Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Konsep dari Kode Referral, Fungsi & Contohnya!

Di dalam labirin dunia digital yang semakin kompleks, kode referral telah menjadi pemandu yang penting bagi perusahaan, aplikasi, dan platform trading online. Tidak sekadar serangkaian angka dan huruf, kode referral menjadi pintu gerbang untuk pertumbuhan yang berkelanjutan, menghubungkan pengguna baru dengan layanan atau produk yang ditawarkan.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kode referral? Dan bagaimana kode yang tampak sederhana itu bisa memiliki peran yang begitu vital dalam ekosistem pemasaran modern? Dengan demikian, implementasi kode referral dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam mengembangkan manajemen keuangan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Pengertian Kode Referral

Kode referral adalah serangkaian karakter atau kode unik yang diberikan kepada pelanggan atau pengguna suatu produk atau layanan untuk digunakan saat merekomendasikan produk atau layanan tersebut kepada orang lain. 

Kode referral biasanya digunakan dalam program referensi atau promosi yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan, memperluas jaringan pelanggan, atau memperkenalkan produk baru kepada audiens yang lebih luas.

Dalam praktiknya, ketika seorang pelanggan atau pengguna diberikan kode referral, mereka dapat membagikan kode tersebut kepada orang lain. Orang lain yang menerima kode referral ini kemudian dapat menggunakannya saat membeli produk atau mendaftar layanan yang direkomendasikan. Penggunaan kode referral ini memberikan manfaat tertentu kepada pelanggan yang mereferensikan, seperti diskon, bonus, atau hadiah lainnya sebagai imbalan atas referensi yang berhasil.

Fungsi dari kode referral itu sangat penting dalam konteks pemasaran

Fungsi Kode Referral

Fungsi dari kode referral itu sangat penting dalam konteks pemasaran sampai ke promosi produk atau memberikan layanan. Berikut adalah jabaran dari beberapa fungsi utama dari kode referral:

1. Mendorong Program Referensi

Salah satu fungsi utama dari kode referral adalah untuk mendorong program referensi atau program refer-a-friend. Dengan memberikan kode referral kepada pelanggan atau pengguna yang sudah ada, perusahaan berharap pelanggan tersebut akan merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain. Kode referral ini memberikan insentif kepada pelanggan untuk berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain.

Baca Juga:  Ikuti 10 Cara Menabung untuk Biaya Kuliah Ini!

2. Melacak Sumber Referensi

Kode referral membantu perusahaan melacak sumber referensi atau rekomendasi. Dengan menggunakan kode referral yang unik, perusahaan dapat mengetahui dari mana referensi berasal, siapa yang merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, dan seberapa efektif program referensi tersebut dalam menghasilkan penjualan baru.

3. Memberikan Insentif kepada Pelanggan

Kode referral seringkali berperan sebagai mekanisme untuk memberikan insentif kepada pelanggan yang berhasil mereferensikan produk atau layanan. Insentif ini bisa berupa diskon, bonus, poin reward, atau hadiah lainnya. Dengan memberikan insentif, perusahaan mendorong pelanggan untuk terlibat aktif dalam program referensi dan memperluas jangkauan pemasaran mereka.

Cara Mendapatkan Kode Referral

Banyak beberapa cara umum untuk mendapatkan kode referral, terutama dalam konteks aplikasi atau layanan online. Berikut adalah beberapa langkah untuk mendapatkan kode referral:

1. Mendaftar dan Menggunakan Layanan

Langkah pertama untuk mendapatkan kode referral adalah dengan mendaftar dan menggunakan layanan atau aplikasi tertentu. Biasanya, perusahaan akan memberikan kode referral kepada pelanggan yang sudah terdaftar dan aktif menggunakan layanan tersebut.

2. Memeriksa Email 

Setelah mendaftar dan menggunakan layanan, periksalah email atau pesan dari perusahaan tersebut. Kadang-kadang perusahaan akan mengirimkan kode referral melalui email atau pesan dalam aplikasi mereka sebagai bagian dari program referensi atau promosi.

3. Mengundang Teman 

Sebagian besar program referensi memungkinkan pengguna untuk mengundang teman atau kontak mereka untuk bergabung dengan layanan menggunakan kode referral. Pengguna dapat berbagi kode referral mereka melalui email, pesan teks, atau media sosial kepada orang-orang yang mereka kenal.

4. Mengakses Menu Referral

Beberapa layanan memiliki menu khusus atau bagian di aplikasi mereka yang didedikasikan untuk program referensi. Di sini, pengguna dapat menemukan dan menyalin kode referral mereka untuk dibagikan kepada orang lain.

Baca Juga:  ADUH! Hindari 15 Kesalahan Mengelola Dana THR Biar gak Rugi!

5. Mengikuti Tautan Referral

Perusahaan seringkali menyediakan tautan referral yang dapat dibagikan oleh pengguna. Teman atau kontak yang menerima tautan referral ini dapat langsung mendaftar atau menggunakan layanan dengan kode referral yang terintegrasi ke dalam tautan tersebut.

contoh-contoh kode referral yang umum digunakan dalam berbagai layanan

Contoh Kode Referral

Berikut adalah contoh-contoh kode referral yang umum digunakan dalam berbagai layanan dan aplikasi:

1. Uber

Kode referral Uber biasanya berupa serangkaian karakter atau kombinasi huruf dan angka yang unik, misalnya "john1234ue". Pengguna Uber dapat membagikan kode referral mereka kepada teman-teman yang belum pernah menggunakan layanan Uber sebelumnya. 

Teman yang menggunakan kode referral tersebut saat mendaftar akan mendapatkan diskon pada perjalanan pertama mereka, sementara pengguna yang mereferensikan akan mendapatkan insentif berupa kredit Uber setelah teman mereka menyelesaikan perjalanan pertama.

2. Airbnb

Kode referral Airbnb juga berupa kombinasi karakter unik, contohnya "janedoe123". Pengguna Airbnb dapat membagikan kode referral mereka kepada teman-teman yang belum pernah memesan penginapan melalui Airbnb sebelumnya. Teman yang menggunakan kode referral tersebut untuk memesan akomodasi akan mendapatkan potongan harga pada pemesanan pertama mereka, sementara pengguna yang mereferensikan akan menerima kredit Airbnb setelah teman mereka menyelesaikan pemesanan pertama.

3. TikTok

TikTok juga memiliki program referensi yang menggunakan kode referral. Kode referral TikTok biasanya terintegrasi dalam tautan yang dapat dibagikan. Teman atau pengguna yang menerima tautan referral ini akan diarahkan untuk mengunduh dan mendaftar aplikasi TikTok. Pengguna yang mereferensikan akan mendapatkan insentif atau hadiah tertentu setelah teman mereka menggunakan aplikasi TikTok dengan tautan referral tersebut.

4. HSB Investasi

HSB Investasi juga memiliki referral program yang bisa kamu ikuti dengan mengundang teman, kamu akan mendapatkan bonus hingga $20/lot. Bagaimana caranya? 

  • Daftar program referral dengan membuka akun live HSB 
  • Login, pergi ke menu “Partnership”
  • Klik “Daftar Sekarang”
  • Bagikan link/kode referral kamu ke semua teman
  • Dapatkan bonus dari transaksi teman s/d $20/lot
  • Bonus akan dikirimkan ke akun referral dan dapat ditarik
Baca Juga:  Begini Cara Mengelola Idle Money & Investasinya

Selain program referral, kamu juga bisa belajar trading menggunakan akun demo trading HSB tanpa risiko kehilangan dana sungguhan. Di akun simulasi trading HSB, kamu akan diberikan dana virtual secara otomatis sebesar $100,000 yang dapat digunakan menguji berbagai strategi trading, posisi, dan meningkatkan kemampuan analisis tren pasar melalui  Aplikasi HSB Investasi atau platform Web. 

Mulai trading tanpa risiko dengan mendaftarkan akun demo HSB Investasi

Trading di HSB memungkinkan kamu untuk merasakan pengalaman trading dengan berbagai instrumen finansial, termasuk 20 jenis Saham AS terpopuler, 17 pasangan forex, 5 indeks raksasa global, dan 3 komoditas paling diminati dunia. Jika sudah siap, kamu bisa mulai memasuki keseruan pasar trading dunia bersama HSB hanya dengan 4 langkah sederhana ini:

  1. Registrasikan akun live HSB dengan menyertakan dokumen pendukung
  2. Tunggu panggilan telepon tim KYC HSB untuk verifikasi data dirimu
  3. Buat deposit trading melalui segregated account HSB 
  4. Dan mulai meraih peluang profit trading di pasar global dunia!

Komitmen dan dukungan penuh HSB untuk menjaga keamanan serta transparansi transaksi nasabahnya terwujud dalam regulasi resmi yang disahkan oleh BAPPEBTI di bawah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Regulasi menjadi manajemen risiko trading paling dasar yang perlu Sobat Trader utamakan.

Bukan hanya aman, transparan, dan terdepan, HSB juga terus berupaya mengedukasi seluruh tradernya melalui beragam sumber media belajar trading baik online maupun offline sebagai bentuk dedikasi HSB melahirkan trader-trader sukses di Indonesia. Jadi, tidak ada alasan bagimu untuk menunda peluang kesuksesan trading. Bergabunglah dengan HSB sekarang dan raih peluang profit tradingmu kemudian!***

Tag Terkait:
DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB1

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik