Trading & kelola akun MT di Aplikasi HSB Trading
store google
Cara Menerapkan Pola Broadening Wedge dengan Benar

Pola Broadening Wedge lebar adalah sebuah tanda yang mengindikasikan pembalikan arah pergerakan harga saham, baik naik maupun turun. Memeriksa pergerakan harga saham dengan memperhatikan pola ini adalah suatu strategi yang penting untuk dipelajari.

Di pasar saham, terdapat banyak pola harga yang memiliki kekuatan tersendiri. Pola harga sangat bermanfaat bagi para trader saham dalam menganalisis kemungkinan arah pergerakan harga. Pola-pola ini sering disebut sebagai pola grafik atau pola pada chart. Jadi, apa yang dimaksud dengan pola Broadening Wedge ini secara lengkap?

[lwptoc]

Apa Itu Broadening Wedge Pattern?

Broadening wedge pattern adalah pola pada grafik pergerakan harga saham yang melebar seperti corong. Pola ini membantu mengubah arah pergerakan harga dengan menggunakan analisis teknikal. Kenaikan harga yang membentuk pola ini akan ditandai oleh meningkatnya volatilitas dan digambarkan sebagai garis naik dan turun.

Pola ini biasanya digunakan untuk menganalisis saham saat terjadi kenaikan atau penurunan yang signifikan pada harga sekuritas. Broadening wedge pattern terjadi saat kondisi harga pada pasar saham tidak disepakati oleh para investor selama periode tertentu. 

Dalam keadaan tersebut, investor bersedia untuk membeli saham dengan harga tinggi dan perusahaan juga terdorong untuk mengambil banyak keuntungan dengan memberikan harga tertinggi.

 Akibatnya, kondisi ini menciptakan puncak resistance menjadi lebih tinggi dan harga support menjadi lebih  rendah.  Saat titik terendah dan tertinggi dihubungkan, akan tercipta sebuah broadening wedge pattern. Namun, pola ini sangat jarang terjadi pada pasar saham dengan pergerakan grafik yang normal dalam jangka panjang.

broadening wedge pattern

Jenis Broadening Wedge Pattern

Dalam membentuk sebuah pola grafik, kemungkinan bentuk pola dapat menghadap ke bawah maupun atas. Arah pola ini lah yang membedakan antara 2 jenis broadening wedge pattern yang dijelaskan di bawah ini:

1. Ascending Broadening Wedge Pattern

Pola ascending pada broadening wedge pattern ini memiliki bentuk pelebaran yang menghadap ke atas. Pola ini menandakan bahwa harga saham telah turun. Ascending broadening wedge pattern menunjukkan bahwa pasar saham di bawah kendali investor dan berhasil menaikkan harga pada titik tertinggi.

Ascending broadening wedge pattern dapat dibentuk dalam dua kondisi yaitu tren reversal atau pembalikan dan continuation atau tren berkelanjutan Dalam kondisi reversal, pola ini terjadi ketika pasar berada di puncak uptrend. Jika muncul saat pasar sedang bearish, itu menunjukkan bahwa penurunan harga saham akan berlanjut.

2. Descending Broadening Wedge Pattern

Berbeda dengan ascending, descending broadening wedge pattern adalah pola pelebaran pada bagian atas yang menghadap ke bawah. Jika pola ini muncul, maka menunjukkan keadaan pasar sedang uptrend atau bullish. 

Dalam kondisi terbentuknya descending broadening wedge pattern, perusahaan yang mengedarkan saham memegang kendali penuh atas pasar saham.

 Pelebaran dua garis pada arah yang sama menunjukkan bahwa harga saham akan terus menurun dan pergerakan harga pun melambat. Pola ini juga dapat dibentuk dalam dua kondisi reversal dan continuation. Descending broadening wedge pattern bertujuan untuk membawa harga kembali naik.

Cara Trading Dengan Broadening Wedge Pattern

Umumnya, trading menggunakan broadening wedge pattern dilakukan seperti aktivitas investasi biasa. Kamu dapat membeli saham saat berada pada harga terendah dan menjual kembali saat harga tinggi. 

Namun terdapat beberapa langkah yang berbeda mengingat kemungkinan turunnya harga saham. Lakukan cara ini untuk mencoba trading menggunakan broadening wedge pattern:

1. Pembelian Saham

Lakukan pembelian saham saat grafik dalam proses balik arah dari bearish menuju bullish. Dalam kondisi ini, kamu bisa melakukan pembelian saham dengan menggunakan descending broadening wedge pattern. Pastikan untuk memperhatikan pergerakan pasar sebelum membeli saham.

Apabila keadaan pasar menurun, lakukan pembelian saat harga berada di zona aman titik terendah. Sebaliknya, jika pasar saham naik, maka lakukan transaksi saham saat harga mencapai titik tertinggi.

2. Penjualan Saham

Dalam melakukan penjualan saham, gunakan pola pelebaran ascending. Perhatikan pergerakan pasar saham, apabila pasar bergerak dari bullish menuju bearish kamu dapat mulai melakukan penjualan saham. 

Tunggu hingga harga saham mencapai titik tertinggi saat kondisi pasar saham sedang naik. Saat keadaan pasar menurun, lakukan penjualan saat harga saham mencapai breakout dari titik support.

3. Memanfaatkan Titik Breakout

Sinyal masuk pembelian saham akan semakin kuat saat harga berhasil tembus pada titik yang diharapkan. Namun, pastikan pergerakan harga membentuk pergerakan pola yang lebar dan diikuti dengan volume yang signifikan. Kemudian pastikan pula range pergerakan harga cukup lebar.

Kelebihan Broadening Wedge Pattern

Kelebihan Trading Dengan Broadening Wedge Pattern

Formasi yang melebar umumnya dianggap bearish bagi sebagian besar investor jangka panjang dan perusahaan. Karena terbentuknya pola ditandai dengan meningkatnya volatilitas tanpa pergerakan yang jelas dalam satu arah. Berkaitan dengan hal tersebut pola broadening wedge ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya ialah:

1. Pola yang Fleksibel

Kelebihan dari broadening wedge pattern merupakan pola yang bersifat fleksibel. Apabila strategi pembelian pada garis trend bawah mengalami kegagalan dan terkena cut loss, terapkan strategi retest breakout sebagai solusi. 

2. Hasil Lebih Akurat

Dibandingkan dengan pola lainnya, broadening wedge pattern memberikan informasi pergerakan pasar yang akurat. Sehingga membantu investor untuk menentukan waktu masuk pada pasar saham dengan potensi keuntungan tinggi serta membantu dalam pengambilan keputusan reversal atau continuation.

3. Rasio Risk And Reward yang Baik

Broadening wedge pattern dapat membantu investor memiliki pengaturan keuangan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan dalam dunia trading, sehingga mengurangi risiko kerugian. Hal ini dikarenakan risk and reward pada broadening wedge pattern memiliki rasio terkecil sebesar 1:3.

2 Kekurangan Trading Dengan Broadening Wedge Pattern

Sebuah pola trading dengan berbagai macam kelebihan tidak dapat dipisahkan dengan deretan kerugian yang ditimbulkan. Pada broadening wedge pattern terdapat 2 kekurangan sebagai berikut:

1. Sulit Ditemukan

Pada keadaan pasar saham normal, broadening wedge pattern jarang sekali ditemukan. Pola ini hanya muncul ketika terjadi penyimpangan pada pasar saham yang dipengaruhi faktor eksternal seperti geopolitik. 

2. Sulit Digunakan

Penentuan titik masuk dan jual yang harus tepat menyebabkan broadening wedge pattern sulit digunakan terutama pada pemula. Broadening wedge pattern memiliki bentuk pola pergerakan grafik yang hampir sama dengan flag pattern sehingga kerap kali menimbulkan kesalahan. 

Trading bebas risiko dengan dana virtual akun demo HSB Investasi

Demikian penjelasan singkat mengenai broadening wedge pattern beserta cara penggunaannya. Pola ini dapat digunakan pada trading saham harian untuk menentukan titik pembelian saham agar memperoleh keuntungan yang besar. 

Bagi pemula, disarankan untuk mencari informasi dan mengasah skill terlebih dahulu dengan akun demo trading sebelum mencoba menggunakan broadening wedge pattern dengan akun trading real. Pastikan untuk memilih aplikasi trading saham yang tepercaya dan memiliki banyak informasi seputar investasi untuk membantu kamu belajar lebih dalam seperti HSB. 

HSB menyediakan sesi training 1 on 1 untuk membantu kamu memahami lebih lanjut dunia trading. Selain itu, HSB merupakan aplikasi trading yang memiliki legalitas BAPPEBTI serta tergabung dalam anggota bursa ICDX dan ICH. Siap untuk trading dan jadi trader profesional? Download HSB sekarang juga dan segera buka akun trading untuk meraih potensi profitmu.***

DISCLAIMER

Artikel ini ditujukan sebatas sebagai sumber informasi dan edukasi serta tidak ditujukan sebagai sumber utama pemberian saran. Perlu dipahami bahwa aktivitas finansial investasi dan trading memiliki tingkat risiko yang perlu dikelola dengan baik. Pastikan Sobat Trader telah memahami potensi risiko yang mungkin muncul agar dapat meminimalisir kerugian di masa yang akan datang.

DISCLAIMER
Artikel ini bersifat informatif dan edukatif, ditujukan hanya sebagai sumber pembelajaran dan bukan sebagai saran dalam pengambilan keputusan. Perlu Anda pahami bahwa produk dengan leverage tinggi memiliki potensi risiko kerugian yang juga tinggi, sehingga perlu dikelola dengan baik melalui pemahaman dan kemampuan analisa yang tepat. HSB Investasi tidak bertanggung jawab atas kesalahan keputusan yang dibuat berdasarkan konten ini. Sesuai ketentuan yang berlaku, HSB hanya menyediakan 45 instrumen trading yang dapat Anda pelajari di website resmi kami.

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Artikel Lainnya

Trading Bebas Risiko dengan Akun Demo HSB

Silahkan masukan nomor HP

Nomor Handphone harus dimulai dengan 8

Nomor HP tidak valid

Kode verifikasi dperlukan

Kode verifikasi salah

Silakan masukkan password

Kata sandi harus 8-30 digit, termasuk huruf kecil, kapital, dan angka

Minimal 8 karakter

Setidaknya 1 angka

Setidaknya 1 huruf besar

Setidaknya 1 huruf kecil

Satu juta download!
bonus tanpa deposit
Mulai Pengalaman Trading Terbaik