Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Langkah-langkah Menggunakan Fitur Template Chart di TradingView

Dalam dunia trading, kecepatan dan efisiensi sangatlah penting. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi analisis teknis kita adalah dengan menggunakan fitur template chart di TradingView. Dengan template chart, kamu dapat menyimpan pengaturan grafik favoritmu, termasuk indikator, garis tren, dan objek lainnya, untuk digunakan kembali di masa depan. Hal ini tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga memungkinkan konsistensi dalam analisis teknis kita. 

Namun, tidak semua trader memanfaatkan fitur ini sepenuhnya. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat chart di TradingView dengan tepat. Mulai dari cara membuat template hingga menggunakannya untuk analisis harian, mari kita jelajahi bersama cara memanfaatkan fitur yang berguna ini untuk meningkatkan efisiensi trading kita. Ayo temukan cara yang tepat untuk membuat analisis teknis kita lebih efektif dan efisien!

Apa itu Template Chart di TradingView?

Template Chart di TradingView adalah kumpulan pengaturan grafik yang disimpan untuk memudahkan analisis dan perdagangan. Template ini mencakup pengaturan seperti jenis grafik, warna, indikator teknis, trendline, dan semua elemen lain yang ada dalam grafik. Dengan menggunakan template chart, trader dapat dengan cepat mengaplikasikan konfigurasi yang sama ke grafik baru tanpa harus menyesuaikan pengaturan secara manual satu per satu.

Sobat Trader, template chart sangat berguna untuk menghemat waktu dan memastikan konsistensi dalam analisis trading. Misalnya, seorang trader yang sering menggunakan kombinasi indikator teknis tertentu untuk analisa teknikal yang dapat menyimpan pengaturan tersebut dalam sebuah template. Ketika trader ingin menganalisis grafik baru, dia hanya perlu memilih template yang sesuai dan secara otomatis semua pengaturan yang telah disimpan akan diterapkan ke grafik tersebut. Ini memungkinkan trader untuk fokus pada analisis pasar daripada menghabiskan waktu untuk menyesuaikan grafik setiap kali.

cara mengelola template chart trading

Cara Mengelola Template Chart di TradingView

Simpan Template Chart yang Dibuat atau Diimpor

Untuk mengelola template chart di TradingView, langkah awalnya adalah menyimpan template yang telah dibuat atau diimpor. Setelah kamu menyesuaikan pengaturan grafik sesuai dengan preferensimu, kamu bisa menyimpannya sebagai template agar dapat diakses kembali di masa depan. Proses ini memungkinkanmu untuk menghindari pengaturan ulang grafik setiap kali memulai analisis baru atau mengakses grafik yang sama di perangkat lain.

Terapkan Template Chart ke Grafik Baru

Setelah kamu menyimpan template, langkah selanjutnya adalah menerapkannya ke grafik baru. Prosesnya cukup sederhana, di mana kamu cukup memilih template yang telah kamu simpan sebelumnya, dan semua pengaturan akan diterapkan secara otomatis pada grafik yang sedang dibuka. Ini memungkinkanmu untuk secara konsisten menggunakan pengaturan grafik yang telah kamu buat tanpa harus mengatur ulang secara manual setiap kali.

Baca Juga:  Pilih Instrumen Trading Terbaik Saat Lebaran!

Sesuaikan dan Modifikasi Template Sesuai Kebutuhan

Meskipun template telah diterapkan pada grafik, kamu masih dapat melakukan penyesuaian dan modifikasi sesuai kebutuhan spesifikmu. Ini termasuk menambahkan atau menghapus indikator, menyesuaikan skala atau rentang waktu, mengubah warna dan gaya grafik, atau melakukan perubahan lainnya sesuai dengan strategi trading atau preferensi analisismu.

Buat dan Bagikan Template dengan Pengguna Lain

Salah satu keuntungan utama dari menggunakan template adalah kemampuan untuk membuat dan berbagi template dengan pengguna lain. Ini memungkinkan kolaborasi dan pertukaran ide di antara komunitas trading, serta memfasilitasi proses pembelajaran dan pengembangan strategi trading bersama.

Evaluasi dan Perbarui Template Secara Berkala

Terakhir, penting untuk secara berkala mengevaluasi dan memperbarui templatemu sesuai dengan perubahan kondisi pasar atau perubahan strategi trading yang kamu lakukan. Dengan melakukan evaluasi reguler, kamu dapat memastikan bahwa templatemu tetap relevan dan efektif dalam membantu analisis dan pengambilan keputusan trading.

manfaat template chart tradingview

Manfaat Menciptakan Template Chart di TradingView

Konsistensi dalam Analisis

Menciptakan template chart memungkinkan kamu untuk dengan mudah mengaplikasikan pengaturan yang sama ke grafik baru. Ini membantu menjaga konsistensi dalam pendekatan analisismu terhadap pasar. Dengan memiliki parameter yang sama untuk setiap grafik, kamu dapat menghindari fluktuasi yang tidak diinginkan dalam analisis teknis dan memastikan bahwa setiap keputusan trading didasarkan pada data yang konsisten.

Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan template, kamu menghemat waktu yang berharga yang sebelumnya dihabiskan untuk mengatur ulang grafik secara manual. Setelah template disiapkan, kamu hanya perlu menerapkannya ke grafik baru, sehingga kamu dapat fokus lebih banyak pada analisis pasar dan pengambilan keputusan trading. Hal ini meningkatkan efisiensi waktu, terutama saat trading dengan jangka waktu yang singkat.

Personalisasi

Menciptakan template chart memungkinkan kamu untuk melakukan personalisasi terhadap pengaturan grafikmu sesuai dengan gaya dan preferensi tradingmu. Dengan memodifikasi warna, gaya, indikator, dan parameter lainnya, kamu dapat menciptakan lingkungan kerja yang sesuai dengan kebutuhan analisismu dan menciptakan pengalaman trading yang lebih nyaman.

Kesempatan untuk Berbagi

Dengan berbagi template chart, kamu dapat membantu rekan trader dalam memperbaiki dan mengoptimalkan pengaturan grafik mereka. Ini juga memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran ide di dalam komunitas trading, sehingga kamu dapat belajar dari pengalaman dan pengetahuan trader lainnya serta memperluas jaringan tradingmu.

Baca Juga:  Melihat Sinyal Trading Di Aplikasi HSB Investasi

kesalahan template chart tradingview

Kesalahan Penggunaan Template Chart di TradingView

Over Complication

Kesalahan yang umum terjadi dalam penggunaan template chart di TradingView adalah overcomplication, di mana trader cenderung menambahkan terlalu banyak indikator atau elemen lainnya ke dalam template mereka. Overcomplication bisa membuat grafik menjadi penuh sesak dan sulit untuk dianalisis dengan jelas. Ini dapat mengaburkan sinyal trading yang sebenarnya dan membuat pengambilan keputusan menjadi lebih sulit. Untuk menghindari kesalahan ini, penting untuk tetap sederhana dalam penggunaan template chart, fokus pada indikator dan alat yang paling relevan dengan strategi tradingmu, dan hindari penambahan yang tidak perlu.

Tidak Disesuaikan

Selain itu, ketika trader menggunakan template chart yang tidak disesuaikan dengan gaya atau kebutuhan trading mereka, itu juga dapat menjadi kesalahan. Setiap trader memiliki gaya trading dan preferensi analisis yang unik, dan template yang tidak disesuaikan mungkin tidak memberikan hasil yang diinginkan. Penting untuk memastikan bahwa template chartmu sesuai dengan gaya dan preferensimu sendiri serta memenuhi kebutuhan analisismu. Dengan cara ini, kamu dapat lebih efektif menggunakan template chart untuk membantu dalam pengambilan keputusan trading.

Ketidak Konsistenan

Ketidak konsistenan juga bisa menjadi masalah ketika menggunakan template chart. Jika trader tidak konsisten dalam menerapkan atau memodifikasi template mereka sesuai dengan perubahan kondisi pasar atau strategi trading, itu dapat menghasilkan hasil yang tidak konsisten juga. Penting untuk selalu mengevaluasi dan memperbarui template chart sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar. Terakhir, kurangnya evaluasi terhadap efektivitas template chart juga dapat menjadi kesalahan. Trader harus secara teratur meninjau kembali kinerja template mereka dan melakukan perubahan jika diperlukan untuk meningkatkan efektivitasnya dalam mendukung analisis dan pengambilan keputusan trading.

Kurangnya Evaluasi

Kurangnya evaluasi terhadap efektivitas template chart juga dapat menjadi kesalahan yang sering terjadi. Terkadang, trader cenderung menggunakan template yang sama tanpa mempertimbangkan apakah template tersebut masih relevan atau efektif dalam kondisi pasar yang berubah. Tanpa melakukan evaluasi reguler, trader mungkin tidak menyadari jika template chart mereka sudah tidak bekerja sebaik yang mereka harapkan atau jika ada perubahan yang perlu dilakukan. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur mengevaluasi kembali kinerja template chart, baik itu dalam hal keberhasilan dalam memberikan sinyal trading yang akurat maupun dalam mendukung analisis pasar secara keseluruhan. Dengan melakukan evaluasi yang konsisten, trader dapat mengidentifikasi masalah atau kelemahan dalam template mereka dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitasnya.

Baca Juga:  WAJIB TAHU! 2 Jenis GTC Order dalam Trading

Dengan menghindari kesalahan-kesalahan ini, trader dapat lebih baik menggunakan template chart untuk membantu dalam analisis pasar dan pengambilan keputusan trading. Dengan memastikan bahwa template chart disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi trading mereka serta secara teratur dievaluasi dan diperbarui sesuai dengan perubahan kondisi pasar, trader dapat meningkatkan efektivitas dan konsistensi dalam penggunaan template chart di TradingView.

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Coba Chart Tradingview Bersama HSB Investasi!

Dengan pemahaman yang tepat tentang analisis teknis dan fundamental, serta penggunaan strategi yang sesuai, trader dapat mengidentifikasi tren atau pola yang muncul selama periode ini. Selain itu, dengan adanya akses teknologi yang memungkinkan trading secara daring, trader bisa tetap aktif. Ini menjadi kesempatan bagi para trader yang fleksibel dan siap bertindak untuk meraih profit tambahan di tengah gejolak pasar keuangan.

Yuk, mulailah dengan membuka akun demo trading HSB. Di sana, kamu bisa mendapatkan dana virtual gratis hingga $100.000 untuk belajar berinvestasi di pasar keuangan tanpa risiko finansial. Dengan dukungan teknologi dan analisis yang canggih, kamu bisa merancang strategi investasi yang efektif. 

Akses ke akun demo di aplikasi trading HSB serta penghargaan dari ICDX membuktikan bahwa HSB menjadi pilihan yang tepat bagi individu yang ingin meraih kesuksesan finansial dengan memperhatikan prinsip-prinsip manajemen aset. Jadi, segera ambil langkah pertamamu menuju investasi yang cerdas bersama HSB dengan ikuti langkah di bawah:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggiIan teIepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading meIaIui segregated account HSB yang teIah tereguIasi
  4. Dan muIai pengaIaman seru meraih peIuang profit trading di pasar gIobaI dunia!

HSB menegaskan komitmennya daIam memastikan keamanan dan transparansi transaksi nasabah meIaIui reguIasi resmi BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan RepubIik Indonesia. ReguIasi ini menjadi dasar utama daIam mengeIoIa risiko trading, yang harus menjadi fokus utama para trader.

Lebih dari sekadar memberikan keamanan, transparansi, dan inovasi, HSB secara aktif terIibat daIam memberikan pendidikan kepada anggotanya meIaIui berbagai sumber media pembeIajaran trading, baik secara daring maupun Iuring. Ini merupakan impIementasi konkret dari komitmen HSB untuk mencetak trader profesionaI terbaik di Indonesia. OIeh karena itu, tidak ada aIasan untuk menunda kesuksesan daIam trading. Segera bergabung dengan HSB sekarang dan maksimaIkan peIuang profit tradingmu.***

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik