Home Tips Investasi Keuangan Umum 10 Cara Sukses Menjadi Seorang Trader Profesional

10 Cara Sukses Menjadi Seorang Trader Profesional

Bagaimana menjadi seorang trader profesional? Kamu dapat menemukan jawabannya di sini!

by Beladdina Annisa
0 comment

Berbagai cara mudah dilakukan untuk mendapatkan modal tambahan tanpa bersusah payah bekerja selama seharian. Salah satunya saat ini yang orang-orang lakukan ialah menjadi seorang trader. Artikel ini akan membantu kamu untuk membentuk pola pikir menjadi seorang trader profesional.

Trading adalah proses transaksi jual beli instrumen investasi yang berlangsung di pasar finansial dalam waktu yang singkat. Di sinilah para trader mendapatkan keuntungan dengan menjual instrumen saat nilainya lebih tinggi daripada waktu membelinya.

Trading dapat menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Namun, untuk mencapai tujuan ini, trader wajib menguasai dasarnya serta kejelian dalam membaca price action.

Apakah Sobat Trader mengetahui bahwa dalam trading diperlukan kemampuan yang baik untuk mendapatkan keuntungan trading? Kamu harus paham betul bahwa dengan membangun pola pikir trader profesional akan lebih unggul dari trader lain.

Apa Itu Trader?

trader profesional

Trader adalah seseorang yang melakukan kegiatan jual beli instrumen finansial seperti saham, mata uang, komoditas, atau derivatif keuangan dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dari fluktuasi harga di pasar finansial.

Trader dapat bekerja secara independen atau bekerja untuk suatu perusahaan maupun institusi keuangan. Ada beberapa jenis trader, termasuk trader harian (day trader), trader jangka panjang (long-term trader) dan trader posisi (position trader).

Masing-masing jenis trader memiliki gaya dan strategi trading yang berbeda-beda tergantung pada tujuan serta horizon waktu investasinya. Trader harus memahami risiko yang terkait dengan trading dan mengelola risiko tersebut agar dapat mencapai keberhasilan.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Psikologi Trading bagi Trader

Apa itu Trader Profesional?

Trader profesional adalah pedagang yang mencari keuntungan dari pergerakan harga di pasar finansial. Mereka melakukan perdagangan melalui jaringan broker atau lembaga keuangan, dan biasanya menggunakan strategi trading yang dirancang untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Trader profesional menggunakan analisis teknis fundamental untuk memahami pergerakan harga dalam pasar dan menjalankan alat yang dapat membantu meningkatkan keuntungan mereka.

Karakteristik Trader Profesional

pola pikir trader profesional

Berikut ciri-ciri dari trader profesional yang harus kamu miliki:

1. Memiliki Trading Plan

Trader profesional membuat trading plan yang terperinci mencakup strategi, risiko dan target trading. Tujuannya digunakan untuk membantu trader merencanakan bagaimana proses membuka posisi dan menutupnya di saat yang tepat.

2. Mengelola Risiko

Trader profesional tidak mengambil risiko berlebihan dan menggunakan manajemen uang yang baik. Mereka menggunakan rasio risiko/keuntungan yang tepat dan mengatur ukuran posisi guna menghindari loss besar.

3. Pengetahuan yang Cukup

Trader profesional memiliki pengetahuan cukup tentang pasar dan instrumen yang mereka perdagangkan. Mereka juga menggunakan analisis teknis dan fundamental untuk membuat keputusan trading agar lebih tenang sehingga dapat berjalan sesuai dengan target yang ditentukan.

4. Disiplin

Trader profesional adalah trader yang menerapkan sikap disiplin dalam trading. Hal ini merupakan salah satu aspek sangat penting bagi keberhasilan seorang trader. Disiplin membantu trader profesional untuk mengikuti rencana trading yang telah ditetapkan, mengelola emosi dengan baik, dan mengendalikan risiko.

5. Memiliki Strategi Trading

Strategi trading adalah cara yang digunakan trader untuk menghasilkan keuntungan dari pasar finansial dan dapat membantu mengidentifikasi peluang di pasar dan membuat keputusan trading yang baik.

Strategi trading juga membantu trader profesional mengelola risiko dan mengatur ukuran posisi sesuai dengan tujuannya. Dengan memiliki strategi trading, trader dapat meminimalkan risiko dan meningkatkan peluang untuk memperoleh keuntungan dari perdagangan mereka.

Baca Juga: Trader Wajib Tahu! 5 Resiko Trading Forex

Jenis-Jenis Trader

trader profesional

Adapun jenis-jenis trader yang dibagi menjadi tiga, yaitu:

1. Trader Harian (Day Trader)

Trader harian (day trading) adalah contoh dari trader profesional. Mereka membeli dan menjual saham atau instrumen lainnya di pasar yang bergerak cepat sepanjang hari dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga jangka pendek.

2. Trader Jangka Panjang (Long-Term Trader)

Trader jangka panjang adalah trader yang memiliki horizon waktu yang lama daripada trader jangka pendek. Mereka sering menahan posisi untuk jangka waktu yang lebih lama hingga beberapa minggu atau bulan. Tujuan dari trader jangka panjang adalah untuk mengambil keuntungan dari tren jangka panjang di pasar finansial seperti saham, obligasi, atau mata uang.

Trader jangka panjang biasanya lebih terfokus pada faktor fundamental seperti laporan keuangan perusahaan, pertumbuhan ekonomi, atau kebijakan moneter daripada analisis teknikal. Mereka juga mungkin lebih sedikit terpengaruh oleh gejolak harian di pasar dan mementingkan risiko yang terkontrol.

Trader jangka panjang juga biasanya memiliki mentalitas panjang daripada trader jangka pendek yang lebih terfokus pada pergerakan harian di pasar. Mereka juga mungkin lebih memerhatikan manajemen risiko dan mengelola posisi dengan hati-hati untuk menghindari kerugian besar.

3. Trader Posisi (Position Trader)

Trader posisi adalah sebutan untuk trader profesional yang membeli dan menjual instrumen dalam jangka panjang. Mereka menggunakan analisis teknis dan fundamental yang kuat untuk menentukan titik masuk serta keluar yang sesuai.

Strategi ini mengharuskan trader untuk menahan posisi selama jangka waktu lebih lama daripada trader harian yang mengambil posisi jangka pendek. Trader posisi biasanya membeli instrumen yang menurut mereka akan naik dan menjualnya ketika nilainya lebih tinggi.

Baca juga: 30 Istilah dalam Trading dengan Artinya

Cara Menjadi Trader Profesional

trader profesional

Menjadi seseorang yang profesional adalah impian semua orang dengan memiliki kemampuan tersebut, kamu dapat dengan mudah meraih apapun dalam genggamanmu.

Pernah bermimpi menjadi seorang trader profesional? Bayangkan bagaimana jika dalam beberapa bulan kamu dapat meraih impian-impianmu hanya dengan menjadi trader yang handal! Dengan kata lain, kejayaanmu berada di depan mata dalam jangkauan dekat.

Kali ini tim HSB akan memberi tips cara menjadi trader profesional sehingga Sobat Trader bisa menerapkannya. Mari simak apa saja tips-tipsnya di bawah ini.

1. Pahami Dasar-Dasar Trading

Belajar tentang pasar uang dianggap sebagai salah satu metode dasar terbaik yang akan membantu untuk masuk ke pengetahuan lanjutan. Sehingga, memahami kapan harus “jual dan beli” saham merupakan dasar strategi trading yang bisa digunakan agar berhasil.

Pahami strategi trading ini dengan banyak membaca referensi, kamu bisa mendapatkannya dari buku ataupun website. Ketahui tentang jenis pasar, jangka waktu, price action dan sistem trading.

Kamu dapat mendalami peran seorang trader jika memahami dengan baik dasar- dasar trading dan berpeluang menghasilkan profit besar.

2. Pelajari Teknik-Teknik Khusus

Setelah memahami dasar-dasar trading, kamu perlu mempelajari tentang short selling, dividen, nilai pip, dan strategi trading pra-penjualan.

Kamu bisa mengunjungi website HSB Investasi untuk belajar soal ini lebih banyak. Setelah Sobat Trader mengenal teknik-teknik yang digunakan dalam berdagang dengan baik maka kemungkinan besar akan naik level terhadap pemahaman tentang trading.

3. Pahami Celah Sistem

Menjadi seorang trader profesional harus mengembangkan strategi trading dan teknik terbaru sehingga dapat menghadapi segala jenis kondisi di pasar. Sobat Trader bisa memulainya dengan mengikuti perkembangan pasar dan mencoba menerapkannya ke dalam trading secara konsisten.

Baca Juga: Jenis-Jenis Trading yang Wajib Dipahami Trader Pemula

4. Seimbangkan Emosional

Trader profesional biasanya pintar dalam menjaga keseimbangan emosi psikologis sehingga saat mengambil keputusan trading, mereka tidak tergesa-gesa dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain.

Cobalah untuk mempraktikkan dan belajar mengendalikan hal-hal kecil seperti kesabaran, emosi dan ketakutan sehingga nanti tidak akan merugikan keputusan yang Sobat Trader ambil.

5. Berani Mengambil Risiko

Dalam trading pentingnya mengeluarkan keberanian dalam membuat keputusan guna mengambil risiko karena dunia trading memiliki dua konsekuensi, yaitu kamu akan memperoleh profit atau mengalami kerugian.

6. Siapkan Modal yang Cukup

Setelah kamu sudah banyak belajar tentang dasar-dasar trading dan mulai paham dengan sistem kerjanya, maka langkah selanjutnya perlu memberanikan diri dengan mengeluarkan modal yang cukup.

Mulailah melakukan trading dengan modal kecil terlebih dulu sembari mengasah insting kamu dan jika prospeknya terlihat lebih meyakinkan, maka kamu dapat melanjutkan dengan menambah modal lebih besar.

7. Pahami Pasar dan Sekuritas

Hal ini juga tak kalah penting untuk dikuasai ketika kamu ingin menjadi trader profesional. Memahami pasar dengan pengetahuan kamu cukup penting dilakukan karena ini berkaitan dengan keamanan trading nantinya.

Sobat Trader juga perlu memahami dengan teliti latar belakang perusahaan sekuritas atau broker yang ada. Sebab, jika tidak berhati-hati dapat berpotensi merugikan trading kamu.

8. Siapkan Strategi Lanjutan

Strategi perdagangan menjadi hal yang penting untuk dikuasai oleh para trader terutama bagi pemula yang baru terjun dalam dunia trading. Jika, kamu sudah cukup lama menjalani bidang ini tentu saja memiliki strategi trading yang menghasilkan profit dengan menjalankannya secara disiplin dan konsisten.

Seorang trader profesional yang tekun di bidang ini dapat menyikapi situasi seperti price action, berita pasar dan target berlawanan dengan bijak tanpa terpengaruhnya oleh emosi.

9. Memiliki Money Management

Hal yang lebih penting dalam trading selain menggunakan strategi adalah tentang kemampuan mengelola keuangan. Lakukan money management dengan baik agar pemasukan dan pengeluaran kamu selalu terkontrol. Jangan gunakan semua modal yang kamu miliki untuk trading karena ketika mengalami loss akan susah menstabilkan kondisi finansial.

10. Mulai Tanpa Ragu

Jangan sekali-kali kamu mencoba untuk memulai sesuatu dengan keraguan! Hal itu sangat dilarang dalam melakukan apapun, apalagi menyangkut dengan kesuksesan kamu menjadi seorang trader profesional.

Sobat Trader harus ingat bahwa segala sesuatu harus diawali dengan penuh keyakinan agar apapun dilakukan yakin, optimis dan bersungguh-sungguh sehingga membuahkan hasil yang nyata.

Semua membutuhkan proses termasuk meraih cita-cita menjadi seorang trader profesional yang sukses sehingga kamu bisa mendapatkannya dengan menambah ilmu trading dengan join komunitas trader di media-media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan lain-lain.

Hal ini akan membantu kamu sharing knowledge mengenai tips dan trik trading forex dan saham. Nah, kira-kira seperti itulah yang bisa Sobat Trader ikuti agar bisa menjadi seorang trader sukses dengan membentuk pola pikir trader profesional.

Kamu juga dapat mengunjungi website HSB Investasi sebagai sarana pembelajaran trading. HSB Investasi memiliki fitur edukasi yang membantu kamu untuk memahami trading forex dari awal hingga menjadi trader profesional.

Tunggu apa lagi? Yuk, jadilah seorang trader profesional yang sukses bersama HSB Investasi dengan buka akun tradingmu dan mengunduh aplikasinya sekarang juga!***

Banner Trading

Mungkin kamu suka

Leave a Comment

Quick Links
HSB Investasi

HSB Investasi merupakan perusahaan pialang fintech dengan fokus dan mengutamakan Iam menyediakan layanan jasa Perdagangan Foreign Exchange (Forex), Komoditas dan Indeks Saham (stock index) dibawah PT. Handal Semesta Berjangka. Diawasi oleh otoritas keuangan, terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi.

Contact Us

Hotline:

+62 21-501-22288