar lebih mendalam, klik “More”.

Calendar aplikasi HSB Investasi

Cara kedua mengakses Calendar di aplikasi HSB Investasi adalah:

  1. Melalui laman Beranda. Cukup geser ke bawah, kemudian terdapat menu “Market Analysis” dan “Economic Calendar”.beranda market analysis
  2. Klik “Economic Calendar” dan klik “More”untuk memanfaatkan fitur Calendar lebih mendalam.beranda economic calendar

Penjelasan Menggunakan Fitur Calendar

Setelah mengklik “More”, maka trader dapat menemukan fitur Calendar yang lebih lengkap. Berikut ini penjelasan fitur di dalam laman Calendar:

  1. Laman Data
  2. Laman Event
  3. Laman Hari Libur
  4. Filter
  5. Kalender
  6. Jam rilis berita atau data ekonomi
  7. Tingkat volatilas harga, semakin banyak bintang, semakin tinggi tingkat volatilitasnya.
  8. Judul rilis berita atau data ekonomi
  9. Angka data ekonomi yang sudah dirilis terakhir kali
  10. Angka data ekonomi yang sudah dirilis sebelumnya
  11. Angka data ekonomi yang diharapkan atau diprediksi

calendar details

Detail Masing-masing Berita

Untuk mengetahui masing-masing rilis ebrita atau data ekonomi lebih mendalam, klik salah satu berita. Akan muncul penjelasan data ekonomi lebih mendalam dalam bentuk chart.

Terdapat dua jenis chart, yaitu garis dan batang.

Garis

calendar rilis grafik garis

Untuk mempersingkat jangka waktu maka geser bar di bawah chart, sehingga grafik garis akan menyesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih.

calendar rilis chart garis waktu

 

Batang

calendar rilis chart batang

Untuk mempersingkat jangka waktu maka geser bar di bawah chart, sehingga grafik batang akan menyesuaikan dengan jangka waktu yang dipilih.

calendar rilis chart batang waktu

 

Fitur Filter

Kegunaan penyaringan berita adalah trader dapat menentukan berita mana yang terpenting dan sangat mempengaruhi volatilitas harga di pasar; menentukan berita mana saja yang sudah dirilis atau belum dirilis, atau bisa juga menampilkan keduanya. Untuk melakukan filter atau penyaringan berita atau data ekonomi maka berikut ini adalah caranya:

calendar filter default

Untuk menampilkan hanya berita atau data ekonomi yang memiliki tingkat volatilitas tertinggi, klik tombol di samping “Volatile” hingga menyala hijau.

calendar filter volatile on

Untuk menampilkan berita atau data ekonomi yang sudah dirilis, klik “Telah dirilis”. Perbedaan antara berita yang telah dirilis dengan berita yang belum dirilis terletak pada angka “Harga yang dirilis”. Bila berita belum dirilis maka angka “Harga yang dirilis” tidak akan muncul.

calendar filter rilis yes

Bila hanya ingin mengetahui berita yang belum dirilis saja maka klik “Belum dirilis”.

calendar filter rilis no

Setelah selesai maka klik “Tentukan”. Contoh di bawah ini adalah hasil filter dengan pilihan Volatile menyala dan belum dirilis. Karena memilih berita yang belum dirilis, maka dapat diperhatikan seluruh berita hasil filter tidak memiliki angka di kotak Harga yang dirilis. Trader dapat menjadikan angka di “Harga yang diharapkan” sebagai panduan sebelum melakukan transaksi jual atau beli terhadap pasangan mata uang yang terpengaruh terhadap rilis berita atau data ekonomi itu.

calendar filter hasil

Klik “Event” untuk mengetahui rilis berita yang akan diumumkan. Informasi berupa jam rilis, tingkat volatilitas dan judul rilis.

calendar event

Klik “Hari Libur” untuk mengetahui apakah ada libur di tanggal yang dipilih. Bila ada hari libur maka transaksi jual atau beli tidak dapat dilakukan.

calendar hari libur

Pilih ikon kalender untuk melihat rilis-rilis berita di tanggal dan hari yang spesifik sesuai pilihan trader.

calendar kalender

Disclaimer

Artikel di atas hanyalah sebagai informasi dan pendidikan saja. Informasi di atas tidak bertujuan untuk dijadikan saran. Produk dengan leverage memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap modal yang Anda investasikan. Nilai investasi dapat turun atau naik dan Anda dapat kehilangan pembayaran margin awal Anda. Pastikan Anda telah memahami sepenuhnya semua risiko yang terlibat sebelum trading di aplikasi trading forex dan komoditas HSB Investasi.