Home Tips Investasi Keuangan Umum 7 Tips Investasi Emas Mudah Bagi Investor Pemula

7 Tips Investasi Emas Mudah Bagi Investor Pemula

by HSB
0 comment

Tujuan utama kamu memutuskan berinvestasi emas pastilah untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek maupun jangka pangjang. Kamu bisa coba aplikasikan 7 tips investasi emas dalam artikel ini untuk meraih untung maksimal dari investasi emasmu.

Sejak peradaban kuno hingga zaman modern, emas telah menjadi alat tukar favorit masyarakat dunia karena banyak faktor keuntungan yang ditawarkannya. Selain daripada itu, cara investasi emas juga sangat mudah dengan potensi keuntungan yang cenderung terus meningkat. 

Kekuatan material emas, daya tahannya terhadap inflasi, dan aset safe haven yang ditawarkan emas menjadi poin penting yang dimilikinya namun tidak dimiliki oleh instrumen investasi lainnya. 

Apa Saja Tips Investasi Emas yang Menguntungkan?

Tips Investasi Emas yang Menguntungkan

Kamu bisa coba terapkan 7 tips investasi emas dalam artikel ini untuk bisa segera memulai dan memanen profit investasimu, Sobat Trader.

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas

Tahap paling awal yang harus kamu lakukan adalah menentukan apa saja tujuanmu berinvestasi dalam emas. Jika kamu sudah tahu tujuanmu berinvestasi, kamu bisa mengatur strategi jangka panjang atau jangka pendek untuk meraih untung sesuai tujuanmu.

Baca juga: 4 Cara Menjadi Trader Pemula

2. Tetapkan Target Waktu

Tentukan waktu investasi sesuai tujuan awalmu. Kamu bisa mulai menentukan target investasi emas dalam jangka pendek seperti periode harian dan mingguan atau jangka panjang seperti periode investasi bulanan atau tahunan.

3. Cek Harga Emas Secara Berkala

Meskipun harga dan nilai investasi emas cenderung naik setiap tahunnya, namun kamu tetap perlu melakukan pengecekan harga emas secara berkala. Apalagi di era digital saat ini, kamu bisa dengan mudah melakukan pengecekan harga kapan pun di mana pun kamu membutuhkannya.

Baca Juga: Perbedaan Spot Emas Dan Spot Berjangka

4. Investasi Emas Fisik atau Digital

Memiliki emas dalam bentuk fisik batangan atau koin sudah sejak zaman dahulu dipercaya dan terbukti menjadi bentuk investasi paling aman. Mengapa begitu? 

Karena kekuatan material emas yang tahan terhadap benturan keras dan suhu tinggi, emas batangan atau koin emas mampu bertahan dengan kondisi baik hingga ratusan tahun lamanya.

Akan tetapi, di era serba mudah seperti saat ini, kamu bisa secara praktis berinvestasi emas dalam bentuk digital. Kamu bisa membelinya via platform, e-commerce, ataupun aplikasi broker emas. 

Tapi, pastikan dulu penyedia investasi emas digital sudah berlisensi resmi dan menawarkan transaksi aman dan transparan ya Sobat Trader.

Investasi Emas Fisik atau Digital

5. Simpan Emas Ditempat Emas Aman

Karena bernilai tinggi, tentu kamu harus memikirkan dengan matang tempat untuk menyimpan emas milikmu. Kamu bisa menyisihkan sedikit dana untuk menyimpan emas dalam brankas yang kamu beli sendiri atau menyewa Save Deposit Bank (SDB) yang dimiliki setiap bank. 

Menyimpannya di Pegadaian bisa menjadi salah satu alternatif dengan membayar biaya administrasi sekitar Rp 20.000 per 100 gram emas tiap bulannya.

Baca juga: 10 Pola Candlestick Paling Lengkap &  Akurat Bagi Pemula

6. Investasi Emas Di Tempat Terpercaya

Kamu bisa membeli emas untuk investasi dari pihak ketiga seperti broker investasi emas, toko emas, Pegadaian, ANTAM, Aplikasi investasi emas online, marketplace, maupun dari pihak pertama seperti perusahaan penambang emas. 

Yang pasti, kamu wajib memahami reputasi dan lisensi pihak yang menjual emas kepadamu ya, Sobat Trader. Meski minim risiko, kamu tetap harus waspada dan memahami cara kerja investasi emas yang menguntungkan.

7. Waktu Mencairkan Emas

Saat terbaik untuk melepas investasi emas yang kamu punya adalah ketika harga emas di pasaran sedang naik. Kamu bisa menganalisanya dengan teknik klasik membeli emas saat harga rendah dan menjualnya saat harga sudah cukup naik.

Saat terbaik lainnya untuk mencairkan emas adalah setelah emas disimpan lebih dari 5 tahun karena biasanya harga emas sudah melambung naik dalam kurun waktu 5 tahun.

Baca Juga: Investasi Emas Atau Reksadana? Mana Yang Lebih Untung?

Gimana? Makin tertarik berinvestasi dalam emas? Yang jelas, kamu bisa dapat banyak keuntungan dari investasi emas dengan menerapkan tips dan strategi yang tepat. Namun, jangan lupakan juga faktor risiko dan potensi kerugiannya ya. 

Untuk dapat tetap update dengen perkembangan harga emas dan potensi keuntungan investasinya di masa yang akan datang, kamu bisa mempelajari teknik analisa dan mendapatkan informasi investasi secara real-time via aplikasi investasi emas No.1 Indonesia, Aplikasi HSB.

Gak cuma aman, di aplikasi HSB kamu bisa dapat untung lebih dengan bonus spesial investor baru yang otomatis menjadi milikmu dalam waktu 24 jam setelah akun teregistrasi.Tunggu apalagi? Mulai investasi emasmu bersama HSB, sekarang juga!***

You may also like

Leave a Comment